Siapa yang sudah hafal doa setelah wudhu? Banyaak. Tapi ada loh di sekitar kita yang belum hafal bacaan sebelum dan sesudah wudhu, apalagi beserta artinya. Kamu bisa bantu mereka dengan membagikan artikel ini.

Doa Setelah Wudhu Beserta Artinya

Berwudhu adalah amalan yang memiliki banyak keutamaan. Selain menjadi salah satu syarat sahnya shalat, berwudhu juga secara ilmiah memberi manfaat yang sangat baik untuk siapa saja yang rutin melakukannya. Ditambah lagi, wudhu merupakan salah satu amalan mudah untuk menghapus dosa!

Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu berdiri hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku serta usaplah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai kedua mata kaki. Jika kamu dalam keadaan junub, mandilah. Jika kamu sakit, dalam perjalanan, kembali dari tempat buang air (kakus), atau menyentuh perempuan, lalu tidak memperoleh air, bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menjadikan bagimu sedikit pun kesulitan, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu agar kamu bersyukur. (QS Al-Maidah: 6).

Doa Sebelum Wudhu

Barangkali yang dimaksud dengan doa sebelum wudhu adalah bacaan niat yang biasa kita baca saat kecil dulu. Tapi yang paling ditekankan sebenarnya adalah niat untuk berwudhu. Kamu bisa melakukannya di dalam hati, lalu membaca basmalah (bismillahirrahmanirrahim), sebagaimana jika kita hendak melakukan sesuatu.

doa sebelum wudhu

Doa Setelah Wudhu, Arab dan Latin

Ada pertanyaan unik yang muncul di mesin pencari, “Apa doa setelah wudhu NU?” atau “Apa bacaan setelah wudhu Muhammadiyah?” setahuku NU dan Muhammadiyah itu adalah organisasi, bukan semacam “sub” dalam Islam.  

Kenapa nggak cari “doa setelah wudhu yang shahih”, yang jelas bisa dipraktikkan siapa saja. Mau NU, Muhammadiyah, atau organinasi lainnya. Yang penting muslim, dan memang habis mengambil wudhu. 
Oke deh, kita langsung ke inti. Inilah doa setelah wudhu beserta artinya, dilengkapi tulisan Arab maupun latin. Dihafal, ya!

doa setelah wudhu arab dan latin

Doa setelah wudhu latin: Asyhadu allaa ilaaha illallaah wahdahu laa syariikalah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuuluh. Allahummaj’alnii minat tawwaabiina, waj’alnii minal mutathohhiriin. 

Artinya: Aku bersaksi, bahwa tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya. Aku bersaksi, bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang (yang senang) bersuci.

Doa di atas didasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim nomor 234 dan hadits riwayat At-Tirmidzi nomor 55.

Doa setelah wudhu tergolong doa yang pendek atau singkat, insyaallah mudah untuk dihafal. Saranku untuk kamu menghafal doa di atas maupun doa lainnya, biasakanlah memahami artinya. Dengan demikian, menghafal akan lebih mudah. Nantinya kamu akan menemukan beberapa kata yang sama pada doa yang lain. Jadi sambil menghafal, sambil belajar bahasa Arab.

5 Hal yang Membatalkan Wudhu

Doa setelah wudhu beserta artinya saja tidak cukup. Setelah berniat, melakukan wudhu dengan benar dan ditutup dengan doa, jangan lupa untuk memerhatikan apa saja yang dapat membatalkan wudhu kita. Berikut kusarikan poin-poinnya!

BAB, BAK, dan buang angin.

Para ulama sepakat bahwa buang air dan buang angin dapat membatalkan wudhu. Sebagian berpendapat yang disebut buang angin adalah jelas suara dan atau baunya, namun hadits yang disampaikan Abu Hurairah menyatakan hal yang berbeda.

“Rasulullah bersabda, ‘Shalat seseorang yang berhadas tidak akan diterima sampai ia berwudhu.’ Lalu ada orang dari Hadramaut mengatakan, ‘Apa yang dimaksud hadas, wahai Abu Hurairah?’ Abu Hurairah pun menjawab, ‘Di antaranya adalah kentut tanpa suara atau kentut dengan suara.’” (HR Bukhari no. 135).

Kadang memang setan membuat kita was-was ketika hendak shalat, bahkan sewaktu berwudhu. Membuat kita tak yakin, apakah sudah benar, apakah sudah bersih? Itulah kenapa kita harus membaca basmalah sebelum beraktivitas, agar mereka tidak membersamai.

Keluar wadi, madzi, dan mani.

Wadi adalah sesuatu yang keluar setelah buang air kecil. Warnanya putih, tebal mirip mani, namun tidak memiliki bau yang khas.

Sementara madzi adalah cairan berwarna putih, tipis, lengket. Keluar ketika sedang syahwat. Bedanya dengan mani, madzi tidak menyebabkan lemas, bahkan kadang keluar tanpa terasa. Baik laki-laki maupun perempuan, keduanya bisa memiliki madzi.

Jika keluar wadi dan atau madzi kita cukup berwudhu kembali, mani tidak demikian. Seseorang yang mengeluarkan mani harus mandi junub (mandi wajib) sebelum mengerjakan shalat. 

Tidur nyenyak.

Tidur yang dimaksud adalah tidur lelap yang tidak bisa merasakan, mendengar, singkatnya hilang kesadaran. Para sahabat Nabi pernah “tidur ayam” setelah berwudhu, mereka lalu melakukan shalat tanpa berwudhu lagi. 

