Sudah lama iluvtari tidak menayangkan cerpen ya, Gengs. Itu karena menunggu kiriman naskah yang layak untuk dipajang di sini. Dan akhirnya, berikut ini kuposting cerpen pengalaman pribadi dari seorang guru di provinsi yang sama dengan domisiliku.

Contoh pengalaman pribadi yang mengesankan penulis, ia tuangkan dalam sebuah cerpen. Pada cerita ini, ada fakta yang sebenarnya cukup sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi nggak klise-klise amat kok.

Lagi pula iluvtari gak nuntut kamu bikin cerita yang bagus-bagus amat. Kalau bagusnya kelewatan, mending kamu kirim ke media lain yang bisa ngasih duit lebih. Ngapain ke sini, ya kan!

Cerpen Pengalaman Pribadi oleh Susilawati Siswoyo

cerpen pengalaman pribadi


07.15

Ups, aku tersentak. Jam di dinding sudah menunjukkan pukul 06.30. Aku harus melupakan lapar perutku, karena kalau aku tidak berangkat sekarang maka akan telat. Jika telat sedetik saja, percuma aku datang mengajar. Mesin absensi sidik jari itu  diprogram untuk mendeteksi kehadiran sampai 07.15, datang setelah jam itu kami dianggap tidak hadir.
Aku selalu dibuat terbirit-birit oleh kebijakan baru ini, meskipun lebih awal 15 menit dari biasanya. Kedua orang anakku yang masih SD tentu juga harus kusiapkan lebih awal. Sebagai ibu yang juga bekerja, bagiku itu sudah perjuangan yang melelahkan setiap pagi Senin hingga Sabtu. Aku yakin kedua anakku juga merasa stres mendengar ocehan ibunya setiap pagi agar segera bergegas agar tidak telat.
Sering kali aku sampai di sekolah dengan perut kosong, karena aku hanya sempat menyiapkan bekal untuk anak-anakku tapi mengabaikan bekal untukku sendiri. Kebijakan new normal meniadakan kantin sekolah semakin menyiksa perutku yang rentan diserang asam lambung. 07.15 adalah angka yang seakan menjadi momok menakutkan bagiku setiap hari.
Imbas dari kebijakan itu juga tak kalah mengacaukan kehadiran siswaku di sekolah. Masuk pukul 07.15 hanya diisi sebagian kecil siswa, selebihnya tetap datang pukul 07.30. Hal itu hampir setiap hari terjadi. Mendengarkan berbagai alasan keterlambatan mereka membuat darahku melesat ke ubun-ubun kalau tidak dicegah dengan istigfar.
Pagi ini aku dibuat dongkol oleh pengaduan beberapa siswaku tentang teman mereka yang selalu telat dan tak pernah mau piket kelas. Datang ke sekolah pun amat jarang. Rapor semester lalu tak pernah diambil orang tuanya. Ulahnya yang sering mengganggu siswa perempuan, belum lagi banyaknya pengaduan dari guru mata pelajaran yang mengeluhkan ia tak pernah mengerjakan tugas membuat aku pusing tujuh keliling. 
    Sudah tiga kali aku melayangkan surat panggilan untuk orang tuanya, tapi mereka tak pernah datang. Aku tak bisa melaksanakan kunjungan rumah karena data yang tertera di file sekolah tidak lengkap.
Aku berharap hari ini ia datang ke sekolah, kebetulan aku mengajar di jam pertama. Pukul 07.15 aku sudah menunggu di depan pintu kelas dengan senyuman manis andalanku. Aku menunggu Andre agar dapat menceramahinya, hal yang selama ini urung kulakukan karena sulitnya bertemu anak itu. 
       Sudah pukul 07.25, yang kutunggu belum juga datang. Aku mengomel panjang lebar kepada semua siswa untuk menumpahkan kekesalanku. Aku memang ibu mereka di sekolah, karena aku adalah wali kelas.
    “Bukan cuma kalian yang diburu waktu, Ibu juga sama. Ibu malah harus mempersiapkan suami dan anak-anak Ibu yang masih kecil, tapi bisa datang tepat waktu. Masa kalian hanya mempersiapkan diri sendiri masih telat juga. Kalian terlena karena selama ini belajar daring, alasan mau belajar tapi malah keasyikan main game. Tugas jarang dikerjakan. Kalian seharusnya prihatin dengan orang tua kalian yang harus bekerja ekstra untuk membeli paket internet, berharap agar kalian mengerjakan tugas, tapi kalian malah mengambil kesempatan untuk main-main, bla bla bla …,” ocehku bagai burung murai dicabut ekor.
Ocehanku terhenti karena Andre nyelonong tergesa-gesa masuk kelas. Aku melotot ke arah kakinya yang masuk kelas mengenakan sepatu, karena peraturan sekolah tidak membolehkan demikian. 
Ia menyadarinya, dan langsung berbalik untuk meletakkan sepatu pada rak yang tersedia. Setelah Andre duduk, aku mengajaknya ke ruanganku. Aku ingin bicara empat mata dan menyelidiki masalah apa yang dihadapinya selama ini.
Aku menginterogasi Andre dengan berbagai pertanyaan yang didahului omelan. “Jadi, sebenarnya apa yang membuat kamu sulit datang tepat waktu dan selalu mengganggu teman-teman?” tanyaku dengan ambang kesabaran hampir mencapai puncak.
“Bu, aku pagi-pagi bangun jam empat subuh. Masak dulu, kemudian mencuci pakaian aku dan adikku. Subuh ke masjid, habis itu mempersiapkan pakaian dan kelengkapan sekolah adikku. Kemudian aku mengantarnya ke sekolah dengan jalan kaki, barulah aku pergi ke sekolah,” jelasnya sambil berurai air mata.
Lho, orang tua kamu ke mana?” tanyaku heran campur tak percaya.
“Orang tuaku pisah sejak aku kelas dua. Aku tidak pernah ketemu ibuku setelah itu. Ayahku sudah menikah lagi tapi aku tidak tahu tempat tinggalnya. Ia hanya datang sekali menitipkan adikku untuk masuk sekolah, dua tahun yang lalu.”
Aku melongo tak dapat menyembunyikan kekagetanku. Tapi aku masih merasa tak percaya.
“Oh ya … terus bagaimana kalian mencukupi kehidupan sehari-hari? Kalian tinggal di mana?” aku memberondongnya dengan banyak pertanyaan.
“Aku bekerja, Bu. Kami tinggal mengontrak bedeng milik tetangga,” ujarnya sambil mengusap air mata dan menahan isak tangis.
Tapi aku lihat perawakannya tidak seperti orang yang bekerja keras. Aku lalu bertanya kembali. “Kamu kerja apa? Sejak kapan kamu kerja? Memangnya berapa gaji kamu sehari?”
“Dulu aku dititipkan pada tetangga tempat aku ngontrak sekarang, tapi sejak kelas empat aku sudah bekerja sebagai pembimbing ayahnya yang buta untuk meminta-minta. Aku dimintanya untuk membayar sewa rumah. Sejak dua tahun yang lalu, aku dititipi oleh ayah adikku lain ibu untuk sekolah. Jadi semenjak itu, aku membiayai hidup kami berdua. Gajiku tergantung pendapatan datuk yang kubimbing. Paling kecil lima puluh ribu rupiah dan paling besar seratus ribu kalau Datuk dapat penghasilan di atas lima ratus ribu. Aku kadang tidak sekolah karena kami pergi ke luar kota agar dapat banyak.” Kali ini ia mulai agak tenang.
Sebenarnya masih banyak pertanyaan di kepalaku, tapi tak tega untuk kuutarakan. Aku tak menyangka bebannya begitu berat. Kehidupannya yang keras dan penuh perjuangan mengajarkannya banyak hal, kecuali sopan santun. Mungkin ulahnya yang usil di sekolah sebagai cara agar temannya bisa bermain dengannya. 
    Aku mengutuk diriku yang sering mengeluh karena beratnya beban yang kupikul. Aku kalah dari Andre yang ditimpa lebih banyak beban, namun ia tak pernah mengeluh. Aku yakin yang diperlukannya hanya dukungan dan kasih sayang. Aku mengusap kepalanya dan tak kuasa menangis sambil memeluk tubuh mungil anak kelas tujuh itu. Aku hanya mampu menguatkannya disertai permohonan agar ia tak lagi terlambat dan rajin ke sekolah.
Aku tak tahu bagaimana beratnya perjuangan Andre setelah itu, karena yang kutahu ia selalu masuk sekolah dan tak pernah telat dari 07.15. Entah mengapa aku menjadi merasa berdosa karena ikut memenjarakannya pada angka 07.15.

