Selain ada teman toxic, atasan toxic, pasangan toxic, ternyata ada pula keluarga toxic. Eh jangan-jangan kita sendiri adalah pribadi toksik (ini penulisan yang tepat sesuai PUEBI). Sebagai lingkungan terdekat, keluarga tentu punya andil besar terhadap kehidupan seseorang. Kalau lingkungan ini beracun, tentu saja bisa merusak isi di dalamnya. Apa saja ya ciri-ciri keluarga toxic?

ciri-ciri keluarga toxic

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seseorang tumbuh di dalam keluarga toxic. Artikel ini tidak menjadikan penulisnya sebagai standar, maksudnya, keluargaku yang besar (orang tua dan saudara) atau yang kecil (bersama suami dan anak-anak) bisa jadi tidak terlepas dari ciri toksik. 

Informasi tentang ciri-ciri keluarga toxic ini kuramu dari sumber untuk kemudian disesuaikan dengan kekhasan iluvtari. Jadi aku bukan ahli dunia “pertoksikan”, bukan psikolog, apalagi konselor parenting. Cuma penulis yang menyebarkan informasi lewat blog. Oke kita lanjut!

Ciri-ciri Anak yang Tumbuh di Keluarga Toxic

Intinya memang ciri keluarga toxic, tapi penilaian kita dilihat dari korban, yang itu adalah kamu sendiri, yang baca artikel ini. Karena ini menyangkut perasaan, jadi yang bisa menilai adalah yang bersangkutan. Kita nggak bisa memvonis si fulan tumbuh dari keluarga toxic, si fulanah dari keluarga ideal. Nggak bisa!

Maka kalau kamu melihat seseorang sepertinya dibesarkan di keluarga toxic, cara ceknya adalah dengan membagikan artikel ini ke ybs. Bukan mengira-ngira dengan prasangka, ya. So, inilah 6 tanda bahwa kamu tumbuh di keluarga toxic: 

Mudah Cemas

Menurut penelitian, remaja dengan orang tua yang sering bertengkar umumnya mengalami gangguan kecemasan (anxiety disorder) hingga depresi. Depresi itu berbeda dengan stres ya, Gengs. Kamu bisa lihat gejala depresi terselubung di sini.

Sumber toxic di keluarga memang tidak melulu orang tua. Bisa jadi saudara atau keluarga dari salah satu orang tua yang tinggal bersama kita adalah pribadi toxic. Tapi dalam sebuah rumah, yang paling besar pengaruhnya terhadap anak adalah orang tuanya.  

Merasa Tidak Berdaya

Dikutip dari independent.co.uk (4/9/15), orang tua yang terlalu mengontrol menyebabkan kerusakan psikologis seumur hidup pada anak-anak mereka. Kalau kamu merasa tidak berani mencoba hal baru, sulit bermasyarakat, dan serba bingung mengurus apa saja, bisa jadi kamu tumbuh dalam keluarga toxic.

Anak-anak yang seolah tidak memiliki kecakapan apa pun biasanya dibesarkan dalam pengawasan ketat orang tuanya. Bisa dalam bentuk terlalu dilayani, bisa pula terlalu banyak dilarang. Meski niatnya baik, kadang orang tua tidak tau (atau tak mau tau) batasan privasi dan harga diri anak.

Terbiasa Menekan Emosi

Ternyata bagi sebagian orang, mengekspresikan perasaan adalah suatu hal yang besar. Itu karena mereka terbiasa menekan emosi di rumah, entah demi menjaga perasaan orang dewasa di sana, atau karena takut dengan kemarahan mereka.

Dampak buruk dari ciri korban keluarga toxic yang ini adalah, anak-anak mudah dimanfaatkan orang lain, karena terbiasa mengutamakan emosi orang daripada dirinya sendiri. Sementara, sesuatu yang ditahan dalam waktu lama, pada titik tertentu akan meledak juga.

Gampang Meledak

Bukannya tidak konsisten, tapi memang ada orang yang karena tekanan lingkungan jadi terbiasa menahan emosi, ada pula yang justru gampang meledak. Jadi kalau kamu melihat teman yang mudah marah, mungkin bisa sedikit bersimpati. Siapa tau dia lahir dari keluarga toxic, makanya temperamen.

Merasa Tidak Berharga

Siapa yang di rumahnya tidak pernah dipuji? Memang terlalu banyak dipuji tidak baik, tapi sama sekali tidak dipuji juga bisa merusak mental anak. Setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangan. Orang tua mana sih yang tidak pernah memarahi anak? 

Jika marah adalah respons untuk kekurangan anak, masa orang tua tidak mau memuji sekadar menghargai kelebihan anak? Jika begitu, pas banget deh disebut orang tua toxic! Anak yang besar dalam lingkungan orang tua atau orang dewasa toxic biasanya mengalami krisis harga diri.

Sulit Memercayai Orang Lain

Kita sering menganggap remeh perbuatan membohongi anak. Padahal selain jadi contoh buruk, bohong pada anak kecil sebenarnya merupakan pelecehan intelektual terhadap mereka. Akal balita sekalipun sudah bisa menganalisis tidak sinkronnya ucapan dan perbuatan orang dewasa di sekitarnya, terutama orang tua.

Pernah dengar peribahasa Sekali lancung ke ujian, seumur hidup orang tak percaya? Hal itu juga berlaku bagi anak-anak. Orang tua toxic membuat anak sulit memercayai ucapan dan janji mereka. Jika orang tua saja tidak bisa dipercaya, bagaimana dengan orang lain. 

Cara Menghadapi Keluarga Toxic

Terpikir gak sih, kok korban KDRT, pelecehan seksual, dan semacamnya, tidak termasuk dalam ciri-ciri anak yang tumbuh di keluarga toxic? Logika sederhananya, kalau enam hal di atas yang jauh lebih ringan saja tergolong toxic, maka perbuatan kriminal seperti kekerasan bakal masuk kategori limbah! 

Tidak ada unsur kasih sayang di dalamnya, sehingga jika kamu mengalami kekerasan, pelecehan, dsb, segera saja lapor ke pihak berwajib! Sementara untuk 6 ciri-ciri keluarga toxic di atas, umumnya terjadi karena minimnya pengetahuan orang tua, jadi jangan buru-buru kabur dari rumah! Bagaimana kalau mencoba beberapa langkah berikut ini?

cara menghadapi keluarga toxic

#1 Sampaikan perasaan saat ngobrol santai.

Normalnya keluarga punya momen ngobrol santai yang gak perlu jadwal khusus namun biasanya terjadi begitu saja. Kamu bisa setting waktu khusus, cari kesempatan ketika orang tua/saudaramu sedang tidak sibuk. Misalnya waktu sedang nonton, makan, dsb.

