Golongan Darah O, Sifat, Kelebihan, dan Fakta Seputarnya

, , No Comments
Golongan Darah O

Golongan darah O adalah golongan darah yang terbanyak di Indonesia, juga di dunia. Itulah sebab kupilih membahas satu golongan ini saja dulu. Sisanya kapan-kapan, tunggu mood.

Jika diurutkan dari yang paling banyak, O positif berada di paling atas, dan AB negatif terbawah. Ditambah satu lagi yang paling langka, yaitu Golden Blood atau Rhnull Blood. Itu bukan spesies darah biru ya, Gengs!
Golongan Darah O

Jangan senang dulu kalau kamu termasuk orang dengan golongan darah langka, efeknya tak akan sama dengan kamu punya mobil limited edition. Jika terjadi hal yang tak diinginkan, dan kamu butuh bantuan donor darah, akan lebih sulit menemukan pendonor dibanding jika kamu bergolongan darah orang kebanyakan.

Semoga hal itu tidak terjadi ya. Berpikir positif saja! Di sini kita juga tidak membahas hal yang berdarah-darah. Melainkan tentang sifat/karakter golongan darah O, diet yang tepat untuk golongan darah O, serta fakta lain tentang orang-orang dengan golongan darah O.

Karakter Golongan Darah O

Sebenarnya banyak hal yang mempengaruhi sifat atau karakter seseorang. Golongan darah hanya satu dari sekian banyak faktor. Tapi tak ada salahnya kita ulas di sini ya!
  1. Umumnya orang dengan golongan darah O punya sifat yang baik. Perlu diingat, golongan darah O (positif) adalah yang terbanyak di dunia. Kalau mereka gak baik, jadi apa Bumi ini?
  2. Punya pendirian. Jangan terlalu diambil hati, di sumber lain kabarnya golongan darah O cenderung mudah dipengaruhi. Google memang plinplan.
  3. Suka menunda pekerjaan. Yang ini lebih cocok kayaknya.
  4. Penyabar. Kalau kamu bertemu orang darah O yang gak sabaran, mungkin dia terkontaminasi faktor lain.
  5. Berpikiran terbuka dan menghargai orang lain.
  6. Kurang fokus.
  7. Sederhana.

Diet Golongan Darah O

Kalau kamu berpikir diet itu hanya untuk yang mau kurus, kamu jelas keliru. Menurut KBBI, diet artinya “Aturan makanan khusus untuk kesehatan dan sebagainya (biasanya atas petunjuk dokter)”.

Jadi kalau kamu sedang dirawat di rumah sakit, kemudian perawat menyebut kata diet untukmu, jangan baper merasa dianggap ndut. Oke!

Idealnya setiap orang punya diet yang berbeda berdasarkan berbagai hal yang ada pada dirinya. Bisa bobot tubuh, usia, dll, termasuk golongan darah. Tujuan diet itu sendiri tidak semata-mata karena ingin langsing, melainkan agar tubuh tetap fit.

Diet yang tepat untuk orang dengan golongan darah O adalah sebagai berikut:

  1. Dianjurkan banyak mengonsumsi protein, dari daging, ikan, telur, dll.
  2. Kurangi karbohidrat (bukan dihindari) secara bertahap.
  3. Batasi kafein. Alkohol gak perlu disebutlah, ya. Apa pun darahmu, itu haram!
  4. Untuk mendapatkan kalsium, suplemen lebih diutamakan daripada susu.
  5. Buah dan sayur umumnya aman. Tapi sebaiknya menghindari jeruk, stroberi, dan kol.

Makanan dan minuman yang dianjurkan/dihindari di atas, lebih pada kecenderungan orang bergolongan darah O yang memiliki masalah dengan asam lambung. Juga bagaimana cepatnya karbohidrat meningkatkan gula darah.
Baca juga >> Salah Kaprah Soal SKM
Kalau kamu berniat melakukan diet untuk menurunkan berat badan, sebaiknya konsultasi pada ahlinya. Diet berdasarkan golongan darah sendiri belum disepakati oleh para ahli tentang keefektifannya. Salah diet bisa berisiko bagi kesehatanmu.

Fakta Golongan Darah O

Selain beberapa hal yang sudah kuulas di atas, masih ada fakta lain seputar golongan darah O yang perlu kamu ketahui di sini. Meski golongan darahmu mungkin bukan O, bisa jadi nanti kamu dapat jodoh yang golongan darahnya O.

Atau rekan bisnis, yang kamu perlu tahu sifat dan keadaannya. Seminim-minimnya, biar gak sia-sia kamu masuk ke sini. Makan kuota kan!

Inilah beberapa hal yang merupakan fakta dari golongan darah O.

  1. Ketika virus Corona menghantam Wuhan, 34% penduduk setempat memiliki golongan darah O. Tapi dari total korban Covid-19, hanya 25% dari mereka yang berdarah O. Begitu pula dengan Shenzhen, mayoritas korban Corona adalah golongan darah A. Artinya, jumlah orang dengan golongan darah O lebih sedikit yang menjadi korban Covid-19, tapi tetap berisiko (tidak kebal).
  2. Menurut Journal of Medical Entomology, golongan darah O memproduksi aroma yang lebih menarik bagi nyamuk, dibanding golongan darah lainnya. Apalagi kalau kamu gak mandi, makin ngefans nyamuknya!
  3. Asam lambung orang berdarah O lebih asam dari yang lain. Positifnya, golongan darah O punya daya tahan tubuh lebih baik. Negatifnya, rata-rata golongan darah O menderita penyakit mag.
  4. Orang yang memiliki golongan darah O negatif dapat mendonorkan darahnya kepada semua golongan darah lain (universal). Karena darah O tidak memiliki antigen, sehingga berisiko kecil menimbulkan reaksi ketika tranfusi darah.
  5. Pasangan yang sama-sama memiliki golongan darah O tidak mungkin menghasilkan anak dengan golongan darah selain O. Sedangkan jika keduanya bukan O, bisa jadi anak mereka memiliki golongan darah O.

Golongan Darah O

Pantesan golongan darah O meramaikan dunia!

Diolah dari sciencealert, alodokter, hellosehat, honestdocs, liputan6, grid, dan popmama.

0 komentar:

Post a Comment