Contoh cerpen pengalaman pribadi singkat yang sudah kamu baca di atas semoga bisa menginspirasimu untuk juga menulis cerpen pengalaman pribadi lainnya yang tak kalah menarik. Gimana caranya? Aku pernah menulis cara menulis cerpen pengalaman pribadi di sini. Silakan disimak!

Kalau kamu punya rencana mengirim cerpen ke iluvtari, cek syarat dan ketentuannya di sini. Jangan khawatir kalau cerpenmu punya tema yang sama, karena setiap orang pasti punya gaya dan cara sendiri saat menuangkan idenya.

Tidak harus berdasarkan pengalaman pribadi, kamu juga bisa mengirim cerpen pengalaman pribadi seseorang. Contoh cerpen pengalaman pribadi orang lain bisa kamu baca di berbagai media, di sini belum ada.

Btw, tidak harus cerpen pengalaman pribadi yang bisa kamu kirim ke iluvtari. Tema apa pun oke, yang penting jangan kelewat absurd, alay, apalagi sampai mengandung erotisme, sadisme, dan semacamnya. Bahkan kalau kamu gak bisa nulis cerpen yang bermanfaat, minimal jangan membawa mudarat.
“Eh, muko kau bersih nian!” kata kakakku saat aku ke rumahnya setelah mengantar anak sekolah. Padahal waktu itu aku belum mandi. Karena biasanya setelah antar anak, dilanjutkan dengan belanja ke pasar, baru pulang ke rumah. Sayang dong kalau mandi dulu!

Walau reaksiku biasa saja, tetap ada rasa “wow” di hati waktu dipuji begitu. Meski rasanya nggak ada yang spesial soal perawatan wajah. Cuma belakangan aku sedang mencoba serum wajah dari Beby Rose Glow. Apa karena itu?

Beby Rose Glow

Tentang Serum

Seorang teman menyarankan aku dan teman-teman lainnya untuk menggunakan serum daripada krim wajah. Menurutnya, usia 30 plus butuh “sesuatu” yang lebih. Berdasarkan pengalamannya, serum terbukti efektif dalam mencerahkan, mengencangkan, melembabkan, dan melembutkan kulit wajah.

Alhasil aku pun mencari tau, apa sih serum itu? Dikutip dari Hellosehat (10/12/20), serum adalah pelembab dengan tekstur yang lebih ringan namun kandungan bahan-bahannya memiliki konsentrasi yang lebih tinggi, sehingga dapat menembus ke bagian dalam kulit dengan lebih cepat, mudah, serta merata, dibanding pelembab biasa.