Upayakan hanya ada kamu dan salah satu orang tua/saudara yang dibidik; ayah, ibu, kakak, atau adik, yang menurutmu paling toxic. Ketika momennya tepat, sampaikan perasaanmu dengan bahasa sesantun mungkin. Jika terjadi penolakan dari ybs, lebih baik mengalah dulu. Setidaknya dia tau apa yang tidak kamu sukai. Itu baru langkah awal kok!

#2 Introspeksi diri.

Mungkin gak kalau orang tua kita mewarisi pola asuh yang sama dari keluarganya, yang kemudian diturunkan ke kita? Betul itu keliru, jadi kita wajib memutus rantai tersebut. Cukup orang tua kita dan kita yang menjadi korban.

Atau kita cek diri sendiri, jangan-jangan yang membuat keluarga marah pada kita untuk hal yang sama berulang-ulang, memang karena kesalahan kita sendiri. Bisa jadi ada miskomunikasi, entah karena kamu tidak pernah menyampaikan, atau memang mereka yang tak pernah paham. Siapa yang toxic sebenarnya? 

#3 Curhat ke pihak yang tepat.

Ada istilah “teman rasa saudara”, hal itu nyata. Tapi bahwa keluarga adalah hal terpenting, ini pun berlaku di seluruh dunia. Memang ada teman yang sangat baik, tapi yang ada di dekat kita belum tentu yang masuk kategori tersebut.

Jangan buru-buru curhat ke sembarang orang, apalagi ke media sosial. “Keluargaku adalah ciri-ciri keluarga toxic”. Hm, mungkin viral. Tapi pasti ada konsekuensinya, padahal kita cuma ingin bahagia.

Kalau kamu suka menulis, lebih baik kamu tulis untuk dirimu sendiri, yang ketika kamu merasa lebih baik, tulisan itu kamu hapus. Jangan disimpan! Sebab menyimpan tulisan yang buruk sama saja dengan menyimpan luka.

Jika kamu mampu menemukan psikiater, itu lebih bagus. Biasanya dokter psikiatri ini bersikap profesional, mereka tidak mengumbar kasus pasien. Aku pernah baca tentang kode etik kedokteran, di mana dokter wajib merahasiakan keadaan pasien bahkan hingga ybs meninggal dunia.

Kamu juga bisa mempertimbangkan curhat ke ustaz atau ustazah. Tapi jangan menuntut terlalu tinggi ya, bagaimana pun mereka juga manusia biasa. Gak selalu ada untukmu. Tapi mereka punya ilmu agama yang lebih dari kita, sehingga segala permasalahan bisa dilihat dari sisi akhirat. Sebab hidup bukan cuma di dunia yang sepotong ini.

Yang jelas, kamu gak perlu mengumbar masalah keluargamu, alih-alih kabur ke rumah teman dan menghabiskan waktu sia-sia bersamanya. Percaya deh, itu bukan solusi, justru akan jadi masalah baru yang membuat masalah lama semakin dalam dan lebar.

#4 Berdoa.

Sebelum melakukan beberapa hal di atas, utamakan berdoa dulu. Jika kamu muslim, kusarankan memilih doa yang ada di Al-Qur’an atau hadits, yang dekat dengan masalahmu. Walau doa dalam bahasa Indonesia juga nggak dilarang. Yang penting tidak usah mengatur-ngatur Allah, harus begini harus begitu. 

Kalau mau cerita banyak, kamu bisa “ngobrol” dengan Allah seperti ngobrol dengan sahabat. Entah itu di tempat tidur, di jalan, atau tempat lain yang kamu suka, selama tempat itu suci. Kamu bisa merengek, ketawa, bercanda, tapi tetap jaga adab seperti kamu bicara pada orang yang kamu sayangi dan hormati.

Biasanya hatimu akan tergerak untuk bersyukur dulu. Di luar sana banyak yang nasibnya lebih buruk darimu. Kamu akan paham bahwa tidak ada orang tua atau saudara yang sempurna. Alih-alih jadi anak durhaka, kamu akan jadi pahlawan di rumah, jika mampu memahami mereka.

Jika semua hal di atas sudah dilakukan tapi ciri-ciri keluarga toxic masih ada di rumahmu, mungkin hijrah memang solusinya. Tapi pastikan kamu pindah ke lingkungan yang lebih baik, ya. Jangan sampai lepas dari mulut harimau, masuk ke mulut buaya. Harusnya keluar dari kandang harimau, kamu main sama kucing! Pasti lebih hepi.
sundance film festival
SFF Asia 2022

Apakah pandemi sudah berlalu? Kayaknya belum, ya. Tapi sekarang banyak kegiatan yang sudah bisa dilakukan secara offline alias tatap muka. Asalkan tetap menjaga prokes, insyaallah semua akan baik-baik saja. 

Di antara banyaknya kegiatan tersebut, termasuk di antaranya festival film tahunan yang diselenggarakan oleh Sundance Institute. Kamu masih ingat nggak, Sundance Film Festival: Asia 2021 yang digelar tahun lalu?

Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia 2022

kompetisi film pendek sundance film festival
SFF Asia 2022
Sundance Film Festival: Asia persembahan Sundance Institute dan XRM Media yang didukung oleh IDN Media akan kembali hadir di tahun 2022 ini, tepatnya pada tanggal 25-28 Agustus 2022. Perhelatan ini adalah kali kedua, setelah sebelumnya diadakan secara online.

Sundance Film Festival: Asia 2022 akan dilakukan secara offline di Jakarta, Indonesia. Nah, kamu yang biasa berkreasi dalam dunia perfilman pendek bisa ikut kompetisi yang juga diadakan tahunan, serangkaian dengan festival tersebut.

Untuk terus mendukung filmmakers Indonesia, Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia yang disponsori oleh Argo juga kembali diadakan. Para filmmakers bisa mendaftarkan film pendek genre apa pun, karya mereka sendiri, yang sudah selesai produksi per 1 Januari 2020.

Namanya juga film pendek, jadi yang dimaksud adalah film dengan durasi 3-20 menit. Pendaftaran dibuka mulai 18 April sampai 31 Mei 2022, berlaku untuk Warga Negara Indonesia usia 18 tahun ke atas, baik yang tinggal di dalam maupun luar negeri.

Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia 2022
SFF Asia 2022
Informasi lengkap terkait cara pendaftaran, syarat dan ketentuan, bisa kamu lihat di https://SundanceFilmFestivalAsia.org atau halaman Film Freeway-nya di https://filmfreeway.com/SundanceAsia. Cek juga informasi terbaru seputar Sundance Film Festival: Asia 2022 di Instagram dan Tiktok @SundanceFFAsia.

