iluvtari
Gara-gara pencarian yang mentok, bertemulah aku dengan Novel Gadis Kretek. Dari film Before, Now & Then, yang dalam versi Indonesia jadi Nana, aku akhirnya mencari-cari novel yang diangkat menjadi film. Awalnya sih cari novel Jais Darga Namaku di iPusnas. Tapi gak ketemu. Mau beli versi cetak, kondisi rumah sedang gak boleh nambah koleksi buku.

Yang bikin penasaran adalah antrean Gadis Kretek yang gila banget. Novelnya sih ketemu, tapi untuk pinjam harus tunggu dulu. Entah disembunyikan Oddo atau aplikasi iPusnas yang kurang sakti, notifikasi bahwa novel antrean sudah tersedia gak bisa muncul gitu aja. Sekali waktu aku buka iPusnas (padahal sudah lupa sedang ngantre), baru ketauan ada satu kopian “nganggur”. Buru-buru deh pinjam, jangan keduluan orang lagi.

Novel Gadis Kretek

Sinopsis Novel Gadis Kretek

Aku gak review ala ala tugas sekolah. Versi iluvtari aja, seingat-ingat, dan segampang mungkin ditulis. Novel Gadis Kretek berkisah tentang tiga bersaudara; Lebas, Karim, dan Tegar, yang merasa harus mencari Jeng Yah, perempuan masa lalu dalam kehidupan romo mereka, Soeraja.

Salah satu keunggulan novel ini adalah panjangnya sejarah yang diangkat tanpa rasa terbebani layaknya kita membaca buku pelajaran (dan itu memang kelebihan novel sejarah pada umumnya). Panjang yang kumaksud adalah rentang waktunya. Sejarahnya sendiri selewatan saja, sebagaimana yang kita sudah tau. Gak detail dan tidak memihak.

Bahwa Indonesia dijajah Belanda, lalu datang Jepang yang awalnya sok baik, kemudian muncul PKI yang belakangan malah terkesan kayak korban padahal mereka penjahat. Ya gitu gitu deh. Nah para tokoh dalam novel dengan alur bolak-balik ini, hidup sepanjang sejarah Indonesia itu.

Lebas si bungsu, yang jarang akur dengan kakak sulungnya. Yang membuat romonya sakit karena ganti-ganti jurusan kuliah dan ogah mengurus pabrik kretek milik keluarga, pada akhirnya justru menjadi pahlawan. Karena ia berhasil memecahkan misteri bekas luka di dahi sang ayah.

Kisah cinta yang polos antara Idroes Moeria dan Roemaisa, Dasiyah dan Soeraja, serta jatuh bangun pabrik klobot membuat kamu gak mungkin menuntaskan buku ini lebih dari tiga hari. Selain karena novelnya juga tidak tebal, bayangan Indonesia tempo doeloe sayang banget kalau harus hilang timbul karena baca bukunya putus-putus. Menurutku begitu.

Perjalanan kisah orang lain yang kemudian beralih pada keluarga Lebas, dituturkan dari berbagai sudut pandang. Dimulai dari narasi penulis, kemudian cerita dituturkan oleh tokoh, lalu pindah ke tokoh lain sebagai antagonis, dst. Belum jadi film aja, lewat bukunya kamu udah ngerasa kayak nonton film. Eh tergantung kehebatan imajinasimu ding!

Kebiasaanku baca novel, gak liat-liat siapa penulisnya. Kalau halaman pertama oke, lanjut. Kalau nggak, balikin. Nah novel Gadis Kretek ini langsung aku yakin penulisnya perempuan adalah waktu membaca adegan le'le'an. Di mana tetangga berdatangan bakda Magrib untuk menemani ayah bayi menjaga ari-ari yang dikubur. 

Kebayang deh stresnya ngurus bayi baru lahir sementara di luar ada bapak-bapak yang riuh dengan asap rokok ngepul di seantero kamar. Gambaran emosinya dapet banget, maka aku langsung menebak, ini penulisnya mungkin pernah merasakan hal yang sama, atau minimal mirip.

Review Buku Gadis Kretek

Sepanjang cerita, pembaca bakal menebak-nebak, dan tebakannya salah semua. Walau bukan novel detektif, Gadis Kretek membuatku puas dengan misteri dan cara pemecahannya.

Ceritanya sangat menarik dengan alur campuran yang agak acak tapi mudah dipahami. Gaya bahasanya asik. Bercandanya gak receh, mungkin sebagian orang bahkan gak merasa itu lucu (karena gak paham), dan aku suka joke model begitu.

