Ada banyak fakta psikologi menarik yang membuat kita terkejut dan terheran-heran. Eh, kok kayak anjing sayur? Yang lagi rame itu babi panggang cuy! Ah bodo amatlah. Kok kesannya malah kayak memaki, padahal anjing dan babi adalah nama hewan. Aku juga ngetiknya gak pakai tanda seru, kan.

Balik ke topik, fakta psikologi tentang kehidupan sehari-hari berikut ini lumayan banget untuk tambah-tambah pengetahuanmu. Biar gak kapok main ke sini, karena banyak info menarik yang kupersembahkan hanya untuk kamu. Dan miliaran pengguna Google di dunia. 

1. BAB Adalah Momen yang Tepat untuk Melahirkan Ide Cemerlang 

fakta psikologi menarik

Asal tak terburu-buru, momen buang air besar adalah saat yang tepat untukmu melahirkan ide-ide kreatif. Kamu sendiri mengakui kan, bahkan tanpa disadari, seringkali gagasan hebat muncul begitu saja saat sedang di toilet.

Kenapa bisa begitu? Jawabannya sederhana. Karena kegiatan penting di kamar mandi ini dilakukan dengan kondisi yang tenang dan dalam keadaan rileks. Artinya, jika situasi dan kondisi yang sama bisa diterapkan di tempat lain, kita sebenarnya bisa mencari inspirasi sama baiknya dengan saat BAB. Jadi tak harus nunggu sesak boker dulu baru kreatif.

Apalagi kamar kecil atau toilet juga bukan tempat yang baik untuk kamu berlama-lama di sana. Ada banyak virus dan bakteri, serta makhluk tak kasat mata yang menyukai tempat-tempat kotor.

2. Pasangan yang Jarang Memposting Kebersamaan Justru Lebih Awet dan Bahagia

fakta psikologi yang jarang diketahui

Penelitian oleh Personality and Social Psychology Bulletin menyebutkan, pasangan yang sering memposting foto bersama di media sosial umumnya saling mencurigai satu sama lain. Mungkin dipostingnya biar orang-orang tau, ini suami/istriku, jangan ganggu! Yang belakangan kataku sih, bukan hasil penelitian.

Menurut buletin yang sama, pasangan yang jarang membagikan momen kebersamaan mereka di media sosial adalah mereka yang merasa kehidupannya baik-baik saja, jadi tidak membutuhkan pengakuan dari orang lain.

Simpelnya gini deh. Kalau kamu suka membagikan foto kebersamaan dengan pasangan, maka saat sedang cekcok, sebaiknya jangan refleks menghapus foto yang sudah telanjur diposting. Itu akan membuat teman atau followermu tau, ada yang tidak beres.

Apalagi kalau kamu seleb. Beuh! Akun lambe-lambean akan dengan mudah mengendus masalah di rumah tanggamu. Wartawan gosip akan manas-manasin keluarga dan tetanggamu, sampai kamu pisah beneran! Di antara mereka mungkin ada iblis yang menyamar.

3. Perempuan yang Tinggal dengan Mertua Berisiko Kena Penyakit Jantung

fakta psikologi menarik

Menurut para ilmuwan, perempuan yang tinggal bersama mertua berisiko terserang penyakit jantung tiga kali lebih besar. Kamu bisa cek penjelasannya di dailymail terkait informasi ini.

Itu serius loh ya, karena perempuan yang tinggal bersama orang tua suami harus berperan sebagai istri, anak, dan ibu sekaligus. Gak babu sekalian? Tapi ini gak bisa dipukul rata. Kalau mertuanya baik, mungkin nggak masalah. Hidup kan bukan sinetron, yang mertua dan ipar diciptakan untuk menganiaya.

4. Stres Dapat Menyebabkan Sakit Perut, Mual, Hingga Iritasi Lambung

fakta psikologi tentang kehidupan

Salah satu penelitian yang dilakukan di University of California, Los Angeles, menyebutkan, hormon stres dapat merangsang area otak menuju lambung. Akibatnya, orang yang sedang stres akan mengalami mual, bahkan bisa terjadi iritasi pada lambungnya.