Masih menurut Hellosehat, serum pada umumnya menargetkan isu-isu kulit yang lebih spesifik, seperti mendorong peremajaan kulit, mencerahkan, menyamarkan keriput, jerawat, noda hitam, dan hiperpigmentasi atau rona wajah yang tidak merata. Mirip seperti apa yang disebutkan oleh temanku tadi.

Beby Rose Glow Serum

Kemudian pilihanku jatuh pada Beby Rose Glow, serum yang digadang-gadang mampu membuat wajah cerah dan glowing dalam waktu yang singkat. Gak langsung percaya dong … harus dibuktikan dulu!

Apalagi memang saat ini anak-anak sudah mulai rutin sekolah, sebagai “ojek keluarga” aku bakal rajin panas-panasan lagi antar-jemput bocah pagi dan siang. Ditambah faktor U, mau gak mau memang harus ada senjata pelindung muka yang bisa bekerja secara instan.

Oke, setelah satu botol serum dengan brand Beby Rose Glow mendarat cantik di rumah, aku pun mengaplikasikan skincare ini  sebagaimana mestinya (dah kayak penutup Surat Keterangan, Mak!).

Kandungan Beby Rose Glow

Dari informasi kemasan, diketahui bahwa Beby Rose Glow mengandung stem cell, peptide, sodium hyaluronate, ascorbyl tetraisopalmitate, dan bahan lainnya. Agak asing kan ya, apa saja sih itu?

Stem cell adalah sel yang dapat meremajakan diri sekaligus sebagai sumber pembentuk sel baru. Penggunaan stem cell pada serum berfungsi untuk anti aging.

Peptide merupakan rantai pendek asam amino yang menghasilkan protein. Tubuh kita lebih mudah menyerap peptide karena ukurannya sangat kecil dan mudah dipecah (SehatQ). Peptide yang terdapat di dalam Beby Glow Serum bermanfaat untuk membuat kulit kenyal awet muda.

Sodium Hyaluronate pada serum bekerja sebagai humektan, yakni menarik kelembaban dari udara dan lingkungan sekitar, lalu menguncinya pada lapisan paling luar kulit. Dengan kata lain, zat ini berfungsi untuk menghidrasi kulit.

Ascorbyl tetraisopalmitate adalah salah satu turunan vitamin C yang paling stabil, dan sudah dikenal luas dapat mencerahkan kulit.

Sampai di sini Beby Rose Glow sudah cukup meyakinkan ya, Gengs. Kita lanjut ke cara penggunaan dan apa iya, sesuai harapan?

Keunggulan dan Cara Menggunakan Beby Rose Glow

Jujur, awalnya aku gak ngerti gimana cara pakai serum. Ternyata ya lebih kurang sama saja dengan krim wajah. Tapi Beby Rose Glow hanya dipakai pada pagi hari, dan tidak perlu menggunakan moisturizer setelahnya.

Secara umum manfaat serum yang kuulas di awal, ditambah dari informasi berdasarkan kandungannya, Beby Rose Glow memang terbukti menghasilkan kulit lebih cerah, halus, dan tampak glowing.

Aku gak muluk-muluk soal kulit cerah, sebab dari lahir memang aku bukan tergolong pemilik kulit putih ataupun kuning langsat. Jadi kalau tiba-tiba sekarang muka jadi putih, sementara punggung tangan cokelat tua, kan jadi lawak!

Wajah cerah alami itu terlihat oleh mereka yang biasa interaksi denganku. Nampak lebih bersih, begitu lebih kurang komentar mereka.

Selanjutnya inilah keunggulan Beby Rose Glow yang perlu kamu tau:   
  • Mencerahkan kulit, tampak glowing secara instan.
  • Menghaluskan kulit.
  • Menghidrasi kulit dan tidak perlu moisturizer lagi.
  • Menyamarkan flek hitam dan kerutan.
  • Bisa digunakan sebagai base make up.

Di Mana Mendapatkan Beby Rose Glow?

Nah, setelah kita ngalor ngidul membahas tentang serum, terutama Beby Rose Glow, kamu pengin buktikan juga kan sejauh mana kebenaran klaim iluvtari.

Kamu bisa “datang” ke situsnya langsung dan memanfaatkan voucher promo BEBYBLOG untuk mendapatkan diskon sebesar 15 persen. Jangan kelamaan, sebab voucher hanya berlaku sampai akhir Desember 2021.

Beby Rose Glow juga tersedia di Tokopedia dan Shopee kalau kamu emang lebih nyaman belanja di marketplace. Yang mana aja oke, selama kamu beli di tempat resmi dan mendapatkan produk yang asli. Jadi, kapan kamu meluncur ke TKP?

Semua penyakit ada obatnya, kecuali maut. Lalu apa penawar penyakit ‘ain? Sebelum membahas lebih jauh tentang pengobatannya, kita cari tau dulu yuk info tentang penyakit yang sempat dikira mitos ini!

penawar penyakit ain

Arti Penyakit Ain

‘Ain berarti mata. Karenanya penyakit ain sering kali disebabkan oleh pandangan mata. Meski demikian, pada dasarnya ain adalah penyakit yang timbul karena masalah hati. Terbukti, seorang buta sekalipun bisa menyebabkan ain ketika diceritakan padanya sesuatu yang membuat ia hasad ataupun takjub.