Review Novel Gadis Kretek

Kalau dibuat list, menurutku pribadi inilah kelebihan dan kekurangan Novel Gadis Kretek:

Kelebihan

  • Sisi romansa buku ini gak menye-menye. Cinta yang sederhana namun menyentuh.
  • Gaya bahasanya asik. Mbak Ratih Kumala, penulisnya, mampu membawakan cerita dengan cara yang pas di tiap bab. Konkretnya, penulis memberi narasi yang riang saat membahas Lebas dengan latar kekinian. Sementara ketika membahas Djagad (kakeknya) maupun Purwanti (ibunya), gaya tuturnya menyesuaikan namun masih dengan pilihan kata yang manis.
  • Berbagai istilah seputar rokok dan bahasa iklan di masa lampau menunjukkan bahwa penulisnya gak modal ide awang-awang. Aku yakin ada riset mendalam dalam proses pembuatan Novel Gadis Kretek (dan ternyata, Mbak Ratih memang terinspirasi pabrik rokok keluarganya yang gulung tikar.) 

Kekurangan

  • Sedikit banyak menginspirasi orang untuk merokok. Kalau gak ada fatwa haram, barangkali abis baca novel ini aku mungkin coba-coba merokok. Apa sih rasanya tembakau campur daki? Eh.
  • Ada beberapa adegan yang mengandung unsur syirik. Bagi sebagian orang mungkin terkesan lebay, “Ah itu kan budaya ….” Tapi sebagai muslim, namanya syirik ya syirik.
  • Banyak saltik, bahkan salah pasang nama. Semoga itu hanya versi digital aja. Biasanya di versi cetak orang akan lebih hati-hati. Biasanya.

Rating Gadis Kretek

Biasanya kalau sudah baca novelnya, waktu film rilis aku jadi deg-degan. Khawatir kecewa. Tapi kalau sudah nonton filmnya tapi belum baca bukunya, jadi rada malas untuk baca. Trus, kenapa novel Jais Darga Namaku dicari-cari? Hehe, karena aku gak paham maksud film Nana. Filmnya bagus tapi gak ngerti, kan ngeselin.

Kalau Nana nontonnya di Prime Video, kabarnya Gadis Kretek bakal ditayangkan di Netflix. Kapan ya, karyaku diangkat ke layar lebar? Karya yang mana, Neng? Nulis fiksi juga udah jarang lu!

Novel Gadis Kretek pdf

Btw masih aja ada yang nyari novel versi pdf, termasuk mencari novel Gadis Kretek. Dasar jiwa pembajak. Daripada download ebook bajakan, mending ke iPusnas. Legal, aman. Tapi apa ya keuntungan penulis kalau orang membaca lewat iPusnas? Tanya Mbak Ratih Kumala, deh! Harusnya sih ada.

Sejujurnya baca buku versi cetak tetap lebih nyaman daripada ebook maupun lewat aplikasi di gawai. Tapi ya itu tadi. Sebagian besar bukuku aja sudah kuhibahkan untuk mengurangi “beban”. Tinggal beberapa yang belum dibaca (padahal sudah lama dibeli), dan nantinya insyaallah dikasih ke orang juga.

Sementara untuk kamu yang masih punya ruang untuk menambah koleksi, saranku beli yang fisik aja. Lebih nyaman, bisa dibawa tidur tanpa perlu khawatir dengan radiasi, ketiban, jatuh, dll. Aku ngasih bintang 5/5 untuk Novel Gadis Kretek. Di Google, 94% pengguna mengaku suka novel ini, tapi di  iPusnas bintangnya hanya 3. Hmm.
Setiap daerah pasti memiliki makanan khas, begitu pula dengan Provinsi Jambi. Ada banyak pilihan menu yang bisa kamu nikmati saat bertandang ke berbagai wilayah di tempat kelahiranku ini, Gengs! Sebagian di antaranya bisa kamu temukan di banyak tempat di Indonesia, sebagian lagi hanya bisa ditemukan di bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

Makanan Khas Jambi

Dari sekian banyak makanan khas Jambi yang ada, kamu bisa memilih mana yang sesuai dengan seleramu. Sebab rasanya beraneka, gak melulu pedas atau selalu manis. Lengkap deh! Berikut uraiannya.

Masakan Khas Jambi

masakan khas jambi

1. Tempoyak

Tempoyak merupakan makanan khas Jambi yang dikenal se-Nusantara. Tempoyak bisa ditemukan di berbagai wilayah di Sumatra, hingga negara tetangga seperti Malaysia. Disebut khas Jambi, karena pada dasarnya tempoyak adalah makanan khas Suku Melayu, salah satu suku asli yang hingga kini masih banyak menempati wilayah Provinsi Jambi.

Didapatkan dari hasil fermentasi daging buah durian lokal, tempoyak dapat diolah menjadi berbagai masakan. Di Jambi, umumnya tempoyak dijadikan campuran sambal dan atau gulai, terutama gulai ikan patin. Durian dan ikan patin merupakan hasil bumi yang jumlahnya sangat melimpah di Jambi.

2. Kerutup

Lauk yang satu ini bisa dikatakan mirip dengan pepes. Bedanya, pepes dimasak dengan cara dikukus, sedangkan kerutup digoreng. Ikan yang biasa dijadikan bahan untuk kerutup umumnya adalah ikan air tawar seperti nila, gurami, dan ikan emas. Dengan bumbu yang tidak sekomplet pepes, ikan digoreng dengan sedikit minyak bersama daun pisang pembungkusnya.

