Ternyata Ini Penyebab Pasti Kematian Ashraf Sinclair

, , 2 comments
ashraf sinclair
liputan6.com

Kita semua pasti kaget dan turut berduka atas wafatnya pesinetron Ashraf Sinclair, pada Selasa (18/2/20) kemarin.

Di usia muda, tanpa berita sakit apa pun, tahu-tahu Ashraf dinyatakan wafat karena serangan jantung. Tak pelak beragam informasi dan analisis pun seliweran di internet. Apa penyebab pasti kematian suami dari Bunga Citra Lestari itu?

Berikut dua hal yang pernah dicurigai sebagai penyebab berpulangnya Ashraf:

GERD (gastroesofagheal reflux disease)



penyebab kematian ashraf sinclair
kompas.com

Ramai beredar info tentang GERD yang disebut sebagai penyebab kematian Ashraf. Beredar dari Facebook ke WhatsApp, dari satu WAG ke WAG lain. Cepat sekali!

Begini isi pesan beraroma hoaks tersebut:

Suami BCL katanya meninggal karena serangan jantung, dalam usia 40 tahun. Ada teman dokter yang bilang kemungkinan karena GERD yang menekan jantung hingga tidak berfungsi.

•••Kenapa orang bisa meninggal karena asam lambung•••???

#GERD atau MAAG

#Apa itu Gerd?
(Gastroesofagal Refluks)

#Hati hati....
Orang meninggal mendadak akibat GERD

#Mau tahu akibat dari Gerd..?

#Jika Asam Lambung itu naik ke daerah Dada maka kelak di seputar Dada akan terasa panas seperti terbakar..

… dst (panjang Men, hampir 1000 kata!)

Di akhir pesan terniat itu, nama “dr. Penisuketi, Spkl” tertulis sebagai penanda. Ketika dicari di Google, nama itu tidak dikenal.

Dokter spesialis penyakit dalam, Prof. DR. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, menanggapi pesan tersebut dengan tegas membantah.

Dikutip dari kompas.com (20/2/20), menurut Ari, GERD adalah penyakit asam lambung kronis yang tidak mengarah ke jantung, apalagi kematian mendadak.

Bahwa GERD berbahaya, benar adanya. Tapi tak ada urusan dengan jantung, Bujang!

Aku pribadi pernah mengalami GERD, waktu hamil anak kedua. Sejak SMA aku memang menderita mag, penyakit umum orang berdarah O.

Ketika hamil besar, karena tekanan janin, mag menjadi kronis. Kadang saat sedang tidur, tahu-tahu terbangun karena dada terasa panas. Bahkan tak hanya dada, asam lambung terasa hingga kerongkongan bahkan telinga!

Pantas kan kalau anak durhaka itu terkutuk? Hamilnya aja susah, belum nguliahin dan biaya nikah.

Olahraga Crossfit


penyebab kematian ashraf sinclair
pixabay

Ada pula yang mengira-ngira Ashraf meninggal karena crossfit. Jenis olahraga yang dibuat oleh Greg Glassman, seorang mantan pesenam.

Crossfit sendiri sudah ditekuni Ashraf sejak tujuh tahun silam. Inilah yang membuat istruktur crossfit Asraf, Oka Tripambudi, menolak tudingan crossfit sebagai penyebab kematian artis tersebut.

Crossfit menggabungkan berbagai gerakan olahraga, fungsinya untuk meningkatkan kebugaran dan membantu agar mampu bergerak lebih baik.

Tapi dari berbagai sumber, kudapati bahwa crossfit memang memacu jantung bekerja lebih keras. Ditambah terapi emsculpt, yang alatnya sempat diendors almarhum Ashraf dalam postingan Instagramnya, bisa jadi tubuh artis ini mengalami kelelahan.

Tapi tetap saja, belum ada kepastian apakah crossfit atau emsculpt yang menjadi sebab kematian Ashraf Sinclair.

BCL sendiri tidak tertarik mencari tahu. Setidaknya begitu kesimpulanku saat ini, dilihat dari berbagai berita yang wara-wiri di Chrome maupun UC Browser.

Setelah membaca berbagai artikel, menonton berbagai video, dan analisis remeh seorang makhluk biasa, kusimpulkan bukan GERD, bukan pula crossfit dan emsculpt, inilah sebab paling pasti kematian Ashraf Sinclair.

Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu; maka apabila telah datang waktunya, mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak dapat (pula) memajukannya. (QS. Al-Araf: 34)

Yup, ajal. Semua orang pasti sepakat.

Jangan bilang tidak ilmiah, tapi sunnatullah-nya belum ketemu. Masalahnya, seberapa penting mengetahui sebab kematian seseorang kalau tidak ada tersangka yang bisa disalahkan?

Hematku sih tak usah diperdebatkan, apalagi tuding sana sini. Biarkan Asraf Sinclair beristirahat dengan tenang. Doakan saja almarhum mendapat tempat terbaik, keluarganya tabah, dan masyarakat mampu mengambil hikmah.

2 comments:

  1. Apapun itu penyebabnya, kena serangan jantung. Kan memang biasanya orang meninggal mendadak tanpa gejala apapun, pasti vonis yang keluar adalah serangan jantung.

    tentang GERD udah baca, banyak berseliweran di twitter, untung tangan ga gatel ikutan RT, terakhir dibantah sama dokter yang memang ahli.

    kalo soal crossfit, baru tau ternyata ada dugaan ini setelah baca artikel ini mbak, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga, asal mendadak, mesti jantung jd tersangka. Tapi tetap ... sudah ajal!

      Delete