Hilang akal.

Kalau tidur saja bisa membatalkan wudhu, apalagi hilang akal. Contoh hilang akal seperti mabuk, pingsan, dan gangguan jiwa (bukan gangguan mental, ya!) 

Makan daging unta.

Dari Jabir bin Samuroh, “Ada seseorang yang bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Apakah aku mesti berwudhu setelah memakan  daging kambing?’ Beliau bersabda, ‘Jika engkau mau, berwudhulah. Namun jika enggan, maka tidak mengapa engkau tidak berwudhu.’ Orang tadi bertanya lagi, ‘Apakah seseorang mesti berwudhu setelah memakan daging unta?’ Beliau bersabda, ‘Iya, engkau harus berwudhu setelah memakan daging unta.’” (HR Muslim no. 360).

Setelah mengetahui doa sesudah wudhu beserta artinya, perlu dipahami pula bahwa wudhu tidak hanya dilakukan saat hendak shalat. Ada banyak dalil yang menyebutkan bahwa Nabi dan para sahabat beliau juga berwudhu sebelum melakukan aktivitas lain. Misalnya saat hendak membaca Al-Qur'an, keluar rumah, akan tidur, ketika marah, dll.

Sebagaimana arti doa setelah wudhu yang sudah kita bahas di atas, semoga pembaca iluvtari termasuk orang-orang yang suka menyucikan diri. Aamiin. 
Sebenarnya masih banyak snack jadul 90an yang masih ada sampai sekarang, ya iya. Tapi kupilih lima aja berdasarkan pengalaman pribadi menikmatinya sejak zaman dulu kala, waktu masih bocah, sampai sekarang, sudah punya bocah.

snack jadul 90an

Yakin deh, kamu pun familier dengan lima merek di bawah ini. Kabarnya jajanan panjang umur ini tak hanya populer di Indonesia, tapi juga di luar negeri. Entah kelimanya adalah produk luar yang sampai ke Indonesia atau sebaliknya. Yang jelas semuanya adalah produk Mayora, perusahaan yang sudah kita kenal sejak dulu sekali.  

Biskuit Roma Kelapa

snack jadul tahun 90an

Biasanya warung-warung kecil jarang menjual biskuit ukuran besar, tapi tidak dengan Biskuit Roma Kelapa. Pemilik warung di kampung paham, camilan ini disukai berbagai kalangan. Teman ngeteh pagi, sore, malam. Nggak ada ceritanya orang nyomot Roma Kelapa tanpa nambah.

Permen Kopiko

jajanan snack jadul

Ada banyak permen “bersejarah” yang menemani masa kecil kita, bocah 90an. Tapi kebanyakan permen itu sudah punah, atau minimal sulit ditemukan. Seperti permen aspal Benson, Haks yang pedesnya bikin kapok, dll. Syukurnya permen kopi Kopiko yang sering ada di saku sekolah, ganjel mata saat pelajaran terakhir, sampai sekarang masih ada.

Beng-beng

snack jadul

Ingat Beng-beng, ingat TOP. Dua camilan cokelat ini kayak Alfamart dan Indomaret yang sok-sok bersaing padahal gandengan. Di mana ada yang satu, kembarannya pasti nongol gak jauh-jauh. Rasanya mirip, dan keduanya sama-sama snack jadul 90an yang panjang umur hingga sekarang.

Astor 

makanan snack jadul

Saking populer merek ini, setiap melihat wafer gulung pasti kita menyebutnya astor. Mirip dengan orang-orang Sumbar yang menyebut kamera dengan Kodak, atau orang Jawa yang menyebut pengendara motor dengan “orang numpak Honda”. Nama merek yang dijadikan nama produk adalah bukti betapa melekatnya brand tersebut di hati masyarakat.

Choki Choki

snack jadul 90-an

Setiap melihat Choki Choki, aku hampir pasti terkenang masa SMA. Sebab cokelat pasta ini banyak banget tiruannya, dan hanya anak tertentu yang mampu beli Choki Choki asli. Sebenarnya gak mahal-mahal amat sih, tapi karena penirunya punya harga yang kelewat murah, jadilah Choki Choki terkesan kemahalan.

Dulu di depan SMA-ku ada minimarket yang terkenal dengan stigma “jual apa aja mahal”. Kata orang-orang, iyalah sekolah orkay, jadi biarpun mahal anak-anak itu tetap ke sana. Padahal gak ada pilihan, Bos! Nah salah satu jajanan yang paling sering dititip teman-teman waktu mau fotokopi, ya Choki Choki ini. 

Bayangkan, di luar aja mahal, apalagi di minimarket itu! Tapi lewat Choki Choki aku belajar membedakan rasa. Pasta yang asli memang terasa cokelat dengan campuran mete, sementara yang kawe lebih banyak manis, yang kata teman-teman bikin sakit gigi. Entah betulan gara-gara jajanan murah, atau mereka gak sikat gigi.

Jangan bilang kamu nggak kenal 5 merek snack jadul 90an di atas. Malah waktu membaca namanya, benakmu sudah mengenang lagi rasanya. Betul? Kalau rindu jangan ditahan, kelimanya masih ada kok sampai sekarang. Cari ke warung tetangga gih!
Dulu sempat terpikir untuk menulis kumpulan fiksi mini atau flash fiction. Tapi karena lama nggak nulis cerpen, jadi imajinasinya kurang terasah. Alih-alih membuat kumpulan, menulis beberapa contoh fiksi mini aja masih gak meyakinkan.