Sebenarnya ini bukan info baru sih. Malah kamu juga tau kan, kalau stres bisa mengakibatkan hal yang lebih buruk lagi. Dari “sekadar” susah tidur sampai penyakit kronis, bisa disebabkan oleh pikiran yang tidak tenang.   

5. Perempuan Akan Lebih Cantik di Hari Jumat

fakta psikologi menarik

Fakta psikologi menarik terakhir ini tentu jadi yang paling menarik kan, Gengs? Masa sih perempuan bisa lebih cantik di hari Jumat! Kamu buktikan saja sendiri. Swafoto dengan gawai yang sama, dengan kondisi dan jam yang sama pula, pada beberapa hari yang berbeda.

Kalau terbukti benar, itu karena hari Jumat adalah awal menuju libur akhir pekan, yang membuat perempuan lebih bersemangat hidup. Kalau hati senang, kan wajah jadi glowing alami! 

Berarti hal ini tidak hanya berlaku bagi perempuan dong, laki-laki juga libur akhir pekan to. Terus apa kabar perempuan yang nggak kenal libur weekend? Apakah makin kusam, karena anak-anak dan suami di rumah bakal nambah banyak kerjaan? 

Tiba-tiba fakta psikologi menarik jadi tidak menarik sama sekali.
Seharusnya aku nulis artikel “cara menumbuhkan alis dengan cepat” ini dua puluhan tahun lalu, waktu masih SMP. Sebab waktu itu sedang tren alis tebal serupa Shinchan, sampai-sampai temanku menggunakan semir untuk mewarnai alisnya.

Aku gak ikutan dong! Bukan karena alisku tebal. Aku nggak punya semir. Adanya arang bakaran tungku, dan umurku sudah cukup waras untuk tidak sengawur itu. 

Setelah lewat masa remaja pun, ketika orang-orang sibuk membentuk-bentuk alis, aku masih gak ikutan. Satu males, satu lagi karena sudah tau larangan mencukur alis. Sebab salah satu skenario membentuk alis itu adalah dengan mencukurnya. Gak deh, cantik belum tentu. Dilaknat iya!

Jadi untuk siapa artikel ini? Siapa saja yang pernah telanjur mencukur alis, punya alis tipis tapi pengin dipertebal tanpa semir apalagi arang, atau orang-orang yang karena faktor tertentu mengalami kerontokan alis.

Kuambil tujuh dari sepuluh cara yang ada. Dipilihkan yang mudah untuk kamu. Iya kamu, yang rela menyisihkan waktu demi kelayapan di blog ini.

Cara Menumbuhkan Alis dengan Cepat

1. Campuran Tiga Minyak

Resep pertama ini tak hanya untuk menumbuhkan alis, tapi juga bulu mata. Caranya sediakan botol kecil, campurkan di dalamnya minyak kelapa dan minyak jarak dalam perbandingan yang sama. Kemudian tambahkan 1 sendok teh minyak alpukat.

Baru dengar minyak alpukat? Toslah! Sudah kucek, ada di toko online kok. Oleskan campuran tiga minyak tersebut ke alis atau bulu mata. Kamu bisa melakukannya dengan sikat maskara, bisa juga dengan jari tangan.

2. Gel Vitamin

Perubahan hormon, bertambahnya usia, dan berbagai sebab lain dapat mengakibatkan kerontokan alis. Cara menumbuhkan alis yang rontok, salah satunya adalah menggunakan gel alami berikut ini. 

Kerok sekira 2 sdt daging tanaman lidah buaya, campurkan dengan 2 sdt minyak jarak, dan 2 kapsul vitamin E. Gak usah kusebut mereklah ya, tunggu mereka ngendors! Oleskan gel pada alis setiap sebelum tidur malam. Bilas besok paginya.  

3. Ekstrak Bawang Bombai

Tenang, aroma bawang bombai gak sesadis bawang putih kok. Tapi tetap bisa bikin nangis kayaknya. Kamu coba aja biar tau, nanti jangan lupa lapor di kolom komentar, ya!

Caranya simpel, cukup dengan mencacah halus bawang bombai, lalu ambil airnya. Oleskan ekstrak bombai pada alis sambil dipijat sekira lima menit, lalu bilas. Kalau hal remeh begitu masih dirasa menyusahkan, kamu oles aja potongan bombai ke alis. Dah gitu aja. Dan ini serius!

