7 Dosa Besar

السلام عليكم

Apa kabar pembaca iluvtari? FYI, dalam blog ini, ada beberapa artikel yang sifatnya opini dan sisanya merupakan informasi yang semoga saja bermanfaat untukmu.

Kasihan kan, sudah capek-capek mampir gak dapat apa-apa. Mana adminnya gak pernah kasih giveaway lagi!

Tapi untuk artikel dengan label “Islam”, insyaallah kuupayakan semaksimal mungkin tanpa opini. Semuanya didasarkan pada dalil, kucek sebaik mungkin tafsir, asbabun nuzul, dll. Tapi tetap … tanpa giveaway.

Dosa Besar dan Dosa Kecil

Tujuh dosa besar, ada apa dengan angka 7? Ternyata gak ada yang spesial. Jika kamu sengaja mencari dengan kata kunci “7 dosa besar” kemungkinan akan ada tujuh dosa yang dianggap besar oleh penganut agama di luar Islam.

Dalam Islam sendiri, pada dasarnya tidak ada dosa besar atau kecil. Dosa yang kita anggap remeh bisa jadi besar karena kita lakukan berulang-ulang. Dan dosa yang kita persepsikan sebagai dosa besar, bisa jadi kecil karena kita bertobat dengan sungguh-sungguh.

“Tidak ada dosa besar jika dihapus dengan istighfar (meminta ampun pada Allah) dan tidak ada dosa kecil jika dilakukan terus menerus.”

Pernah baca hadis di atas? Meski hikmahnya benar, tapi hadis tersebut lemah. Kamu mungkin akan tertohok ketika membaca yang ini:
“Sesungguhnya seorang mukmin melihat dosanya seakan-akan ia duduk di sebuah gunung dan khawatir gunung tersebut akan menimpanya. Sedangkan seorang yang fajir (yang gemar maksiat), ia akan melihat dosanya seperti seekor lalat yang lewat begitu saja di hadapan batang hidungnya.” (HR Bukhari no. 6308).

Jika kita kembali pada konsep tidak ada dosa besar maupun kecil, maka pada dasarnya semua dosa kembali pada mindset kita dan perhitungannya di sisi Allah.

Meski demikian, memang ada perkara terkait dosa, yang Rasulullah shallallahu ‘alayhi wasallam telah mewanti-wanti umatnya sejak empat belas abad silam.

7 Dosa Besar yang Membinasakan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alayhi wasallam, beliau bersabda, “Jauhilah tujuh (dosa) yang membinasakan!” Mereka (para sahabat) bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah itu?” Beliau shallallahu ‘alayhi wasallam menjawab, “Syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa yang Allah haramkan kecuali dengan hak, memakan riba, memakan harta anak yatim, berpaling dari perang yang berkecamuk, menuduh zina terhadap wanita-wanita merdeka yang menjaga kehormatan, yang beriman, dan yang bersih dari zina.” (HR Bukhari no. 2615, 6465, dan Muslim no. 89).

Tak hanya hadis, besarnya kebinasaan dari 7 dosa besar tersebut termaktub pula dalam Al-Qur’an

SYIRIK
Menyekutukan Allah, ada yang secara sadar melakukannya. Ada pula yang telanjur menjadi kebiasaan. Ketika pun telah tahu, sulit untuk melepaskan diri. Misalnya membaca zodiak.

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik dan Dia mengampuni segala dosa selain syirik bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar. (QS 4: 48).

SIHIR
Jangan pernah main-main dengan sihir ya, Gengs! Termasuk kamu yang pengin punya pacar sampai main pelet segala. Padahal pelet itu untuk ikan!

Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh setan-setan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya setan-setanlah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di Negeri Babil yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorang pun sebelum mengatakan, “Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir.” Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan istrinya. Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudarat dengan sihirnya kepada seorang pun, kecuali dengan izin Allah. Dan mereka mempelajari sesuatu yang tidak memberi mudarat kepadanya dan tidak memberi manfaat. Demi, sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barang siapa yang menukarnya (kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan di akhirat, dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir, kalau mereka mengetahui. (QS 2: 102).

