10 Kisah Unik Dunia, Bisa Dipercaya Gak Ya?

, , 11 comments
Ada banyak hal di dunia ini yang masih misteri. Ambil contoh, laut. Seluas itu perairan di Bumi, yang sudah diketahui ilmuwan hanya lima persennya saja. Sisanya?

Jadi bukan hal aneh kalau kejadian zaman dulu pun masih membingungkan kita yang awam. Ada foto, ada keterangan, dan kita masih bertanya-tanya, apa iya?

Di zaman hoaks dengan gampangnya seliweran, kita kadang jadi bingung, mana info yang benar, mana yang ngasal. Sebab untuk membuktikannya repot, menerimanya begitu saja juga agak berat. 

Termasuk 10 kisah unik di dunia berikut ini, apa kamu langsung percaya?

1. Foto Langka Abraham Lincoln

Kisah Unik Dunia
klyker
Kamu tentu kenal dong foto om-om di atas! Gak kenal juga gak dosa. Toh namanya sudah tertulis gitu, tinggal baca.
Meski sudah sering melihat fotonya, tapi mungkin baru kali ini kamu melihat Abraham Lincoln dengan peralatan yang aneh begitu.
Kabarnya, foto tersebut diambil sekira tahun 1864, yang membuktikan bahwa ia adalah seorang ghostbuster. Tetapi setelah cari info sana-sini, ternyata foto tersebut merupakan hasil editan.
Ditambah fakta bahwa Lincoln telah menjadi presiden Amerika pada tahun 1861. Masa presiden nguber-nguber hantu!
Fyi, Abraham Lincoln adalah presiden pertama Amerika yang tewas dibunuh. Ia ditembak pada tahun 1864 di teater Ford, Washington.

2. Jam Alarm Manusia

kisah unik dunia
klyker
Kisah unik dunia berikutnya berasal dari warga biasa. Adalah Mary Smith, perempuan dari Brenton Street yang bekerja di Limehouse Fields, London pada rentang 1870-1945.
Tugasnya bisa dibilang nyeleneh di masa sekarang, yaitu menembakkan kacang polong ke jendela pekerja untuk membangunkan mereka. Para pekerja ini pastilah orang-orang yang sensitif, cuma dengan kacang polong bisa bangun.
Btw siapa yang membangunkan Bu Mary ya?

3. Anna Mae Si Manusia Nyaris

kisah unik dunia
klyker
Anna Mae Dickinson, yang fotonya kamu lihat di atas itu konon selamat dalam tragedi Titanic saat usianya 8 tahun, tapi ayahnya tewas.
Pada usia 11 tahun, Anna Mae kehilangan bibinya pada peristiwa torpedo Lusitania, dan ia selamat.
Pada peristiwa ledakan Hindenburg yang terjadi saat usianya 31 tahun, sepupu Anna Mae menjadi salah satu korban, sedang ia sendiri selamat.
Ketika Pearl Harbor dibom Jepang, Anna Mae selamat sedangkan keponakannya tewas. Saat peristiwa 9/11, apartemennya ikut hancur dan ia selamat. Kamu boleh percaya boleh enggak. Sebab yang gak percaya juga banyak.
Menurutku pribadi bisa saja sih. Contohnya kita sendiri, selamat dari Perang Dunia II, dari serangan 9/11, dan Tsunami Aceh. Yup, karena belum lahir dan tidak di lokasi kejadian.

4. “Hadiah” untuk Kaum Duafa

kisah unik dunia
klyker
Kamu mungkin belum pernah mencicipi tinggal di rumah yang dindingnya penuh tempelan koran, aku pernah. Tapi keluarga pada foto di atas dan orang-orang miskin semasanya lebih ngenes lagi.
Mereka biasa membuat pakaian dari karung bekas tepung. Mengetahui hal tersebut, perusahaan tepung kala itu kemudian mengemas produk mereka dengan motif yang lebih cantik. Tujuannya, agar pakaian orang-orang miskin terlihat lebih menarik.
Selain unik, kisah ini juga jadi sejarah dunia yang mengharukan ya. Tapi gak terlalu sih.

5. Heroin Dijual Bebas

kisah unik dunia
klyker
Antara 1890-1910, heroin dijual bebas sebagai obat batuk untuk anak. Nyatanya heroin memang memiliki efek penyembuhan yang luar biasa. Nama heroin sendiri berasal dari bahasa Jerman, heroisch yang memiliki makna kepahlawanan.
Penamaan Heroin semakin tepat karena obat batuk keluaran Bayer ini tak hanya mampu mengobati batuk, tapi juga menyembuhkan banyak orang Amerika, termasuk prajuritnya, yang kecanduan morfin.
Ibarat menghilangkan aroma petai dengan makan jengkol, ternyata mereka yang sembuh dari kecanduan morfin malah jadi kecanduan heroin. Itulah alasan yang kemudian membuat narkotika racikan Heinrich Dreser itu kemudian jadi obat terlarang.

