10 Penemuan Dunia yang Tidak Bisa Dijelaskan Siapa pun

, , 2 comments
Kamu sering dengar kajian tentang kiamat? Kalau kamu menyadari bahwa dunia ini penuh dengan misteri, dan kurang dari 10%-nya yang berhasil diungkap, rasanya sayang banget kalau dunia buru-buru hancur.

Ibarat teka-teki di kelas yang belum terpecahkan, tapi waktu keburu habis. Ya sudah, mending kita ke kantin! Iya, gak nyambung. Mending kamu baca 10 penemuan dunia yang tidak bisa dijelaskan siapa pun di bawah ini.

#1 Burung Moa

10 Penemuan Dunia
brightside.me
Bukan ceker yang dijepret dari jarak dekat, foto di atas adalah cakar burung moa yang diawetkan entah dengan cara apa. Burung moa hidup di Selandia baru, tapi punah sejak sekira tahun 1500.

Ilmuwan abad 20 menemukan cakar burung ini tapi belum tahu bagaimana, untuk apa, dan siapa yang mengawetkannya selama berabad-abad.

#2 Kuil Saksaywaman

10 Penemuan Dunia
brightside.me
Bisanya dalam pembuatan candi, bangunan berbahan bata perekatnya dihasilkan dari rontokkan bata yang saling digesekkan, kemudian diberi air. Sedangkan candi yang berbahan batu, dilakukan dengan teknik sambung. Batu dipahat sedemikian rupa agar bisa saling mengisi dan mengunci.

Tidak demikian dengan Kuil Saksaywaman di Peru. Bebatuan dindingnya merekat kuat tanpa celah, bahkan sehelai kertas pun tidak bisa disisipkan. Kamu gak perlu mikir berat-berat, para ahli saja belum tahu dengan apa orang-orang jadul merekatkannya.

#3 Gerbang Matahari

10 Penemuan Dunia
brightside.me
Gerbang ini ditemukan di Tiwanaku, Bolivia. Para arkeolog percaya, Gerbang Matahari merupakan peninggalan kerajaan besar pada milenium pertama masehi. Tapi sampai saat ini, belum banyak informasi yang dapat digali dari sana. Padahal hari sudah mau kiamat!

#4 Gua Longyou

10 Penemuan Dunia
brightside.me
Gua yang terdapat di Cina ini, dari bentuknya diyakini dikerjakan oleh manusia. Tapi tidak ditemukan catatan sejarah apa pun mengenai keberadaannya.

#5 Obelisk Pending

10 Penemuan Dunia
brightside.me
Jangan tanya apa itu obelisk! Yang bukan anak IPS pun tahu, karena sejak SMP kita mempelajarinya. Dan jangan biasakan menunda-nunda pekerjaan, supaya tidak seperti obelisk di Mesir ini.

Dibuat dalam ukuran besar, diukir bagus-bagus, lalu ditinggal. Sepertinya batu itu retak sehingga obelisk tidak bisa berdiri. Bukan pending, tapi gagal.

#6 Kota Bawah Air Yonaguni

10 Penemuan Dunia
brightside.me
Seorang instruktur senam di Jepang, Kihachiro Aratake, menemukan kota kuno bawah laut saat ia sedang menyelam. Kota ini dipercaya berusia sekira 10 ribu tahun, lebih tua dari piramida Mesir.

Gimana kalau itu kota yang diazab? Seperti Dukuh Legetang di Indonesia.

#7 Mohenjo-daro

10 Penemuan Dunia
brightside.me
Tahun 1922, seorang arkeolog India, RD Banerji, menemukan reruntuhan kuno di salah satu pulau di Sungai Indus. Sudah dilakukan banyak penggalian, tapi kenapa kota itu hancur dan di mana penghuninya, belum terpecahkan hingga kini.

#8 L'Anse aux Meadows

10 Penemuan Dunia
brightside.me
Mitos bahwa Christopher Columbus adalah penemu Benua Amerika terbantahkan berkat penemuan situs arkeologi ini. Bangsa Viking yang berasal dari Skandinavia sudah lebih dulu mencapai Amerika Utara, jauh sebelum Columbus lahir.

Yang jadi misteri, kenapa nama Christopher Columbus yang tercatat sebagai orang pertama yang mendatangi Amerika? Padahal L'Anse aux Meadows di Kanada pernah dijadikan pemukiman Viking sekira 1000 tahun lalu.

#9 Bola Batu

10 Penemuan Dunia
brightside.me
Para pekerja yang sedang membersihkan hutan dan perkebunan pisang di Kosta Rika menemukan ratusan bola batu raksasa berbentuk bulat nyaris sempurna. Peristiwa itu terjadi di tahun 1930-an, tapi sampai sekarang belum ada penjelasan pasti siapa yang membuat dan untuk apa bola-bola tersebut.

Sempat berembus mitos bahwa di dalamnya terdapat emas, maka orang-orang kemudian memecahkan beberapa bola batu, tapi tidak menemukan apa pun. Apakah itu kerjaan raksasa gabut?

#10 Terowongan Bawah Tanah

10 Penemuan Dunia
brightside.me
Banyak penemuan arkeologi yang membuktikan bahwa manusia zaman dulu bukan makhluk purba yang pekerjaannya hanya berburu dan meramu. Termasuk terowongan zaman batu yang membentang sepanjang Eropa ini.

Coba kamu buka peta Eropa, terowongan bawah tanah yang fotonya kamu lihat di atas itu, jaringannya terhubung dari Skotlandia hingga ke Turki! Arkeolog pun geleng-geleng. Sampai kini masih misteri, untuk apa mereka membuat terowongan?

Jangan buru-buru pindah halaman, Gengs! Masih ada penemuan yang mengandung misteri; di mana “11 triliun (yang kemarin) datanya di kantong saya”?

Rewrite dari brightside.me

2 comments:

  1. Wk wk wk

    Jangan buru-buru pindah halaman, Gengs! Masih ada penemuan yang mengandung misteri; di mana “11 triliun (yang kemarin) datanya di kantong saya”?

    ReplyDelete
  2. keren nih....saya curiga masih ada patung terracota, sama candi di padang yang masih ada di kantong nih....keluarin donk..hehhee

    salam kenal

    ReplyDelete