5 Ide Antimainstream yang Bisa Dilakukan Saat Ramadan #DiRumahAja

, , 14 comments
#THRBigRamadhanSale2020 Bersama Shopee
Designed by Freepik

السلام عليكم 

Apa rasanya dua bulan dipaksa tetap di rumah? Mau bosan kek, hepi kek, pokoknya semua ini memang harus dijalani. Yang suka nulis, tuh ada Kontes Blog #THRBigRamadhanSale2020 Bersama Shopee. Siapa tahu rezekimu!

Memasuki Ramadan, bagi sebagian (besar) orang, tetap di rumah justru jadi pilihan gak sih? Terutama jika kita bukan pekerja harian yang mengharuskan keluar rumah setiap hari.

Tapi ada juga kaum tertentu, yang meski bukan dalam rangka kerja, rasanya berat jika harus lama di rumah. Tipikal suka keramaian, candu interaksi dengan orang lain, gak suka sendirian. Yup, merekalah kaum ekstrovert!

Untungnya pandemi Covid-19 terjadi di zaman sekarang. Meski kita dipisahkan oleh keharusan physical distancing, masih ada teknologi yang bisa menyatukan kita. Gak usah disebut, di kepalamu pasti langsung muncul berbagai nama aplikasi yang bisa menghubungkanmu dengan orang lain walau tetap berada di rumah.

Selain obral-obrol, masih banyak kok yang bisa kamu lakukan di rumah. iya, baca buku, nonton film, dari tidur ayam sampai tidur badak. Pokoknya buanyak!
Tapi ada 5 hal yang mungkin belum terpikirkan olehmu, untuk dilakukan selama Ramadan #DirumahAja saat ini. Apa aja? Scroll perlahan!

Baca Tafsir Al-Qur’an

Kontes Blog #THRBigRamadhanSale2020 Bersama Shopee
Tangkapan layar salah satu aplikasi tafsir Al-Qur'an

Wooo, sok saleh! Aku percaya, kamu yang mampir ke sini punya target khatam Al-Qur’an setiap Ramadan, minimal satu kali. Mudah-mudahan tercapai ya!

Tapi terpikir gak untuk baca tafsirnya? Bukan sekadar terjemah. Ini sebenarnya penting banget supaya kita tidak terjebak pada pemahaman tekstual.

Banyak hoaks beredar yang mengait-ngaitkan kejadian dengan ayat Al-Qur’an dan atau hadis. Salah satunya karena ayat atau hadis tersebut hanya dipahami berdasarkan terjemahannya saja. Padahal sudah ada ulama yang sudah susah-susah menafsirkan untuk umat.

Ulama ahli tafsir ini bukan “sekadar” ustaz biasa. Mereka adalah ahli ilmu yang paham bahasa Arab, mengerti sejarah, dan gak usah ditanya berapa banyak ibadah mereka. Kita sih gak nyampe seujung kuku kelingking kakinya.

Jadi gak usah sok-sok ikut menafsirkan, cukup baca yang sudah dibuat para ulama itu saja. Lebih selamat, dan mudah!

Eh bentar, jangan-jangan ada yang bahkan gak baca terjemah Al-Qur’an? Emangnya gak penasaran dengan yang kita baca tiap hari? Sekali-kali tadabur ya, Bos!

Main Gim

Kontes Blog #THRBigRamadhanSale2020 Bersama Shopee
Tangkapan layar gim yang sudah tamat, padahal Ramadan belum setengahnya, aduh!

Kamu lebih terbiasa melihat kata “game” kan? Sudah dibakukan jadi gim, Bambank! 

Gak usah diajarin, paling juga sudah ngegim duluan! Oke, tapi siapa tahu kan, kamu belum tahu bahwa gim ternyata punya sisi positif yang ilmiah juga.

Mark Griffiths, profesor studi perjudian dari Nottingham Trent University, Inggris, menyebutkan bahwa gim dapat membuat otak lebih rileks (medical daily). Menurutnya, gim strategi dapat membantu memperbaiki memori, kecepatan reaksi, meningkatkan nalar, dan kesadaran spasial.

Bahkan ilmuwan dari University of Wisconsin-Madison pernah menghasilkan penelitian, bahwa anak-anak dapat lebih berempati dengan bermain salah satu gim bergenre adventure.

Yang jelas dalam bermain gim, kita tetaplah yang memegang kendali. Bukan manusia yang dikuasai gawai, tapi sebaliknya.

Menulis Asal-asalan

Kontes Blog #THRBigRamadhanSale2020 Bersama Shopee
Cerita asal-asalan anakku. Kalau emaknya nulis sudah gak asal lagi, yeay!

Ini untuk kamu yang belum biasa menulis, karena pernah coba tapi gak berhasil. Tulis apa saja yang muncul di benak, hal remeh temeh apa saja.

Jangan terlalu dianggap serius supaya tidak jadi beban. Tapi jangan remehkan, karena kamu akan kaget melihat hasilnya setelah Idulfitri nanti. Atau paling jauh, setelah pandemi selesai. 

Pandemi duluan selesai atau Idulfitri lebih dulu datang?

Misalnya kamu melihat ke jendela, di luar ada kambing tetangga yang sedang main dengan kucing. Lalu kamu punya pertanyaan, apa sih rasanya eek kambing?

Nah, tulis aja itu! Beneran, tulis!

Sekacau-kacau pikiran, sejelek-jelek prasangka, mimpi aneh, cita-cita nyeleneh, pokoknya tulis saja. Tapi jangan dibagikan ke medsos, jangan dijadikan status atau apa pun. Cukup kamu sendiri yang baca.