Dewan Juri dan Hadiah

Gimana, sudah punya filmnya? Atau baru rencana buat? Kalau aku, untuk ikut sebuah kompetisi yang diadakan oleh lembaga besar, seringnya gak mikirin hadiah. Khawatir halu atau patah hati saat gak menang. Tapi kan gak semua orang kayak kita. Malah banyak yang kalau dapat info lomba, yang ditanya pertama ya hadiahnya (bukan siapa penyelenggaranya).

Untuk Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia 2022, para dewan juri adalah perwakilan dari Sundance Institute, IDN Pictures, dan Argo. Berikut ini orang-orang yang kelak akan mengkurasi pilihan film pendek dari seluruh pendaftar yang masuk:
  1. Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival 
  2. Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival 
  3. Mike Plante, Senior Programmer, Short Film, Sundance Film Festival 
  4. Susanti Dewi, Head of IDN Pictures
  5. Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo
Selain mengkurasi, dewan juri juga akan memilih pemenang penghargaan Jury Award yang akan mendapatkan uang senilai 2.000 USD, disponsori oleh Argo. Gak cukup sampai di situ, film yang terpilih akan ditayangkan di platform Argo saat Sundance Film Festival: Asia 2022 bulan Agustus nanti, untuk kemudian didistribusikan secara global setelah festival berlangsung. 

Film-film pendek yang lolos kurasi juga berkesempatan mengikuti seleksi untuk ditayangkan di Sundance Film Festival 2023, tahun depan.

Btw, sudah kenal Argo belum? Argo adalah salah satu platform streaming yang menghubungkan pembuat film dan audiens mereka. Kamu bisa menonton banyak film pendek dan film independent di platform ini. Seperti biasa, instal dulu di Google Playstore atau iTunes App Store. Atau lihat-lihat dulu info tentang Argo di berbagai media sosial mereka.

Jadi, sudah siap menyambut Sundance Film Festival: Asia 2022? 
Tenggorokan gatal adalah gejala umum yang timbul saat tubuh terserang infeksi virus, bakteri, atau alergi. Selain itu, faktor cuaca dan makanan yang dikonsumsi juga bisa menyebabkan tenggorokan gatal.

Kondisi ini tidak memerlukan penanganan khusus pada umumnya, sebab tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya dalam 7 hingga 10 hari. Namun, tenggorokan gatal nyatanya sangat menyiksa dan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Cara Meredakan Tenggorokan Gatal dengan Obat dan Bahan Alami

Karena itu, Anda tetap tidak boleh menganggap remeh tenggorokan gatal. Sebab, tenggorokan gatal juga bisa merupakan gejala penyakit seperti batuk, atau yang lebih serius yaitu amandel bahkan asma. Sehingga dibutuhkan obat tenggorokan gatal untuk meredakannya.

Sebaiknya bicarakan dengan dokter jika mengalami tenggorokan gatal yang tidak kunjung reda. Anda bisa melakukan konsultasi dokter gratis dengan mudah melalui aplikasi KlikDokter.

Jika Anda sedang tidak bisa melakukan pemeriksaan ke dokter, ada beberapa alternatif untuk meringankan tenggorokan gatal yang bisa Anda lakukan di rumah. Baik secara alami maupun menggunakan obat dari apotek. Apa saja itu?

Obat Tenggorokan Gatal Alami

Sebagai tindakan dini untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan iritasi saat tenggorokan gatal, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami berikut ini, di antaranya:

1. Minum air putih hangat

Tenggorokan gatal adalah pertanda jika tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi sehingga menjadi gatal, kering, dan mudah iritasi. Minumlah air putih hangat setidaknya 7-8 gelas sehari setiap harinya agar kebutuhan cairan bisa tercukupi.

Suhu hangat memberi efek lega dan menenangkan, juga mengurangi frekuensi batuk. Cairan juga bisa membantu membersihkan lendir yang menggumpal di saluran pernapasan dan menyebabkan rasa gatal.

2. Berkumur dengan air garam

Gunakan air garam sebagai cairan kumur, bukan untuk diminum, ya. Berkumur dengan air garam efektif untuk meredakan tenggorokan gatal yang disebabkan oleh bakteri atau virus, juga mengurangi kelebihan dahak.

Campurkan ½ sendok teh garam dengan segelas air hangat dan aduk hingga rata. Berkumur selama 10 detik dengan air campuran tersebut, lalu muntahkan. Ulangi 2 hingga 3 kali sehari secara teratur.

3. Minum campuran susu dan kunyit

Campuran susu dan kunyit dipercaya bisa meredakan tenggorokan gatal yang disebabkan oleh peradangan. Kunyit sebagai antibakteri, antiseptik, dan anti peradangan mampu mengatasi peradangan di dalam tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Sementara susu sendiri berperan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sebaiknya pilih susu segar atau susu murni.

4. Madu

Madu dikenal dengan sifat antimikroba, antioksidan, antiinflamasi, antivirus, juga anti jamur. Sejumlah jurnal pun menyatakan, madu efektif untuk meringankan penyakit yang berkaitan dengan sakit tenggorokan, termasuk tenggorokan gatal dan tenggorokan kering yang disertai batuk.

Anda bisa mencampur dua sendok makan madu dengan segelas teh hangat atau air hangat. Minumlah di pagi serta malam hari secara teratur.

5. Berkumur dengan cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung zat asam yang efektif melawan infeksi bateri, juga mampu melindungi tenggorokan dari lendir yang mengganggu. Namun, cuka sari apel tidak boleh diminum begitu saja sebab bisa memperparah iritasi dan radang.

Ambil satu sendok makan cuka sari apel dan campurkan dengan segelas air hangat, lalu minum atau gunakan untuk berkumur.

6. Air jahe dengan madu dan lemon

Jahe tidak hanya memberi sensasi hangat, namun juga mampu melemaskan otot-otot di sekitar tenggorokan saat terserang infeksi. Sementara itu, air perasan lemon yang mengandung astringent bisa membantu mengempeskan jaringan tenggorokan yang membengkak, serta membunuh virus dan bakteri penyebab infeksi.

Campurkan kedua bahan tersebut dengan madu untuk membuat ramuan obat tenggorokan gatal alami yang efektif. Minumlah di pagi dan malam hari secara rutin.

7. Air lemon hangat

Air lemon hangat pun bisa menjadi solusi meredakan tenggorokan gatal. Lemon dengan kandungan vitamin C dan antioksidan sangat baik untuk meningkatkan produksi air liur yang membantu menjaga kelembaban selaput lendir.