Kamu juga pernah mengalami kan? Pengin nulis tapi ide mentok. Dipaksa mandek, gak dipaksa tumpul. Ada tiga hal yang biasanya kulakukan kalau ini terjadi. Pertama, baca cerpen atau novel untuk memancing ide milik kita sendiri. Kedua, nonton film atau serial bagus sesuai mood. Harus yang bagus! Kalau nggak, mood nulis makin kacau. Jadi kalau dari awal sudah B aja, ganti film lain.

Ketiga, menulis fiksi mini. Nah loh, emang konek? Konek dong! Untuk aku pribadi, fiksi mini bisa memancing imajinasiku dengan cara yang mudah. Nantinya dari fiksi mini yang kubuat, bisa dikembangkan menjadi cerpen. Omong-omong, fiksi mini apaan sih?

kumpulan fiksi mini

Definisi Fiksi Mini atau Flash Fiction

Menurut KBBI, fiksi mini adalah fiksi pendek yang dibuat tidak lebih dari 140 karakter huruf. Apa karena fiksi mini lahir di Twitter, jadi samaan gitu? Entahlah. Terus kalau flash fiction? Itu istilah English untuk fiksi mini. Dengan kata lain, fiksi mini adalah bahasa Indonesia dari flash fiction. 

Fiksi mini atau flash fiction sempat booming beberapa tahun lalu. Bahkan beberapa penulis berhasil menelurkan buku kumpulan fiksi mini mereka, hal yang gak keburu kulakukan. Ketinggalan tren! Oke, balik lagi ke soal menulis fiksi mini karena ide yang mentok.

Jadi di antara berbagai cara untuk menemukan ide, ada satu jurus ngawur yang ternyata efektif untuk menghasilkan karya dalam waktu singkat. Ingat ya, fiksi mini adalah karya fiksi yang tidak lebih dari 140 karakter. Meski begitu, rasanya gak ada juga yang nyalah-nyalahin kamu kalau menulis lebih dari 140 huruf. 141 misalnya. Hadeu.

Sebab dalam dunia sastra populer, menulis kreatif, dan sejenisnya, tidak ada teori baku yang wajib dipatuhi semua penulis. Ini wilayah imajinasi, gak bisa saklek. Jadi gak usah heran apalagi naik pitam waktu melihat contoh flash fiction sampai 100 kata. Itu cuma beberapa paragraf, tidak sampai satu halaman. Belum layak disebut cerpen.
contoh fiksi mini
Fiksi mini buatan Tweeps

Membuat Fiksi Mini dari Tiga Benda

Di antara berbagai cara menggali ide, ada satu cara yang dulu oleh aku dan teman-teman komunitas disebut ide angin. Yaitu hanya dengan melihat atau membayangkan sesuatu, tanpa perlu riset mendalam, bahkan sekadar wawancara atau membaca referensi sama sekali.

Jadi ide angin inilah yang kemudian kujadikan fiksi mini, yang jika memungkinkan, nantinya dikembangkan menjadi sebuah cerpen. Meski sudah menjadi sebuah karya, ketika dihadapkan pada cerpen, fiksi mini di mataku tak lebih dari sekadar sebuah ide.

Fiksi mini yang sudah jadi, tetap dipecah menjadi outline, ditentukan lebih dulu ending-nya, baru kemudian proses penulisan dimulai. Untuk detail tentang menulis cerpen, kamu bisa baca di artikel berikut:
Oke, selanjutnya inilah yang kusebut ide angin itu. Lihat sekitar, sebutkan tiga benda yang tertangkap matamu. Kalau kurang menarik, tutup saja mata, lalu bayangkan benda mati atau makhluk hidup di suatu tempat.

Kita ambil contoh: boneka, lantai, semut. Itulah tiga kata yang muncul di benakku saat mengetik bagian ini. Ayo kita jadikan fiksi mini!

Sebuah boneka tergeletak di lantai, dikerubuti ribuan semut. Matanya mengerjap berulang-ulang.

Sudah jadi fiksi mini! Kamu langsung membayangkan banyak hal kan? Gambaran yang muncul di pikiranmu itulah yang nantinya bisa dijadikan bahan cerpen. Entah bonekanya hidup, bikin cerita tentang boneka arwah seperti yang sedang viral, atau kisah boneka lainnya, dari yang logis sampai yang murni fantasi. Suka-suka! 

10 Contoh Fiksi Mini

Nah, dari contoh langkah di atas, sekarang kita buat contoh fiksi mini lainnya ya. Untuk yang pertama, boneka-lantai-semut, kuulangi lagi dengan cerita yang baru.

#1 Boneka, Lantai, Semut
Beni si semut terpeleset di lantai, boneka kayu datang menolongnya.

#2 Buku, Obat, Rambutan
Botol obat itu pecah, isinya merembes pada buku yang tengah kubaca. Gambar rambutan di dalamnya meleleh, seperti hatiku yang batal murka.

#3 Kertas, Jepit Kuku, Sapi
Sapi milik Pak Saman mengunyah kertas ulanganku! Padahal aku berniat memberinya jepit kuku untuk dimakan. 

#4 Keranjang, Topi, Komputer
Ada sekeranjang komputer di sudut toko itu, dua di antaranya tersimpan di balik topiku.