3. Tepek

Terutama jika kamu bertandang ke wilayah Jambi Kota Seberang, menu tepek adalah masakan sehari-hari masyarakat setempat. Di luar wilayah tersebut, tepek biasanya ditemukan sebagai hidangan dalam pesta pernikahan atau acara besar lainnya.

Makanan khas Jambi ini terbuat dari ikan yang diolah menyerupai pempek. Kalau pempek dimakan sebagai kudapan, tepek dimasak menjadi gulai dalam bentuk potongan segi empat jajaran genjang, dan dimakan sebagai lauk pendamping nasi

4. Nasi Gemuk

Di sepanjang jalan di Kota Jambi, setiap pagi kamu pasti akan menemukan berbagai warung sarapan yang menyediakan menu nasi gemuk. Dinamakan nasi gemuk karena dibuat dengan santan yang lebih banyak, lebih dari yang biasa digunakan untuk membuat nasi uduk.

Meski sering dianggap sama, biasanya perbedaan antara nasi gemuk dan nasi uduk lebih terlihat pada saat penyajian. Yang mana nasi gemuk umumnya dilengkapi dengan teri, kacang, irisan telur dadar, timun, kerupuk, dan sambal yang rasanya khas.

Makanan Ringan Khas Jambi

Makanan ringan Khas Jambi

1. Pempek Sambal

Jika pempek pada umumnya dibuat menggunakan ikan, pempek sambal tidak demikian. Berbahan utama sagu dan terigu, pempek sambal disajikan tanpa kuah cuka layaknya pempek ikan. Sesuai dengan namanya, adonan pipih pempek yang sudah digoreng dilumuri sambal dan aneka bumbu yang telah ditumis.

Pempek sambal sepertinya merupakan makanan khas Jambi yang terkenal, tanpa diklaim wilayah lain sebagai makanan khasnya. Agak berbeda dari berbagai masakan maupun makanan Jambi yang lain, ya.

2. Padamaran

Dari segi rasa, kue padamaran cukup mirip dengan bubur sumsum. Hal itu disebabkan bahan utama pembuatannya yang sama-sama berupa tepung beras, gula merah, dan santan. Jika kinca bubur sumsum dituang di atas, kinca padamaran “tersimpan” pada bagian dasar wadah kue, yang berupa takir kecil terbuat dari daun pisang.

3. Gandus

Selain merupakan makanan khas Jambi, kue gandus juga disebut-sebut sebagai camilan khas Sumatra Selatan. Tak heran, karena kedua provinsi ini berdekatan, sehingga memiliki banyak kesamaan. Kue gandus kadang dibuat berbentuk bulat seperti mangkuk kecil, namun ada kalanya dibentuk persegi sesuai dengan cetakannya.

Terbuat dari tepung beras, sagu, dan santan. Kue gandus berwarna putih dengan toping ebi atau abon dan bumbu kering, beserta potongan cabai. Rasanya gurih pedas.

4. Putri Kandis

Pada beberapa perayaan adat masyarakat Melayu, putri kandis adalah kue basah yang khas disajikan di Provinsi Jambi. Kue bercita rasa manis ini dibuat menggunakan telur dalam jumlah yang banyak. Tampilannya berlapis, biasanya terdiri dari warna cokelat, kuning, dan hijau. 

5. Nanas Goreng

Selain durian, Jambi juga merupakan daerah penghasil buah nanas. Tak heran jika banyak kudapan berbahan nanas ditemukan di provinsi ini, salah satunya nanas goreng. Jika kebanyakan orang membayangkan nanas goreng adalah potongan buah nanas yang digoreng, nanas goreng makanan khas Jambi berbeda.

Alih-alih buah nanas segar, nanas goreng yang dimaksud adalah selai nanas yang digoreng dalam balutan tepung. Jadi bisa dibilang, nanas goreng merupakan kue kering khas Jambi. Proses pengolahan seperti ini memudahkan para wisatawan untuk membawa oleh-oleh dari Jambi ke kampung halaman mereka.

6. Lempok

Tak hanya dijadikan tempoyak sebagai makanan khas Jambi, durian juga diolah menjadi lempok, yakni camilan yang bentuk dan warnanya menyerupai dodol. Lempok durian berbeda dengan dodol durian. Perbedaan itu terletak pada peran durian dalam pembuatan keduanya.

Pada dodol, bahan utamanya adalah tepung beras, yang mana durian hanya dijadikan sebagai penambah rasa. Sementara pada lempok, durian adalah bahan utama yang ditambahkan berbagai pelengkap lain seperti gula, garam, dll.

Makanan khas suatu daerah biasanya berasal dari suku yang ada wilayah tersebut. Karena berbagai suku yang ada di Indonesia telah menyebar dan saling mendiami wilayah lain, maka banyak makanan khas yang mirip antara satu provinsi dengan provinsi lainnya.