MEMBUNUH
Tahu gak sih, kalau game-game penuh kekerasan itu juga bisa mengajarimu membunuh? Membuat seolah premanisme itu keren. Padahal di sisi Allah luar biasa buruk perbuatan itu.

Dan barang siapa membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka balasannya ialah Jahanam, ia kekal di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya. (QS 4: 93).

RIBA
Islam punya solusi buat kamu yang punya masalah dengan bisnis dan keuangan, yang terbiasa berurusan dengan bank konvensional. Hal pertama yang harus kita yakini adalah kebenaran Islam dan kepastian hikmah di balik ketentuan Allah.

Memang berat meninggalkan riba begitu saja, karena sejak lahir banyak transaksi yang kita kira halal ternyata tidak. Pelan-pelan saja, Allah sangat menghargai proses. Dia sayang kok, sayang banget dengan hamba-Nya. Dan Dia lebih tahu akan apa yang baik untuk kita.

Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Rabb-nya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang mengulangi (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. Allah memusnahkan riba dan melipat-gandakan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa. (QS 2: 275-276).

MEMAKAN HARTA ANAK YATIM
Gimana enggak dosa besar, anak yatim yang hidupnya sudah berat masih kita zalimi lagi. Iblis pun mungkin terperangah melihatnya.

Dan berikanlah kepada anak-anak yatim (yang sudah baligh) harta di antara mereka. Jangan kamu menukar yang baik dengan yang buruk dan jangan kamu makan harta mereka bersama hartamu. Sesungguhnya tindakan-tindakan (menukar dan memakan) itu adalah dosa yang besar. (QS 4: 2)

LARI DARI PEPERANGAN
Musuh jangan dicari, ketemu jangan lari. Mungkin quotes anonim jadul ini lumayan cocok untuk pembuka. Tapi efek lari dari musuh gak main-main untuk urusan akhirat kita.

Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu bertemu dengan orang-orang kafir yang sedang menyerangmu, maka janganlah kamu membelakangi mereka (mundur). Barang siapa yang membelakangi mereka (mundur) di waktu itu, kecuali berbelok untuk (siasat) perang atau hendak menggabungkan diri dengan pasukan yang lain, maka sesungguhnya orang itu kembali dengan membawa kemurkaan dari Allâh, dan tempatnya ialah Neraka Jahanam. Dan amat buruklah tempat kembalinya. (QS 8: 15-16).

MENUDUH ZINA
Berhati-hatilah dengan media sosial, tidak sedikit dari kita yang entah bercanda atau serius, kadang kala memfitnah orang lain berlebihan. Bahkan sekadar membagi foto rekayasa yang mengarah pada pornografi, kita bisa terkena satu dari 7 dosa besar.

Sesunguhnya orang-orang yang menuduh wanita yang baik-baik lagi beriman (berbuat zina), mereka tertimpa laknat dunia dan akhirat, dan bagi mereka azab yang besar. (QS 24: 23).

Piye Gengs, ngeri kan? Semoga kita semua terhindar dari yang demikian, aamiin. Lalu apa saja amalan untuk menghapus 7 dosa besar tersebut? Ternyata ada banyak! Simak di sini deh!

arti dan sejarah simbol

Banyak informasi dan peringatan di dunia ini yang cukup diwakilkan dengan satu simbol saja. Tujuannya jelas untuk mempermudah dan menyingkat maksud, misalnya imbauan informasi jenis kelamin, imbauan agar waspada, dll.

Ada banyak simbol yang ada di sekitar kita. Apakah pemahamanmu terhadap simbol-simbol itu sudah benar? Kalaupun ya, sudah tahu belum sejarahnya?

Tak ada salahnya kamu simak 7 penjelasan tentang simbol berikut ini, Gengs!

#1 Tengkorak dan Tulang Bersilang

arti dan sejarah simbol
publicdomainpictures.net

Simbol ini berasal dari abad pertengahan, digunakan sebagai tanda kematian. Kemudian oleh para bajak laut, simbol tsb diadopsi bersama bendera hitam pada kapal mereka. 

