Manfaat Baking Soda untuk Kecantikan, Gigi, Sampai ke Mesin Cuci

, , No Comments
Manfaat Baking Soda untuk Kecantikan

Tidak banyak yang tahu kalau baking soda ternyata tak hanya bisa digunakan untuk membuat kue. Ada pula manfaat baking soda untuk wajah, gigi, kulit, dan masih banyak lagi!

Tapi ada juga, yang belum tahu perbedaan antara baking soda dan baking powder. Kamukah itu?

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Persamaan antara baking soda dan baking powder adalah keduanya sama-sama natrium bikarbonat (NaHCO₃). Bedanya, baking powder ditambahkan bahan asam, sedangkan baking soda mengandung senyawa alkali.

Karena perbedaan utama itu, muncullah empat perbedaan lainnya yang bisa kamu lihat secara keseluruhan dari infografis di bawah ini.
Manfaat Baking Soda untuk Kecantikan

Terus kalau soda kue, apa lagi itu? Baking soda dan soda kue ibarat orang dengan nama asli dan nama panggilan. Alias sama.

Selanjutnya mari kita bahas satu per satu manfaat baking soda untuk gigi, kulit, sampai ke mesin cuci.

Manfaat Baking Soda untuk Kecantikan

Baking soda dapat membantu memutihkan gigi, mencegah plak, dan menghilangkan bau mulut. Cara penggunaannya sangat simpel. Cukup ditabur di tanganmu, lalu gunakan sebagai pasta gigi dengan terlebih dulu membasahi sikat gigimu.

Ya dicocol gitu! Atau jadikan pasta dengan mencampur baking soda dan parutan buah stroberi. Aplikasikan sebagaimana normalnya kamu menyikat gigi dengan pasta gigi biasa.

Selain bermanfaat untuk gigi, manfaat baking soda untuk kulit juga tak kalah banyak. Setelah bercukur, gunakan baking soda untuk mencegah iritasi.

Cara memutihkan ketiak dengan baking soda sangat mudah. Cukup jadikan pasta bersama air perasan jeruk, lalu pijat selama beberapa menit, kemudian bilas.

Kamu juga bisa menggunakan baking soda sebagai pengganti sampo. Fungsinya untuk membersihkan kulit kepala dan mencegah ketombe. Jerawatan atau komedo? Jadikan baking soda sebagai lulur!

Manfaat Baking Soda Selain untuk Memasak

Manfaat baking soda untuk dapur tak hanya terkait dengan pembuatan kue dan roti. Baking soda juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau di dalam kulkas, sepatu, sampai aroma hewan peliharaan yang kerap menempel pada barang-barang di rumah.

Memanggang baking soda dapat menjauhkan dapurmu dari kecoak. Untuk mengusir semut, semprotkan campuran gula bubuk dan baking soda di tempat-tempat yang biasa mereka lalui.

Dalam keadaan darurat, baking soda juga bisa digunakan untuk memadamkan api. Tentunya dengan perbandingan yang sesuai.

Cara Membersihkan Mesin Cuci dengan Baking Soda

Noda lemak, krayon, sampai noda tinta pada pakaian dapat dibersihkan menggunakan baking soda. Tambahkan pada proses pembilasan untuk meningkatkan kinerja deterjen atau pemutih pakaian.

Selain untuk membersihkan pakaian, baking soda bahkan mampu membersihkan mesin cuci. Caranya sebagai berikut:

  • Siapkan dua gelas cuka, air sekira 50 ml, dan 50 gram baking soda.
  • Campurkan baking soda dengan air, aduk.
  • Tuang campuran air dan baking soda ke wadah deterjen, lulu susulkan cuka.
  • Putar/operasikan mesin cuci sebentar.

Campuran ketiga bahan tersebut akan membersihkan sisa-sisa noda yang tertinggal di mesin cuci. Jika dilakukan satu bulan sekali, dipercaya membuat mesin cuci lebih awet dan tetap segar meski bertahun-tahun dipakai.
Penting! Begini Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Bocor
Sebenarnya masih panjang lagi daftar manfaat baking soda yang mungkin atau sudah kamu ketahui, tapi lupa. Baking soda dapat dipakai untuk membersihkan kompor, microwave, talenan, dll.

Untuk urusan aroma, baking soda bisa digunakan di lemari pakaian, lemari dapur, sampai ke dalam mobil, untuk menyerap aroma yang tidak enak.

Bahkan dari brightside.me kudapatkan info bahwa baking soda juga dapat menghilangkan gatal-gatal pada kulit yang terkena cacar air, hidung tersumbat, juga membersihkan hidung tersumbat.

Luar biasa kan, Gengs! Jangan lupa bagikan info penting dan berharga ini, supaya kuota internetmu tak kalah bermanfaat dari natrium bikarbonat.

Diolah dari brightside,tempo, idn, dan alodokter.

0 komentar:

Post a Comment