5 Hal Berbahaya yang Sering Dilakukan Pengguna HP

Siapa sih yang nggak punya HP sekarang ini? Nggak usah dijawab deh. Tapi kalau pertanyaannya, siapa yang tau bahaya HP bagi kesehatan? Nggak usah dijawab juga. Baca aja ulasannya di bawah ini.

Sebagai pengguna HP, toslah kalau kamu juga sering melakukan lima hal berikut ini. Sayangnya, meski terkesan remeh, bahkan dilakukan setiap hari, ternyata kelimanya cukup berbahaya untuk kesehatan. Btw artikel tentang bahaya hp ini kukutip dari Brightside.

bahaya hp bagi kesehatan

Waktu berjalan gak terasa, Gengs. Walau kamu menyangkal, gak tiap hari kok, sekali-kali doang. Tapi dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Nanti kalau sudah kena efek buruknya, baru kamu ngaku kalau kamu sudah melakukan kesalahan selama paling tidak 10 tahun! Jadi sadari dari sekarang, jangan nunggu kejadian.

Bahaya HP Saat Tidur

Hargai pasanganmu. Alih-alih ngobrol dengan suami/istri, malah main HP! Sekalipun kamu jomlo, HP tetap memancarkan elektromagnet yang dapat memengaruhi otak dan berbagai organ tubuh. Nggak ada hubungan sama sekali dengan status.

Hubungan langsung antara sinyal HP dengan kanker memang belum terbukti, tapi kualitas tidur jelas terpengaruh dengan ada tidaknya HP di dekatmu. Kalaupun harus ada HP di ruangan yang sama, pastikan sudah di mode pesawat. Atau minimal tidak terlalu dekat.

Terlalu Lama Terpapar Radiasi

NCBI (situs perpustakaan kedokteran milik pemerintah AS) merilis bahwa mahasiswa yang setiap hari berinteraksi selama 2 jam dengan HP-nya mengalami masalah tidur, sakit mata, dan pusing, karena efek radiasi yang memengaruhi hormon melatonin mereka.

Melatonin adalah hormon alami yang dihasilkan tubuh pada malam hari, hormon ini bertanggungjawab terhadap siklus tidur seseorang. Baik kurang maupun kelebihan durasi tidur, berakibat buruk bagi kesehatan.

Waspada Sinyal Lemah

Kenapa HP cepat panas? Kenapa kalau tidak ada wifi gratis yang jelas sebaiknya wifi dimatikan? Karena HP bekerja keras untuk dapat memenuhi kebutuhanmu. Maka, ketika sinyal melemah, berarti HP pun bekerja lebih keras untuk mendapatkan sinyal tersebut.

Kerja berat ini membuat HP mengeluarkan gelombang yang diyakini para ahli, berpengaruh pada tubuh manusia. Kondisi yang sama terjadi saat HP dalam keadaan low battery. Ya mbok dicharge, kok malah dipakai! 

Jangan Terlalu Sering Kontak

Tahukah kamu, benda yang paling kotor di dunia ini? Jawabannya handuk, keyboard, ... dan HP! Apalagi kalau HP-mu dibawa ke toilet. Saat keluar, kuman di toilet ikut terbawa bersama benda kesayanganmu itu. Inilah bahaya HP bagi kesehatan yang paling sering diabaikan, terutama oleh pengguna laki-laki.

Saat ini beberapa peneliti sedang memfokuskan penelitian tentang hubungan radiasi, elektromagnet, dan sinyal transmisi HP dengan sel kanker. Hasilnya belum dapat dipastikan, namun para peneliti meyakini panas dari HP dapat diserap dengan mudah oleh kulit manusia dan pasti memberi efek, yang belum dapat dirilis secara ilmiah.

Jaga Posisi Leher

Tak hanya HP, saat membaca buku pun kita wajib menjaga posisi leher agar tak terbebani. Jangan dianggap remeh, sebab perlahan tapi pasti kebiasaan menunduk untuk melihat HP (atau buku, dll) dapat mengakibatkan nyeri pada leher dan mengubah posturnya.

Tekanan pada tulang belakang leher dapat mencapai lima kali lebih berat dari beban kepala. Hal ini dipastikan dapat mengubah bentuk lehermu beberapa tahun ke depan. Bukan cuma soal penampilan, tapi perubahan itu tentu saja berdampak pada fungsi kerja tubuh kita.
 
HP cuma benda mati, kita bisa mengaturnya. Tergantung seberapa kuat kemauan. Setelah mengetahui bahaya HP bagi kesehatan, mudah-mudahan kita jadi makin paham dan pelan-pelan mampu mempraktikkan. HP memang barang penting, tapi kesehatan jauh lebih penting!

6 comments

  1. Iya niih, gimana ya hape kayaknya udah jadi sahabat setia gitu. Kemana-mana bersama. Tapi untungnya pekerjaan mamak-mamak yang seabrek jadi bisa bikin lupa hape beberapa jam. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan terjawablah, siapa yg paling rajin "mendekap" hati

      Delete
  2. HP Saya pernah masuk ke lobang toilet pas lagi asik2nya dengerin lagu dalam toilet ahhh saya rasa ada vitaminnya juga hahaha HP Keren

    ReplyDelete
  3. Saya malah kurang suka lama-lama pake HP, lebih sering di depan PC/laptop, karena layarnya lebih lega :D

    ReplyDelete
  4. Wah terimakasih peringatannya Bu Tari 😅

    ReplyDelete