Tips Jitu Saat Internet Lelet

Tidak ada akses internet jauh lebih baik daripada jaringan terganggu. Dari yang internetan dengan kartu bertarif pelajar, sampai kelas bisnis, semua pernah merasakan sinyal internet terganggu, alias lelet atau lemot. Gak usah ngamuk-ngamuk apalagi sampai memaki nambahin dosa, matikan saja akses datanya sekalian. Daripada PHP, lebih baik lanjutkan hidup dengan kegiatan bermanfaat, seperti yang berikut ini.
1. Baca Alquran
aplikasi anak soleh di hp admin

Aplikasi Alquran sangat banyak tersedia di Play Store, pastikan kamu sudah menginstalnya saat jaringan sedang normal. Jadi ketika kekuatan sinyal memburuk, kamu gak perlu banting HP untuk melampiaskan kedongkolan. Makin banyak ponselmu dimanfaatkan untuk hal-hal positif, makin berkah nilainya. Bisa bikin awet dan tidak melalaikan, coba deh!

2. Baca Buku Elektronik (E-book)
macam-macam aplikasi untuk membaca ebook

Buku elektronik yang gratis dan legal juga banyak terdapat di Play Store, atau bisa kamu unduh versi pdf, epub, dll di berbagai laman saat sinyal sedang tidak bermasalah. Buku motivasi, novel, kumpulan cerpen, bahkan komik dari berbagai genre tersedia di jagat maya. Selain dapat menambah pengetahuan, membaca ternyata penting untuk kesehatan otak, mencegah pikun, dan mengembangkan imajinasi.

3. Bersih-bersih Penyimpanan
lihat sisa memori internalnya! parah kan.

Kegiatan ini benar-benar tidak membutuhkan sinyal internet. Bahkan pada mode pesawat, kamu dapat melakukannya untuk mengurangi beban ponsel. Misalnya membersihkan cache, menghapus percakapan di grup WA yang ramai, atau menghapus aplikasi yang ternyata tidak pernah kamu gunakan. Coba lihat-lihat koleksi foto dan video di memori, kadang kamu akan terkejut dengan jumlahnya yang ribuan. Yang sekiranya tidak lagi diperlukan, lebih baik dibuang.

4. Latihan Fotografi
motoin si mozza ganteng

Kebanyakan kita memanfaatkan kamera ponsel untuk swafoto atau menjepret objek standar seperti manusia, makanan, dsb. Coba sesekali memotret mainan, tumbuhan dari jarak dekat, atau pemandangan biasa yang kemudian kamu edit sedemikian rupa agar lebih menarik. Dengan kegiatan ini, kamu bisa berlatih memilih angle, membuat efek, atau kemahiran lain. Tapi tahan jarimu agar tidak terburu-buru mempostingnya ke media sosial. Kan internetnya lagi lemot, nanti malah emosi!

5. Menulis
begitu ada ide, langsung tulis. gak usah nunggu jaringan lemot

Manfaat menulis sungguh luar biasa. Kalau kamu lahir sebelum tahun 2000, kamu pasti tidak asing dengan diary. Jauh sebelum media sosial ditemukan, orang-orang biasa melepaskan kegalauan di buku harian/diary. Bahkan tersedia diary dengan kunci dan gembok untuk menjaga rahasia yang tertulis di halaman-halaman buku tersebut. Berbeda dengan sekarang, di mana orang-orang justru sengaja memamerkan masalahnya di ruang publik.
Setelah sebagian atau semua hal di atas kamu lakukan, coba aktifkan kembali akses data di ponselmu, siapa tahu sinyal sudah normal seperti semula. Biasanya pada kasus tertentu, mematikan data lalu menyalakannya kembali bisa menjadi salah satu solusi.

Komentar