Cari di iluvtari

Begini Cara Tepat Menyimpan Roti Tawar

Assalamu'alaykum, Gengs! Sudah tau belum cara menyimpan roti tawar? Makanan berkarbohidrat tinggi yang biasa disantap saat sarapan ini, bisa dibilang adalah pengganti nasi. Sekali lagi, pengganti nasi. Bukan camilan.

Kalau nasi bisa dihangatkan, roti tawar yang tersisa perlu disimpan untuk makan berikutnya. Lalu bagaimana cara menyimpan roti tawar biar awet?

cara menyimpan roti tawar

Dalam selembar roti tawar, terkandung sekira 3% karbohidrat yang berfungsi sebagai penambah energi. Lemak 0.2%, dan 7 gram protein (manfaat.co.id). Saat kita membeli roti tawar, biasanya tanggal kedaluwarsa tidak lebih dari 3 hari sejak pembelian. Jadi harus cepat dihabiskan karena roti tawar mudah sekali berjamur.

Jika tidak habis, roti biasanya dimasukkan ke dalam kulkas. Sayangnya, makanan jenis roti jika dimasukkan ke dalam kulkas akan mengakibatkan perubahan tekstur yang drastis. Roti yang semula lembut akan menjadi keras. Hanya keras, tidak renyah, sehingga tak lagi menarik untuk dinikmati.

Ada cara menyimpan roti tawar agar tidak berjamur, tapi biasanya orang-orang lebih suka menyiasati dengan memanggang roti alih-alih menyimpannya. Roti tawar yang telah lewat tanggal kedaluwarsa diolah kembali menjadi penganan yang lezat dengan cara dipanggang. 

Sebelum dimasukkan ke oven, roti tawar dioles margarin, lalu ditaburi gula. Kadang tak sampai di situ, masih ditambah lagi dengan keju parut atau selai kacang agak lebih nikmat. Jadilah bagelen roti tawar! Tak hanya untuk dinikmati sendiri, roti tawar kering juga dapat dijadikan produk yang dijual luas secara daring maupun luring. Banyak yang sudah mempraktikkannya.
Ada solusi lain yang sudah teruji bisa membuat roti tawar lebih tahan lama, bahkan hingga satu bulan. Cara menyimpan roti tawar di kulkas adalah dengan menyimpannya di bagian freezer alias pembeku (biasanya di atas). Atau jika memiliki freezer khusus, akan lebih baik lagi hasilnya.
Karena makanan yang telah mencair tidak boleh dibekukan kembali (agar terhindar dari keracunan makanan), sebaiknya ambillah makanan beku secukupnya untuk diolah (roti tawar maupun bahan makanan lainnya dari freezer).

Biarkan sisanya tetap di freezer, setel suhu maksimal pada angka -18 derajat Celcius. Di suhu tersebut, pertumbuhan bakteri pada makanan akan terhambat. Saat mencair, bakteri akan hidup kembali dan dapat berkembang biak.

Jadi, sudah tahu kan cara menyimpan roti tawar yang tepat? Kabari teman dan keluargamu, ya!

No comments