8. Minum campuran minyak kelapa dan teh hangat

Minyak kelapa bisa dipilih sebagai alternatif obat tenggorokan gatal alami. Campuran minyak kelapa dan teh hangat tidak hanya melegakan, melainkan juga mampu mengencerkan dahak yang mengganggu tenggorokan.

Namun, minyak kelapa mempunyai efek pencahar yang bisa membuat mual, diare, dan meningkatkan iritasi tenggorokan jika dikonsumsi terlalu banyak. Cukup ambil maksimal dua sendok makan minyak kelapa dan campurkan dengan teh hangat untuk konsumsi per harinya.

Mengatasi Tenggorokan Gatal dengan Obat Apotek

Selain menggunakan bahan-bahan alami, ada pula obat tenggorokan gatal yang bisa Anda peroleh di apotek. Pastikan penggunaannya sesuai dengan resep dokter, apoteker, atau ikuti petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan.

1. Antihistamin

Salah satu penyebab tenggorokan gatal adalah reaksi alergi dan pemberian obat antihistamin bisa membantu meredakannya. Namun, periksalah ke dokter untuk memastikan diagnosis tenggorokan gatal, apakah karena reaksi alergi, infeksi virus, atau bakteri.

2. Dekongestan

Hidung tersumbat saat terserang gejala flu, sering kali mengharuskan bernapas melalui mulut sehingga berisiko mengalami tenggorokan kering yang disertai sensasi gatal. Pemberian obat dekongestan berguna untuk melegakan hidung tersumbat sekaligus meredakan tenggorokan gatal.

3. Dextromethorphan

Tenggorokan gatal juga bisa menyertai batuk kering. Penggunaan obat dextromethorphan mampu membantu menekan batuk sehingga melegakan tenggorokan dari rasa gatal. Pastikan untuk menjalani pemeriksaan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat satu ini, ya.

4. Permen pelega tenggorokan

Mengisap permen pelega tenggorokan terbukti efektif membantu meredakan rasa gatal di tenggorokan. Mengisap permen turut meningkatkan produksi air liur, sehingga tenggorokan tetap terjaga kelembabannya dan rasa gatal berkurang.
Biasanya jika muncul niat menikah, yang pertama kali terbit di pikiran adalah dana. Betul, duit itu penting. Tapi ada yang gak kalah penting, yaitu ilmu rumah tangga. Misalnya, mengatasi puting datar bagi ibu menyusui. Aku bahkan gak tau ada masalah ini dalam kehidupan ibu-anak.

Kalau ada akhwat yang tanya persiapan nikah, biasanya aku sarankan mereka baca buku psikologi laki-laki perempuan. Soal kehamilan dan pengasuhan anak malah lupa. Mungkin karena yang ini belum sepenuhnya kulewati. Tunggu jadi mbah-mbah dulu kali, ya! Baru bisa ngasih saran ke sana. 

Walau artikel ini berkaitan dengan perempuan, para suami dan atau calon suami juga perlu tau, agar mereka paham perjuangan istri mereka. Nggak perlu panjang lebar kujelaskan bahwa anak-anak adalah tanggung jawab kedua orang tuanya, bukan hanya ibu. 

Dan anak juga gak cuma perlu makan, jadi para bapak jangan merasa cukup sebatas memberi nafkah. Anak-anak perlu kasih sayang yang imbang, butuh figur ayah yang dihormati dan diteladani. Oke, kita lanjut ke kasus utama; bagaimana cara menyusui jika puting si ibu datar? 
 
Mengatasi Puting Datar bagi Ibu Menyusui

Puting Datar, Apakah Bisa Menyusui?

Ini ilmu ya, Gengs, letakkan pada tempatnya! Ini yang juga pernah dikatakan salah seorang dai Indonesia. Bukan merahasiakan, tapi aku lupa nama beliau. Waktu itu sedang membahas fiqh suami-istri, lalu beliau berpesan sebelum menjelaskan. Jangan hinakan ilmu, jangan ada bebunyian yang tidak pantas saat saya menjelaskan! Pahamlah maksudnya.

Apa penyebab puting seorang ibu bisa datar? Jujur aja, aku nggak tau. Tapi kasus ini ternyata banyak terjadi pada ibu muda. Meski sudah dibersihkan saat hamil, nyatanya begitu si bayi lahir, tetap saja dia kesulitan mengenali puting ibunya.

cara menyusui jika puting datar

Sebenarnya meski berputing datar, seorang ibu masih bisa menyusui bayinya. Memangnya waktu masih janin, bocah di dalam perut sudah tau mana puting mana bukan? Insting mereka hanya mengisap, jadi selama ada yang bisa mengalirkan “makanan” waktu ditarik, ya sudah.

Yang membuat bayi mengalami bingung puting adalah ketidakkonsistenan orang tua memberi ASI pada bayi. Ini berdasarkan pengalamanku, ya! Si Kakak di tiga bulan pertamanya kesulitan mendapatkan ASI, jadi harus dibantu dengan susu formula.

Sebabnya, ketika dia lahir, kondisi puting Umminya datar, kemudian oleh neneknya diberi susu formula via botol dot. Padahal aku sudah mewanti-wanti suami agar tidak memberi dot pada bayi kami. Apa daya, neneknya gak tega liat si bocah nangis sementara emaknya masih kesulitan menyusui. Antara belum berpengalaman, ditambah bakda operasi sesar yang memang gak bisa langsung banyak gerak. Sakitnya gak tertuliskan!  

Solusi Puting Datar Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Hal lain yang mendorong anakku mengalami puting datar adalah kebijakan rumah sakit yang sungguh jauh dari edukatif. Gak perlu kusebut nama RS-nya, yang jelas milik pemerintah. Tau sendiri. Alih-alih mengedukasi ibu muda untuk memberi ASI pada bayinya, bidan di RS malah sibuk menyodorkan sufor dagangannya pada keluarga pasien.

Beda jauh dengan RS tempat aku melahirkan si Adek. Begitu dia lahir, masih di ruang bedah, bocah mungil itu langsung ditempelkan ke dada emaknya. Sambil dipijat pelan oleh bidan, ia mencari puting sehingga Alhamdulillah berhasil mendapatkan kolostrum (ASI pertama berwarna kekuningan yang mengandung antibodi).

Kembali ke kasus si Kakak. Bagaimana cara menyusui bayi jika puting datar? Setelah melahirkan si sulung ini, makin percaya aku bahwa anak yang durhaka pada ibunya benar-benar layak diazab. Sudah hamilnya tepar-teparan, melahirkan dibedah-bedah pula, eh menyusui pun penuh perjuangan. 

