Bacaan Surah al Kahfi 1-10, Latin dan Artinya

, , 7 comments
Assalamu'alaykum! Kita langsung bahas bacaan surat al Kahfi latin dan artinya, yuk! Keutamaanya sudah pernah kutulis sebelumnya di blog keroyokan. Sekarang kita fokus ke sepuluh ayat pertama surah al Kahfi.

Bacaan Surah al Kahfi 1-10

Alhamdulillah sekarang makin banyak yang paham bahwa hari Jumat identik dengan surah al Kahfi, bukan Yasin. Baca surah Yasin juga boleh, surah apa pun oke. Tapi berdasarkan dalil yang kuat, ada banyak faedah membaca surah al Kahfi pada malam dan hari Jumat.

Selain itu, sebagaimana yang kita tau, menghafal sepuluh ayat pertama dari surah al Kahfi juga berguna untuk menjauhkan kita dari fitnah Dajjal. Tokoh yang setiap nabi mewanti-wanti umatnya akan kedatangan makhluk ini.

Ada sebagian orang yang karena banyak faktor, kesulitan menghafal sepuluh ayat tersebut. Jadi di sini akan kutuliskan bacaan latin surah al Kahfi untuk membantu siapa saja yang kesulitan menghafal dari tulisan Arabnya.

Alih-alih menyerah, kita harus berusaha dong! Karena Dajjal itu bukan mitos, dia pasti datang. Kapan pun dia muncul, kita harus siap. Btw kenapa cuma sepuluh ayat? Karena yang disebutkan hadits memang cuma sepuluh ayat pertama. 

Tulisan latin yang kubuat di bawah tidak mengikuti kode-kode transliterasi. Bukan apa-apa, akunya nggak hafal. Jadi pilihan hurufnya masih mengikuti aturan lama, seperti dza, tsa, dst. Kalau panjang, huruf vokalnya kudobel. Kalau tasydid, huruf konsonan yang didobel. Keterangan lain ada di bawah.

Surah Al Kahfi 1-10

Tulisan Arab Surat Al Kahfi

Bacaan Surah al Kahfi


Bacaan Latin Surat Al Kahfi

  1. Alhamdulillaahilladziii anzala ‘alaa ‘abdihil kitaaba walam yaj’allahuu ‘iwaja.
  2. Qoyyimal liyundziro ba,sansyadiidam milladunhu wa yubasysyirol mu,miniinalladziina ya’maluunashshoolihaati anna lahum ajron hasanaa.
  3. Maa kitsiina fiihi abadaa.
  4. Wa yundzirolladziina qoolut takhodzallaahu waladaa.
  5. Maa lahum bihii min ‘ilmiwwalaa li aabaaaihim. Kaburot kalimatan takhruju min afwaahihim iyyaquuluuna illaa kadzibaa.
  6. Fala’allaka baakhi’un nafsaka ‘alaa aatsaarihim illam yu,minuu bihaadzal hadiitsi asafaa.
  7. Innaa ja’alnaa maa ‘alal ardhi ziinatallahaa linabluwahum ayyuhum ahsanu ‘amalaa.
  8. Wa innaa lajaa’iluuna maa ‘alayhaa so’iidan juruzaa.
  9. Am hasibta anna ashhabal kahfi warroqiimi kaanuu min aayaatinaa ‘ajabaa.
  10. Idz awal fityatu ilal kahfi faqooluu robbanaaa aatinaa milladunka rohmataw wahayyi,lanaa min amrinaa rosyadaa.

Keterangan:

  • Aaa dan iii (tiga huruf vokal) menandakan panjang bacaan yang lebih panjang dari mad biasa.
  • ‘ (kutip atas) menandakan huruf ain. , (koma) menandakan hamzah.
  • Meski sudah diupayakan sesuai tajwid, ada baiknya dibaca sambil mendengar mp3 atau video oleh ustaz yang mahir (imam masjidil haram, misalnya). 

Terjemah Surah al Kahfi

  1. Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepada hamba-Nya dan Dia tidak menjadikannya bengkok.
  2. Sebagai bimbingan yang lurus, untuk memperingatkan akan siksa yang sangat pedih dari sisi-Nya dan memberikan kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan kebajikan bahwa mereka akan mendapat balasan yang baik.
  3. Mereka kekal di dalamnya untuk selama-lamanya.
  4. Dan untuk memperingatkan kepada orang yang berkata, “Allah mengambil seorang anak.”
  5. Mereka sama sekali tidak mempunyai pengetahuan tentang hal itu, begitu pula nenek moyang mereka. Alangkah jeleknya kata-kata yang keluar dari mulut mereka, mereka hanya mengatakan (sesuatu) kebohongan belaka.
  6. Maka barangkali engkau (Muhammad) akan mencelakakan dirimu karena bersedih hati setelah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al-Qur'an).
  7. Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya, untuk Kami menguji mereka, siapakah di antaranya yang terbaik perbuatannya.
  8. Dan Kami benar-benar akan menjadikan (pula) apa yang di atasnya menjadi tanah yang tandus lagi kering.
  9. Apakah engkau mengira bahwa orang yang mendiami gua, dan (yang mempunyai) raqim itu, termasuk tanda-tanda (kebesaran) Kami yang menakjubkan?
  10. (Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, “Ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.”

Kandungan Surat Al Kahfi

Surat al Kahfi merupakan surah makiyyah (diturunkan sebelum Nabi hijrah). Berjumlah 110 ayat dan berada pada urutan surat ke-18 di dalam Al-Qur’an. Berada pada juz 15 dan 16 (pertengahan Al-Qur’an).

Di dalamnya terdapat kisah para pemuda yang ditidurkan Allah selama 309 tahun di dalam gua, juga tentang seorang yang sombong karena kekayaan dan yakin bahwa hartanya akan kekal. 

Juga ada kisah tentang Nabi Musa yang belajar hikmah kepada Nabi Khaidir, yang mana Allah memperlihatkan betapa terbatasnya pengetahuan manusia. Serta kisah Zulkarnain yang memisahkan Ya'juj dan Ma'juj dari manusia lain karena kejahatan mereka. 

Surah al Kahfi 1-10

Demikan ulasan tetang surah al Kahfi ayat 1-10, dari bacaan surah al Kahfi dalam tulisan latin sampai kandungannya. Makin penasaran kan dengan ayat-ayat Al-Qur’an? Baca tafsirnya lagi, yuk! Biar bisa bertadabbur. 

7 comments:

  1. Saya bukanya di hari jumat lagi, bener-bener jadi reminder buat baca al kahfi.. huhu.. makasih mbak tari...

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sudah diingatkan untuk selalu membaca Al-Kahfi di hari Jumat. Semoga bisa istiqomah menjalankan

    ReplyDelete
  3. tandain buat dibaca di hari jumat. trus aku jadi inget sama qasidah yg suka dibaca anak2 sebelum shalat,
    Allahul kahfi rabbunal kahfi, Qasadanal kahfi wajadanal kahfi :D

    ReplyDelete
  4. Surat Al Kahfi isinya memang kisah-kisah hebat. Semoga kita bisa merutinkan membacanya di hari Jum'at

    ReplyDelete
  5. masya Allah jadi banyak ilmu dan sangat memotivasi untuk makin rajin baca Al-Kahfi setiap Jumat ya.

    ReplyDelete
  6. Makasih mbak, semoga habis ini jadi rajin baca Al Kahfi dirikuuu

    ReplyDelete
  7. Ada banyak kisah berhikmah yang terkandung dalam surat Alkahfi ya. Alhamdulillah surat ini sudah semakin banyak yang membacanya setiap hari Jumat.

    ReplyDelete