Pengguna HP Biasanya Melakukan 5 Hal Berbahaya Ini, Kamu Termasuk?

, , 5 comments


bahaya hp

Siapa sih yang enggak punya HP sekarang ini? Kalau menurut KBBI, yang tepat itu ponsel alias telepon seluler. Tapi kok ya lebih enak menyebut HP. Mengetik smartphone juga lebih sulit dari ponsel pintar, tapi lebih enak disebut dan sudah terbiasa aja ngetik itu ketimbang bahasa sendiri. Dasar aku!

Sebagai pengguna HP, tos deh kalau kamu juga sering melakukan 5 hal ini. Sayangnya, meski terkesan remeh, bahkan kita lakukan nyaris setiap hari (malah mungkin ada yang benar-benar setiap hari!) ternyata 5 hal ini cukup berbahaya untuk kesehatan.
Cek sekarang ya! Kalau nanti-nanti keburu nambah umur.

Tidur sambil bawa HP

Kasihanilah pasanganmu. Alih-alih ngobrol dengan suami/istri, malah main HP! Sekalipun kamu jomlo, HP tetap memancarkan elektromagnet yang dapat memengaruhi otak. Hubungan sinyal HP dengan kanker memang belum terbukti, tapi kualitas tidur jelas terpengaruh dengan ada tidaknya HP di dekatmu. Kalaupun harus ada HP di ruangan yang sama, pastikan sudah di mode pesawat. Atau minimal tidak terlalu dekat.

Terlalu lama terpapar cahaya

Situs perpustakaan kedokteran milik pemerintah Amerika merilis bahwa mahasiswa yang setiap hari berinteraksi selama 2 jam dengan HP-nya mengalami masalah tidur, sakit mata, dan pusing, karena efek radiasi yang memengaruhi hormon melatonin mereka.
Melatonin adalah hormon alami yang dihasilkan tubuh pada malam hari, hormon ini bertanggungjawab terhadap siklus tidur seseorang.

Kenapa Android Selalu Diberi Nama Makanan? 

Waspada sinyal lemah

Kenapa HP cepat panas? Kenapa kalau tidak ada wifi gratis yang jelas sebaiknya wifi dimatikan? Karena HP bekerja keras untuk dapat memenuhi kebutuhanmu. Maka, ketika sinyal melemah, berarti HP pun bekerja lebih keras untuk mendapatkan sinyal tersebut.
Kerja berat ini membuat HP mengeluarkan gelombang yang diyakini para ahli, berpengaruh pada tubuh manusia. Kondisi yang sama terjadi saat HP dalam keadaan low battery. Ya mbok dicharge, kok malah dipakai!

Jangan terlalu sering kontak

Tahukah kamu, benda yang paling kotor di dunia ini? Jawabannya handuk, keyboard, ... dan HP! Apalagi kalau HP-mu dibawa ke toilet. Saat keluar, kuman di toilet ikut terbawa bersama benda kesayanganmu itu.
Saat ini beberapa peneliti sedang memfokuskan penelitian tentang hubungan radiasi, elektromagnet, dan sinyal transmisi HP dengan sel kanker. Hasilnya belum dapat dipastikan, tapi para peneliti meyakini panas dari HP dapat diserap dengan mudah oleh kulit manusia dan pasti memberi efek yang belum dapat dirilis secara ilmiah.

Jaga posisi leher

Tak hanya HP, saat membaca buku pun kita wajib menjaga posisi leher agar tak terbebani. Jangan dianggap remeh, sebab perlahan tapi pasti kebiasaan menunduk untuk melihat HP (atau buku, dll) dapat mengakibatkan nyeri pada leher dan mengubah posturnya.
Tekanan pada tulang belakang leher dapat mencapai lima kali lebih berat dari beban kepala. Hal ini dipastikan dapat mengubah bentuk lehermu beberapa tahun ke depan.

Percaya gak percaya, di salah satu platform kualiku, kalau kuterbitkan artikel begini pasti aku dituduh gak punya HP. Sebagian mereka memang bar-bar dari DNA-nya. Tapi pembaca iluvtari insyaallah lebih waras.
HP cuma benda mati, kita bisa mengaturnya. Tergantung seberapa kuat kemauan. Aku sendiri juga susah lepas dari benda yang antara butuh dan kadang ngeselin itu. Lewat artikel ini mudah-mudahan jadi makin paham dan pelan-pelan dipraktikkan.
HP penting, kesehatan juga penting. Kurangi interaksi dengan HP yuk!


referensi artikel: brightside.me

5 comments:

  1. Iya niih, gimana ya hape kayaknya udah jadi sahabat setia gitu. Kemana-mana bersama. Tapi untungnya pekerjaan mamak-mamak yang seabrek jadi bisa bikin lupa hape beberapa jam. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan terjawablah, siapa yg paling rajin "mendekap" hati

      Delete
  2. HP Saya pernah masuk ke lobang toilet pas lagi asik2nya dengerin lagu dalam toilet ahhh saya rasa ada vitaminnya juga hahaha HP Keren

    ReplyDelete
  3. Saya malah kurang suka lama-lama pake HP, lebih sering di depan PC/laptop, karena layarnya lebih lega :D

    ReplyDelete