Di masa kini, simbol yang sama dijadikan label pada wadah yang mengandung zat beracun atau berbahaya. 

#2 Tanda Oke

arti dan sejarah simbol
washingtonpost.com

Kita sering menggunakan emot icon ini pada chat dengan maksud mengatakan semua baik-baik saja. Memang begitu sih di kebanyakan tempat, termasuk di Amerika.

Tapi di beberapa negara Eropa, bahasa tubuh ini justru dianggap merendahkan orang lain. Artinya kamu nol, alias gak ada apa-apanya!

Sementara di negara-negara mediterania (negara yang mengelilingi Laut Mediterania; Spanyol, Italia, Turki, dll) serta Amerika Selatan, gestur ini diartikan dengan anus.

#3 Simbol Radiasi

arti dan sejarah simbol
flickr

Simbol ini diciptakan tahun 1946.  Terdiri dari tiga irisan hitam yang mengitari sebuah lingkaran. Itu menunjukkan pancaran radioaktif dari atom.

Simbol radiasi sampai sekarang dipakai untuk menandai wadah atau tempat penyimpanan bahan radioaktif.

Foto Monster dan Hukuman ISIS yang Bikin Bergidik

#4 Lambang Nazi

arti dan sejarah simbol
flickr

Sejak Hitler menggunakannya sebagai logo Nazi, orang-orang Eropa mengenal swastika sebagai lambang fasisme. Padahal lambang ini telah ada sejak ribuan tahun lalu, dan dipakai oleh penganut Hindu, Budha, serta Jainisme.

Oleh para pengguna di masa lalu, lambang ini dimaknai dengan keberuntungan. Dalam bahasa Sanskerta, swastika berarti kesejahteraan.

#5 Tombol Power

arti dan sejarah simbol
freesvg.org

Mungkin tidak banyak yang memperhatikan, bahwa pada sebuah saklar, on dan off kerap ditandai angka 0 dan 1.

Angka satu menggantikan on (menyala) dan off (padam) diwakilkan oleh nol. Pada tampilan tombol power masa sekarang, angka 0 dan 1 digabung sehingga jadilah simbol di atas.

#6 Lambang Apotek

arti dan sejarah simbol
pxhere.com

Pernah bertanya-tanya, kenapa setiap apotek menampilkan simbol ular melilit mangkuk? Simbol aslinya adalah ular melilit tongkat, yang diambil dari mitologi Yunani.

Menurut cerita mitos, Dewa Apollo memiliki anak bernama Asclepius yang merupakan ahli pengobatan. Tongkat yang dililit ular adalah tongkat milik Asclepius, sedangkan ular merupakan hewan suci yang kerap dipakai oleh orang Yunani kuno dalam prosesi penyembuhan.

#7 Palu Arit

arti dan sejarah simbol
pixabay

Melihat lambang ini, kita langsung terkenang malam 1 Oktober di tahun 90-an. Kita mengenalnya sebagai lambang PKI (partai komunis Indonesia), dan nyatanya palu dan arit yang tumpang tindih memang merupakan simbolisme komunis.

Selain dipakai oleh PKI, simbol palu arit juga dipakai Soviet. Palu melambangkan kekuatan kaum proletar, sedangkan arit merepresentasikan kaum tani (kelas bawah). Dengan demikian, palu arit merupakan penyatuan dua kekuatan.

Tapi bagi komunis, termasuk PKI, palu dan arit adalah penyatuan antara kaum buruh dan kaum tani. Dengan demikian, komunis dianggap dekat dengan rakyat kelas bawah. Kenyataannya? Kita tahu sendiri.

tempat tidak aman di dunia

Siapa yang suka jalan-jalan? Aku enggak.

Karena aku punya bakat yang sangat dibutuhkan pemerintah saat ini. Bahkan direkomendasikan oleh WHO; stay at home. Dalam bahasa milenial, diterjemahkan dengan rebahan. Gak bener sih.

Kita semua berharap virus Corona yang menyebabkan Covid-19 segera pergi dari planet ini. Sayangnya berharap saja gak cukup, harus dilakukan upaya nyata yang diiringi dengan doa.