Termasuk makanan khas Jambi yang bisa saja kamu temukan pula di daerah lain, dan diklaim sebagai makanan khas setempat. Sebelum mencicipinya secara langsung, kamu mungkin belum tau di mana letak khasnya.
Hujan terus, Gengs! Ya sih, hujan itu rezeki. Tapi kalau setiap hari, rasanya lumayan menguji iman juga. Kalau “cuma” perkara jemuran, itu masih bisa disiasati. Tapi urusan kerja dan sekolah, mau gak mau hujan harus diterobos supaya gak makin panjang urusan di belakang.

Menerobos hujan pakai motor? Bisa. Ada jas hujan beserta kantong kresek yang bisa digunakan untuk membungkus barang bawaan. Tapi umumnya orang yang sering kehujanan terpikir untuk membeli mobil. Kamu juga kan?

Auto2000 Cirebon B&P

Cash atau Kredit?

Aku belajar dari salah seorang kakak yang mengaku tak punya utang karena tak punya pendapatan tetap. Ini mirip prinsip orang-orang tua dulu, yang kukira keliru. Mau punya barang tanpa utang, sepertinya agak mustahil.

Tapi setelah menjalani hidup lebih dari seperempat abad, sepertinya justru prinsip hidup tanpa utang ada benarnya. Malah banyak benarnya. Maka untuk urusan kendaraan pun, aku maunya yang tanpa utang. Walaupun gak ada salahnya juga berutang, selama itu sifatnya produktif.

Kebutuhan akan mobil memang sebaiknya bukan semata untuk terlihat wah, melainkan demi mendukung aktivitas sehari-hari. Jadi untuk membelinya, pastikan sesuai dengan budget. Supaya gak besar pasak daripada tiang.  

Kalau aku pribadi nih, daripada beli baru dengan cara kredit, lebih baik beli bekas secara tunai. Sebab kendaraan adalah aset yang nilainya gampang merosot. Idealnya sih, beli baru secara cash. Kalau ada duitnya ….   

Tips Membeli Mobil Berkualitas

Waktu lajang, motor yang biasa kupakai mulai “sakit-sakitan” dan aku gak punya budget untuk beli motor baru. Solusinya tentu beli sepeda motor second, sebab kalau mengandalkan angkutan umum justru lebih mahal lagi biayanya.

Aku punya kakak laki-laki yang sangat paham otomotif. Jadi dialah yang menemaniku memilih motor bekas berkualitas. Dari segi mesin, sampai detail body motor, diperiksakan. Yang paling aku ingat, waktu itu ia menggunakan jempol dan telunjuk untuk melihat kalau ada cacat di motor pilihanku. Asli takjub aku dibuatnya, sedetail itu!

Itu motor … gimana pula mobil yang besar di kilan-kilan? Yang jelas kalau kamu mau membeli kendaraan sebaiknya ajak orang yang paham otomotif, kalau perlu mekanik sekalian. Kalau gak ada kenalan yang bisa dipercaya, alih-alih mengandalkan Google untuk mengumpulkan info sana sini, mending kamu langsung ke sumber terpercaya. 

Gak harus keliling kota cari showroom atau dealer mobil, kamu bisa mengandalkan Auto2000 Digiroom. Misalnya, kalau kamu tinggal di sekitar wilayah Cirebon, maka kamu bisa “main-main” ke Auto2000 Cirebon B&P.

Auto2000 Cirebon

Itu adalah website yang memudahkanmu untuk mendapatkan informasi detail mengenai pembelian mobil Toyota, servis, aksesori, dll. Berbagai promo dan acara yang diadakan di Cabang Auto2000 Cirebon B&P bisa kamu ketahui dari sana.

Cukup masukkan nama, email, dan nomor HP, kamu bisa mendapatkan penawaran terbaik untuk mendapatkan mobil impian. Selain form, kamu juga bisa “ngobrol” di Tanya Tasia, untuk mendapatkan berbagai informasi yang disampaikan oleh asisten virtual. 

Gimana untuk yang tidak berdomisili di sekitar Cirebon? Gampang banget, kamu tinggal pindah ke lamannya (Beranda/Home), lalu sesuaikan dengan lokasi tempat tinggalmu (klik kanan atas). 

Jadi bukan sekadar harga mobil berapa, minimal DP dan berapa angsuran per bulan, kamu bisa sekalian konsultasi untuk mendapatkan mobil terbaik untuk mendukung aktivitas keluarga sehari-hari, entah itu kerja, antar anak sekolah, les, dll.

Auto2000 Digiroom

Aplikasi Auto2000 Cirebon

Beli mobil baru maupun bekas berkualitas, semua bisa kamu lakukan lewat internet dengan perencanaan yang matang di Auto2000 Digiroom, yang merupakan e-commerce website untuk penjualan mobil, suku cadang, dan aksesoris resmi Toyota di Indonesia.

Tak hanya website, versi aplikasi pun tersedia untuk kamu mendapatkan layanan terbaik via platform digital di Auto2000 Mobile. Pokoknya ini semacam layanan showroom Toyota di saku kamu. 

