60 Amalan Pelebur Dosa

buku Biru
Foto oleh Ashkan Forouzani di Unsplash

السلام عليكم

Apa kabar, Saudara-saudara? Apa panggilan yang tepat untuk pembaca blog ini? Ya pembacalah. Itu aja repot.

Meski judulnya tentang agama, gpp kan disampaikan dengan gaya bahasa yang santai? Hidup kita sudah ribet dan penuh beban, ngapain mesti serius melulu. Pinter nggak, puyeng iya.

Materi ini diambil dari buku 60 باباً من أبواب الأجر وكفارات الخطايا - دار الوطن yang diterjemahkan oleh Abdurrauf Amak, Lc. 

Siapa sih yang tidak pernah berbuat dosa? Jangan dijawab, ini namanya retorik. "Seluruh anak Adam berdosa, dan sebaik-baik orang yang berdosa adalah yang bertobat.” (HR Ibnu Majah no 4241, dihasankan oleh Syaikh Al-Albani).

Dan langsung dapatlah poin pertama dari 60 amalan yang dimaksud, yaitu tobat. Berikut ulasannya dan 59 poin lainnya:

1. Tobat
Pernah baca quote yang seliweran di medsos ini? Ajal tidak menunggu tobatmu. Lucu, sarkas, ngena, apa lagi? Admin cari di sana-sini, belum ketahuan siapa penemu kalimat ini. Ucapan ulama atau tukang kaus oblong? Tapi maknanya memang mendalam.

Ada kalimat lain yang lebih indah, yakni hadits berikut:
"Barangsiapa yang bertobat sebelum matahari terbit dari barat, niscaya Allah akan mengampuninya." HR. Muslim, No. 2703.
Jangan tunggu matahari terbit dari barat. Siapa tahu sebelum matahari tenggelam sudah nggak bisa ngomong lagi.

"Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla menerima tobat seorang hamba selama ruh belum sampai ke tenggorokan." Dipertegas hadits lain yang lebih spesifik. Selagi belum mati, segeralah tobat!  

2. Menuntut ilmu
"Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah memudahkan baginya dengan (ilmu) itu jalan menuju surga" HR. Muslim, No. 2699. 
Makanya, setiap pergi untuk belajar (sekolah, kursus, dll), niatkan untuk Allah. Biar efeknya tidak sebatas di dunia.

3. Zikir
"Inginkah kalian aku tunjukkan kepada amalan-amalan yang terbaik, tersuci di sisi Allah, tertinggi dalam tingkatan derajat, lebih utama daripada mendermakan emas dan perak, dan lebih baik daripada menghadapi musuh lalu kalian tebas batang lehernya, dan mereka pun menebas batang leher kalian? Mereka berkata: "Tentu." Lalu beliau bersabda, "Zikir kepada Allah Ta`ala." HR. At Turmidzi, No. 3347.
Jangan tanya bacaan zikirnya, karena sejak balita kita sudah diajarkan banyak lafaz yang bisa disebut di mana saja. 

4. Berbuat yang ma'ruf dan menunjukkan jalan kebaikan
"Setiap yang ma`ruf adalah shadaqah, dan orang yang menunjukkan jalan kepada kebaikan (akan mendapat pahala) seperti pelakunya." HR. Bukhari, Juz. X/ No. 374 dan Muslim, No. 1005.
Pernah ikut MLM? Syukur kalau gak pernah. Tapi kamu mungkin pernah mengenal atau mempelajarinya. Jadi, menginspirasi orang lain untuk berbuat kebaikan, bisa dibilang mirip-mirip MLM. Sampai kapan pun kita akan terus mendapat pahala kebaikan dari apa yang dikerjakan orang tersebut. Bedanya, kalau MLM hanya memberimu sekian persen, Allah mengganjar kita pahala yang sama dengan pahala yang diberikan pada pelaku kebaikan itu. Kurang mantap apa? 

5. Dakwah 
"Barangsiapa yang mengajak (seseorang) kepada petunjuk (kebaikan), maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun" HR. Muslim, No. 2674.
Ketika kita sudah meyakini kebenaran suatu hal, bukti bahwa kita sudah pada level yakin adalah dengan mengajak orang lain untuk melakukan hal yang sama. Ada orang-orang yang dengan senang hati mengampanyekan LGBT dan sejenisnya atas nama HAM. Kita punya dalil yang kuat akan kebenaran Islam, masa gak ngajak-ngajak! 