#5 Lotion, Guling, Jari
Lira mengumpat! Kebiasaan buruk mengemut jari berakhir dengan lidahnya yang merasakan lotion antinyamuk. Malas beranjak, ia bersihkan lidah dengan sarung guling dalam pelukannya.

#6 Elang, Kutu, Awan
Dengan menumpang pada Elang, Kutu menikmati perjalanan melintasi awan-awan di langit. Sampai kemudian, tubuhnya sudah berpindah ke paruh burung lain.

#7 Korek Api, Seribu, Kaus Kaki
Dengan selembar seribuan, ia berhasil mendapatkan dua kotak korek api untuk memantik kaus kaki, yang sejak tadi menjejal bensin di botol.

#8 Jarum, Angsa, Telur
Tiga batang jarum ditemukan di dalam telur tersebut. Lima ekor angsa yang tengah berenang di danau di hadapannya, tiba-tiba mati. 

#9 Dompet, Test Pack, Sendok
Isi dompetnya tak cukup untuk hidup tiga orang, tidak pula dua. Sementara hasil test pack menunjukkan dua garis. Ia pun mengasah sendok, berharap jadi pisau.  

#10 Listrik, Urin, Sapu
Ketika tukang sapu itu melintas, listrik padam dan kain-kain putih berterbangan. Terlihat urinnya membasahi celana, kami terbahak-bahak di depan monitor yang terhubung ke CCTV.


Dari 10 contoh fiksi mini di atas, mana yang menurutmu paling oke untuk dikembangkan jadi cerpen? Kamu yang buat cerpennya ya, boleh ambil ide di atas atau buat fiksi mini sendiri. Atau buat cerpen dari cara lain, mungkin yang lebih serius. Kalau cerpennya sudah jadi, sila kirim ke iluvtari. Syarat dan ketentuannya baca di sini.
Ini review jujur ya, Gengs, bukan iklan selipan atau yang semacamnya. Sedang iseng saja karena tadi habis mencuci, jadi kepikiran menulis artikel 5 rekomendasi detergen paling bagus untuk mencuci pakaian.

Ditulis berdasarkan pengalaman pribadi, karena aku suka gonta-ganti detergen. Bukan dalam rangka mencari mana yang paling bagus, tapi aku pembosan. Namun dalam “petualangan” menggunakan berbagai detergen, beberapa merek kutandai sisi positif dan negatifnya.

detergen paling bagus

Yang negatif gak perlu diulaslah, ya. Kutulis yang menurutku bagus saja. “Menurutku”, artinya memang sangat subjektif alias penilaiannya berdasarkan selera pribadi. Misalnya wanginya yang menurutku enak, bisa jadi menurut orang lain nggak. Tidak terasa kasar di tangan, mungkin tangan orla yang lebih sensitif malah jadi korengan. Serta hasil cucian yang menurutku lumayan, tapi di mesin cuci orang lain ternyata berbeda.

Oke, menjelang ke review 5 detergen paling bagus, disclaimer dulu bahwa urutan 1 sampai 5 berikut ini bukan berdasarkan peringkat performa detergen tersebut. Tapi semata-mata urutan biasa. Kugunakan abjad biar lebih fair, ya!

1. Attack Softener

detergen paling wangi tahan lama

Dibanding Attack Easy ataupun produk detergen Attack yang ekonomis (Jaz1), aku lebih suka Attack Softener. Wanginya khas dan awet. Karena konsentrat, hanya butuh satu sendok takar untuk satu kali pencucian (mesin cuci 7 kg).

Selain bubuk, tersedia juga Attack Softener dalam bentuk liquid (cair). Idealnya sih pilih yang liquid, karena lebih ramah lingkungan. Tapi karena faktor wadah dan susah nakar, meski gak terpaksa-terpaksa amat, kupilih yang bubuk.

Kelebihan Attack Softener selain wanginya yang kalem, juga merupakan deterjen bubuk yang tidak panas di tangan. Hasil cucinya lumayan bersih, dan gak bakal bau apek walau nyuci saat cuaca sedang tidak mendukung (mendung atau hujan).

2. B29

detergen paling bagus

Melihat atau mendengar merek sabun B29, kamu jadi ingat suasana jadul gak sih? Dulu populernya sebagai sabun colek (krim) untuk cuci pakaian dan piring. Iklannya seliweran di radio. Waktu itu sabun cuci pakaian dalam bentuk batang masih marak digunakan. Mungkin malah tergolong detergen paling bagus.

Meski jadul, dari segi harga, detergen B29 bukan tergolong detergen murah. Walau gak mahal-mahal amat. Masih di atas Boom, Wow, dsb. Btw jangan remehkan dua merek yang barusan kusebut, keduanya juga tergolong bagus. Gak kuulas karena jarang pakai, gak ketemu kemasan besarnya di swalayan. Suamiku kalau belanja seringnya pilih yang besar sekalian, jadi gak bolak-balik.

Kalau sudah kehabisan dan belum sempat belanja bulanan, biasanya aku beli detergen di toko dekat rumah. Dan ketemulah Boom atau Wow, yang dipakai beberapa kali cuci saja sudah habis. Wajar kalau murah kan, memang isinya sedikit. Jadi murah aja, bukan murahan.