6. Mary Bell, Anak Pelacur yang Menjadi Psikopat

kisah unik dunia
klyker
Kamu yang imajinatif pasti ngeri sekaligus jijik membaca kisah tentang Mary Flora Bell. Jadi aku ada alasan menuliskannya sedikit saja.
Ia adalah perempuan yang lahir dari seorang pelacur pada tahun 1957 di Inggris. Ketika usia Mary 10 tahun, ia mencekik anak laki-laki usia 4 tahun.
Di usia 11, ia bersama seorang teman membunuh anak berusia 3 tahun. Setelah membunuh, bocah gemblung ini sempat kembali pada korban untuk memutilasi kelamin dan mengukir huruf M pada perutnya.
Karena kejahatannya, Mary Bell dihukum 12 tahun penjara. Selama ia dipenjara, ibunya menjual cerita pada media, bahkan membuat-buat surat palsu yang seolah adalah tulisan tangan Mary.
Mungkin karena faktor itulah, pemerintah Inggris kemudian justru bersimpati pada Mary. Setelah dibebaskan, ia diberi hak mendapatkan identitas baru, bahkan anak dan cucunya turut mendapatkan anonimitas.
Sebab kejahatan Mary di masa kanak-kanak ditambah kisah lebay dari ibunya membuat media Inggris terus mencari keberadaan Mary Bell untuk mengulik kehidupannya. Hal tersebut tentu saja bisa merusak psikis, bahkan membuat sisi psycho Mary muncul lagi.
Media sih taunya traffic! Kayak bloggerlah. Eits.
Bukan sekadar alasan media yang membuat pengadilan dan pemerintah Inggris bersimpati pada Mary Bell. Pada dasarnya ia adalah korban kegilaan ibu kandungnya, Betty. Sebagai anak pertama, Mary kerap menjadi korban seks dan kekerasan sang ibu.
Betty menurut perkiraan adalah pelaku dominatrix, sejenis sadomasokis yang ia sebagai perempuan adalah sosok dominan pada tindak seksual tersebut. Intinya psikopat seksuallah!
Keluarga Betty sendiri mengaku kerap memergoki emak gak beres itu melakukan aneka percobaan pembunuhan pada anaknya. Pengalaman masa kecil yang sangat buruk menyebabkan kerusakan otak Mary pada bagian korteks prefrontal, area yang berhubungan dengan keinginan dan kemampuan mengambil keputusan.
Cerita tentang Mary Flora Bell adalah kisah unik dunia yang paling miris ya, Gengs.

7. Boneka dari Kedalaman Tanah

kisah unik dunia
klyker
Juli tahun 1889, sebuah boneka ditemukan di Idaho saat proyek pembuatan sumur. Yang unik, meski benda ini jelas hasil buatan tangan manusia, tapi ia didapat dari kedalaman hampir 100 meter di bawah tanah!
Coba kamu berjalan kaki sejauh 1 km, bayangkan jalur yang kamu lalui itu terbentang secara vertikal. Itulah jarak dari permukaan tanah dengan tempat ditemukannya boneka tersebut. Alhasil penemuan boneka ini masih menjadi misteri dunia.
Mungkin orang-orang Idaho (notabene bagian dari AS) belum pernah dengar kisah negeri yang diazab ya!

8. Balok Misteri

kisah unik dunia
klyker
Aneh tapi nyata, beberapa peti persegi empat sempurna tiba-tiba ditemukan di sepanjang pantai Oregon!
Peristiwa itu terjadi pada tahun 2013. Orang-orang mengaitkan peti-peti tersebut dengan UFO dsb, karena begitu misterius. Kotak solid tanpa celah dan jahitan, tidak bisa dibuka bahkan sekadar dipindahkan.
Setelah lama jadi misteri, ternyata menurut berbagai sumber selanjutnya, peti-peti itu hanyalah pelampung dermaga yang hanyut. Receh sekali!

