7 Kota dengan Oleh-oleh Makanan Tradisional yang Khas | iluvtari

7 Kota dengan Oleh-oleh Makanan Tradisional yang Khas

, , 1 comment
Liburan ke berbagai kota di Indonesia rasanya ada yang kurang jika tidak membawa oleh-oleh berupa makanan tradisional. Oleh-oleh makanan tradisional ini dapat diberikan kepada keluarga atau kolega kantor sebagai makanan camilan.

makanan khas tradisional daerah

Di sini terdapat beberapa kota di Indonesia dengan oleh-oleh makanan tradisional masing-masing. Jika kebetulan Anda ingin liburan ke salah satu kota berikut, ide oleh-oleh ini bisa dijadikan acuan. Simak ulasannya berikut.

Medan

Medan kerap menjadi surga kuliner untuk para foodies. Selain wisata kulinernya yang lezat, oleh-oleh dari Medan pun juga tak kalah lezat. Misalnya seperti bolu meranti, bika ambon, sirup buah markisa, kacang sihobuk, kopi Sidikalang, pancake durian, ikan teri Medan, dan roti ganda. Semuanya khas dan rasanya nikmat.

Bali

Makanan khas dari Bali yang populer tentu saja ayam betutu dan sambal matah. Tapi untuk oleh-oleh, yang populer adalah pie susu dan pia Legong. Tak hanya itu saja, kok, karena masih ada kacang disko, kacang koro, kacang asin, pie Eiji, kopi Kintamani, keripik ceker Bali, bagiak, dodol Buleleng, dan salak Bali.

Malang

Kota adem di Jawa Timur ini mempunyai oleh-oleh unik berupa keripik buah. Jadi aneka buah-buahan seperti apel, salak, nangka, strawberry, hingga buah naga dikeringkan dan dijadikan keripik. Tak hanya keripik buah, Malang juga memiliki oleh-oleh lain berupa keripik ceker, keripik tempe, ledre pisang, aneka olahan telo atau ubi ungu, dan tentu saja apel Malang.

Bangka

Bangka memiliki oleh-oleh camilan yang sebagian besar terbuat dari hasil laut, seperti sambalingkung, getas, stik cumi, kerupuk Belitong, dan kericu. Tapi ada juga makanan lainnya seperti dodol, martabak Bangka, kue rintak, lempok cempedak, bong li piang, dan sirup jeruk kunci. Tertarik yang mana?

Pontianak

Makanan Pontianak banyak yang dipengaruhi dari budaya Tionghoa. Maka tak sedikit makanan dan oleh-olehnya yang memiliki rasa Tionghoa yang kental. Misalnya seperti chai kwe, snek muruku, dan pengkang. Selain itu, masih ada lagi oleh-oleh lain seperti bingke berendam, keripik pisang Segedong, cokelat lidah buaya, mie talas, kopi sepok, teh lidah buaya, juhi bakar, sirup sengkit, dan lempok durian.

Manado

Manado memiliki banyak sekali makanan menarik dengan rasa yang otentik. Untuk oleh-oleh, Manado menawarkan klappertaart, pala manis, dodol Amurang, bagea kenari, kacang kawangkoan, halua kenari, kue kelapa, kacang goyang, sambal roa, dan cakalang fufu.

Bandung

Jika sedang menginap di glamping di Bandung, jangan lupa pulangnya wajib membawa oleh-oleh makanannya, ya. Oleh-oleh dari Bandung cukup beragam, mulai dari kue bermerek seperti Kartika Sari, Prima Rasa, dan Amanda, hingga yang tradisional juga ada. Sebut saja batagor, siomay Bandung, cilok Borma, cireng, tahu susu Lembang, kopi Puntang, bandrek kemasan, peuyeum, dan masih banyak lagi.

1 comment:

  1. Pada beberapa kota itu ada yang mirip2 mb.. L*monde :)

    ReplyDelete