Nggak, aku bukan mau menyebut-nyebut amal kok. Melainkan mengingatkan diri pada pengorbanan mbahnya anak-anak saat melahirkanku, yang katanya paling susah dibanding anak-anak beliau yang lain. Dasar!   

Dengan kondisi puting datar, alhasil aku kesulitan menyusui bayi. Akhirnya si kakak lebih banyak minum sufor dari botol, yang itu justru membuat ASI-ku jadi tidak banyak. Jadi prinsipnya, ASI itu semakin dikeluarkan akan semakin banyak produksinya. 

Selain itu, kondisi psikis ibu menyusui juga sangat memengaruhi kualitas dan kuantitas ASI. Sayangnya, setelah ketemu kasus, baru aku belajar. Syukurnya, selain Google, ada banyak guru di sekitarku yang mengajarkan.

cara agar bisa menyusui bayi

Jadi jelasnya, begini caraku mengatasi puting datar agar tetap bisa menyusui:

Niatkan dengan ikhlas, doa, rileks.

Menyusui bayi untuk pertama kali, rasanya bukan main perih. Tolong para suami, jagalah psikis istrimu di saat seperti ini. Kalau bisa semua, atau minimal 75%, pekerjaan rumah bukan tanggungannya. Daripada istrimu stres, pasti berimbas ke anak!

Posisikan kepala bayi di siku bagian dalam, BUKAN di pergelangan tangan.

Tujuannya, selain lebih dekat dengan puting, juga agar bonding ibu-anak lebih rekat. Ajak bayimu ngobrol, lihat matanya. Ceritakan yang baik-baik, tampilkan ekspresi ceria. Dengan cara ini, rasa perih di puting akan berkurang jauh, bahkan hilang sama sekali.

Beri madu.

Banyak yang menyebut bahwa madu tidak boleh dikonsumsi bayi di bawah 1 tahun. Kalau kamu ragu, skip aja. Tapi aku pribadi menggunakan madu dan terbukti berhasil. Pertama, untuk melumas puting agar tidak perih. Kedua, untuk memancing bayi agar tau di mana posisi puting. Ngasihnya juga sedikit kok.

Pompa ASI.

Setelah tau bahwa makin banyak ASI yang dikonsumsi akan makin meningkatkan produksinya, aku rajin memompa ASI di sela-sela perjuangan menyusui si kakak dengan puting datar, yang kadang berhasil kadang tidak (lebih banyak tidaknya!) 

Tujuannya tidak hanya untuk mengeluarkan ASI, tapi juga memancing puting agar tidak datar lagi. Kalau stres dituruti, niscaya aku makin stres. Atau pilih menyerah, maka puting akan selamanya datar (yang begini ada, sayang sekali!)

Susui bayi yang sudah “berpengalaman”.

Qodarullah, aku melahirkan selisih sebulan dari kakak kandungku yang juga melahirkan bayi perempuan. Jadi ketika ia datang ke rumah, “kupinjam” bayinya untuk kususui. Ketika puting sudah nampak muncul, ia kukembalikan, dan aku langsung menyusui anakku sendiri.

Kalau kamu berada pada kondisi puting datar tapi tidak ada saudara yang sedang menyusui, kamu bisa “meminjam” bayi lain. Yang penting, catat nama, tanggal lahir, nama orang tua, dan data lain yang berkaitan dengan si anak. Simpan baik-baik data tersebut, supaya ketika dewasa, anak susuan dan anak kandung tau bahwa mereka bersaudara. 

Bagi para ibu yang mengalami puting datar, please jangan menyerah untuk menyusui buah hatimu! Aku butuh tiga bulan untuk berhasil menyusui si sulung dengan cara yang normal. ASI terbukti punya peran besar terhadap kecerdasan dan kesehatan anak, bahkan kesehatan mentalnya hingga dewasa nanti.  

Kalau kamu belum menikah, artikel mengatasi puting datar yang sudah kutulis ini, rasanya gak rugi untuk kamu simpan (dibaca dulu!) siapa tau kamu nanti mengalaminya. Semoga nggak. Atau bisa kamu bagikan kepada orang yang sekarang tengah mengalaminya. Jangan sampai ketidaktahuan orang tua membuat anak menanggung akibatnya. ASI itu bukan penting, tapi superpenting!
Menemukan tempat wisata di Palembang yang kekinian tidaklah menjadi hal yang sulit karena ternyata kota ini menyimpan banyak sekali destinasi yang bisa dijelajahi. Palembang menjadi wilayah di Indonesia dengan alam dan budayanya yang kaya. 

Dengan kekayaan inilah, maka tidak heran jika potensi wisata yang dimiliki oleh Sumatra Selatan (Sumsel) sangat  banyak. Potensi alam dan budaya yang dimiliki kota ini membuat Palembang memiliki berbagai destinasi yang menarik untuk dijelajahi, apa saja itu?

Tempat Wisata Kekinian di Sumsel

1. Danau OPI

Wisata pertama yang bisa kamu jelajahi adalah Danau OPI. Danau yang cantik ini sangat menarik untuk coba kamu kunjungi bersama teman-teman atau pasangan. Danau satu ini ternyata sengaja dibuat khusus untuk Pekan Olahraga Nasional yang diselenggarakan di Palembang.

Jadi, pemerintah Kota Palembang membuat Danau OPI untuk tempat olahraga dayung. Kalau kamu sedang berada di Palembang, cobalah untuk mengunjungi wisata ini dan mencoba banana boatnya. Danau OPI terletak di Sungai Kedukan, Kabupaten Banyu Asin.

2. Bukit Siguntang

Wisata selanjutnya ada Bukit Siguntang, sebuah destinasi dengan ketinggian 30 mdpl. Destinasi satu ini memiliki lokasi yang tidak begitu jauh dari Sungai Musi. Zaman dahulu, bukit ini dijadikan untuk rumah ibadah penganut Buddha.

Namun sekarang bukit ini menjadi sebuah wisata dan juga menjadi tempat yang ideal untuk menenangkan pikiran dan rehat. Kalau kamu sedang suntuk dan ingin mencari wisata yang membuatmu tenang, pergilah ke Bukit Siguntang ini.

3. Sungai Gerong

Kalau kamu cari destinasi wisata keluarga yang menarik di sekitar Palembang, coba deh pergi ke Sungai Gerong. Sungai satu ini nyaman sekali untuk tempat piknik keluarga. Hal ini dikarenakan wisatanya yang begitu teduh.