4. Cara Menumbuhkan Alis dengan Cepat Menggunakan Susu Murni

Inilah cara paling mudah menumbuhkan alis dengan cepat dari bahan alami. Kamu hanya butuh cotton bud dan susu murni. Celupkan cotton bud ke susu, lalu oleskan pada alis. Biarkan susu mengering, lalu bilas.

Susu mengandung protein, asam laktat vitamin B, dan kalsium, yang semuanya dibutuhkan rambut untuk merangsang produksi kolagen (salah satu protein yang menyusun tubuh manusia). Jadi bisa untuk rambut juga? Iya, tapi sayang sih susu murni buat keramas. Mending untuk mandi!

5. Lemon

Lemon mengandung antioksidan serta vitamin yang baik untuk pertumbuhan rambut dan menguatkannya. Cukup oles alismu dengan irisan lemon lalu biarkan mengering. Sekira 20 menit kemudian, bilas dengan air bersih.

Kalau hidupmu kurang ribet, campurkan irisan lemon dengan seperempat cangkir minyak kelapa. Diamkan selama lebih kurang dua pekan di tempat yang sejuk. Aplikasikan campuran tersebut setiap hari sebelum tidur. 

6. Kuning Telur

Kamu suka mengonsumsi telur dadar? Sebelum eksekusi, pisahkan dulu bagian putih dan kuning telur, kocok bagian kuningnya. Oleskan sedikit kuning telur yang sudah dikocok ke alis, biarkan mengering.

Pertemukan kembali kuning telur dengan bagian putihnya, terserah mau dimasak apa. Setelah makan, alismu akan mengering dan siap dibilas. 

7. Menumbuhkan Alis dengan Pijatan

Penggunaan bahan alami, selain untuk menghindari efek buruk dari bahan kimia, juga diharapkan menjadi cara menebalkan alis dengan cepat dan permanen. Tapi selain dengan bahan-bahan tertentu, ternyata kamu juga bisa menebalkan alis dengan cara memijatnya.

Tekan dan cubit pelan kulit di sekitar alis, kemudian berlanjut ke gerakan yang lebih intens dengan menekan bagian tengah alis, lalu tanpa memindahkan jari, pijat memutar yang secara bertahap semakin memperluas area pijatan.

Teknik ini bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dan penyerapan nutrisi ke alis. Selain itu, bermanfaat pula untuk meredakan sakit kepala dan mata lelah. Praktikkan deh, kamu mungkin akan sendawa.

Cara Menumbuhkan Alis dengan Cepat

Untuk mendapatkan hasil sesuai harapan, setidaknya kamu perlu melakukan salah satu atau beberapa trik di atas berulang dalam sepekan. Logis aja ya, walaupun di awal disebut cara menumbuhkan alis dengan cepat, tapi ya gak secepat kalau kamu pakai aplikasi. 
Menurut BMKG, musim hujan tahun ini merupakan musim hujan paling basah kelima dalam empat puluh tahun terakhir. Pantas saja, sudah masuk bulan Mei, cuaca masih dingin. Sebentar sebentar hujan sebentar sebentar hujan, sampai perlu mencari tau doa agar hujan berhenti.

doa agar hujan berhenti

Padahal biasanya cuma curhat ke Allah dengan bahasa ala kadarnya, “Ya Allah kok hujan terus … dak kasian liat jemuranku numpuk, amis, belum lagi pengering mesin cuci rusak.” Karena bukan doa, jadi ya tetap hujan.

Kan kamu cuma curhat, gak minta hujannya berhenti. Gitu kali kata malaikat. Padahal sebenarnya ada loh doa agar hujan berhenti seketika, yang mana amalan ini sudah dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alayhi wasallam.

Doa Agar Hujan Berhenti Sesuai Sunnah

Dari Anas bin Malik, beliau menceritakan, “Ada seorang laki-laki memasuki masjid pada hari Jumat melalui arah Darul Qodho’. Ketika Rasulullah berdiri menghadap kiblat hendak berkhutbah, laki-laki tadi berkata, ‘Wahai Rasulullah, ternak kami telah banyak yang mati dan kami pun sulit melakukan perjalanan. Mohonlah pada Allah agar menurunkan hujan pada kami.’