Yup, selain hati yang hasad, ketakjuban juga dapat menyebabkan ain. Yakni ketakjuban yang meniadakan Allah di sana. Kita takjub tanpa menyebut nama Allah, sehingga seolah-olah apa yang tampak indah dan baik itu bukan karena kuasa Allah.

Contoh Penyakit ‘Ain

Pasangan suami-istri yang membagi kemesraan mereka di media sosial. Bagi mereka, itu sah-sah saja karena mereka telah resmi menikah. Halal. Yang gak suka paling cuma iri, begitu kira-kira prasangkanya.

Dan memang benar, di antara yang melihat kemesraan mereka, ada yang iri. Apa yang ada di hati, sampai ke mata. Maka mata orang yang hasad inilah yang menyebabkan ain pada pasangan tadi. Meski ia tidak mengatakan apa pun, tidak mendoakan keburukan, benar-benar hanya melihat.

Si pasangan yang menjadi korban ain bisa mengalami hal buruk. Entah itu sakit, perceraian, bahkan kematian satu atau keduanya. Kalau sudah begini, bingung kan mencari obat penyakit ain. Terdeteksi saja tidak oleh ilmu medis.

Contoh berikutnya, seseorang membeli mobil baru yang diproduksi terbatas, sehingga di antara kendaraan lain, mobil ini jadi lebih mencolok. Ketika melintas di sebuah jalan, seseorang melihatnya dengan kekaguman yang luar biasa.

Dalam keadaan takjub, yang melihat tadi hanya berdecak, bergumam, atau mungkin berteriak saking kagumnya. Dan ia sama sekali tidak menyebut nama Allah dalam ketakjuban itu. Maka ia bisa saja menyebabkan ain pada mobil tersebut.

Iya, mobil. Bukan orangnya! Ain dapat mengenai manusia maupun benda mati. Dan akibatnya tak kalah parah, mobil tadi bisa saja mengalami kecelakaan atau hal buruk lainnya dengan atau tanpa pengendara.
Sepertinya tak masuk akal, ya. Tapi Nabi shallallahu ‘alayhi wasallam mengatakan bahwa ain nyata. Gapapa gak percaya, kalau kamu bukan umat beliau.

penyakit ain dalam islam

Mencegah Penyakit Ain

Apa itu penyakit 'ain sudah diketahui, lalu bagaimana cara mengobatinya? Nanti dulu. Sebelum menjadi korban ain, akan lebih baik jika kita bisa mencegahnya. Baik mencegah diri dari terkena ain maupun menyebabkan ain bagi orang lain.

Mencegah dari Penyakit Ain

Doa dan zikir.

Apa lagi yang bisa menolong kita dari penyakit yang jelas-jelas tak nampak? Virus yang superkecil dapat dilihat dengan bantuan teknologi. Ain tidak dapat dilihat dengan apa pun, namun bisa dirasakan. Jadi hanya Allah tempat berlindung, yakni dengan doa.

Doa sudah pasti zikir, zikir belum tentu doa. Ada zikir pagi dan petang (al-ma’tsurah) yang bisa kamu baca secara rutin untuk menghindari berbagai keburukan dunia akhirat, termasuk ain. 
Ketika keluar rumah, biasakan membaca doa berikut!

doa terhindar dari penyakit ain

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca doa “Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi laa hawla walaa quwwata illa billah.” Maka disampaikan kepadanya, ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’ Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’” (HR Abu Daud no. 5095; Turmudzi no. 3426; dinilai shahih oleh Al-Albani).

Setiap sebelum tidur malam, Nabi menangkupkan kedua tangan beliau, meniupnya, lalu membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas, kemudian mengusap kedua tangan yang sudah dibacakan ke seluruh tubuh.

Media sosial secukupnya.

Entah membagi foto atau aktivitas sehari-hari, sebaiknya tidak terlalu sering kamu lakukan di media sosial. Ada terlalu banyak orang yang bisa melihat, dan kita tidak bisa menyaring siapa yang hasad atau alpa dalam berzikir.

Penyakit ‘ain sering kita temukan pada bayi. Jika anak mendadak demam atau gejala lainnya tanpa alasan yang jelas, bisa jadi orang tuanya terlalu banyak mengekspos sang anak di media sosial. Meski kamu tidak termasuk orang tua yang demikian, penawar penyakit ain tetap perlu kamu ketahui.

Tahan lidah.

Jangan mengumbar kisah kesuksesan pada waktu dan tempat yang tidak dibutuhkan. Kecuali jika yang kamu ceritakan benar-benar memberi manfaat, sebaiknya tak perlu menyampaikannya pada sembarang orang.

Seorang yang buta dapat membuat orang yang diceritakan padanya tertimpa ain, karena hasad atau ketakjuban (tanpa zikir) yang ada di hatinya. Dia gak maksud jahat, yang salah yang kebanyakan cerita.

Mencegah Diri dari Menjadi Penyebab Penyakit Ain

Doa dan zikir.

Karena ain disebabkan oleh hasad dan takjub, maka zikir membentengi dengan cara membersihkan hati dari rasa hasad, juga membiasakan diri untuk memuji Allah atas apa pun yang tampak luar biasa.

contoh penyakit ain

Biasakan mengucap Masyaallah Tabarakallah (Apa yang Allah kehendaki, semoga Allah memberkahi) ataupun zikir lain yang sekiranya lebih relevan, saat melihat atau mendengar sesuatu yang menakjubkan. Pengakuan bahwa Allah-lah yang membuat sesuatu menjadi indah di mata maupun telinga, menjadi benteng perlindungan dari penyakit ain.

Jaga pandangan.