9. Bisa Berjalan Meski Tanpa Kaki

kisah unik dunia
klyker
Kamu tentunya sudah tahu patung kepala yang berserakan di Pulau Paskah. Pada tahun 2012 dilakukan penggalian yang akhirnya menemukan fakta bahwa patung tersebut ternyata juga memiliki tubuh.
Ketika terus digali, ternyata tidak ditemukan kaki apalagi sepeda. Mungkin mereka semua belum bisa menjawab nama-nama ikan.
Tapi hebatnya, patung-patung itu bisa berjalan. Caranya bukan melalui kejadian aneh kok, ya dibantu manusialah.
Pada video di bawah kamu bisa lihat bahwa kita sebaiknya tutup mata saat menempuh sebuah risiko, seperti patung yang ditutup matanya ini, biar dia gak takut jatuh. Hwahaa.

10. Naskah Asli Proklamasi Pernah Dibuang ke Tempat Sampah

kisah unik dunia
gramedia
Yang ini mungkin tak termasuk kejadian aneh di dunia, tapi kamu harus bisa mengambil pelajaran dari apa yang dilakukan Sayuti Melik setelah mengetik naskah proklamasi pesanan Soekarno.
Karena mengira tak bakal diperlukan lagi, tokoh dengan nama asli Mohamad Ibnu Sayuti ini kemudian membuang kertas tulisan tangan presiden itu ke tempat sampah.
Oleh BM Diah, tokoh pers asal Aceh, kertas tersebut diambil dan disimpannya. Tapi versi lain menyebut, Soekarno sendiri yang meminta naskah asli itu, lalu Sayuti Melik mencarinya dan menyetrika terlebih dahulu untuk merapikan kertas yang sudah ia buang itu.
Yang namanya arsip, jangan sembarangan buang, Bro! Apalagi tulisan tangan presiden, itu barang mahaaal.

Begitu manteman, kisah unik dunia yang disajikan iluvtari kali ini. Dikembangkan dari sumber utama ditambah referensi lainnya. Masih banyak kisah menarik lain yang bisa kamu simak.

Gak ada lonceng yang perlu kamu klik, cukup masukkan emailmu di kolom samping (atau bawah untuk tampilan HP), biar tak tertinggal postingan iluvtari berikutnya!

11 comments:

  1. Ngakaak!! Jadi itu rupanya filosofi si patunh ditutup matanya. Sempat mikir kenapa sepeda dan nama-nama ikan. Eh ternyata... wkwkwk!

    Oh ya kak, jadi Anna Mae itu ada di lokasi kejadian ga sih waktu dia selamat? 😅

    ReplyDelete
  2. Gak tau juga, bbrp sumber cuma bilang kebanyakan org gak percaya krn pengakuan dia Kelewat emejing

    ReplyDelete
  3. duluu pas aku masih SMP baca beginian di internet masih percaya. sekarang udah enggak wkwk kecuali ada alamat museumnya misalnya baru deh kroscek2 lagi

    ReplyDelete
  4. Cerita soal teks naskah proklamasi sampai saat ini belum terkuak kebenarannya, sayang banyak sejarah yang tertutupi atau bahkan sengaja ditutupi hufftt

    ReplyDelete
  5. Banyak dikisahkan di YouTube nih,
    Kalo sedang santai dan butuh hiburan pasti deh buka channel mereka

    ReplyDelete
  6. Kisah-kisah unik gini lumayan jadi hiburan saat dibaca santai. Soalnya ya gitu, masih belum jelas juga kebenarannya.

    ReplyDelete
  7. Cerita begini lumayan menghibur sih, intinya jangan asal percaya. Jadi ingat buku 111 Konspirasi Dunia yang mengerikan tapi juga ada yg kayak dipas-pasin, haha. Btw, poin ketujuh itu ditemukan di kedalaman 100 meter atau 1.000 m, Kak? Kok disuruh jalan 1 km :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya bener, 1000 kayaknya. tapi mau edit kudu cek sumber lagi, kapan2 deh. wkwk

      Delete
  8. Aku sukaaaa...
    Tulisannya kaya nonton salah satu acara di Trans 7 yaa...masih ada gak acara itu?
    Uniknya...kalau bahasa kak Tari asik banget.
    Berasa banget ikutan deg-degan waktu cerita Mary Bell.

    Ini kalo diadaptasi jadi film, mungkin kaya Jigsaw gitu gak sii???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita sama2 lupa pada tv, aku juga gak tau masih ada atau gak itu acara. biasanya di luar dah ada aja tu filmnya, kita aja mungkin yg belum nemu. thx apresiasinyaaa

      Delete
  9. Wqh informatip bgt nih. Tapi yang anak kecil jadi psikopat itu ngeri y

    ReplyDelete