“Kemudian Rasulullah saw mengangkat kedua tangannya, lalu beliau pun berdoa, 'Ya Allah, turunkanlah hujan pada kami. Ya Allah, turunkanlah hujan pada kami. Ya Allah, turunkanlah hujan pada kami.'”

doa minta hujan bahasa arab

Anas mengatakan, “Demi Allah, ketika itu kami sama sekali belum melihat mendung dan gumpalan awan di langit. Dan di antara kami dan gunung Sal’i tidak ada satu pun rumah. Kemudian tiba-tiba muncullah kumpulan mendung dari balik gunung tersebut. Mendung itu lalu memenuhi langit, menyebar, dan turunlah hujan. Demi Allah, setelah itu, kami pun tidak melihat matahari selama enam hari.

“Kemudian ketika Jumat berikutnya, ada seorang laki-laki masuk melalui pintu Darul Qodho’ dan ketika itu Rasulullah sedang berdiri dan berkhutbah. Kemudian laki-laki tersebut menghadap beliau saw, lalu ia mengatakan, ‘Wahai Rasulullah, sekarang ternak kami malah banyak yang mati dan kami pun sulit melakukan perjalanan. Mohonlah pada Allah agar menghentikan hujan tersebut pada kami.’ 

doa agar hujan berhenti bahasa arab

“Kemudian Rasulullah mengangkat kedua tangannya, lalu berdoa, 'Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.' Setelah itu, hujan pun berhenti. Kami pun berjalan di bawah terik matahari.”

Agar Doa Dikabulkan Allah

Dari hadits di atas, aku pribadi menyimpulkan bahwa Nabi tak ingin menolak hujan, melainkan memindahkan ke tempat yang lebih membutuhkan. Kesimpulanku belum tentu benar loh, aku kan bukan ahli tafsir.

Buat kamu yang hendak mengadakan hajatan lalu terjadi hujan, atau khawatir turun hujan, lebih baik mengamalkan doa yang dicontohkan Rasulullah. Alih-alih membayar pawang hujan. Sudahlah keluar duit, jadi musyrik pula!

Btw dari hadits itu pula kita ketahui bahwa doa Nabi dikabulkan seketika itu pula. Jadi ketika beliau meminta hujan, hujan pun segera turun. Ketika beliau meminta hujannya dipindahkan, hujan pun berpindah. Memangnya doa kita bisa semakbul itu?

Nggak tau juga sih. Tapi dari banyak kisah, ada sahabat, tabiin, bahkan sampai muslim “biasa”, yang doanya makbul dengan cepat. Dan ada pula kisah yang menyebutkan bahwa doa Nabi pernah ditolak oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Amir bin Said, dari ayahnya meriwayatkan: “Suatu hari Rasulullah datang dari daerah berbukit. Setelah tiba di masjid Bani Mu'awiyah, beliau menunaikan shalat dua rakaat. Kami pun turut shalat bersama dengan Rasulullah. Kemudian Rasulullah berdoa agak panjang kepada Allah.

“Setelah selesai berdoa, Rasulullah berpaling kepada kami, lalu berkata, ‘Aku telah memohon kepada Allah tiga hal. Dari ketiganya, hanya dua yang Dia kabulkan, sementara yang satu lagi ditolak. Tiga hal itu adalah, aku memohon kepada Allah agar Dia tidak membinasakan umatku dengan musim susah (paceklik) yang berkepanjangan. Permohonanku ini dikabulkan oleh Allah.

‘Kedua, aku memohon kepada Allah agar umatku jangan dibinasakan dengan bencana tenggelam (seperti banjir besar yang telah melanda umat Nabi Nuh as). Permohonanku yang ini pun dikabulkan oleh-Nya. Ketiga, Aku memohon kepada Allah agar umatku terbebas dari pertikaian sesama mereka (peperangan, percekcokan antara sesama muslim). Tetapi permohonanku yang ini tidak dikabulkan (telah ditolak) oleh-Nya.’"

Allah lebih tau mana yang paling baik untuk hamba-Nya. Masih berdasarkan dalil, kita bisa lakukan beberapa hal berikut agar doa lebih cepat dikabulkan. Apakah itu doa agar hujan berhenti ataupun doa lainnya.

