Peluang Bisnis Menulis di Internet

Ada banyak ide di kepala. Makin dekat ke keuzuran, makin serius hidup. Makin sadar, harusnya dari kecil sudah bisa menghasilkan duit dari menulis! Lihat di sekitar, banyak orang gak bisa nulis.
Iya di sekitarmu. Di tempat lain banyak!

Setelah sadar passion, aku memutuskan gak akan ke mana-mana. Tetaplah jadi penulis. Apalagi zaman sekarang kabarnya peluang bisnis menulis di internet semakin besar. Wow!

Lewat internet juga, aku banyak ketemu teman-teman sesama penulis Jambi yang mereka tak terendus keberadaannya, oleh instansi semisal kantor bahasa. Jadi yang namanya prestasi, gak harus dengan sertifikat. Bisa terlihat dari saldo paypal, payoneer atau bank lokallah.

Dan, ketemulah aku dengan salah satu pawang blog, yang ternyata dulunya kita satu organisasi. Aku sibuk ngajar komputer dan hitung-hitung duit orang, dia melesat jauh dengan tulisan dan internet.

Sayang dong, ketemu mastah tapi gak ambil ilmunya. Jadi yang semula ada rencana ngumpulin emak-emak untuk nulis, akhirnya kumpulkan siapa aja yang “katanya” mau serius belajar dalam satu grup, dan minta suhu blogger untuk share ilmunya ke kita.

Akhirnya kita vidcall conference pakai Google Hangout. Dan terjadilah kekacauan, karena pada kagok pakai aplikasi ini. Sibuk dengan mic, noise, sinyal, dll. Dengan hasil yang sudah bisa diduga. Belajarnya mentok.

Dan untuk memenuhi kebutuhan “mengikat ilmu” jadi kutulis aja ke sini. Dengan risiko, persaingan bisnis menulis ini akan menjadi lebih ketat. Yakin? Tanya mas master (panggilan macam apa ini!) waktu kutanya boleh ditulis di blog?

Yakin gak yakin sih. Yang penting nulis. Karena dengan menulis, aku jadi bahagia. Klise tapi nyata.

Materi dari mas master ada 2; peluang bisnis menulis di internet dan SEO sederhana. Karena isinya rata-rata penulis, jadi didulukan yang pertama. SEO sederhana menyusul setelah yang pertama tadi benar-benar paham. Dan entah kapan itu terjadi.

Syarat untuk mendapatkan peluang ini adalah penulis yang berminat harus mudah beradaptasi, terbiasa dengan komputer, update terhadap berita-berita terbaru (bisa disesuaikan dengan minat ybs).

Pertama, kita mampir dulu ke ads.id. Laman komunitas publisher Indonesia. Bagiku ini semacam pasar atau bahkan kota di dunia maya, yang isinya adalah orang-orang yang mencangkul rezeki dari internet. Kalau mengais kesannya receh.


Di sini ada ruang diskusi, jual beli, dan macam-macam hal terkait bisnis internet. Memang harus luangkan waktu untuk mengelilingi laman ini. Cara gabungnya mudah, cukup klik registrasi, isi data, dan cek verifikasi di email yang didaftarkan.

Karena topik kita adalah peluang bisnis menulis di internet, maka mas master mengarahkan ke lama Forum >> Bisnis >> Trade >> Service. Dan taraa! beneran kayak pasar kan?


Silakan klik salah satu tawaran, nanti kita bakal tahu gimana cara orang menawarkan jasa menulis artikel. Atau kitanya tertarik beli? Ya ayo aja. Tapi ngapain gabung ke grup penulis, Bambank!

Nah maksud pemateri adalah, aku, kamu, atau kita di suatu hari nanti, halah, bisa bekerja sendiri atau jadi satu tim untuk membuka jasa penyedia artikel. Konon bisnis ini akan terus diperlukan oleh blogger yang gak punya kemampuan nulis atau pengasuh laman tertentu. Yang tak kalah penting, mengasah kemampuan menulis dan insting mencari kata kunci pencarian google.

Untuk menawarkan tulisan, atau bisa juga membuka lelang, kita harus memastikan tulisan yang dibuat sesuai dengan kebutuhan. Misalnya SEO friendly (materi ini nyusul), no copas, dll. Supaya daganganmu laris, ini pesan pak mastah (lah lain lagi panggilannya!)


Sampai sini ada pertanyaan? Banyak!

Komentar