Kalau tak meleset, insyaallah pandemi ini akan habis secara global setelah Agustus 2020. Itu kata ahli dunia. Jadi sebelum bulan itu, sebaiknya kamu gak travelling ke mana-mana demi kesehatan dan keselamatan bersama.

Meski (semoga) selepas Agustus 2020, virus Corona sudah kehabisan inang untuk dihinggapi, sebaiknya kamu tidak bepergian ke lima negara berikut ini. Sebab sebelum Covid-19 merebak pun, tempat ini memang sudah tak aman untuk dikunjungi.

Ciudad Juarez, Meksiko  

tempat tidak aman di dunia
flickr

Bukti bahwa narkoba adalah pil setan tampak jelas di kota ini. Penculikan di siang bolong, perkosaan, penggal kepala adalah kejadian biasa di sini. Semua itu bisa dibilang tak terjelaskan oleh catatan polisi.

Sebab paling umum adalah persaingan dan perselisihan antarkartel, gank pengedar narkoba yang lebih berkuasa daripada pihak keamanan setempat.

Banyak penduduk pergi dari tempat ini, yang tersisa hanya mafia dan jaringannya, serta orang-orang yang terlampau miskin sehingga tak mampu keluar dari sana. Jauh banget kan dengnan kota kita yang hanya dikisruhkan oleh macet?

Cape Town, Afrika Selatan

tempat tidak aman di dunia
pixabay

Dalam hal pemandangan, Cape Town memang tergolong tempat yang indah. Tapi tingkat kriminalitas di kota ini sangat tinggi. Ada sekira 60 tindak kejahatan yang dilakukan per 100 ribu orang.

Menurut banyak sumber, paling kecil kamu akan dijambret jika berada di tempat ini. Perkosaan juga merupakan kejahatan yang banyak terjadi di Cape Town.

"5 Hal Unik yang Hanya Ada di Jambi"


Rio De Janeiro, Brasil

tempat tidak aman di dunia
flickr

Dari bakteri sampai jaringan wifi, ada banyak hal berbahaya di tempat ini. Kematian anggota polisi juga tergolong tinggi. Meski demikian, Rio De Janeiro masih menjadi destinasi wisata favorit traveller dunia.

Alasannya, pemandangan alam yang indah berupa pantai, hutan, dan pegunungan, serta budaya unik Brasil mampu menutup kekurangan tempat tersebut.

Homs, Suriah

tempat tidak aman di dunia
flickr

Rasanya tak perlu penjelasan panjang lebar ya, Gengs. Sudah jelas Suriah sekarang dalam keadaan genting. Homs merupakan kota yang menjadi target pemboman oleh pemerintah negara itu, untuk memberantas yang mereka sebut pemberontak.

Kamu yang sering berdonasi untuk Palestina karena keistimewaan tanah Syam, tak ada salahnya juga mengirim bantuan ke Suriah. Sebab yang disebut Syam dalam Al-Qur’an dan hadis adalah Palestina, Suriah, dan Yordania.

Kantubek, Pulau Vozrozhdeniya

tempat tidak aman di dunia
wikipedia

Tahun 1920-an, Soviet menggunakan Pulau Vozrozhdeniya sebagai laboratorium untuk pembuatan senjata biologis. Kota Kantubek pernah ditempati manusia sebagaimana layaknya sebuah kota. Tapi kemudian ditinggalkan karena laut Aral, yang mengitari Pulau Vozrozhdeniya, telah mengering.

Para ahli percaya, kota ini telah terkontaminasi antraks, cacar, dan wabah lainnya. Selain itu, Kantubek juga hanya menjadi kota yang sepi dan gersang dengan bangkai kapal berkarat di mana-mana. Sudah tak menarik, penuh kuman pula! 


Kita sama-sama berharap wabah Covid-19 yang disebabkan virus Corona segera berakhir. Meski begitu, agar lebih aman, memang sebaiknya di saat aman nanti berwisata ke tempat yang lebih dekat dulu.

Selain mencegah dari berbagai penyakit yang mungkin ada di luar sana, sekaligus memulihkan ekonomi domestik yang pastinya terimbas selama Covid-19 mewabah, sejak awal Maret kemarin.

