8 Hewan Ini Berumur Panjang Melebihi Manusia

, , No Comments
hewan panjang umur

HEWAN BERUMUR PANJANG. Kamu yang punya hewan peliharaan tentu berharap mereka berumur panjang, tapi mungkin tak terpikir jika usia mereka bahkan melebih usiamu. Tul gak?

Umumnya siklus hidup hewan jika dibandingkan dengan manusia akan berbeda masa dengan alur yang mirip. Misalnya seorang Indonesia, dia akan lahir, sekolah, kerja, nikah, lalu mati. Maka hewan lebih kurang juga begitu.

Karena hewan tidak sekolah, maka alur mereka lebih kurang; lahir/menetas, tumbuh, kawin, mati. Jika manusia rata-rata kehabisan jatah hidup di kisaran usia 70-80 tahun, hewan sangat tergantung dengan jenisnya.

Nyamuk, misalnya, hanya hidup sampai sekira 56 hari. Tapi menjelang ajal mereka sudah punya begitu banyak keturunan. Lah kamu bertahun-tahun masih jomlo. Hus!

Hamster hanya berusia 2-4 tahun. Dipelihara hanya untuk berduka, baru kemarin diajak main sekarang sudah tinggal kenangan. Nah, kalau kamu mau memelihara yang lebih “awet”, bisa pilih hewan-hewan dari jenis yang ada di bawah ini.

Walau di sini disebutkan per nama, tapi setidaknya mereka mewakili jenisnya. Ada yang bahkan berusia lebih dari 100 tahun, entah dia yang dipelihara atau dia yang memelihara tuannya.

#1 Hariet, 176 Tahun

hewan berumur panjang
brightside.me
Hariet adalah seekor kura-kura betina dari Kepulauan Galapagos. Sebelumnya ia sempat diberi nama Harry, karena dikira jantan. Sampai kemudian ilmuwan mengetahui jenis kelamin Harriet yang sebenarnya. 
Harriet tinggal di sebuah kebun raya di Brisbane, Australia, selama 99 tahun. Lalu dipindahkan ke Australia Zoo, kebun binatang milik Steve Irwin, dan mati di sana pada Juni 2006.

#2 Ming, 507 Tahun

hewan berumur panjang
brightside.me
Diberi nama Ming karena kerang ini diperkirakan lahir pada masa Dinasti Ming di tahun 1499. Klaim bahwa Ming berusia hingga 500-an tahun bukan berdasarkan ramalan ya, Gengs.
Para ahli dari University of Bangor, Wales, melakukan analisis dendrokronologi, yaitu meneliti usia hewan atau tumbuhan berdasarkan tebal lingkaran, cincin pada cangkang, dll. Dari situlah diyakini Ming berusia 507 tahun pada 2006, ketika ia ditemukan di perairan Islandia.

#3 Charlie, 100 Tahun

hewan berumur panjang
brightside.me
Sudah kucari di KBBI kata baku untuk macaw, tapi belum ketemu. Charlie adalah seekor macaw, jenis burung dari tribus arini yang merupakan anggota keluarga Psittacidae. Nasabnya aja ribet.
Pemiliknya, Peter Oram, mengklaim Charlie berusia 100 tahun pada 2004 lalu. Ketika usianya 114 tahun, Charlie meninggalkan kita semua di Heathfield, Inggris.
Baca juga: "Hewan-hewan yang Menyerupai Makanan"

#4 Granny, 105 Tahun

hewan berumur panjang
brightside.me
Dikenal pula dengan nama J2. Barangkali Granny adalah sapaan karena faktor usianya, nenek. Sebelumnya para peneliti yakin J2 berusia 105 tahun. Tapi pada penelitian berikutnya, diperkirakan J2 lahir pada tahun 1960.
Meskipun jika penelitian yang benar adalah yang belakangan, paus pembunuh ini tetap lebih tua darimu kan?

#5 Tu’i Malila, Lebih dari 188 Tahun

hewan berumur panjang
brightside.me
Kura-kura ini dibawa oleh James Cook, seorang penjelajah Inggris ke Tonga pada tahun 1777 sebagai hadiah bagi keluarga kerajaan. Selama 188 tahun Tu’i Malila tinggal di sana, dan mati pada tahun 1966.
Selama hidupnya, Malila kerap bertemu dengan tokoh dan selebritas dunia. Salah satunya Ratu Elizabeth II.

#6 Poncho, 93 Tahun

hewan berumur panjang
brightside.me
Burung ini adalah bintang film. Kamu mungkin pernah nonton film 102 Dalmatian, Ace Venture, dan Dr. Doolittle. Poncho ada di tiga film tersebut!
Pada tahun 2018 Pocho dirawat di Abbie’s Pets & Exotics, Shrewsbury, Inggris, dan mati di sana pada usia 93 tahun.

#7 Lin Wang, 86 Tahun

hewan berumur panjang
brightside.me
Lin Wang adalah gajah Asia yang lahir pada 1917. Ia ikut Perang Sino bersama pasukan Cina melawan Jepang selama 1937-1945. Di tahun 1952, Lin Wang dibawa ke Kebun Binatang Taipei di Taiwan dan mati di sana pada 2003.

#8 Jonathan, Lebih dari 188 Tahun

hewan berumur panjang
brightside.me
Berasal dari keluarga kura-kura raksasa Seychelles. Lahir pada 1832, dan masih hidup sampai sekarang di Saint Helena. Tak hanya panjang umur, Jonathan juga beruntung karena ia tinggal di kediaman resmi gubernur dan menjadi tanggungan pemerintah setempat.

0 komentar:

Post a Comment