Ponsel Pintar? Ponsel Baik Juga!

Walaupun tinggal di Indonesia, yang di mana-mana ada masjidnya, kadang kala terlewat juga waktu salat. Entah karena azannya tak terdengar, atau jin magernya terlalu sakti.

Hasil gambar untuk muslim phone
muslimphonecases.com

Supaya tetap bisa salat tepat waktu, tidak sedikit orang yang memasang aplikasi azan di ponselnya. Yang malas membawa tas, menginstal Alquran, agar bawaan jadi lebih ringkas. Itulah gunanya teknologi, memudahkan urusan positif.
Manusia itu, selain pintar harus baik juga! Begitu pun ponsel. Biar gak sekadar smartphone, tapi juga piousphone, kamu perlu coba beberapa aplikasi berikut ini.
1. Almatsurat/wazifah
Almatsurat adalah kumpulan zikir yang dibaca pagi dan sore hari. Cetakan fisiknya sih kecil, bisa disimpan di saku. Tapi jika kamu memasangnya di ponsel, lengkap dengan alarm sebagai pengingat, pasti jiwamu makin stabil.
2. Fiqh
Bingung dengan tata cara ibadah? Ini solusinya! Tapi bukan untuk menggantikan ustaz ya, sekadar mengurangi kegalauan. Tak perlu dijadikan perdebatan, kalau kamu setuju lakukan. Kalau tidak, ganti aplikasi fikih dari pengembang lain.
3. MP3 Kajian
Mendengarkan lagu sambil beraktivitas sih sudah biasa. Aktivitas sambil dengar kajian, baru luar biasa. Pakai head/earphone saja, kalau kamu khawatir mengganggu kenyamanan orang lain. Sebenarnya tak harus aplikasi, kamu juga bisa unduh kajian dari ustaz mana saja, seperti kamu mengunduh lagu. Hampir tidak ada ustaz yang mempersoalkan orang membajak rekaman kajian mereka.
4. Kitab
Yup, cuma “kitab”. Ketik saja kata itu di Play Store. Sila pilih sendiri, mana yang sesuai dengan minatmu. Belajar juga harus enjoy, kan? Biar tak berselancar terus, sekali-kali penting juga membaca buah karya para ulama. Cakep deh, HP pintar di tangan orang cerdas.
Itulah beberapa aplikasi yang harus kamu coba, sengaja ditulis kata kuncinya saja, agar tak terpaku pada aplikasi dari pengembang tertentu. Pilihannya banyak, tinggal pilih mana yang kompatibel dengan gawaimu.

Komentar