Seperti Apa Aroma Tubuh Jin?
(menurutku) ilustrasi hantu/unsplash.com

Kita sering mendengar cerita horor seputar hantu. Ya iya, kalau seputar tiwul itu namanya cerita kuliner. Dan sering kali kehadiran makhluk astral katanya ditandai dengan semerbak aroma tubuh jin, dengan macam-macam deskripsi.

Dulu pernah, waktu aku merantau ke Jawa. Sekali waktu habis salat Subuh nyapu teras atas rumah tempat aku tinggal. Gak ada angin atau pergerakan apa pun, tahu-tahu muncul aroma busuk banget. Kayak bangkai, bahkan lebih buruk lagi. Pahit, pokoknya na’udzubillah. Belum pernah seumur hidup aku cium bau setara itu.

Tapi aroma itu hanya tercium sekejap. Kuendus-endus, gak ketemu lagi. Untungnya gak mikir ke mana-mana. Kalau aku panik, menganggap sedang didekati hantu. Lari turun buru-buru, mungkin sekarang gak bisa blogging. Jatuh dari tangga, mati.

Pengalaman berikutnya, setelah punya anak dua. Aku dan anak-anak jalan ba’da Subuh ke lapangan depan rumah. Tahu-tahu kecium aroma melati semerbak banget. Aku diam saja, walau langsung keingat Susana.

Paginya, setelah terang. Kudatangi tempat yang sama. Ternyata memang ada tanaman melati di situ. Halah, kena prank!

Aroma Tubuh Hantu

Ada yang bilang, aroma tubuh hantu atau jin itu mirip bau kentang busuk. Ada juga yang katanya seperti nasi baru dimasak, enak dong! Ada yang bilang seperti bunga melati, kamboja, kenanga, dll. Yang jelas bukan bunga bank. Beda wilayah.
Suruh Hantunya 👉 MANDI PARFUM 😈
Kucari literatur tentang aroma tubuh jin, sampai sekarang (sudah sepekan lebih) belum ketemu. Akhirnya kutanya ke teman yang pernah diruqyah dan beberapa kali meruqyah.

Intermezo sedikit, ruqyah itu sudah di-Indonesiakan jadi rukiah. Gak enak ya, kayak nama orang. Jadi tetap kupakai kata ruqyah, anggaplah gaya selingkung ala iluvtari.com.

Sebelum bahas bau badannya, ada kabar baik untuk kamu yang penakut. Ternyata hantu itu tidak ada! Yang ada adalah jin, setan, dan iblis.

Beda Jin, Setan, dan Iblis

Banyak orang yang mengidentifikasi macam-macam hantu, lalu diberi nama sesuai info yang pernah mereka dapat. Ada tuyul, kuntilanak, dll. Tuh, di kepalamu langsung terbayang kan bagaimana penampilan mereka.

Itu bukti suksesnya setan mengelabui kita. Dikelabui? Nanti di akhir kita bahas. Yang sabaarr.
Jin, menurut para ulama, adalah makhluk yang sama dengan manusia dalam hal sifat dan beban syariat. Jin dan manusia sama-sama diciptakan untuk beribadah (QS 51: 56). Keduanya juga memiliki akal dan hawa nafsu.

Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui (tapi belum tentu sama-sama meyakini), manusia diciptakan dari tanah, sedangkan jin diciptakan dari api.

Setan, adalah sifat yang melekat pada jin ataupun manusia. Buka surah an-Naas, ya!

Iblis, adalah makhluk dari golongan jin yang membangkang saat diperintah sujud pada Nabi Adam ‘alayhissalam (QS 18: 50).

Lalu, di manakah posisi hantu? Mereka adalah jin kesetanan yang diperintah oleh Iblis untuk mengganggu manusia. 

Tipu Daya Jin Kafir

Mulai sekarang, berhentilah berpikir bahwa aroma kentang busuk, nasi masak, atau wewangian bunga adalah tanda kehadiran jin. Apalagi bau kentut, mungkin itu dari brutumu sendiri. Atau efek hidung yang terlalu dekat dengan mulut. Kya kyaa!