Sepertinya pandemi mengajarkan kita untuk hidup lebih praktis dan akrab dengan teknologi, ya! 
Jadi, sila optimalkan berbagai fitur yang ada Auto2000 Cirebon B&P untuk memenuhi kebutuhanmu beraktivitas bersama keluarga.
Vegan Recipe with Kale + Kombucha 8% Pre-Serum

Kamu tau ikan kale? Aku juga nggak. Penemu ikan kale adalah keponakanku di awal 2000 dulu. Saat itu ia bahkan belum SD. Si bocah sering menyebut “ikan kale”, yang ibunya pun tak paham ikan yang dimaksud. Bahkan sampai keponakanku selesai kuliah, masuk usia siap nikah, ikan kale masih misteri.

Ketika iseng-iseng (padahal banyak kerjaan) kucari kata “kale” di Google, seluruh hasil di halaman pertama merujuk pada tanaman kale, yang menurut Wikipedia adalah nama lain untuk kubis keriting  dari keluarga Brassica Oleracea (kubis-kubisan, tapi bukan kubis boongan).

Sayuran Kale Si Padat Nutrisi

Meski kale baru akhir-akhir ini populer di Indonesia (yakin deh, bukan cuma aku orang Indonesia yang baru kenal kale), tapi pemanfaatan tanaman ini sudah dikenal di Eropa sejak ribuan tahun silam. Berkat kandungannya, sejak dulu kale sudah dijadikan bahan untuk obat-obatan tradisional.

Apa saja kandungannya? Dikutip dari Alodokter, daun kale yang dijuluki superfood itu ternyata mengandung asam lemak omega-3, mangan, thiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), dan niasin (vitamin B3), serta berbagai senyawa antioksidan, seperti beta karoten, flavonoid, dan polifenol.

Tak cukup sampai di situ, dalam 70 gram kale mentah, terkandung 33 kalori dan beragam nutrisi, di antaranya: 
  • 3,5 gram serat
  • 6 gram karbohidrat
  • 3 gram protein
  • Lebih dari 200% kebutuhan harian vitamin A
  • Lebih dari 100% kebutuhan harian vitamin C
  • Hampir 700% kebutuhan harian vitamin K
  • Mineral, termasuk kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan zat besi. 

Kale untuk Kulit Berjerawat

Disebabkan kandungannya yang luar biasa kompleks, mengonsumsi kale dipercaya dapat mencegah diabetes, melawan kanker, membantu kerja sistem pembekuan darah, serta menyehatkan mata dan jantung.

Selain itu, kale juga memiliki sifat anti-bakteri dan anti-infeksi, sehingga dapat mengurangi efek berbahaya dari jerawat dan infeksinya pada kulit. Benar-benar luar biasa kan si kubis keriting ini!

Untuk urusan kulit wajah, biasanya para ahli mengombinasikan satu bahan dengan bahan lainnya untuk mengoptimalkan hasil yang diharapkan. Termasuk penggunaan tanaman kale, maka lahirlah salah satunya produk skincare yang “mengawinkan” kale dengan makhluk mujarab lain, kombucha. Namanya agak ribet, Vegan Recipe with Kale + Kombucha 8% Pre-Serum. 

Vegan Recipe with Kale + Kombucha 8% Pre-Serum 

Judul di atas itu adalah nama dari produk Ebright yang kupakai dalam rangka melawan kerutan. Kebayang gak kalau dia ikut ujian, pasti lama banget tuh ngisi kolom namanya. Cukup gak ya bulet-bulet di form untuk nama sepanjang itu? 

Sesuai dengan namanya, ini adalah pre-serum yang mengombinasikan kale dan kombucha. Kombucha, apa lagi itu? Sama asingnya (bagiku) dengan kale, ternyata kombucha sudah dimanfaatkan orang sejak berabad-abad lalu. Aku aja yang ketinggalan zaman!

Kombucha adalah teh jamur. Jamur yang dibuat lewat fermentasi teh dan menghasilkan teh. Bingung? Cek aja di Youtube, aku juga susah ngejelasinnya. Dan itu juga jawaban kenapa tadi kusebut kombucha sebagai makhluk. Sebab jamur bukan hewan dan bukan tumbuhan (ingat pelajaran biologi zaman sekolah dulu!)

Kalau kale bermanfaat untuk menguatkan struktur kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan mempercepat penyembuhan masalah kulit, sedangkan kombucha dapat menyamarkan kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Kombucha mengandung EGCG, antioksidan kuat yang diketahui 20 kali lebih baik dalam menyerang radikal bebas daripada vitamin C. Selain itu, kombucha juga mengandung probiotik yang dapat merawat kulit jerawat dan redness serta peradangan. 
 
Apa efeknya setelah menggunakan pre-serum ini? Bagus banget! Aku gak tau kebetulan atau gimana. Sejak angka covid turun jauh, aku rada males-malesan pakai masker. Ada dua kali kejadian tau-tau muncul jerawat kecil “berisi” gitu. Asli menjijikkan, berwarna hijau. Padahal sudah lama banget aku gak jerawatan.

