Dari Nyeleneh Hingga Seram, Inilah 5 Ritual Teraneh di Dunia

Banyak ritual unik yang ada di Indonesia. Tapi yang menyeramkan ada banyak di dunia, di zaman lampau maupun masa kini.
Sebagian mungkin menurut kita tak masuk akal, tapi begitulah, budaya tak mesti sesuai nalar. Apalagi budaya berbeda dengan agama yang harusnya sejalan dengan akal pikiran. Sejalan ya, bukan menjunjung.
5 ritual unik di bawah ini hanya informasi penambah wawasan atau sekadar hiburan. Tidak untuk kamu tiru, cukup share saja artikelnya. Ea!
1. Famadihana di Madagaskar.

youtube.com/bbcnews
Setiap tujuh tahun atau lebih, keluarga di Afrika Timur ini mengemas ulang sisa jasad para kerabat mereka. Tulang belulang yang telah diganti kainnya dengan yang baru, diarak sambil menari.
Dalam seremoninya, para tetua akan memberi wejangan betapa pentingnya leluhur mereka. Dan melalui ritual ini, anak cucu menunjukkan rasa cinta mereka pada para mendiang.

2. El Colacho di Spanyol.

euroweeklynews.com
Kalau umumnya kita menyambut kelahiran bayi dengan syukuran mengundang keluarga besar dan tetangga, orang Spanyol punya tradisi yang jauh berbeda.
Para bayi usia 1 tahun ke bawah dijejer di jalan lalu dilompati seseorang yang berperan sebagai setan. Tujuannya untuk menghapus dosa bawaan mereka. Bayangkan kalau yang lari itu terpeleset sebelum melompat! Kearifan lokal kan gak harus arif ya.

3. Festival Ashura di Iran.

thepopple.com
Orang Barat melihat tradisi ini sebagai ibadah Muslim, padahal bukan. Festival Ashura/Asyuro yang diadakan setiap 10 Muharam ini hanya ritual orang Syiah sebagai bentuk penghormatan pada cucu Nabi Muhammad saw, Husein.
Mereka melukai diri sendiri hingga berdarah-darah dengan alasan turut merasakan kesakitan Husein saat Tragedi Karbala. Ibadah kaum muslimin sendiri adalah puasa sunah pada tanggal 9-10 Muharam, dan tidak ada hubungannya dengan budaya ini.

4. Pemakaman langit di Tibet.

thepopple.com
Kabarnya, ini adalah ritual kebanggan orang Tibet. Karena mereka telah berbuat baik dengan memberi makan para burung.
Bukan sembarang makanan, yang dijajakan dengan cuma-cuma untuk hewan itu adalah tubuh manusia yang sudah meninggal. Jasad almarhum dipotong-potong dan tulangnya dihancurkan, lalu dibiarkan di tempat terbuka. Sebentar saja, burung nasar akan berpesta di sana.
5. Vine Diving di Pulau Pentakosta, Vanuatu.

thepopple.com
Nama negaranya cukup asing di telinga, budayanya apalagi!
Sebagai penanda bahwa seorang anak laki-laki sudah dewasa dan jantan, mereka harus melompat dari ketinggian tanpa alat pengaman apa pun.
Menggunakan sulur tanaman yang melilit kaki, orang-orang ini melompat dan mendarat di atas tanah dengan bahu mereka. Ya sih, jantan banget emang!

Komentar