Nantinya, tulisan ngasal itu kamu jadikan ebook! Banyak kok aplikasinya di play store. Gak harus dijual, minimal bisa dibaca keturunanmu 20 tahun lagi. Ebook “Kisah Nenek Kalian di Masa Pandemi”.

Percaya deh, kalau selama Ramadan kamu menulis, asal-asalan sekalipun, untuk selanjutnya kamu akan mampu menulis yang lebih terstruktur. Nah, banyak kok laman yang bisa menampung ide dan imajinasimu nantinya. Dibayar!

Jangan buru-buru mikirin duit, proses dulu, Bray ….

Review Barang Unik

Kontes Blog #THRBigRamadhanSale2020 Bersama Shopee
Bahan review murah meriah

Yang ini bisa disesuaikan dengan minat dan kemampuanmu. Kalau kamu lebih suka nulis, ya review barang dengan tulisan. Kalau suka ngoceh, sila ngevlog dari rumah.

Aku sendiri baru mau coba. Barang-barangnya sudah kupesan di Shopee, tinggal tunggu kang paket teriak permisi dari balik pintu. 

Kenapa ke Shopee

Pertama, karena dijamin aman. Dana yang kita bayarkan akan sampai ke pembeli setelah kita menerima barang dengan baik, tanpa komplain.

Kedua, bisa COD. Ya namanya emak-emak, biaya adm bank 6.500 juga jadi beban pikiran. Setidaknya aku normal sebagai perempuan.

Ketiga, gratis ongkos kirim. Nah ini biangnya! Kita titip barang belanjaan ke tetangga aja gak enak cuma terima kasih doang, mesti dilebihin tempe atau apa kek buat dia. Lah ini, dari Jawa sana ke Jambi gretong! Mantul pokoknya.

Dan masih banyak alasan lain, yang sudah kupastikan juga ke teman-teman yang biasa belanja online. Menurut mereka, Shopee memang yang paling oke.

Apa manfaat review barang unik? Kalau barangnya bagus, kamu bisa ikutan jadi reseller. Kalau gak bagus, minimal kita sudah membantu orang lain untuk hati-hati sebelum membeli. Jadi, kalian tunggu saja hasil reviewku di blog ini ya!

Nebeng Pahala Sedekah

Kontes Blog #THRBigRamadhanSale2020 Bersama Shopee
Salah satu iklan donasi di Instagram

Mulai bosan? Lihat yang lebih tidak beruntung dari kita. Kalau kamu buka medsos atau saat main gim, biasanya di antara iklan yang lewat, ada iklan donasi. Canggih juga ya, sedekah pakai iklan. 

Kalau kamu punya rezeki lebih, bolehlah berbagi. Gak harus banyak kok. Mumpung Ramadan, pahalanya ratusan kali lipat. Atau minimal, kalau gak bisa bantu donasi, kamu juga bisa bantu bagikan info tersebut ke orang lain. 

Lakukan tiap hari! Setiap orang berdonasi lewat info darimu, kamu kebagian pahalanya. Masih ingat kan kata ustaz dulu waktu kita kecil? Alhasil, aplikasi chatting atau medsos yang kita punya bisa jadi alat beramal juga.

Selain melatih bersyukur, amal sederhana ini bisa jadi bahan wasilah untuk kita minta pada Allah agar wabah Covid-19 segera berakhir. Kita kan gak tahu, di antara amal kita yang seiprit, mana yang besar di sisi Allah. 

Yuk, lakukan kelimanya dari sekarang! 

14 comments:

  1. Apa lagi Enny di Tebo, Shopee sangat membantu syekali karena ongkir kesini dari Jakarta 40-50 ribuan. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. kawan kk yg di jakarta pun pakenya shopee juga dek, keren emang!

      Delete
  2. Aku beli online juga d shopee..
    Lebih murah, banyak promo, dan ada cashback..
    Pertimbangan banget buat perempuan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah keliling2 toko, cek review, cari yg lebih murah, haha

      Delete
  3. Yaampun semuanya memang antimainstream nih. Mulai dari tafsir, ini bacaan berat bagiku. Hingga nulis asal2an juga agak aneh karena biasanya nulis harus beban bgt supaya bagus. Review barang unik juga gak kalah aneh. Haha. Bisa banget dicoba. Eh ada kata baku baru ya, GIM.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak sia2 kan mampir ke sini? hohoho

      Delete
  4. Di rumah saya ada satu paket buku tafsir, satu bukunya aja tebal, dan itu belum semuanya terbaca. Masih sedikit-sedikit gitu, harusnya memang harus dijadwalkan ya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yg cetakan gitu aku juga ngeri, hihi. kitab2 punya suami aja berderet dah capek duluan liatnya. biasanya pas abis tilawah baca asbabun nuzul yg ada di bawah halaman, nah nanti disambung ke tafsir di apk. tadabur kelas receh sih

      Delete
  5. Wah keren idenya, iya kadang kita harus nulis tanpa batas ya buat melatih imajinasi...Shopee andalan banyak orang nih di masa pandemi..

    ReplyDelete
  6. Ide yang bagus nih buat ngisi waktu di rumah aja, apalagi bulan Ramadhan. Asal pas buka shopee jangan kelewatan aja, saking banyaknya THR Ramadhan nanti malah belanja mulu seharian terus gak ngaji-ngaji 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. belanja mulu, pake daon? wkwkwk

      Delete
  7. Benar-benar anti mainstream idenya. Saya aja nggak kepikiran! Harus kita viralkan demi kebaikan bersama. Siapapun kamu, jangan sungkan posting tulisan ini ke media sosial, ya. Indonesia butuh banyak orang-orang kreatif inspiratis seperti penulis blog ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow, komennya anti mainstream! wkwkwk

      Delete