Karena  ain umumnya berasal dari pandangan, maka yang kita lakukan adalah menjaga pandangan tersebut. Kita kira cuma laki-laki yang wajib menjaga pandangan karena faktor syahwat, padahal perempuan juga harus menjaga pandangan, salah satunya karena kebiasaan hasad (dan naluri gibah, hehe).

Penawar Penyakit Ain

Dari Abu Umamah bin Sahl, ia berkata, “Suatu saat ayahku, Sahl bin Hunaif, mandi di Al-Kharrar. Ia membuka jubah yang ia pakai, dan ‘Amir bin Rabi’ah ketika itu melihatnya. Sahl adalah seorang yang putih serta indah kulitnya. Maka ‘Amir bin Rabi’ah pun berkata, ‘Aku tidak pernah melihat kulit indah seperti yang kulihat pada hari ini, bahkan mengalahkan kulit perawan.’ 

“Maka Sahl pun sakit seketika di tempat itu, dan sakitnya semakin parah. Hal ini pun dikabarkan kepada Nabi saw, ‘Sahl sedang sakit dan ia tidak bisa berangkat bersamamu, wahai Rasulullah.’ Maka Rasulullah saw pun menjenguk Sahl, lalu Sahl bercerita kepada Rasulullah tentang apa yang dilakukan ‘Amir bin Rabi’ah. 

“Rasulullah saw bersabda, ‘Mengapa seseorang menyakiti saudaranya? Mengapa engkau tidak mendoakan keberkahan? Sesungguhnya penyakit ‘ain itu benar adanya, maka berwudulah untuknya!’ ‘Amir bin Rabi’ah lalu berwudu untuk disiramkan air bekas wudunya ke Sahl. Lalu Sahl pun sembuh dan berangkat bersama Rasulullah saw.” (HR Malik dalam Al-Muwatha’, dishahihkan Al-Albani dalam Silsilah Ash-Shahihah).

Contoh kasus ain di atas “lebih mudah” ditangani karena ketahuan siapa yang menyebabkan ain, bagaimana jika terjadi di masa sekarang yang mana lawan interaksi kita lebih banyak daripada para sahabat Nabi? Apalagi dengan adanya internet, terutama media sosial. 

Itulah kenapa penting sekali membatasi penggunaan medsos sebagai upaya mencegah ain. Dari kisah di atas, ditambah kisah lainnya yang tidak cukup jika dituliskan semua di sini, ada dua cara yang merupakan penawar penyakit ain.

1. Menggunakan Air Wudu

Sesuai hadits dari Abu Umamah di atas, air wudhu yang dimaksud adalah bekas wudu orang yang menyebabkan ain (tetesan wudunya ditampung), basuhkan pada kepala dan punggung pasien. 

2. Ruqyah Syar'iyyah

Jika tidak diketahui siapa yang menyebabkan ain, maka gantinya adalah dengan diruqyah. Loh, bukannya ada yang bilang kita tidak boleh minta diruqyah?

Yang tidak boleh adalah minta dijampi-jampi (bahasa Indonesia dari ruqyah). Tentulah yang dimaksud itu jampi ala dukun, alias ruqyah syirik. Ruqyah yang syar’i adalah obat, sebagaimana kita meyakini bahwa bacaan Al-Qur’an merupakan penawar.

Emang kamu kalau sakit cukup nunggu dokter tanya, mau diobati nggak? Padahal kamu percaya bahwa dokter mampu mengobati orang sakit (Allah yang menyembuhkan). Jadi kamu percaya nggak kalau Al-Qur’an lebih mampu lagi?

Yang perlu diperhatikan terkait ruqyah: 
  • Pastikan bahwa yang diminta meruqyah adalah memang peruqyah syar’iyyah, bukan dukun. Hal itu dapat dilihat dari bacaan Al-Qur’annya yang baik dan benar, serta cara membacanya yang jelas (tidak berbisik-bisik).
  • Tidak memperlakukan peruqyah seperti dukun, apalagi Tuhan. Yakni dengan menyandarkan diri pada mereka, misalnya setiap ada keluhan, datang pada peruqyah untuk dibacakan ayat. Lakukan ruqyah secara mandiri, jangan tinggalkan shalat, dan perbanyaklah zikir.
  • Peruqyah syar’iyyah umumnya memberi tausiah sebelum meruqyah, yaitu dalam rangka meluruskan akidah pasien agar bersandar hanya kepada Allah. Memberikan pemahaman terkait hal-hal yang dapat merusak keimanan, termasuk rasa takut kepada selain Allah dan kepercayaan pada mitos yang dapat membatalkan syahadat seorang muslim.
Baik manusia maupun benda mati, obat penyakit ain yang menimpanya sama saja. Air bekas wudhu orang yang menyebabkan ain dan ruqyah oleh ustaz yang kompeten (dibantu ruqyah mandiri).

Dari berbagai sumber shahih, penawar penyakit ain adalah dua hal di atas. Sebagaimana kita tau, mencegah lebih baik daripada mengobati. Lebih aman untuk menghindari ain daripada harus mengobatinya. Namun demikian, sakit bisa jadi adalah salah satu cara Allah untuk menggugurkan dosa-dosa kita. Allahua’lam.
Ketika akan mengirimkan ke luar pulau ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar mendapatkan jasa pengiriman terbaik. Pertama tentunya dengan memilih jasa pengiriman yang mempunyai skala luas sehingga bisa melakukan pengiriman tersebut. 

