Bukan Sekadar Game, Ini Fungsi Solitaire Sebenarnya

Solitaire di Windows 95/windowswally.com

Pengguna komputer dengan sistem operasi Windows pasti kenal Solitaire, permainan lawas yang selalu ada di setiap versi Windows. Aturannyanya sederhana, hanya menyusun kartu sesuai urutan nilai. Begitu pula tampilannya, sangat sederhana dibanding gim-gim (sesuai KBBI, kata baku untuk game adalah gim) yang sekarang banyak bermunculan. Maklum, gim ini sudah menempel di Windows sejak tahun 1990, tepatnya pada Windows versi 3.0.
Tahukah kamu, ternyata Solitaire dibuat tidak hanya untuk menyegarkan pikiran, tapi juga melatih pengguna komputer mengoperasikan tetikus (mouse). Pada akhir 1980-an, tetikus komputer masih menggunakan bola, bukan optik seperti sekarang, sehingga banyak pengguna komputer yang masih kesulitan memakai tetikus.

Hasil gambar untuk old mouse
mouse jadul/thumbpress.com
Dengan bermain Solitaire, pengguna dilatih mengklik kiri, kanan, serta geser dan letakkan (drag and drop). Cara belajar seperti ini membuat orang tidak sadar bahwa ia sedang dilatih, jadi lebih efektif karena menyenangkan.
Selain Solitaire, tiga game lainnya yang juga disertakan di setiap versi Windows, Minesweeper, FreeCell, dan Hearts juga memiliki tujuan tertentu. Minesweeper untuk mengembangkan kecepatan dan ketepatan cursor. FreeCell untuk membiasakan pengguna berinteraksi secara daring dengan pengguna lain. Dan Hearts dibuat untuk menguji sistem pengolahan data.
Kalau saja pelajaran sekolah bisa diajarkan ala Windows, mungkin kita tidak mengenal istilah bolos.

Komentar