Balik ke detergen B29. Menurutku wanginya unik, bersih nggaknya aku kurang perhatian, haha. Di tangan juga biasa aja, gak bikin iritasi. Soal busa, B29 gak wah-wah banget, dan itu bagus. Kabarnya makin banyak busa, makin gak ramah lingkungan produk sabunnya.

3. Daia Putih

detergen paling bersih

Untuk pakaian berwarna putih tapi nggak polos, aku cenderung lebih memilih detergen putih ketimbang produk pemutih. Bahkan untuk yang polos sekalipun, pemutih jarang kugunakan karena cenderung ribet penggunaannya. Kalau tidak hati-hati bisa pudarlah, kuninglah, atau malah ngelunturin yang bukan putih.

Daia Putih terpilih gak sengaja aja, karena di toko tetangga adanya itu. Tapi lihat hasilnya lumayan, bersih banget malah untuk ukuran mesin cuci. Kalau dicuci manual, pakai sabun mandi juga bersih kok, hehe.

Ketika terpaksa menjemur di dalam rumah, pakaian yang dicuci dengan Daia Putih juga nggak amis atau apek. Tapi ya … setiap selesai mencuci, aku harus segera menggunakan lotion di telapak tangan.

4. Oxyklin

merek detergen yang bagus untuk mesin cuci

Asing dengan merek ini? Oxyklin mungkin “sub” dari Bukrim. Karena kalau dicari di Google, yang muncul adalah Bukrim Oxyklin. Tapi bakal repot juga kalau tanya ke kasir Alpamei, “Ada bukrim oxiklin?” lebih gampang cari sendiri. Yup, inilah detergen paling bagus keempat (ingat, ini bukan urutan kualitas!)

Oxyklin gak pernah terlihat di toko kecil dekat rumahku, minimal minimarketlah. Hadiahnya piring keramik cantik, yang sering banget diambil duluan entah oleh siapa. Pokoknya kasir tinggal bilang, “Piring keramiknya habis, piring biasa mau?”

Iya, piring itu kelebihannya! Selain wanginya yang juga enak, nggak apek walau proses mencuci pakaian kadang terlalu lama. Kondisinya di rumahku PDAM rajin padam, rajin banget pokoknya! Belum lagi kalau listrik padam, air ikut padam. Padahal PLN-nya sendiri juga hobi banget mati gaje, tanpa butuh hujan, angin, atau alasan alam lainnya. 

Jadi ada kalanya pakaian baru disabun, tau-tau airnya mati. Ya sudah, tunggu nanti baru dilanjut. Tak jarang malah diteruskan besoknya. Maka aku kadang butuh pewangi pakaian untuk menghindari bau apek atau amis. Tak lupa menandai detergen yang kurang bagus, supaya jangan dibeli lagi.

5. So Klin Softergent

detergen paling wangi

Dulu aku sering membeli So Klin Softergent yang liquid. Tapi gara-gara hamil muda, penciumanku sensitif lebay sehingga wanginya tersimpan di memori otak. Waktu nggak hamil, kenangan mual dan pusing itu muncul lagi setiap menggunakan detergen ini. Nyusahin kan! 

Entah hidungku yang keliru atau gimana, biasanya produk dengan varian yang sama (meski beda tekstur), wanginya sama. Tapi So Klin Softergent liquid berbeda aroma dengan yang bubuk. Maka ketika suami membawa pulang So Klin Softergent bubuk ukuran besar ke rumah, aku menikmati wanginya setiap kali mencuci.

Bagaimana dengan hasil cuciannya? Nggak tau juga, wkwk. Tapi secara umum kelima detergen yang kubahas di artikel ini cukup baik performanya. Kalau mau yang bersih sempurna, cuci manual. Kucek dengan tangan, sikat pakai beros cucian di atas papan penggilesan. Gak usah pilih-pilih sabun, insyaallah bersih! 

Apakah kelimanya merupakan merek detergen yang bagus untuk mesin cuci? Bisa jadi. Tapi mesinku yang dua tabung loh ya, bukaan atas. Ehem, yang murah. Dengan mesin cuci yang sudah bertahun-tahun kupakai itu, lima deterjen bubuk di atas kuanggap yang terbaik. Entah kalau besok-besok ketemu merek lain yang lebih baik.

Kalau ditanya, mana detergen paling bersih? Mungkin Daia Putih pemenangnya. Saranku, tambahkan pelembut pakaian setelah bilasan terakhir. Karena agak kaku hasil cuciannya. Dan konon, bikin pudar jika dipakai pada pakaian yang bukan putih. Konon itu, bisa iya bisa nggak.

Mana detergen bubuk paling wangi? Semuanya wangi, tergantung selera yang mencucinya. Rasanya nggak ada deh detergen yang gak wangi. Kalau detergen paling wangi tahan lama? Attack Softener boleh dikasih piala. Walau lama di lemari, wanginya masih terasa waktu dipakai.

Dahlah ya, itulah 5 detergen paling bagus versi iluvtari. Kamu boleh setuju boleh nggak. Mau coba silakan, nggak juga gak masalah. Kalau bisa, kamu kasih saran merek lainnya yang menurutmu berkualitas baik. Kolom komentar ada di bawah, Gengs!
Semenjak pandemi, makin banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan-layanan online dalam mempermudah hidup mereka. Seperti dalam hal berbelanja saja banyak yang sudah enggan untuk membeli beragam kebutuhannya secara langsung, melainkan lebih memilih untuk belanja secara online, karena selain lebih mudah juga aman dilakukan. 