Mengingat Allah dalam Segala Keadaan

doa agar hujan berhenti sesuai sunah

Dua hadits di atas diperkuat lagi oleh pernyataan Allah tentang Nabi Yunus yang telah Dia selamatkan. 

Maka kalau sekiranya dia (sebelumnya) tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit (kiamat). (as-Shaffat: 144)

Memuji Allah dan Berselawat

Nabi pernah mengomentari seseorang yang berdoa tanpa memuji Allah dan bershawalat kepada beliau, “Orang ini terburu-buru.” Lalu beliau bersabda, “Jika kalian berdoa, hendaknya memulai dengan memuji dan mengagungkan Allah, kemudian bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alayhi wasallam. Lalu berdoalah sesuai kehendaknya.” (HR Ahmad)

Memperhatikan Adab Saat Berdoa

Allah itu kuasanya lebih-lebih presiden, sayangnya melebihi orang tua kita. Jadi ketika meminta, tentu ada caranya sendiri.
  • Mintalah dengan suara yang lembut (al-A’raf: 55).
  • Berdoa dengan khauf dan raja’. Maknanya lebih kurang, takut tidak diperkenankan tapi berharap dikabulkan (al-Anbiya 90).
  • Meminta dengan hati yang khusyu’ (al-Anbiya 90).

Waktu Mustajab untuk Berdoa

Yang ini mungkin sudah sering kamu temukan di artikel lain. Tapi tak ada salahnya kita ulang kembali, supaya makin nempel di kepala. Jadi, Gengs, inilah waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa:
  1. Sepertiga malam terakhir.
  2. Saat berbuka puasa (yang berdoa yang puasa, bukan kamu berdoa di waktu orang buka puasa).
  3. Saat sujud dalam salat. Doanya tidak dilafaz, melainkan dalam hati saja. Supaya tidak menambah-nambah bacaan shalat.
  4. Antara azan dan iqamah.
  5. Di hari Jumat.
  6. Ketika bangun di malam hari, dengan catatan sebelum tidur ia berwudu dan berzikir.
  7. Pada waktu hujan. Termasuk doa agar hujan berhenti!
  8. Pada hari Arafah.
  9. Sebelum meminum air zam-zam.
  10. Pada malam lailatul qadr.
Semua poin itu berdalil, bukan karang-karanganku yes! Referensi sumber ada di akhir artikel.

Doa Saat Hujan Turun

Karena di atas sudah disebutkan bahwa salah satu waktu di mana doa kita terkabul adalah saat hujan, maka ketika hujan turun, kamu boleh berdoa apa saja. Minta kaya, minta jodoh, minta mudah urusan, dan yang paling penting, minta masuk surga. Karena itulah sebaik-baik doa.

Tapi khusus doa yang dikaitkan dengan hujan, yaitu bacaan yang disunnahkan dibaca ketika hujan turun adalah berikut ini.

“Nabi shallallahu ’alayhi wasallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ‘Allahumma shoyyiban naafi’an (Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat).’” (HR Bukhari )

Kalau hujannya lama dan bikin kamu susah hati, berarti doamu gak makbul karena doanya jadi kurang manfaat. Eh gak ding! Artinya kamu balik lagi ke atas, baca doa agar hujan berhenti. Apakah berhenti seketika atau tidak, tergantung amalanmu dan tentunya atas kehendak Allah.


Referensi:
Pernah dulu sekali, ada yang curcol tentang orang tua selingkuh. Bukan orangtuanya, tapi orang yang sudah tua. Ada benarnya juga gerombolan Gramedia membedakan antara orangtua dengan orang tua. Yang menurut KBBI kata baku, adalah orang tua.

Sedangkan selingkung Gramedia menerjemahkan orangtua sebagai ayah dan ibu, sementara orang tua adalah orang yang sudah tua. Oke, kita balik ke curhat colongan yang kusebut di awal.

Orang ini berkisah, suaminya menikah (atau baru pacaran ya, aku lupa pula!) dengan seorang perempuan, padahal mereka punya anak yang masih kecil-kecil. Sebagai perempuan, aku sudah berpikir dia akan melupakan sang suami, atau bunuh aja sekalian (woi!) ternyata nggak.