Kamu bisa piknik sederhana bersama keluarga dengan santai di sekitar pinggir sungai. Selain bisa menyaksikan sungai dari pinggir jalan, ternyata sungai ini juga menyediakan banyak fasilitas untuk membuat betah para pengunjung seperti taman olahraga, penangkaran rusa, dan beberapa fasilitas olahraga.

4. Air Terjun Bidadari

Wisata terakhir yang jangan sampai kamu lewatkan kalau sudah berada di Palembang adalah Air Terjun Bidadari. Kawasan wisata ini lokasinya tidak begitu jauh dari kota Lahat dan hanya membutuhkan waktu setengah jam saja dari pusat kota.
 
tempat wisata palembang

Untuk bisa sampai ke Air Terjun Bidadari, maka kamu harus bersiap-siap untuk berjalan kaki sekitar setengah jam dari tempat parkir. Namun tenang saja, karena selama kamu melakukan trekking, maka kamu melintasi kebun kopi yang indah.

Nah, kalau kamu ingin sekali ke Palembang dan berangkat dari Lampung, kamu bisa pesan tiket bus di Pegipegi. Beli tiket bus Lampung Palembang menjadi lebih mudah jika pesannya melalui Pegipegi. Yuk, instal aplikasinya dan pesan tiket bus sekarang juga!
Siapa yang merekomendasikan? Ya aku. Siapa lagi? Jadi rekomendasi film psikologi yang akan kuulas di bawah ini, bukan berdasarkan lembaga ini atau situs tertentu. Bener-bener oleh seorang aku yang bukan siapa-siapa. Cuma seseorang yang suka nonton film psikologi, itu aja.

Apa sih menariknya film psikologi? Menurutku pribadi, baca novel atau nonton film psikologi seperti membaca kehidupan. Memaklumi karakter orang, memahami pola pikir masyarakat, dsb. Seperti ilmunya, film psikologi ada banyak. Bisa tentang orang dengan gangguan kepribadian, tentang psikologi keluarga, dll.

rekomendasi film psikologi

Kadang ada yang salah paham. Ketika menyebut film psikologi, yang ada di benaknya adalah psikopat dan darah. Itu film sadis, Gengs. Beda. Oke, langsung aja. Inilah 5 rekomendasi film psikologi terbaik sepanjang masa versi iluvtari.  

The Silence of the Lambs

Rekomendasi Film Psikologi Terbaik Sepanjang Masa

Film ini sudah lama banget, tahun 90-an. Tapi aku nontonnya tahun 2000-an sih, dan mau ngulang! Biasanya aku superjarang mengulang baca atau nonton sesuatu. Kalau sudah sekali, yang kedua bakal bosan. Tapi untuk film ini, aku bisa melakukannya.

Kenapa? Karena filmnya bikin mikir. Tapi mikirnya gak rumit, melainkan jadi dapat ilmu baru. Yang paling menarik adalah penokohan seorang psikiater yang juga psikopat. 92% pengguna Google menyukai film ini. Yang 8% mungkin belum baligh, jadi gak paham. 

The Silence of the Lambs berkisah tentang kadet FBI (Jodie Foster) yang ditugaskan menemui Hannibal Lecter (Anthony Hopkins), psikopat dalam penjara dengan pengamanan super, untuk meminta nasihat dalam rangka mengejar psikopat lain yang masih beraksi.

Masuk akal kan? Kabarnya polisi harus berpikir seperti penjahat untuk bisa menangkap penjahat yang buron. Di FBI (info dari film sih!) ada bagian yang tugasnya membuat profil penjahat. Mereka mempelajari pola pikir, karakter, latar belakang kehidupan, dan berbagai hal yang berkaitan dengan orang yang mereka buru. Dengan begitu, mereka bisa memperkirakan dengan sangat baik, apa yang akan dilakukan si target, sehingga ybs bisa dibekuk sebelum kembali beraksi.

Yang semacam itu bisa kamu tonton dalam serial Criminal Minds. Filmnya bagus, tapi gak masuk rekomendasi di sini. Bukan apa-apa, capek ngetiknya. 

Kembali ke The Silence of the Lambs. Sebenarnya sudah ketebak, tokoh utamanya pasti berhasil menangkap penjahat yang dimaksud. Tapi hebatnya film psikologi itu, kita bukan mau nebak siapa penjahatnya, atau bagaimana akhir drama, melainkan memahami alur dan cara berpikir orang lain. Entah dia protagonis maupun antagonis. Makanya, gak semua film psikologi layak dikategorikan film psikologi.

Sekuel film ini menceritakan awal mula Lecter menjadi psikopat. Tapi karena trailernya bikin pusing (penuh darah), aku pilih gak nonton. Nggak penasaran kok, bagiku menjaga kewarasan adalah yang utama. Aku gak suka tantangan. 

A Beautiful Minds

film psikologi terbaik

Film ini diangkat dari buku dengan judul yang sama. Entah A Beautiful Minds atau The Professor and The Madman yang kukira plek-plek berdasarkan kisah nyata, ternyata bukan. Melainkan terinspirasi kisah nyata, beda ya. Dalam kejadian aslinya (entah yang mana dari dua film itu), sang istri gak sanggup menghadapi suaminya dan pilih bercerai. Kalau di film, istrinyalah yang membuat si suami lebih baik.

A Beautiful Minds bercerita tentang seorang ahli matematika yang mengidap skizofrenia. Ia mendapat beasiswa di Princeton University dan dijanjikan mendapat kamar untuk sendiri oleh pihak universitas. Anehnya, begitu masuk kamar, sudah ada orang lain yang kelak menjadi temannya dalam waktu yang lama.

John Nash (diperankan oleh Russell Crowe) mendapatkan pekerjaan sebagai pemecah kode rahasia yang disisip oleh musuh negara lewat buku, majalah, dan berbagai teks. Ia secara sembunyi-sembunyi mengirimkan laporannya kepada William Parcher (Ed Harris). Adegan inilah yang kemudian secara dramatis disajikan dengan kondisi real, bahwa Nash sedang berhadapan dengan orang-orang yang hanya ada di kepalanya. 

Setelah lulus kuliah, Nash bertemu dengan teman kamarnya, Charles, yang datang bersama seorang keponakan. Di sinilah akhirnya Nash mengakui bahwa ia sakit. Sebab dalam waktu lama setelah pertemuan itu, keponakan Charles masih saja anak-anak. 

Split

film kepribadian ganda

Film ini banyak dikritik psikiater dan psikolog, sebab dianggap memberi label negatif orang dengan gangguan identitas disosiatif (kepribadian ganda). Meski dikritik, tapi Split mendapat seabrek penghargaan dari segi perfilemannya.