Hal ini jugalah yang membuat banyak perusahaan mulai menggenjot pemasaran secara digital, sehingga nantinya produk juga aka dikenal secara lebih luas oleh konsumen, agency digital akan membantumu dalam menerapkan digital marketing tersebut.
 
Tips Memilih Agency Digital

Pemasaran digital ini pada dasarnya memang agak berbeda dibandingkan dengan pemasaran secara langsung, karena mereka menggunakan berbagai macam teknik. Seperti di antaranya adalah SEO, SEM, social media marketing, dan sejenisnya yang mungkin juga masih awam bagi sebagian besar di antara kamu. 

Agar mendapatkan digital agency yang tepat tentunya jangan sampai salah pilih, berikut ini di antara tipsnya, yaitu:
  1. Lihat portofolio perusahaan. Sebenarnya gambaran besar mengenai perusahaan tersebut sudah disampaikan lewat portofolio mereka, sehingga tak perlu ragu lagi untuk mengeceknya, di sini kamu juga dapat melihat background dari perusahaan tersebut.
  2. Ketahui layanan-layanan apa saja yang mereka tawarkan, apakah memang di antara layanan tersebut ada yang kamu butuhkan saat ini ataukah tidak.
  3. Pertimbangkan tarif atau biayanya. Pada dasarnya setiap perusahaan digital agency ini pasti akan mematok tarif yang berbeda-beda untuk layanan mereka. Hendaknya kamu sendiri juga harus mempertimbangkan hal tersebut, agar nantinya mendapatkan biaya yang sesuai dengan budget. Jika bisa memang yang layanannya bagus, namun tarifnya terjangkau.
  4. Cek juga review serta testimoni perusahaan. Kamu dapat mengetahui kualitas layanan yang diberikan lewat orang yang memang sudah pernah menggunakan jasa atau layanan mereka tersebut. Untuk itu bisa baca-baca terlebih dahulu review maupun testimoninya, sehingga bisa memutuskan menggunakan atau tidak.
 
Digital marketing agency adalah jasa yang akan membantumu mengoptimalkan pemasaran secara digital, guna mendukung agar penjualan produk dalam perusahaan juga semakin tinggi. Percayakan saja kepada Marketz yang memang sudah berpengalaman, layanan yang mereka tawarkan juga banyak dengan biaya yang relatif terjangkau, cocok untuk pelaku bisnis online yang bahkan masih pemula.

Itadakimas spesial Sabtu ini merupakan program masak memasak yang rutin digelar oleh GoPlay. Itadakimas sendiri diambil dari bahasa Jepang yang biasa diucapkan oleh mereka sebelum makan. Secara bahasa Itadakimas berasal dari kata ittadakimasu yang artinya selamat datang. Dan sudah menjadi kebiasaan masyarakat Jepang untuk mengucapkan kata tersebut ketika ingin menyantap hidangan saat makan bersama.

itadakimas spesial sabtu

Program ini sendiri sudah cukup lama beranda di GoPlay. Host dari acara Itadakimas ini sendiri ada beberapa orang, dan semuanya memiliki keahlian memasak serta selalu menjelaskan tahapan-tahapan dalam memasak. Berikut beberapa episode program Itadakimas yang sangat menarik untuk ditonton.

Program ini sendiri sudah cukup lama beranda di GoPlay. Host dari acara Itadakimas ini sendiri ada beberapa orang, dan semuanya memiliki keahlian memasak serta selalu menjelaskan tahapan-tahapan dalam memasak. Berikut beberapa episode program Itadakimas yang sangat menarik untuk ditonton.

1. Itadakimas Jessica

Tayangan ini dipandu oleh Jessica dengan membawa judul cobain mie hitam instan ala Korea. Di Indonesia sendiri masih jarang dijual mie instan hitam ala Korea, memang ada cukup banyak restoran yang kini menawarkan menu mie hitam ini. Namun membuat mie hitam ini sendiri tentu sangat seru. Dan Jessica akan mengajak penonton untuk merasakan apa itu mie instan Korea. Dan mie instan hitam ini sendiri dapat anda beli melalui marketplace. https://goplay.co.id/live/cobain-mie-hitam-instan-ala-korea 

2. Itadakimas Monica Magdalena

Tempe mendoan merupakan makanan khas Indonesia yang banyak diminati oleh segala kalangan masyarakat. Namun ada beberapa tempat penjual tempe mendoan yang banyak diminati oleh masyarakat hingga antri berjibun. Salah satunya adalah mendoan 45 yang laris manis di Bogor. Bogor sendiri merupakan daerah dingin dan sangat cocok jika mengkonsumsi mendoan yang hangat. 

Mendoakan 45 ini sendiri tidak hanya menjual mendoan, akan tetapi juga menjual beberapa jenis gorengan lainnya, seperti pisang goreng, tahu berontak, dan lainnya. Monica sendiri menjelaskan jika akan jauh lebih nikmat jika disertai dengan ekstrak sambal kecap. Selain ekstra kecap, penjualan mendoan di tempat ini juga disertai cabai hijau bagi mereka yang suka makan pedas. 