Karena tidak dipungkiri, banyak juga jasa pengiriman yang mempunyai jangkauan yang tidak terlalu luas ataupun hanya menjangkau di kota-kota besar di luar pulau saja. Oleh karena itulah, pastikan untuk jasa pengiriman ke luar pulau yang dipilih juga menjangkau daerah dari tempat tujuan pengiriman paket yang akan dilakukan.

pengiriman cepat trawlbens

Setelah memilih jasa pengiriman jangkauan pengiriman yang luas hingga ke pelosok di pulau, hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memilih jasa pengiriman dengan beberapa pertimbangan berikut ini.

  • Pilihlah jasa pengiriman yang mempunyai tarif yang hemat sehingga bisa menghemat budget. Utamanya ketika akan mengirimkan barang ke pulau yang jauh, sehingga penting membandingkan harga untuk mendapatkan harga termurah.
  • Pilihlah jasa pengiriman yang mempunyai banyak jenis pengiriman sehingga bisa melayani pengiriman untuk berbagai jenis barang yang akan dikirim.
  • Memilih jasa pengiriman dengan waktu pengiriman cepat. Oleh karena itulah pastikan untuk mengecek estimasi waktu pengiriman yang dipunyai sehingga bisa membuat pengiriman barang cepat sampai.
 
Selain pertimbangan penting di atas, pilih juga jasa pengiriman yang tentunya aman. Sehingga tidak hanya mendapatkan pengiriman cepat luar pulau tetapi juga mendapatkan jaminan sampai di tempat. Oleh karena itulah pastikan juga memilih jasa pengiriman yang mempunyai garansi untuk melindungi pengiriman ke luar pulau yang dilakukan. 

Salah satu jasa pengiriman terbaik dengan berbagai keunggulan di atas yaitu harga murah, pengiriman yang cepat, dan juga merupakan jasa pengiriman aman adalah di TrawlBens.
 
Jasa kargo TrawlBens merupakan pengiriman yang bisa digunakan untuk berbagai logistik dan jenis barang yang dikirimkan. Selain memberikan pengiriman yang cepat, jasa ini juga bisa mempunyai banyak keunggulan lainnya. Termasuk pengiriman yang cepat dengan menggunakan kapal pelni sehingga bisa sampai lebih cepat. 

Bagi yang ingin menggunakan jasa ini bisa segera memilih jenis jasa ini di aplikasi TrawlBens yang bisa diunduh lewat PlayStore.

Ekspedisi Jakarta Mamuju


Mamuju menjadi sebuah kabupaten dan juga ibu kota dari Sulawesi Barat, memiliki luas wilayah sekira 4.955 km2 dengan jumlah penduduk yang juga cukup banyak. Dalam sektor ekonomi dan industri, Mamuju menjadi salah satu yang terus menunjukkan peningkatannya. 

Hal itu terlihat dari banyaknya pelaku usaha yang memercayakan perusahaannya berada di wilayah tersebut. Tentu kemajuan itu tidak terlepas dari peran perusahaan jasa pengiriman barang, apalagi aktivitas ekspedisi Jakarta Mamuju cukup banyak setiap harinya. Mulai dari barang belanjaan biasa sampai dengan berbagai keperluan usaha lainnya.
 
Dari Jakarta untuk bisa sampai ke Mamuju tentu perlu banyak waktu apalagi melihat jarak yang tidak dekat. Tentu dalam pengiriman barang pun perlu menggunakan berbagai jenis armada, baik saat berada di jalur darat maupun udara. 

Untungnya sudah ada Trawlbens yang hadir sebagai perusahaan jasa kirim barang ke seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai kelebihan. Dikatakan lebih mudah saat menggunakan Trawlbens, karena hanya dari rumah bisa langsung kirim barang. Segala pengecekan bisa dilakukan melalui aplikasi online dan barang akan dijemput oleh petugas pengiriman.
 
Selain mudah, Trawlbens juga terkenal dengan tarifnya yang murah, di mana pengiriman luar pulau untuk jenis ukuran barang seperti cargo. Namun untuk harga, sebaiknya kamu langsung lakukan pengecekan pada aplikasi saja, karena lebih realtime jika terjadi perubahan dan sebagainya. 

Tidak selesai sampai di situ, dengan Trawlbens sudah dijamin keamanan barangmu terjaga baik. Dimulai dengan pengemasan yang sudah profesional dengan jarak tempuh jauh, disesuaikan dengan jenis barang karena menerima berbagai barang pengiriman dari kecil sampai besar. Dan lagi sudah disediakan asuransi untuk menjamin keselamatan barang sampai kepada penerimanya.
 
Tidak perlu lagi mencari dan kebingungan penyedia jasa seperti apa yang akan digunakan sebagai pengiriman barang. Karena kirim ekspedisi ke Mamuju ataupun wilayah Indonesia lainnya sudah bisa langsung kamu serahkan pada Trawbens. 

Dengan jangkauan yang cukup luas, mulai dari kota di pulau Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Jawa, Bali, Lombok, sampai dengan paling ujung Papua. Jadi, satu tempat di Trawlbens sudah menjadi solusi semua kebutuhan. Yuk, percayakan kirim mengirim barang di Trawlbens!
Memasuki bulan November setiap tahunnya, ada yang otomatis terbersit dalam pikiran kita. Yup, Hari Pahlawan. Seketika kita mencari-cari, siapa sosok pahlawan di sekitar kita? Atau malah merasa, akulah pahlawan bagi sekitar! Itu sih klaim.

Bertepatan dengan Hari Pahlawan di 10 November tahun 2021 ini, IDN Media mengumumkan lima pemenang utama dari program Pahlawan IDN. Mengusung tagline Satu Negeri Beragam Inspirasi, Pahlawan IDN adalah program apresiasi bagi figur-figur inspiratif milenial dan generasi Z yang berhasil menginisiasi gerakan positif di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, lingkungan, teknologi, komunitas, dan proyek kreatif.