Itu semua merupakan tipu daya jin kafir yang berusaha memalingkan kita dari takut pada Allah jadi takut pada mereka. Karena jin dapat melihat kita dari tempat yang kita tidak dapat melihat mereka, jadi mereka membuat-buat keadaan tertentu supaya lebih greget.

Kalau mereka berkuasa, tentu mereka akan melakukan yang lebih buruk lagi pada kita. Tapi ada Allah yang Maha Menjaga. Tenang? Gak juga. Kalau gak dekat ke Allah ya jangan sok-sok tenanglah. Enak aja.

Sekali lagi, lupakan soal bau tertentu untuk mengetahui keberadaan makhluk halus. Literatur tentang itu kebanyakan didapat dari dukun yang notabene adalah kaki tangan jin kafir.

Ciri keberadaan mereka di sekitar, bahkan di dalam tubuh kita dapat diketahui dengan introspeksi. Kalau kamu (aku juga) merasa galau gaje, suka ngamuk-ngamuk, males ibadah, otak ngeres, dsb, itu adalah tanda-tanda bahwa jiwamu dikuasai jin kafir.

Solusinya? Paksa ibadah. Jangan buru-buru minta ruqyah. Sebab ustaz bukan dukun, yang ngakunya bisa mengusir setan. 

Kalau kamu terindikasi kena santet dan sejenisnya, baru konsultasi ke ustaz yang biasa meruqyah. Nantinya mereka akan memberi pemahaman dulu tentang akidah, gak ujug-ujug baca ayat. Karena seperti dokter, ustaz berusaha mengobati, tapi Allah yang berkuasa menyembuhkan.

Saranku, kalau kamu merasa ada bau gak enak di sekitarmu, jangan buru-buru menuduh jin. Paling cocok itu ya mandi!

Masih penasaran dengan aroma tubuh jin? Gini, mereka kan terbuat dari api. Coba kamu cium api, gimana aromanya? Kalau belum terasa, mungkin lebih dekat lagi. Sampai nempel ya, biar afdhol!

mandi parfum, vitalis body wash
Photo by Izabelle Acheson on Unsplash
Serius, mandi parfum? Simak dulu celotehnya, ya. Biar gak gagal bayar. Eh gagal paham!

Biasanya dari sore sampai malam, keran PDAM tidak menyala. Semalam habis magrib air masih mengalir. Yes, gak perlu begadang! Rasanya pengin tos sama suami, karena biasanya kami bergantian ronda air.

Urusan cuci mencuci pun kutunda, toh air banyak. Besok subuh aja, pas air nyala lagi! Pokoknya malam ini bebas. Oh ya, besok jadwal antar kertas ujian si Kakak. Pesan wali kelas, tidak boleh lewat pukul 8.

Gara-gara Corona, sekolah libur dua pekan. Anak-anak stay di rumah, jadi lumayan santai. Gak perlu siapin bekal. Sebagai emak-emak, sudah ter-set di kepalaku. Besok bangun sebelum subuh, cuci pakaian, cuci piring, mandi, salat subuh, lalu ke sekolah. Setelah itu semua, rebahaaan.

Dasar keran gak ada akhlak, subuhnya, air gak ngalir.

Air semalam itu modal buat seharian. Mesin cuci melongo, gak ada air. Piring kotor demo di wastafel. Pagi-pagi sudah bete. Rasanya pengin bawa tidur aja lagi, daripada sebal gaje. Tapi teringat, kertas ujian si Kakak yang harus disetor. Mandi, Tar!

Ya sudahlah, mandi. Sekalian coba sabun cair baru yang kemarin dipakai mandi si Adek. Katanya wanginya lengket, kayak pakai parfum.