Harga makanan yang dijual sendiri cukup bervariasi dan dimulai dari harga Rp 3.000 per pcs. Rasa yang dimiliki dari makanannya sendiri cukup nikmat dan sangat cocok jika dijadikan camilan. Warung ini sendiri buka mulai pukul 10.00 WIB sampai 19.00 WIB. https://goplay.co.id/live/berburu-mendoan-45-yang-laris-manis-di-bogor 

3. Itadakimas Rowie Eka

Rowie Eka akan mencoba membuat dan mengkonsumsi makanan enak parah yang cocok dikonsumsi di akhir bulan. Di mana makanan tersebut tetap sehat namun dengan budget yang minimal. Menu ini sangat cocok bagi kalian anak kos atau mereka yang ingin menghemat pengeluaran bulanan. Resep ini sendiri merupakan perpaduan dari nasi, telur, dan chitato. https://goplay.co.id/live/resep-akhir-bulan-enak-parah 

4. Itadakimas Gaby

Bersama Gaby kita akan ikut mencicipi bakmi lagend Surabaya. Di Surabaya sendiri terdapat beberapa tempat makan yang menjual menu bakwan dan sudah berdiri sejak lama. Gaby mencoba dan mereview makanan bakmi dari Surabaya tersebut. Dia memberikan penilaian kenikmatan dari bakmi tersebut berdasarkan versinya. Porsi dari bakmi lagend Surabaya ini sendi cukup besar, sehingga dijamin merasa kenyang setelah mengkonsumsinya. https://goplay.co.id/live/bakmi-legend-surabaya 

Program acara masa dan review makanan Itadakimas spesial Sabtu ini memberikan pengalaman tersebut bagi penonton. Sehingga bisa memiliki gambaran sebelum membeli atau membuat menu tersebut. Tentunya semua host di Itadakimas ini cukup friendly dengan para penonton dan menggunakan bahasa santai yang mudah dimengerti. Lebih menariknya GoPlay menyiapkan giveaway jutaan rupiah spesial untuk acara Itadakimas ini sendiri. Di mana lagi selain GoPlay yang bisa menyaksikan tontonan menarik berhadiah giveaway menarik tiap episodenya.


Kamu kenal Nabi Daniel? Belum? Gimana kalau Nabi Danial (atau Daniyyal)? Belum juga? Wajar sih, sebab beliau bukan termasuk 25 nabi yang wajib diketahui. Untunglah kita tidak diwajibkan mengenal seluruh nabi dan rasul yang ada. Sebab dalam sebuah riwayat, disebutkan bahwa jumlah nabi ada 124 ribu orang, sedangkan rasul 313 orang. Kita bahas yuk, Nabi Daniel dalam Islam!

Nabi Danial atau Daniel adalah nabi yang diutus kepada bangsa Bani Israil. Inilah bedanya para nabi dan rasul lain dibanding Nabi Muhammad shallallahu ‘alayhi wasallam. Muhammad bin Abdullah diutus untuk seluruh manusia, tidak terbatas pada bangsa Arab saja. Maka kalau ada yang menuduh pengikut sunnah sebagai orang yang kearab-araban, kira-kira kalau dia muslim boleh gak kita sebut kekafir-kafiran? Beneran nanya!

Nabi Daniel dalam Islam

Agama Nabi Daniel

Nabi Danial, atau dikenal dengan Daniyyel Tiberias, merupakan keturunan Nabi Daud ‘alayhissalam. Namanya termaktub di dalam alkitab, namun tidak disebutkan dalam Al-Qur’an. Kalau begitu, apa agama Nabi Daniel?

Agama Islam bahkan sudah ada sejak Nabi Adam ‘alayhissalam hidup. Seluruh nabi dan rasul yang diutus Allah, meskipun namanya tidak disebutkan dalam Al-Qur’an, beragama Islam. Yang membedakan mereka adalah syariat, seperti cara ibadah, hukum-hukum tertentu, dsb.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alayhi wasallam diutus untuk menyempurnakan apa yang dibawa para nabi dan rasul sebelum beliau. Al-Qur’an ibarat update paling baru dan paling berlaku, menyempurnakan Taurat, Zabur, Injil, yang sebelumnya sudah dipalsukan oleh para pemuka agama untuk kepentingan mereka atau pesanan golongan tertentu.

Inilah salah satu alasan kenapa Al-Qur’an tidak boleh dicetak tanpa teks aslinya (bahasa Arab). Tidak boleh hanya terjemah, sebagaimana yang kita temukan dalam kitab suci agama lain. Sebab pengalihbahasaan yang meninggalkan sumber utama, berisiko merusak makna aslinya.

agama Nabi Daniel

Gini deh, kalau kamu bikin artikel, kamu wajib menuliskan sumber kan? Apalagi kalau kamu menulis ulang artikel dari bahasa asing, kamu harus menyebutkan artikel aslinya. Jika kamu menuliskannya di media yang terhubung dengan internet, seperti blog, medsos, dll, kamu harus menyisipkan tautan sumber. Bukan sekadar untuk memperkuat argumen, tapi supaya orang bisa melakukan crosscheck, jangan-jangan kamu keliru memahami teks sumber, sehingga salah menyimpulkan.

Itulah bentuk penjagaan Allah atas Al-Qur’an, sehingga bisa dipastikan bacaan Al-Qur’an yang dibacakan Jibril kepada Rasulullah shallallahu ‘alayhi wasallam akan sama persis dengan bacaan yang ada pada Al-Qur’an kita di masa kini. Bahkan hingga menjelang kiamat nanti.