Informasi tersebut diumumkan secara langsung lewat platform TikTok, tentunya di akun IDN Media. Kamu penasaran nggak, siapa saja lima pemenang utama yang terpilih?

pahlawan idn 2021
Meet the Pahlawan IDN of 2021

Juri dan Aspek Penilaian

Memilih dari sekian banyak figur inspiratif di Indonesia tentu bukan hal mudah. Maka juri punya penilaian tersendiri untuk menentukan lima figur yang dianggap pantas menyandang gelar Pahlawan IDN.

Aspek yang dinilai oleh para juri meliputi orisinalitas dan keunikan ide, tujuan kegiatan, hasil dan sebaran dampak kegiatan di sektor yang berkaitan, serta keberlanjutan inisiatif mereka dalam jangka panjang.

Dewan juri yang terlibat dalam proses penilaian Pahlawan IDN antara lain Winston Utomo (CEO IDN Media), Zefanya Deby (Head of Communications IDN Media), Uni Lubis (Editor-in-Chief IDN Times), William Hendradjaja (Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP), dan Najelaa Shihab (pendidik dan pendiri Semua Murid Semua Guru).

5 Pahlawan IDN 2021

Kalau kamu pernah merasa berjasa karena telah membuat sesuatu yang berdampak, coba bandingkan dengan orang-orang yang berada di balik lima lembaga berikut ini. Merekalah yang berhasil memenangkan hati para juri, sehingga didapuk sebagai Pahlawan IDN 2021.

Berikut lima pahlawan tersebut bersama sosok yang mewakili mereka: 

1. Riliv

Riliv adalah layanan kesehatan mental berbasis teknologi. Dengan visi “to create peace of mind and smile all over the world”, aplikasi konseling online ini menggunakan jasa psikolog profesional dalam layanannya.

Dalam perhelatan bersama IDN Media, Riliv diwakili oleh Audrey Maximillian Herli, salah satu pendirinya.

2. Plana (Plastic for Nature)

Dalam situsnya, tim Plana menyebut diri mereka “Perusahaan Sosial yang Merevolusi Daur Ulang Plastik”. Menurut Plana, banyak organisasi, bahkan perusahaan, telah memulai program daur ulang untuk mengubah limbah menjadi produk yang dapat digunakan sekali lagi. 

Namun, dampaknya terlalu kecil untuk memulihkan Bumi, sementara masalahnya masih tetap ada. Maka Plana hadir untuk memberi solusi yang menurut mereka akan benar-benar berdampak bagi masa depan planet ini. Plana diwakili oleh Joshua Christopher Chandra.

3. Mataharikecil Indonesia 

Mataharikecil Indonesia adalah salah satu komunitas bidang sosial dan pendidikan yang sudah berdiri sejak tahun 2015. Komunitas ini mendirikan sekolah terbuka untuk membantu anak-anak yang terpaksa menomorsekiankan pendidikan karena harus mencari nafkah.

Sebagai Pahlawan IDN, Mataharikecil Indonesia diwakili oleh Yasser Muhammad Syaiful, sang founder sekaligus CEO.

4. BecomeMore Indonesia

BecomeMore Indonesia adalah sebuah komunitas bagi siswa SMP dan SMA se-Indonesia yang bertujuan untuk membantu mereka dalam proses pengembangan diri lewat berbagai program seperti konferensi tahunan dll. Dalam hal ini, BecomeMore Indonesia diwakili oleh Agalia Sakanti Ardyasa.

5. Literasi Anak Banua

Literasi Anak Banua merupakan komunitas anak muda yang bergerak dalam meningkatkan kemampuan literasi anak, khususnya di wilayah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) di Indonesia. Literasi Anak Banua diwakili oleh pendirinya langsung, Alvian Wardhana.

Kelima pemenang utama tersebut berhak atas hadiah berupa uang tunai dan dukungan publikasi dari IDN Media selama satu tahun penuh. Mereka juga berkesempatan untuk bergabung di signature event IDN Media, serta terkoneksi dengan jaringan komunitas masif milik IDN Media.

Kutipan

Apa saja tepatnya yang membuat kelima pemenang tersebut berhasil lolos sebagai Pahlawan IDN? Yuk kita simpulkan dari apa yang diungkap oleh para juri berikut ini!

5 pahlawan idn media
Pahlawan IDN - Juri Uni (Dok. IDN Media oleh Herka Pangaribowo)
“Selamat untuk kelima penerima anugerah Pahlawan IDN yang baru pertama kali dilaksanakan pada tahun ini. Berfokus pada inovasi dan dampak yang sudah diberikan oleh milennial dan Gen Z, Pahlawan IDN memiliki keunikannya tersendiri. Variasi dari finalisnya pun luar biasa. Mulai dari literasi, kesehatan mental, sampai lingkungan. Semoga dengan anugerah ini, kalian dapat terus menjaga komitmen kalian untuk terus menjaga keberlanjutan organisasi, membangun komunitas yang solid, serta semakin menjamin transparansi dan akuntabilitas kalian. Dengan demikian, peluang-peluang yang lebih baik pun akan terbuka.” (Uni Lubis).

pahlawan idn november 2021
Pahlawan IDN - Juri Najelaa (Dok. IDN Media oleh Herka Pangaribowo)
“Selamat untuk para pemenang! Semoga percakapan-percakapan yang telah peserta lakukan dengan dewan juri dapat selalu diingat di sepanjang perjalanan. Teruslah berfokus pada dampak dan keberlanjutan dari kegiatan ini. Memberdayakan pihak lain juga harus dimulai dengan memberdayakan diri kita sendiri, jadi saya harap, akan ada lebih banyak orang yang sadar bahwa diri kita sendiri, adalah perubahan yang selama ini kita nanti-nantikan.” (Najelaa Shihab).