“Kalau suami Tari diambil orang, jangan mau! Pertahankan hak Tari,” sarannya. Yang mungkin tak akan kulakukan.

Hey, jangan sembarang posting. Tar ada pelakor yang baca statement-mu! Ya sih, aku nggak bakal pertahanin. Tapi hati-hati, aku agak psiko orangnya.

Kemudian si tokoh yang curcol ini melanjutkan. Kenapa ia mempertahankan suaminya? Sebab ia sendiri adalah korban broken home sebab orangtuanya bercerai. 

“Nenek dak mau anak-anak merasakan yang dulu Nenek rasa. Perih, hancur hati melihat orangtua terpisah. Berganti-ganti pasangan, tapi tak ada yang benar-benar sayang dengan kita,” begitu lebih kurang curhatnya.

Hm, iya juga. Pantaslah iblis penyebab perceraian itu begitu dielu-elu bosnya. Banyak banget efek buruk dari perceraian. Gak usahlah mikirin menye-menye cinta, lihat bagaimana dampak perceraian orangtua terhadap anak-anak.

orang tua selingkuh

Selingkuh Sebab Utama Perceraian

Dari berbagai sumber yang kubaca, perselingkuhan menempati paling jauh pada urutan ketiga sebab terjadinya perceraian. Masing-masing data memberi hasil berbeda, ada yang menempatkan faktor ekonomi di urutan pertama, lalu perselingkuhan, dan faktor lain.

Ada pula yang menempatkan selingkuh sebagai sebab utama perceraian, disusul ekonomi dan kurang menghargai pasangan. Atau faktor ekonomi jadi sebab terbanyak, kemudian faktor lain, sementara perselingkuhan selalu berada pada urutan pertama, kedua, atau ketiga. Tidak pernah keluar dari tiga besar itu.

Sebenarnya bagi pasangan, cerai tak selalu berarti buruk. Tidak sedikit kok yang justru bahagia setelah berpisah dari pasangannya. Namun bagi anak, sedikit banyak tentu ada imbasnya. Dan sekarang kita bahas lebih spesifik, apa dampak yang dirasakan anak-anak ketika mengetahui orang tua mereka selingkuh.

3 Dampak Orang Tua Selingkuh

Ana Nogales, penulis buku “Bagaimana Efek pada Anak jika Orangtua Berselingkuh” menuturkan, hasil riset yang ia lakukan terhadap anak-anak yang mengetahui orang tuanya selingkuh menunjukkan, sebanyak 75% anak merasa dikhianati, 80% berpengaruh terhadap hubungannya dengan lawan jenis di masa depan, dan 70% sulit memercayai orang lain.

Secara umum, anak-anak pada usia “yang sudah mampu memahami”, akan merasa marah, malu, dan akhirnya bermasalah dengan kejujuran dan kepercayaan. Dikutip dari berbagai sumber, sedikitnya ada 3 dampak buruk bagi anak yang mengetahui salah satu atau kedua orang tuanya selingkuh.

orangtua selingkuh

1. Depresi

Sebelum perselingkuhan orang tuanya diketahui umum, anak-anak mengambil peran sebagai orang yang berempati terhadap orang tua yang diselingkuhi. Jika ayah berselingkuh, mungkin anak akan merasa iba pada ibunya. Terlepas dari respons sang ibu terhadap reaksi anak. 

Ia akan merasa sedih, tapi sebagai anak yang belum punya pengalaman, ia tidak tau harus berbuat apa. Inilah salah satu beban psikis seseorang, apalagi di usia labil. Perselingkuhan orang tua pasti merupakan beban yang berat bagi perkembangan jiwa anak.

Jika perselingkuhan orang tuanya menjadi perbincangan publik, ini jelas memperparah keadaan. Rasa marah dan malu campur aduk. Anak yang tidak kuat mental akan memilih menyendiri, membuat jarak yang jauh dari pergaulan, padahal bergaul adalah tuntutan usianya. 

Hal paling mudah dalam mendeteksi depresi pada anak dan remaja adalah dengan melihat prestasi akademiknya. Anak yang depresi cenderung mengalami penurunan prestasi yang drastis.