Split mengisahkan tentang Kevin Wendell Crumb (James McAvoy), pemuda dengan 24 kepribadian, yang menculik tiga orang gadis dan mengurung mereka di tempat tersembunyi di bawah tanah. Memang sih, film ini agak lebay. Karena kepribadian yang terakhir benar-benar gak masuk akal. Eh, siapa tau emang bisa. Aku gak pernah kuliah psikologi, gak tau juga ding.

Pokoknya film ini sangat sangat menarik. Film psikologi sekaligus film action. Sudahlah mikir, deg-degan pula dibuatnya. Di kehidupan nyata, Billy Milligan adalah orang dengan 24 kepribadian dan juga melakukan kejahatan.

Ia merupakan orang Amerika pertama yang dinyatakan tidak bersalah karena mengalami gangguan kepribadian. Tapi Split bukan berdasarkan kisah Billy Milligan. Apa yang dialami Milligan juga diangkat dalam film, dengan judul The Crowded Room. 

The Mentalist

film psikologi psikopat

Sebenarnya agak ngawur aku merekomendasikan The Mentalist sebagai film psikologi terbaik sepanjang masa, sebab kalau kamu penasaran entah nyari ke mana buat nontonnya. Di situs haram ada sih, tapi gak runut. Jadi gpp aja kalau dispoiler, ya!  

The Mentalist adalah film serial, yang dulu aku nontonnya di Diva Universal (sekarang sudah gak ada). Menceritakan seorang konsultan CBI (California Bureau of Investigation) yang memiliki kemampuan analisis luar biasa, seorang mentalis bernama Patrick Jane (diperankan oleh Simon Baker).

Jane ini sebelumnya menipu banyak orang dengan keahliannya. Dia ngaku-ngaku sebagai cenayang yang bisa menghubungkan orang mati dengan keluarganya yang masih hidup. Dalam salah satu sesi pekerjaannya, ia harus berurusan dengan psikopat yang menamakan dirinya Red John.

Dalam banyak film psikologi yang kutonton, biasanya psikopat digambarkan sebagai orang yang suka jika dicari-cari polisi. Mereka tidak suka diremehkan dan sangat menikmati perhatian, terutama oleh media. Patrick Jane adalah orang yang dianggap meremehkan Red John dalam salah satu show-nya.

Karena pertunjukannya, Red John membantai anak dan istri Patrick Jane, yang itu menimbulkan trauma mendalam bagi Jane. Ia meninggalkan pekerjaan dan bergabung dengan CBI demi mencari sosok Red John yang sebenarnya.

Sepanjang serial, tiap episodenya akan diangkat kasus-kasus terpisah yang tidak semuanya terhubung pada Red John. Jane banyak menganalisis bahasa tubuh dan kebiasaan-kebiasaan orang-orang di sekitar korban untuk mengungkap kejahatan yang terjadi.

Aku lupa di session berapa Jane berhasil menemukan Red John. Yang jelas ketika musuh besarnya didapatkan, The Mentalist tidak serta merta tuntas. Jane harus menyembuhkan traumanya dengan menemukan keluarga yang baru. Witing tresno jalaran soko kulino, itulah ending serial keren ini.

Marriage Story

film psikologi keluarga

Aku menganggap film ini sangat realistis. Gak ada penjahat, gak ada orang dengan mental disorder, yang ada hanya keluarga kecil dengan masalah yang juga dialami jutaan pasangan di dunia.

Aku gak nonton karena latah, pemerannya adalah aktor dan aktris yang tengah naik daun; Adam Driver dan Scarlett Johansson. Kenal juga nggak. Maksudnya mereka gak kenal aku. Yang mewajibkan nonton harus happy ending, mending gak usah nonton.

Pokok cerita dari Marriage Story adalah sepasang suami-istri yang sama-sama sibuk. Mereka tampak harmonis di luar tapi kacau di dalam. Meski demikian, keduanya sama-sama berusaha menjaga keutuhan, terutama di depan anak semata wayangnya.

Momen epiknya adalah ketika mereka saling meluapkan emosi, saling tuding dan maki, lalu sama-sama minta maaf. Tapi … yang patah gak bisa disatukan. Pokoknya kalau suka yang indah-indah, jangan nonton! Mungkin ending inilah yang membuat film Marriage Story kabarnya merugi. Padahal bagus. 

Nah, itulah 5 rekomendasi film psikologi terbaik sepanjang masa. Setidaknya sejauh ini, dengan jumlah tontonanku yang masih terbatas. Walau masih banyak film lain yang bagus, atau malah kamu anggap lebih bagus dari yang lima di atas. Selera manusia kan beda-beda.

Btw kok film barat semua? Berarti aku lebih banyak nonton film barat ketimbang Asia, kan list versi aku. Untuk rekomendasi film psikologi Indonesia, kamu bisa tonton Fiksi, Penyalin Cahaya, dan Sang Penari. Itu yang menurutku bagus. Rekomendasi film psikologi Korea ada nggak? Kayaknya belum dulu, hehe.
Waktu kecil, aku punya tumpukan buku dan majalah yang semuanya sudah dibaca. Hampir setiap hari bertambah, karena kakakku rajin membelikan. Banyak teman, yang bahkan bukan temanku, main ke rumah, pulang pulang bawa buku/majalah dengan akad pinjam. Tapi tak pernah kembali.

Sebenarnya sekarang aku pengin koleksi lagi, tapi mengingat ketersediaan ruang, rasanya buku yang ada saja sudah makan banyak tempat. Apalagi sekarang ada macam-macam aplikasi baca buku, lumayan bisa koleksi buku tanpa perlu beli rak, beresin buku berantakan, atau sibuk nagih-nagih yang ngakunya minjam tapi gak pernah pulang.

Kamu kebayang aplikasi apa saja hayo, waktu baca kalimat di atas? Sudah kenal Storytel belum? Pernah dengar tentang Audiobook Indonesia?

storytel

Storytel Audiobook dan E-book

Buku adalah jendela dunia, orang Indonesia mana yang gak kenal kalimat itu? Sayangnya, slogan saja tidak cukup. Sudah sering kita dengar info perkara rendahnya minat baca orang Indonesia. Alasan klisenya, gak ada waktu untuk membaca. Nah, sejak ada Storytel, alasan kuno itu sudah gak berlaku lagi!

Storytel adalah platform baca buku yang menyediakan fitur “dengar”. Jadi kalau kamu tidak sempat pegang buku atau gadget untuk membaca, kamu cukup “perintahkan” saja aplikasi ini agar membacakan buku kesayanganmu.

Jadi kamu bisa “membaca” buku sambil cuci piring, nyetrika, atau bahkan didongengi seperti waktu kecil dulu. Mirip podcast, kayak dengar radio? So, bisa dipakai waktu nyetir mobil juga kan!
 