Alhamdulillah sore muncul jerawat, paginya sudah lenyap. Pagi ngaca nampak jerawat, habis mandi sore jerawatnya sudah tak terlihat. Waktu aku posting artikel ini, lama pemakaian sudah sekira dua pekan.

Review Vegan Recipe with Kale + Kombucha 8% Pre-Serum

Kelebihan lainnya dari pre-serum vegan friendly ini adalah cepat menyerap. Tapi itu kelebihan atau kelemahan ya? Sebab gara-gara kecepatannya, aku jadi harus meneteskan pre-serum langsung ke wajah, bukan ke telapak tangan. Khawatir keburu lenyap, kayak orang punya utang.

Setelah pre-serum menyerap sempurna, baru dilanjutkan dengan pemakaian serum atau krim wajah seperti biasa.

Btw sebelum keburu 40, aku kan pengin tambah momongan tuh. Nah Vegan Recipe with Kale + Kombucha 8% Pre-Serum ini insyaallah aman untuk ibu hamil (aamiin). Teksturnya ringan, tanpa warna, tanpa aroma. Gak bikin khawatir pokoknya. 

Ditambah info seputar kale dan kombucha tadi, apa kamu gak penasaran pengin coba pre-serum Ebright ini juga? 
Naik haji merupakan rukun Islam yang kelima dan wajib dijalankan oleh umat Islam yang mampu. Ibadah haji sendiri dilaksanakan setiap tahun saat bulan Dzulhijjah. Sebelum mendaftar haji ada beberapa hal yang harus diketahui, salah satunya yaitu tentang jenis-jenis haji. Ibadah haji sendiri memiliki 3 jenis yang berkaitan dengan pelaksanaannya, yaitu haji ifrad, haji qiran, dan haji tamattu.  

tabungan haji syariah

Pengertian Haji Ifrad dan Jenis Haji Lainnya

Supaya tidak salah dalam membedakan jenis haji, inilah informasi yang bisa disimak:

1. Haji Ifrad

Ifrad memiliki arti menyendiri, artinya bahwa seseorang melaksanakan haji saja tanpa melaksanakan ibadah umroh. Umat Islam yang melaksanakan jenis haji ini tidak akan dikenakan dam (denda) dan juga bisa dilaksanakan dengan dua cara. Haji ifrad merupakan jenis haji yang mendahulukan ibadah haji, baru ibadah umroh

Jemaah yang mengikuti jenis haji ini setiba di Makkah akan melakukan thawaf qudum (thawaf di awal kedatangan di Makkah), kemudian melaksanakan sholat dua rokaat di belakang maqam ibrahim. Setelah itu baru melakukan sai’i antara bukit Shofa dan Marwah untuk hajinya tersebut (Tanpa bertahalul).

Setelah itu, dilanjutkan dengan menetapkan diri dalam kondisi berihram. Malam keadaan ini jamaah tidak boleh melakukan segala hal yang diharamkan ketika sedang berihram. Hal ini berarti jamaah akan tetap dalam keadaan berihram hingga datang masa tahallul yaitu pada tanggal 10 Zulhijjah. 

2. Haji Qiran

Qiran memiliki arti berteman atau bersamaan. Ini berarti orang melaksanakan ibadah haji dan juga ibadah umroh secara bersamaan dengan niat untuk dua pekerjaan. Akan tetapi, harus membayar denda atau dam. Haji Qiran sendiri merupakan jenis haji yang menggabungkan niat haji dan juga umrah sekaligus yang dikerjakan pada bulan-bulan haji.

Pelaksanaan haji ini adalah jamaah berihram untuk umroh dan berihram untuk haji sebelum melakukan thawaf. Ketika memasuki kota Makkah jamaah akan melakukan thowaf qudum (thawaf di awal kedatangan di Makkah) lalu shalat dua rakaat di belakang maqam ibrahim.

Setelah itu, jamaah melakukan sa’i antara Shafa dan Marwah. Sa’i Ini dilakukan untuk umroh dan haji (satu sa’i) tanpa bertahallul, tetapi masih dalam keadaan berihram. Jamaah tidak boleh melakukan hal-hal yang diharamkan saat melakukan ihram hingga datang masa tahallul di tanggal 10 Zulhijjah. 

3. Haji Tamattu

Kata Tamattu berarti bersenang-senang. Artinya adalah orang-orang melaksanakan umrah dahulu pada bulan haji lalu bertahallul. Setelah itu, berihram haji dari Makkah atau sekitarnya pada tanggal 8 Dzulhijjah (hari Tarwiyah) atau 9 Zulhijjah tanpa harus kembali lagi ke miqat semula.

Haji Tamattu adalah Jenis haji dengan melaksanakan ibadah umroh terlebih dahulu lalu melaksanakan ibadah haji. Adapun pelaksanaan haji ini adalah jemaah berihram untuk melaksanakan umroh pada bulan-bulan haji (yaitu bulan Syawal, Zul Qa'dah, 10 hari pertama dari bulan Dzulhijjah).