2. Kasar

Bayangkan jika seseorang marah. Pada usia matang saja bisa kehilangan kontrol, apalagi pada anak-anak usia labil. Setiap emosi yang ada, butuh pelampiasan. Inilah salah satu sebab, anak-anak di bawah 17 tahun dilarang membawa kendaraan bermotor, karena mereka berada pada usia lemah kendali.

Anak dan remaja yang sedang memikirkan masalahnya, sering merasa terganggu dengan banyak hal. Mereka belum piawai menyimpan perasaan, bahkan kadang merasa perlu memperlihatkan pada orang lain agar orang mengerti. 

Jadi jika melihat anak-anak atau remaja memposting hal-hal nyeleneh di media sosial mereka, atau apa pun perbuatan mereka yang tidak patut. Maka tersangka pertama adalah orangtuanya. Tidak bisa tidak, dan jangan mencari kambing hitam!

3. Trauma

Inilah hal terburuk yang banyak tidak disadari orang tua. Jika anak tidak segera diberi pemahaman, atau jika perlu diterapi, anak akan berlarut-larut dalam analisis versinya sendiri. Jika ibunya selingkuh, maka ia bisa saja menyimpulkan bahwa semua perempuan berselingkuh. Akibatnya, ia tidak percaya pada perempuan, atau tidak percaya pada pernikahan.

Jika tidak ada yang mengajaknya bicara untuk meluruskan, maka si anak berkemungkinan besar melakukan hal yang sama seperti yang pernah orang tuanya lakukan. Karena baginya, semua orang sama. Tidak ada yang setia, sehingga tidak ada yang perlu dijaga dan dihargai.

University of Pennsylvania merilis hasil penelitian, bahwa 71% perempuan yang selingkuh, ternyata punya ibu yang dulu juga pernah selingkuh. Sementara 45% laki-laki yang selingkuh, punya ayah yang juga pernah selingkuh.

Hey kamu, yang berpikir untuk selingkuh. Bayangkan, selain mengkhianati pasangan, kamu juga berpotensi mewariskan sifat buruk ke anak-anakmu!

Orang tua selingkuh, tak hanya rumah tangga yang jadi korban. Tapi juga kehidupan anak-anak di masa kecil/remaja, bahkan hingga dewasa. Kalau sejak awal tak mampu menyayangi anak, mbokya gak usah punya anak!
Apa kabar, Gengs? Kamu termasuk yang suka baca-baca kuis kepribadian diri nggak? Gimana kamu menilai sebuah kuis itu akurat atau tidak? Belum apa-apa sudah diberondong banyak pertanyaan nih!

Aku pribadi, untuk menilai seberapa akurat sebuah kuis tentu dengan mengujinya untuk diri sendiri dulu. Agak kocak sih, sudah kenal diri sendiri kenapa juga pakai kuis-kuisan segala. Hm, bukan gitu.

Kalau setelah kulakukan tes untuk diri pribadi ternyata cocok, berarti ada kemungkinan kuis kepribadian yang sama bisa dipraktikkan untuk orang lain. Tujuannya ya untuk menganalisis kepribadian orang tersebut.

Bedanya, kalau untukku sendiri pertanyaan dan jawaban kubaca. Untuk orang lain, kasih pertanyaannya aja tanpa ketahuan sedang menguji. Sekali lewat aja tanyanya, dan jawabannya gak usah dikasih ke dia. Gunanya? Macam-macam. Minimal bisa buat bahan karakter karya fiksi.

Kamu pengin menguji juga? Kuylah! Aku ada nemu artikel berisi tes kepribadian yang akurat di sebuah situs, kemudian kuolah dengan sentuhan iluvtari. Inilah tes kepribadian dengan pertanyaan yang simpel, wajah mana yang kamu suka?

kuis kepribadian diri

Tes Psikologi Sifat

Sebuah penelitian yang didasarkan pada dua cabang ilmu psikologi, physignomy dan behavioral genetics, mempelajari karakter seseorang dari penampilan luarnya. Dengan ilmu tersebut, para psikolog berkesimpulan, seseorang dapat diketahui kepribadiannya dari pilihan wajah yang ia suka.