Mukjizat Nabi Daniel

Dikisahkan bahwa Nabi Daniel sempat menjadi penasihat Nebukadnezar, Raja Babel atau Babylonia (sekarang Irak), di masa hidupnya. Karena berbagai fitnah, dan diketahui beribadah dengan cara yang berbeda dari sang raja, maka Nabi Daniel dihukum dengan cara dimasukkan ke dalam lubang yang berisi singa-singa lapar.

Berkat pertolongan Allah, singa-singa tersebut justru menjadi hewan jinak. Alih-alih menjadikan Nabi Daniyyal sebagai mangsa, mereka malah hidup bersama selama beberapa waktu. Sampai kemudian, seorang nabi lainnya di Syam (sekarang meliputi Palestina, Suriah, dan Yordania) yang bernama Aramiya atau Yeremia, diutus Allah untuk menyelamatkannya.

Jika kejadian itu benar, berarti kisah nabi Daniel dan singa adalah salah satu mukjizat Nabi Danial. Kenapa kusebut “jika kejadian itu benar”, karena kisahnya tidak kudapatkan dari sumber Islam populer. Maka bisa jadi itu memang nyata, atau semata-mata kisah israiliyat (cerita yang masuk ke dalam tafsir yang bersumber dari Yahudi, Nasrani, atau yang lainnya).

Jadi bagaimana kisah Nabi Daniel dalam Islam yang sebenar-benarnya? Belum kutemukan sumber yang cukup untuk dijadikan referensi. Lain waktu jika ada dalil yang menguatkan, insyaallah artikel ini kuperbarui.

Makam Nabi Daniel

Pada masa kepemimpinan Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu, pasukan muslim yang dipimpin oleh Abu Musa al-Asy’ari tengah berjihad di wilayah Tustar (sekarang bagian dari Iran). Di sana mereka menemukan jasad seseorang yang menurut penduduk lokal, telah meninggal sejak 300 tahun lalu.

Abu Musa al-Asy’ari kemudian mengirimkan surat pada Amirul Mukminin Umar, perkara jasad tersebut. Diriwayatkan oleh Ibu Abi Syaibah dari sahabat Anas: 
“Tatkala mereka (Abu Musa Al-Asy’Ari) menaklukkan Tustur, mereka menemukan jasad seseorang yang hidungnya panjang. Penduduk Hurmuzan beristi’anah (minta bantuan) dan meminta hujan dengan perantara jasad tersebut. Abu Musa segera menulis surat kepada Umar bin Khattab. Umar membalas surat, ‘Sesungguhnya ini (jasad tersebut) adalah nabi di antara para nabi. Api tidak akan membakar jasad para nabi dan bumi tidak akan merusaknya. Hendaklah engkau dan salah seorang sahabatmu menguburkannya di tempat yang tidak ada seorang pun yang mengetahuinya kecuali kalian berdua.’ Kemudian aku dan Abu Musa pergi untuk menguburkannya.” (HR Ibnu Abi Syaibah (4/7) dengan sanad shahih).

Ibnu Katsir dalam Al-Bidayah wan Nihayah (2/40) menyebutkan bahwa jasad tersebut adalah jenazah Nabi Danial, sesuai dengan masa hidup dan kisah-kisahnya. Sebagaimana yang umum terjadi, diawali oleh kaum Nabi Nuh yang suka menuhankan orang-orang alim di antara mereka. Penduduk Tustur juga menjadikan jasad Nabi Daniel sebagai sesembahan (yang awalnya hanya dimuliakan, lalu dijadikan perantara, untuk kemudian disetarakan dengan Tuhan).

Masih dengan petunjuk Umar, Abu Musa Al-Asy’ari dan pasukannya kemudian menggali 13 lubang di sungai yang airnya dibendung sementara. Pada malam hari, jasad Nabi Daniel dikubur di salah satu lubang, yang posisi tepatnya tidak diketahui orang lain. Kesimpulannya, setelah 300 tahun jasadnya dikeramatkan, Nabi Daniel akhirnya dimakamkan di salah satu sungai di Iran.

makam Nabi Daniel

Begitulah kuatnya iman para sahabat, mereka menjaga akidah masyarakat agar tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun. Sahabat dan shahabiyah, bahkan Nabi sendiri, tidak ingin dikultuskan. Sebagaimana kaum Nasrani mengkultuskan Nabi Isa sampai-sampai dianggap Tuhan (atau anak Tuhan?). Baik Nabi Isa dan nabi lainnya, termasuk Nabi Danial, tidak pernah mengajak manusia untuk meminta pada mereka, apalagi sampai menuhankan.

Jadi kalau ada “ustaz”, “ulama”, dan sebagainya yang mengklaim diri bisa ini itu, senang dikultuskan, menikmati penghormatan orang, mending kamu jauh-jauh deh. Belum jadi jenazah saja sudah minta disembah!

Untuk bagian makam sebagaimana yang dikisahkan Abu Musa Al-Asy’ari di atas, cukup banyak sumber pendukungnya. Mungkin inilah kisah Nabi Daniel dalam Islam yang paling bisa diterima. Walau terkait mukjizatnya dengan singa tadi, juga bukan untuk ditentang. Kisah israiliyat sekalipun boleh dibaca jika memang ada manfaatnya.

Oke, dari uraian singkat di atas, akhirnya kita mengenal siapa itu Nabi Daniel, dan bagaimana kisahnya menurut literatur Islam. Untuk selanjutnya terserah kamu, mau menyebut Nabi Daniel, Danial, atau Daniyyal. Pilih yang nyaman di lidah aja boleh kali, ya?