Setelah itu, menyelesaikan rangkaian umrohnya dengan melaksanakan thawaf umroh, sa’i umroh lalu bertahallul dari ihramnya, dengan cara memotong pendek ataupun mencukur sebagian rambut kepalanya. Setelah tahallul. Jamaah sudah terlepas dari kondisi ihram hingga datang hari Tarwiyah (tanggal 8 Dzulhijjah). Pada hari Tarwiyah tersebut jamaah berihram kembali dari Makkah untuk melaksanakan ibadah hajinya hingga sempurna. 

Itulah informasi lengkap tentang haji ifrad dan jenis haji lainnya. Penting bagi Anda umat muslim yang akan mendaftar haji untuk mengetahui dan memahami jenis-jenis haji. Bagi Anda yang ingin mendaftar haji disarankan untuk memilih bank yang tepat dan amanah.

Anda direkomendasikan untuk menggunakan produk tabungan haji syariah dari Bank Danamon. Ada dua produk tabungan haji syariah yang ditawarkan, yaitu rekening tabungan jemaah haji (RTJH) dan tabungan rencana haji. Keduanya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menyimpan dana haji sehingga impian beribadah ke tanah suci bisa terlaksana dengan lancar. 
Bagi penderita asam lambung, konsumsi makanan yang bernutrisi tinggi sangatlah penting, apalagi makanan yang kaya akan serat. Psyllium husk sendiri bisa menjadi bahan sumber serat sehari-hari. Bagaimana manfaat psyllium husk untuk asam lambung?

Pada zaman dahulu, serat memang dianggap tidak terlalu penting bagi manusia. Namun, seiring berjalannya waktu, serat pangan semakin menunjukkan eksistensinya dengan munculnya berbagai penyakit pada sistem pencernaan. Oleh karena itu, jangan sampai kebutuhan akan serat ini tidak tercukupi.

Serat pangan merupakan salah satu zat gizi yang harus dipenuhi setiap hari. Menurut Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan serat pangan untuk orang dewasa ini mencapai 25 hingga 36 gram.

Psyllium Husk

Apa itu Psyllium Husk?

Salah satu cara mencukupi kebutuhan serat pangan harian ini adalah dengan mengonsumsi sayur atau buah-buahan. Sebab, serat pangan hanya bisa didapatkan melalui bahan pangan yang berasal dari tumbuhan saja.

Contoh bahan pangan yang sangat tinggi serat adalah psyllium husk. Bahan pangan psyllium ini masih sangat asing di telinga masyarakat Indonesia.

Sebelum mengulas mengenai psyllium husk untuk asam lambung, tentu saja kita harus mengenal psyllium lebih jauh. Psyllium husk atau yang sering disebut dengan Ispaghula adalah serbuk serat yang diambil dari biji sekam Plantago Ovata.

Menurut jurnal Acta Scientific Microbiology, psyllium husk sudah digunakan oleh dokter-dokter Muslim dan Hindu untuk menyembuhkan penyakit usus dan pencernaan sejak ribuan tahun lalu.

Secara umum, psyllium husk adalah serat larut yang sangat banyak dimanfaatkan untuk pembuatan suplemen makanan. Tanaman ini juga sering disebut dengan obat pencahar karena tingkat seratnya yang tinggi.

Oleh karena itu, mengonsumsi psyllium husk ini baik untuk kesehatan pencernaan dan mengatasi berbagai masalahnya.

Manfaat Psyllium Husk untuk Asam Lambung

Selain untuk memperlancar proses pencernaan, serat pangan juga bisa membantu dalam meredakan asam lambung naik (GERD). Bagaimana bisa? Asam lambung naik (GERD) adalah suatu kondisi di mana asam lambung naik ke saluran kerongkongan.

Kandungan serat dalam psyllium husk bisa dianggap sebagai prebiotik.

Prebiotik sendiri merupakan makanan untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik sehingga kesehatan pada organ-organ pencernaan bisa terjaga. Melakukan diet kaya serat dengan psyllium husk ini bisa menjadi salah satu cara dalam mengatasi dan mencegah gangguan asam lambung.

Peran dari psyllium husk bagi penderita asam lambung tidak hanya sampai di sini saja. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa psyllium husk adalah sejenis serat larut. Sementara serat larut ini dapat membuat penderita asam lambung kenyang lebih lama.

Artinya, manfaat psyllium husk untuk asam lambung yang berikutnya adalah dapat mengontrol nafsu makan. Dengan nafsu makan yang terkontrol, penderita asam lambung bisa menahan diri untuk tidak jajan makanan yang tidak sehat.

Sebab, penderita asam lambung harus selalu menjaga pola makan agar tetap teratur dan bergizi. Psyllium husk masih memiliki manfaat lainnya, yaitu: mengontrol berat badan, mengurangi kadar kolesterol, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Artinya, konsumsi psyllium husk ini baik untuk kesehatan penderita asam lambung. Kendati demikian, terlalu berlebihan dalam konsumsi serat juga tidak baik karena bisa meningkatkan lonjakan asam lambung.