5 pahlawan idn media
Pahlawan IDN - Juri William (Dok. IDN Media oleh Herka Pangaribowo)
“Saya sangat terinspirasi oleh teman-teman yang bahkan sudah berkomitmen untuk melakukan misi sosial dan lingkungan ini di usia yang masih sangat muda. Bahkan, beberapa ada yang masih duduk di bangku kuliah. Terima kasih atas partisipasi teman-teman dan akan apa yang sudah kalian lakukan sejauh ini. Perjalanan kalian masih sangat panjang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencari support system yang dapat mendukung hal-hal baik yang telah teman-teman inisiasi.” (William Hendradjaja).

Bagaimana, kamu ikut terinspirasi? Mulai jadi pahlawan untuk diri sendiri aja dulu. Siapa tau tahun depan kamu jadi Pahlawan IDN berikutnya!
libels party sman 15 surabaya

Masa sekolah memang tidak lepas dari keseruan pesta kaum muda atau yang dikenal dengan pensi, hal ini biasanya dijadikan event tahunan dengan beragam jenis kompetisi hingga hiburan, seperti yang diadakan oleh SMAN 15 Surabaya.

Event paling terkenal dari SMAN 15 Surabaya adalah libels party atau lebih dikenal dengan Liberty, setiap penyelenggaraan event sering mengundang artis hingga musisi kenamaan Indonesia, hal inilah yang bikin libels banyak peminatnya.

Acara pentas seni yang diadakan rutin setiap tahun ini, Libels Party selalu mengusung tema yang berbeda-beda sehingga setiap event selalu ada keseruan yang tidak akan terlupakan, bahkan pengunjung bisa nikmati keseruannya hingga akhir.

Hal ini tentunya tidak lepas dari konsep acara yang diusung bisa bikin pengunjung terpesona, ditambah adanya penampilan artis dan musisi ternama yang siap memeriahkan acara pentas seni tersebut. Lantas, apa itu Libels Party atau LIBERTY 2K21?

Tentang LIBERTY 2K21

Bagi sebagian orang mungkin belum mengetahui pesta yang satu ini, di mana rutin diselenggarakan oleh SMAN 15 Surabaya sebagai event tahunan sekolah dengan konsep acara super keren dengan bintang tamu oke.

LIBERTY 2K21 (Libels Party) merupakan event pentas seni dan budaya yang diselenggarakan oleh SMAN 15 Surabaya, pada perhelatan tahun ini mengangkat tema "Anastavana", serta mengundang bintang tamu yang tidak kalah menarik.

LIBERTY 2K21 menawarkan penampilan istimewa dari SMAN 15 Surabaya serta dimeriahkan oleh guest star Vierratale, Juicy Lucy, dan Kaleb J. Pastinya event ini bakal meriah dan pengunjung bakal antusias hingga akhir acara.

Apakah masyarakat umum bisa ikut menyaksikan acaranya? Tentu saja bisa, karena event tahunan ini terbuka untuk umum sehingga siapa saja bisa menonton acara tersebut hingga selesai sesuai jadwal yang ditentukan.

Maka dari itu, jangan sampai ketinggalan event tahunan tersebut, catat jadwal acaranya dan pastikan kamu sudah membeli tiketnya agar bisa menonton acara tersebut. Lalu, bagaimana cara nonton LIBERTY 2K21?

Nonton LIBERTY 2K21 Online

Seperti diketahui, sejak pandemi melanda dunia termasuk Indonesia, semua kegiatan dilakukan secara online melalui platform digital, seperti halnya acara event tahunan Libels Party yang diselenggarakan secara live streaming.

Kamu bisa nonton keseruan acara tahunan LIBERTY 2K21 melalui layanan streaming di GoPlay, acara yang dimeriahkan oleh sederet bintang tamu ternama ini bakal tayang secara online di GoPlay pada tanggal 27 November 2021.

Acara streaming LIBERTY 2K21 akan berlangsung pada pukul 16.00 - 23.00 WIB di aplikasi GoPlay. Jika kamu ingin nonton keseruan acara tersebut maka bisa membeli tiket terlebih dahulu sebesar Rp 25 ribu saja, dan akan mendapat e-voucher.

Kami bisa menonton live streaming di aplikasi atau website GoPlay melalui link yang ada di e-voucher. Jangan pernah membagikan link yang ada di e-voucher kepada siapa pun karena 1 link hanya bisa dibuka di 1 perangkat dan 1 browser.

Kamu bisa mengakses link streaming tersebut sesuai dengan waktu yang tertera di e-voucher, maka pastikan jangan sampai terlambat atau ketinggalan nonton acara LIBERTY 2K21, catat jadwalnya dan nikmati keseruannya.

Itulah informasi seputar acara event tahunan yang banyak dinantikan oleh peminatnya, yaitu Libels Party. Event ini selalu hadir memberikan kemeriahan dan keseruan dengan konsep acara yang keren dan bintang tamu ternama.

Demikian penjelasan tentang LIBERTY 2K21 atau Libels Party yang diselenggarakan oleh SMAN 15 Surabaya yang saat ini acara diadakan secara live streaming melalui GoPlay. Semoga informasinya bermanfaat dan membantu.