6. Amar ma'ruf nahi mungkar
"Barangsiapa di antara kalian melihat suatu kemungkaran, maka hendaklah ia mengubah kemungkaran itu dengan tangannya, jika ia tidak mampu maka dengan lisannya, jika ia tidak mampu (pula) maka dengan hatinya dan itu adalah selemah-lemahnya iman" HR. Muslim, No. 804.
Berbuat baik gak selalu mudah, tapi melarang dari yang mungkar hampir selalu lebih berat dilakukan. Inilah yang membuat banyak orang lalu memilih jadi saleh sendiri.Ya sih selamat di dunia, tapi di akhirat orang-orang yang tidak didakwahi akan menuntutnya. Di neraka rame-rame aja gak enak, apalagi sendirian!

7. Membaca Alquran
"Bacalah Alquran, karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat untuk memberikan syafaat kepada pembacanya." HR. Muslim, No. 49.
Jangankan di akhirat, di dunia saja efek membaca Alquran sudah bisa kita rasakan. Kalau kamu sedang gabut, coba deh baca Alquran, ayat yang mana saja, insyallah kegalauanmu akan terjawab.

8. Belajar dan mengajarkan Alquran
"Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya." HR. Bukhari, Juz. IX/No. 66.
Banyak orang yang membaca, bahkan menghafal Alquran tapi bacaannya belum baik. Daripada keburu menghafal yang keliru, sangat penting belajar memperbaiki bacaan Alquran, mempelajari kandungan di dalamnya, dan tentu saja mengajarkannya kepada orang lain.

9. Menyebarkan salam
"Kalian tidak akan masuk surga sehingga beriman, dan tidaklah kalian beriman (sempurna) sehingga berkasih sayang. Maukah aku tunjukan suatu amalan yang jika kalian lakukan akan menumbuhkan kasih sayang di antara kalian? (yaitu) sebarkanlah salam." HR. Muslim, No.54.
Amalan sederhana, tapi bisa menghilangkan dongkol pada teman/saudara, mengusir setan dari rumah, dan merupakan doa yang sama-sama kita butuhkan setiap hari. Agama ini memang luar biasa!

10. Mencintai karena Allah
"Sesungguhnya Allah Ta`ala berfirman pada hari kiamat: (Di manakah orang-orang yang mencintai karena keagungan-Ku? Hari ini Aku akan menaunginya dalam naungan-Ku, pada hari yang tiada naungan selain naungan-Ku)." HR. Muslim, No. 2566.
Cinta akan hilang seiring dengan hilangnya sebab (Ibnu Qayyim Aljauziyah). Kamu yang mendapatkan pasangan karena harta, bersiaplah ditinggalkan saat harta itu habis. Yang dicintai karena cantik/ganteng, tua nanti kamu gak mungkin secakep sekarang, dst. So, segera perbaiki niat sebelum sebab cinta itu mengubah kadar cinta kalian. Eaa!

Bersambung ke BAGIAN 2




Komentar

  1. Wah.....

    Amalan keren ini. Tapi yang menarik bagi saya.... perumpamaannya dengan MLM....

    Hehe..

    Keren.... Semoga saya bisa mengamalkan.

    BalasHapus
  2. Aku juga ingin mengamalkan ini, semoga dosa-dosa jadi melebur. Terutama tentang mencintai alquran itu.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Subhanallah.. Terima kasih pengingatnya Mbak. Semoga kita dimudahkan dalam menjalankan amalan-amalan itu. Aamiin

    BalasHapus
  5. Waalaikumussalam, suka dengan tulisannya Kak Tari, sederhana dan santai, padahal menyampaikan kepentingan dunia akhirat. Semoga bisa istiqomah menjalankan dan menyebarkan amalan-amalan.

    BalasHapus
  6. Angka 60 mestinya ditulis arab juga dong, Kakak. Btw, bagus sangat ini amalan. Keren, kakak. Ditunggu lanjutannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, iya ya. tapi males pula ngeditnya

      Hapus
  7. 60 tapi 10... Ruar biasahhhh ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. bersambung kakakoh! pegel ngetiknya, wkwkwk

      Hapus

Posting Komentar