Urutan Nama Android, Kenapa Pakai Nama Makanan?

, , No Comments
Halo para pengguna android, pernah tau urutan nama android? Kenapa penamaan sistem operasi milik Google ini menggunakan nama-nama makanan? Simak ulasannya yuk!

Dari kota besar sampai pelosok desa, rata-rata orang, terutama anak muda, hampir pasti memiliki smartphone alias ponsel pintar. Berbeda dengan handphone alias ponsel biasa, ponsel pintar membantu penggunanya agar lebih produktif. Baik ponsel pintar maupun ponsel biasa, kita lebih akrab dengan istilah HP.

Terlepas dari para pengguna HP yang kemudian malah asyik dengan gim dan menghambur-hambur waktu dengan media sosial. Namanya teknologi, tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Tinggal pintar-pintar pengguna saja, agar tak kalah pintar dari gawai di tangannya.

urutan nama android

Alasan Memilih Sistem Operasi Android

Kebanyakan dari ponsel pintar yang kita gunakan memakai sistem operasi Android. Alasannya, selain karena faktor harga yang lebih terjangkau dibanding iPhone, Android juga lebih familier dan nyambung ke aplikasi mana saja. Jelas, Android merupakan sistem operasi buatan Google.

Memakai ponsel android juga memudahkan kita menyinkron data dari berbagai aplikasi dan pengaturan, bahkan berbagi data dari berbagai gawai. Tentunya yang sama-sama menggunakan sistem Android, atau setidaknya aplikasi atau program buatan Google.

Urutan Nama Android

Sebagai pengguna ponsel android, sadarkah kamu bahwa pada setiap serinya Android selalu menggunakan nama makanan? Lebih spesifik, makanan manis yang disesuaikan dengan abjad. Kenapa Android selalu memakai nama makanan?

Versi pertama Android rilis pada tahun 2009 dengan nama Cupcake. Disusul Android Donut di tahun yang sama. Bulan selanjutnya, versi Eclair dirilis untuk menyempurnakan para pendahulunya.

Tahun 2010, Google kembali meresmikan android versi terbaru masa itu. Sesuai urutan abjad, maka dipilihlah nama Froyo, singkatan dari Frozen Yoghurt. Pada akhir 2010, Froyo digantikan posisi kemutakhirannya oleh Android Gingerbread.

Awal tahun 2011, lahirlah Honeycomb, disusul Ice Cream Sandwich pada bulan Oktober-nya. Pada versi inilah ponsel android semakin populer di Indonesia. Bersaing dengan sistem operasi Symbian dan Smartphone Blackberry yang sekarang sudah almarhum.

Pertengahan 2012, ponsel pintar dengan OS Android Jelly Bean mulai menggusur para saingannya. Google terus memperbarui versi android dengan seri-seri terbaru. Kitkat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo, dan yang teranyar, Pie.

Ringkasnya, inilah urutan nama Android:
  • Versi Alpha dan Beta tidak dikomersilkan.
  • Cupcake
  • Donut
  • Eclair
  • Frozen Yogurt
  • Gingerbread
  • Honeycomb
  • Ice Cream Sandwich
  • Jelly Bean
  • Kitkat
  • Lollipop
  • Marshmallow
  • Nougat
  • Oreo
  • Pie

Kenapa Android Selalu Memakai Nama Makanan?

nama nama android

Dalam perjalanannya dengan daftar makanan manis, meningkat pula kemampuan Android yang akhirnya mampu menjungkal pesaing-pesaingnya. Kini, nyaris semua pengguna ponsel pintar lebih memilih sistem operasi ini dibanding yang lain.

Lalu, kenapa harus Cupcake, Ice Cream Sandwich, Nougat, dll? Ternyata Tim Google punya filosofi sendiri. Dengan harapan Android dapat menjadikan hidup semakin manis, maka dipilihlah makanan-makanan manis sebagai nama setiap versinya.

Saat ini sudah muncul Android Q, tapi kepanjangan dari apa huruf Q itu, belum admin temukan jawabannya. Kamu tau? Yang penting alasan kenapa Android selalu memakai nama makanan, sudah diketahui!

Update: Android Q ternyata tidak diberi nama makanan, alasannya karena tepat satu dekade, jadi spesial. Atau karena nggak nemu nama makanan dengan awalan Q? Terserah deh, yang jelas Android Q kemudian disebut Android 10, dan Android 11 diberi nama Red Velvet.

Karena nama makanan manis dengan awalan R jelas lebih mudah didapat, akhirnya urutan nama Android kembali pada relnya sesuai rencana; biar hidup kita bisa terus manis!

0 comments:

Post a Comment

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.