Pertama tuang sih biasa aja, kayak sabun cair lainnya. Tapi pas tersentuh di kulit kok enak ya. Terasa lembut. Wanginya jangan ditanya! Benar kata si Adek, serasa mandi parfum!
mandi parfum, vitalis body wash
Ternyata, sabunnya memang keluaran jagonya parfum, Vitalis. Kupakai varian Soft Beauty (warna ungu) dengan aroma fruity aldehydic mix wangi rose & violet yang cewek banget. Terasa di hidung aroma manisnya tonka bean & sandalwood. Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash ini diperkaya dengan ekstrak avocado dan Vitamin E. Pantes lembut banget, dan pastinya menutrisi kulit.

mandi parfum, vitalis body wash

Habis mandi, kucari kertas ujian yang akan diantar. Tapi tidak ditemukan. Baru ingat, kertas itu dikumpulkan besok. Bukan hari ini. Biasanya yang begini bikin bete seharian, bad mood mau ngapa-ngapain karena yang ter-set kemarin gak tepat rencana.

Tapi anehnya, aku tetap santuy. Dalam keadaan fresh, aku jadi teringat hal yang justru seharusnya kukerjakan hari ini. Ke bank!

Kenapa bisa begitu? Ternyata aroma yang tercium di indra kita punya efek bagus buat otak.

Kukutip dari fifthsense.org.uk (9/3/13), indra penciuman kita terhubung langsung ke sistem limbik, yaitu pengendali emosi di otak. Berbeda dengan indra penglihatan dan peraba, keduanya membutuhkan proses lebih panjang untuk dapat dipahami dan menghasilkan instruksi dari otak.

Itulah sebabnya mencium aroma tertentu dapat membuat suasana hati jadi nyaman. Selain itu, aroma yang kamu hirup dan berkesan, akan meninggalkan memori yang dalam di otakmu. Sehingga di masa yang akan datang, ketika kamu mendapatkan kembali aroma itu, kenangan pertama kali menghirupnya akan muncul secara otomatis.

Pulang dari bank, mampir ke minimarket untuk beli kebutuhan. Kupilih yang tidak ramai, dalam rangka social distancing. Dari situ perbaiki kacamata mbahnya anak-anak yang copot karena terjatuh. Asli, semua ini di luar rencana. Segitu pentingnya tapi sempat aku lupakan.

Ternyata selain bikin nyaman, aroma yang enak juga mampu meningkatkan konsentrasi. Setelah semua kegiatan itu, aku segera pulang.

Sesudah wudu dan hendak pakai baju ganti, baru kuingat, habis mandi tadi aku belum pakai deodoran! Dan seperti kebiasaan sehari-hari, kalau ingin cepat, aku hanya memakai lotion di telapak dan punggung tangan.

Hebatnya sabun cair Vitalis, setelah seharian beraktivitas, aku masih merasa seperti baru selesai mandi. Mana ada bau matahari, apalagi amoniak di ketek, haha. Bagian kaki dan lenganku yang gak sempat dilapisi lotion pun tetap lembab. Gak kering seperti efek pada sabun mandi lainnya.

Itulah sebab produk baru Vitalis ini kurekomendasikan buat teman-teman yang mampir ke iluvtari. Kalau gak terkesan ngiklan, pengin deh tulis juga di UC, Kompasiana, dan Kaskus, tempat di mana aku juga sering berbagi cerita.

Kamu harus coba ya! Berani garansi kalau yang kusebutkan di atas gak terbukti. Oh ya, Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash terdiri dari tiga varian; White Glow, Fresh Dazzle dan Soft Beauty. Masing-masing punya manfaat dengan keutamaan yang berbeda-beda.
mandi parfum, vitalis body wash
White Glow untuk mencerahkan kulit. Fresh Dazzle, sebagaimana khasnya warna hijau, bikin segar.  Sedangkan Soft Beauty menutrisi kulit. Yang mana pun pilihanmu, selain manfaat khusus, aroma Vitalis yang kuat bisa tahan lama banget, bahkan sampai waktunya mandi sore.

Di bawah ancaman wabah Covid-19 yang bikin stres sekarang ini, ada baiknya tenangkan pikiran dengan sensasi mandi parfum. Atau main rainbow foam yang pembuatannya bisa menggunakan sabun dari Vitalis juga.

Daripada libur panjang bingung mau ngapain, jalan-jalan penuh risiko. Mending hepi-hepi di rumah kan!