Di bawah ini ada 9 wajah yang bisa kamu pilih, mana yang menurutmu paling menarik? Penjelasan tentang karaktermu ada di bawah. Jangan buru-buru ya, baca baik-baik tes psikologi kepribadian berikut ini!

tes kepribadian dan jawaban

Wajah Pertama

Bibir pada wajah pertama menunjukkan kesungguhannya dalam pekerjaan. Meski termasuk pribadi yang sensitif, ia akan melakukan apa saja untuk pekerjaannya.

Siapa yang tertarik dengan wajah ini? Tentu orang yang punya kesungguhan yang besar juga. Kesamaan karakter membuat satu orang dengan lainnya saling menarik.

Wajah Kedua

Bentuk hidungnya menunjukkan kemampuannya melewati segala keadaan. Matanya yang cemerlang adalah tanda kecerdasan, sedangkan senyumnya menujukkan kemampuan menahan emosi.

Orang seperti ini ditakuti oleh mereka yang melankolis dan lamban. Yang tertarik pada mereka adalah para pemikir yang tenang dan memiliki tingkat emosi yang dalam.

Wajah Ketiga

Bentuk telinganya merupakan ciri orang cerdas. Dagu yang menonjol menunjukkan karakter idealis dan teliti. Tipe ini juga tidak suka menunda pekerjaan.

Menurut kuis kepribadian diri yang disusun secara ilmiah, orang-orang yang tertarik pada mereka adalah tipikal keras kepala, berani, dan serius.

Wajah Keempat

Mata besarnya menunjukkan sensitivitas yang mendalam. Tapi bentuk bibirnya menggambarkan selera humor yang aneh dan sikap serius terhadap kehidupan.

Mereka yang tertarik pada wajah ini adalah karakter yang baik dan hangat. Psikolog memiliki teori lain soal ketertarikan dua karakter yang berbeda ini. Seperti orang lemah yang butuh perlindungan atau orang kuat yang mengasihi.

Wajah Kelima

Orang dengan dagu kecil adalah pribadi yang tidak sabar. Ujung hidungnya menunjukkan kebahagiaan hidup, sedangkan bentuk bibirnya menandakan orang ini sangat fokus ketika menghadapi masalah.

Ada dua tipe yang memilih wajah ini. Pertama, orang yang tenang dan menyenangkan seperti mereka. Kedua, orang yang ingin mengambil keuntungan dari kebaikan orang lain, dengan kata lain; manipulatif.

Wajah Keenam

Orang dengan wajah oval adalah mereka yang berbakat dan memahami dengan baik bakatnya itu. Sayangnya, para ahli mendapati kebanyakan mereka adalah orang yang licik.

Khusus untuk wajah ini, kepribadian mereka tergolong unik, sehingga hanya mampu menarik orang yang memiliki banyak kesamaan dengannya. Umumnya mereka adalah orang-orang kreatif atau berpotensi kreatif.

Wajah Ketujuh

Alis yang panjang dan rata adalah salah satu ciri orang cerdas. Keseluruhan wajahnya menunjukkan ketenangan dan tidak suka perubahan besar. Wajah ini sangat mungkin dimiliki seniman atau ilmuwan. Lipatan nasolabial (di atas bibir, sebelah hidung) menunjukkan masa lalu yang sulit.

Orang yang tenang, penyayang, dan kreatif tertarik pada wajah ini.

Wajah Kedelapan

Orang dengan hidung besar suka mengumpulkan barang-barang, dan mudah khawatir soal uang. Dagu proporsionalnya menunjukkan kelogisan berpikir dan keras kepala. Sedangkan bibirnya adalah ciri orang yang pandai meyakinkan orang lain.

Wajah ini menarik bagi orang yang santai dan pragmatis.

Wajah Kesembilan

Orang dengan bentuk wajah seperti ini adalah tipikal cinta damai dan menyukai kenyamanan. Lipatan di sekitar mulut menandakan ia fasih secara alami, atau komunikatif. Meski begitu, mereka tergolong orang yang tak ingin terkenal. .

Wajah ini disukai oleh mereka yang lucu dan juga cinta damai. Bedanya, orang yang tertarik pada wajah ini umumnya adalah mereka yang tidak komunikatif.

Kamu bingung memahami kuis kepribadian diri di atas? Balik lagi gih! Jadi pada setiap wajah, kamu bisa menebak karakter pemilik wajah, juga karakter orang yang memilih mereka (kamu!). Ayo ayo, naik lagi!