“Baca” Buku Best Seller Sambil Beraktivitas


aplikasi storytel

Kalaupun kamu belum pernah baca buku berikut ini, paling tidak kamu hampir pasti pernah mendengar betapa booming-nya buku-buku tersebut karena penjualannya yang luar biasa. Game of Thrones, yang sudah jadi serial TV. Sapiens, karya Yuval Noah Hariri. Hunger Games, yang aku stres nontonnya, haha. Atau Mariposa, yang sudah naik kelas ke Netflix.

Aku sendiri belum baca semua sih, deretan buku best seller itu. Tapi dengan Storytel, kita jadi gak ketinggalan membaca buku-buku bagus, yang bahkan sudah diangkat ke layar lebar.

Salah satu buku yang “kubaca” adalah Orang-orang Bloomington karya Budi Darma. Bukan novel fiksi, buku ini merupakan kumpulan cerpen yang mengulas tentang karakter orang-orang, yang bisa jadi, kita adalah satu di antaranya.

Memang gak setenar Dilan-nya Pidi Baiq, atau Divortiare karya Ika Natassa, tapi Orang-orang Bloomington punya keunggulan lain yang tidak dipunyai oleh para penulis muda. Oh ya, kamu sudah baca novel Selamat Tinggal, karya Tere Liye? Ada juga di Storytel loh! 
 
audiobook storytel

Cerpen yang paling berkesan adalah Keluarga M, sebab penulis berhasil mengaduk-aduk perasaan kita terhadap tokoh saya pada cerita tersebut. Kita menganggap ia psikopat, tapi pada akhirnya kita pun dibuat berempati pada perbuatannya. Kamu baca aja sendiri, dispoiler itu gak seru!

Budi Darma adalah salah satu profesor sastra yang dimiliki Indonesia, Orang-orang Bloomington mendapat banyak penghargaan sekaligus diterjemahkan ke berbagai bahasa di dunia. Seleraku bagus kan? Aha. Itu hanya salah satu contoh, masih banyak buku best seller lain yang terdapat di Storytel, termasuk Harry Potter audiobook yang pasti digandrungi banyak orang. 

Keunggulan Aplikasi Storytel

Berdasarkan pengalamanku membaca berbagai buku di Storytel, setidaknya ada 5 keunggulan di aplikasi ini, yang membuatku merasa gak sia-sia sudah meluangkan ruang memori HP demi menambah wawasan.

1. Tidak ada buku jelek di Storytel.

Seperti yang sudah kusebut di atas, banyak sekali buku best seller di Storytel. Jadi kalau kamu menemukan judul yang kurang familier, percayalah, buku itu juga bagian dari buku laris lainnya.

2. Ada pilihan baca dan dengar.

Selain mendengarkan buku, di Storytel juga ada fitur baca. Jadi kalau kamu memang sudah menyiapkan waktu untuk membaca, tinggal sentuh tombol “baca”, lalu nikmati e-book pilihanmu! 

3. Mendengarkan buku mengurangi intensitas menatap layar HP.

Walaupun tingkat minat baca orang Indonesia konon tidak tinggi, tapi tren membaca tampaknya cukup meningkat. Barangkali buku fisik memang mengalami penurunan, sebab kaum milenial dan Generasi Z memang cenderung menyukai produk digital yang dapat disimpan di penyimpanan awan. Punya banyak buku tanpa makan tempat!

Risikonya, mata mudah lelah karena butuh waktu lama menatap gawai. Dari pekerjaan sampai ke hiburan, sama-sama berurusan dengan gawai. Kalau buku bisa didengar, otomatis dapat mengurangi intensitas kita menatap layar HP. Lebih sehat tentunya.  

4. Fitur yang mudah digunakan.

Meski audiobook dan e-book lebih dekat pada milenial ke bawah (Gen Y, Z, dst), aku yakin fitur-fitur yang ada di Storytel mudah dipahami orang di usia pertengahan 40 ke atas. Btw aku juga menginstal aplikasi audiobook lain, tapi di sana nggak selengkap Storytel.

ebook storytel

Filter pada Rak Buku

Gak usah jauh-jauh membandingkan dengan perpustakaan offline, rak bukuku waktu lajang saja gak karuan urutannya. Sementara di Storytel, ada filter untuk memilih buku yang ditarget, sedang dibaca, dan sudah dibaca. Sederhana, tapi sangat membantu. 

Lewat Rak Buku, aplikasi ini juga bisa memberi penggunanya rekomendasi buku berdasarkan minat yang “terbaca” oleh sistem. Misalnya kamu baru saja membaca buku Negeri Lima Menara, nantinya sistem akan menyarankanmu untuk membaca buku karya Ahmad Fuadi lainnya, atau karya fiksi yang setema dengan novel tadi.

Statistik

Kalau kamu menargetkan sekian buku untuk dibaca dalam waktu tertentu, dengan fitur ini, kamu bisa melihat progresnya. 

Mode Anak

Bukan hanya tontonan yang perlu mode anak-anak, bacaan juga. Jadi kalau kamu memasang Storytel di gawai yang sering dipakai anak-anak, nyalakan mode ini.

ebook storytel
Si Kakak baca ebook

Buku Offline

Tadinya aku kurang memperhatikan fitur ini, karena kupikir ‘ah kan ada wifi, dan aku jarang keluar rumah’. Sekalinya mati lampu, plonga-plongo deh, mau baca sinyal gak ada. Jadi dengan fitur Buku Offline, kamu bisa mengunduh buku pilihanmu untuk dibaca dalam keadaan luring. 

5. Harga terjangkau, transaksi mudah. 

Kamu dibacain buku, dijamin buku bagus pula, wajar kan kalau kamu perlu bayar? Wajar banget. Tapi gak usah khawatir, harga langganan di Storytel cukup murah, 39 ribu rupiah aja! Kalau dihitung-hitung, sehari cuma seribuan perak. Itu kayak kita zaman dulu nongkrong di taman baca.

Kabar baiknya lagi, kamu bisa coba gratis dulu selama 7 hari sebelum benar-benar berlangganan. Bahkan kamu bisa mendapatkan tambahan 3 hari lagi jika mengajak temanmu untuk juga menginstal Storytel. Mantap kan!

Kuylah tingkatkan minat baca, toh fasilitas sudah di depan mata. Tambah wawasan dengan cara segampang ini, masa kamu lewatkan. Langsung ke tkp ya! Aplikasi Storytel untuk iOS atau Aplikasi Storytel untuk Android.

Kursus online, belanja online, dokter online, baca buku online, apa sih yang gak bisa sekarang ini?