Cari di iluvtari

Resep Nasi Kebuli Enak dengan Bumbu Nasi Kebuli Aromatic

Assalamu’alaykum, Gengs! Kamu pernah makan nasi kebuli? Itu loh, nasi rempah yummy, yang konon katanya berasal dari Arab. Dari aromanya, orang-orang akan menebak kalau nasi kebuli adalah hidangan Asia selatan atau Timur Tengah. 

Nyatanya, nasi kebuli adalah masakan yang populer di kalangan masyarakat Betawi serta orang-orang Indonesia keturunan Hadramaut, Yaman. Dan memang, hidangan nasi kebuli mirip dengan masakan Timteng yang kaya akan rempah.

Aku membayangkan betapa banyaknya persiapan untuk menikmati nasi kebuli kalau harus masak sendiri. Untungnya sekarang zaman serbainstan, sudah ada yang jual bumbu nasi kebuli. Jadi gak repot lagi!

bumbu nasi kebuli

Bumbu Nasi Kebuli Aromatic

Namanya Bumbu Nasi Kebuli Aromatic, dari Cairo Food. Selain Aromatic, ada juga bumbu nasi kebuli yang Original. Bedanya, Bumbu Nasi Kebuli Original cocok untuk dijadikan bumbu kuah maupun nasi goreng. Sedangkan Bumbu Nasi Kebuli Aromatic memiliki aroma yang lebih kuat dan khusus digunakan untuk membuat nasi kebuli saja.

Membaca kata “instan”, kamu otomatis teringat bahan pengawet kan? Alhamdulillah Bumbu Nasi Kebuli Aromatic tidak mengandung pengawet, pewarna, MSG, maupun bahan-bahan lain yang berisiko terhadap kesehatan.

Kandungan Bumbu Nasi Kebuli Aromatic antara lain kayu manis, biji kelabat, bunga lawang, ketumbar, cumin, pala, lada hitam, cengkih, lengkuas, jahe, serai, kapulaga putih, kapulaga hijau, daun salam, daun jeruk purut, jintan, kunyit, dan beras. Halal semua!

Bumbu Nasi Kebuli Aromatic juga sudah memiliki nomor P-IRT. Artinya, telah memenuhi persyaratan dan standar keamanan dalam rangka produksi dan peredaran produk. Sertifikat Produksi Pangan – Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) adalah jaminan tertulis yang diberikan oleh bupati/wali kota,  melalui Dinas Kesehatan, terhadap pangan hasil produksi Industri Rumah Tangga.

Eh, mana nih produknya? Kok gak ada tautan dan gambarnya? Karena setelah tiga tahun nangkring di sini, Rajabacklink tidak membayar kewajiban mereka, makanya link dan info lainnya kuhapus. Kurang sabar apa iluvtari nunggu sampe tiga tahun, gokil! Kita masukin blacklist, ya.

Resep dan Cara Mendapatkan Bumbu Nasi Kebuli Aromatic

Daging kurban di kulkas masih ada, Gengs? Nggak masalah kalau sudah habis, di pasar kan banyak. Hehe. Tapi gak mesti daging sapi atau kambing juga sih, bisa ayam atau suka-suka kamu ajalah. Nasi kebuli biasa disajikan bersama dengan acar nanas dan sambal goreng hati, serta ditaburi kismis. Jadi dengan atau tanpa daging, seharusnya gak masalah. 

Tak hanya bisa mendapatkan bumbu kebuli yang berkualitas dengan mudah, kamu bahkan bisa menghidangkan aneka menu Timteng di rumahmu lewat berbagai resep yang tersedia di laman Cairo Food. Salah satu resep kubawa ke sini, ya! Apa lagi kalau bukan resep membuat nasi kebuli.

Bahan-bahan

  • 1 liter beras basmati.
  • 1 kg daging kambing yang dipotong menjadi 7 bagian.
  • 1,5 sdm Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food.
  • 4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan.
  • 2 buah bawang bombai ukuran besar, dipotong dadu kecil.
  • 100 ml santan.
  • 4 sdm margarin.
  • 1,4 liter air.
  • Garam secukupnya.

Cara Memasak Nasi Kebuli

  1. Tumis bawang bombai dengan margarin hingga layu.
  2. Masukkan bawang putih dengan Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food, tumis sebentar hingga aromanya menguar.
  3. Masukkan daging kambing, lalu tumis kembali sekira 30 detik.
  4. Masukkan air dan santan, lalu rebus kembali selama 15 menit. Perhatikan posisi air yang harus tetap terjaga sesuai volume awal. Selama proses ini, air akan berkurang, jadi tambahkan terus agar volumenya tetap sama.
  5. Masukkan garam, koreksi rasanya. Rebus kembali hingga daging empuk.
  6. Keluarkan daging yang sudah empuk, lalu goreng.
  7. sambil menunggu, sil cuci dan rendam beras basmati selama 15 menit.
  8. Masukkan beras basmati ke dalam kuah rebusan tadi, lalu masak nasi hingga matang. Nasi kebuli siap dihidangkan!

No comments