Sehingga mengonsumsi psyllium husk ini harus dengan jumlah yang cukup. Salah satu caranya adalah dengan konsumsi sereal Nutriflakes, sebuah makanan sehat yang cocok dikonsumsi siapa saja. Anda bisa berkunjung ke https://nutriflakes.id/ untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sereal sehat ini dapat mengatasi gangguan kesehatan seperti asam lambung naik dan maag kronis. Nutriflakes juga menggunakan bahan-bahan yang alami, seperti psyllium husk, umbi garut, susu etawa, gula aren, dan daun kelor sehingga tidak akan memberikan efek samping.
Bogor merupakan salah satu kota pilihan yang paling banyak dikunjungi, khususnya oleh warga ibu kota. Mulai dari banyaknya tempat wisata, pemandangan yang indah, hingga sejuknya cuaca yang ada di wilayah Bogor. 

Salah satu wisata favorit yang paling sering dikunjungi di Bogor adalah Taman Safari. Yang mana di Taman Safari Bogor ini kamu bisa melihat satwa secara dekat, bahkan kamu juga bisa memberikan makan secara langsung. Tentu dengan mengajak keluarga ke Taman Safari akan lebih menyenangkan. 

Di Taman Safari sendiri ada banyak macam wahana yang bisa dilakukan seperti berikut:

taman safari bogor

Safari Trek and Outbound

Untuk kamu yang suka berpetualang, kamu bisa mencoba aktivitas menarik yang ada di Taman Safari Bogor ini. Di Safari Trek and Outbound kamu bisa menyusuri banyak trek yang ada di Taman Safari Bogor. 

Trek yang akan ditelusuri yaitu mulai dari mempelajari aneka tanaman obat, mengunjungi Safari Poo Paper dan Composting, serta mengikuti permainan seru outbond.
 
Untuk masuk ke Safari Trek and Outbound dikenakan biaya group Rp.150.000 per orang. Harga ini berlaku di weekend, weekdays dan public holiday (Sabtu, Minggu, Senin-Jumat dan Hari Libur Nasional dengan minimal reservasi 25 orang). 

Harga Safari Trek Group ini sudah termasuk dengan kegiatan hiking (menyusuri hutan Gunung Gede Pangrango), Wahana Outbound, SFC Lunch Box (fried chicken, rice, teh kotak) dan juga snack. Kamu juga tidak perlu khawatir, harga ini juga termasuk dengan pemandu yang akan mendampingimu nantinya. 

Syarat dan ketentuan untuk Safari Trek and Outbound yaitu harus reservasi dan deposit terlebih dahulu, loket dan pemberangkatan Safari Trek dibuka setiap pukul 08.00-11.00 WIB. Peserta Safari Trek tidak diperbolehkan membawa catering dari luar. Jika ingin melakukan pemesanan catering bisa dilakukan di Taman Safari terlebih dahulu. 

Istana Panda

Untuk kamu yang ingin melihat secara langsung hewan yang berasal dari negeri tirai bambu bisa langsung mengunjungi Taman Safari Bogor. Istana Panda ini dapat dikunjungi mulai dari pukul 08.00-16.00 setiap hari.

Di sini kamu bisa mengunjungi panda yang menggemaskan bernama Cai Tao dan Hu Chun, yang merupakan sepasang Giant Panda dari China. Selain melihat hewan lucu seperti Panda, kamu juga bisa melihat Panda Merah dan tentunya kamu juga bisa memberinya makan lho. 

Safari Malam

Untuk Safari Malam ini tentunya akan memberikan nuansa yang berbeda dengan siang hari. Di mana nantinya kamu akan diajak untuk melihat kehidupan satwa pada malam hari. Nantinya kamu akan diajak berkeliling naik kereta wisata yang terbuka dan tentunya sudah didampingi oleh seorang pemandu. 

Harga tiket masuk Safari Malam untuk wisatawan domestik dengan umur kurang dari 5 tahun seharga Rp. 160.000, sedangkan untuk 6 tahun ke atas seharga Rp. 180.000. Sementara wisatawan internasional, jika berumur kurang dari 5 tahun seharga Rp. 300.000 dan untuk 6 tahun ke atas seharga Rp. 350.000.

Cuaca yang sejuk di wilayah Bogor sangat cocok dinikmati bersama keluarga. Kamu bisa mencari berbagai macam hotel melalui Pegipegi. Kamu cukup mengunjungi website resmi Pegipegi atau aplikasi Pegipegi dan mencari hotel di Bogor terfavorit. Tidak hanya hotel dengan fasilitas yang lengkap, kamu juga bisa mendapatkan banyak potongan harga jika memesan melalui Pegipegi. 

Dengan menentukan tempat penginapan melalui Pegipegi tentunya jika kamu mengunjungi berbagai tempat rekreasi di Bogor pun akan jauh lebih menyenangkan. Setelah seharian bepergian, kamu tidak perlu langsung ke rumah, kamu bisa langsung beristirahat serta menikmati pemandangan yang indah di Bogor.