Cerpen Bahasa Indonesia Singkat, karya Aviel Ardi Ferdinand

, , 2 comments
cerpen bahasa indonesia singkat

Cerpen bahasa Indonesia singkat. Cerpen yang dikirim Aviel Ardi Ferdinand dari Bali ke surel iluvtari. Lolos untuk diterbitkan karena ... simak dulu ceritanya!

Apa yang Ada di Dalam Boneka?

Aku Ial , 17 tahun. Salamku bagi kalian yang membaca ini.
Maukah kalian meluangkan sedikit waktu untuk mendengarkan cerita yang akan kusampaikan ini? Cerita tentang seorang perajin boneka. 
Tapi apakah hanya begitu? Bukankah terlalu biasa kedengarannya? 
Kisah ini berasal dari situs peninggalan di kota tua bernama “Endless”. Tempat itu tak memiliki banyak pengunjung. 
Penyebabnya tidak lain adalah karena tidak banyak yang tahu akan kota ini. Bahkan jika kalian melihat di peta seluruh dunia, kalian tidak akan menemukannya. 
Kau bertanya mengapa aku tau tentang kota ini? Yah, gampang saja. Karena aku berasal dari sana.,
kota itu tak memiliki banyak penduduk. Pekerjaan para penduduknya sendiri masih dipenuhi misteri.
Aku bekerja sebagai story teller, tapi aku di sini bukan untuk menceritakan pekerjaanku. Duduk dengan tenang, dan dengarlah ceritaku ….

Suatu ketika ada seorang gadis muda datang dari arah gerbang masuk kota ini. Dia berjalan sempoyongan dan tampak linglung, lalu pingsan. 
Beberapa saat kemudian, di samping pintu masuk gerbang itu, seseorang datang menghampirinya dan membawa dia ke tabib di kota itu. 
Tabib itu berkata bahwa si gadis muda mengalami anemia dan gegar otak ringan. Tabib mengatakan, ketika si gadis sudah sadar, segeralah bawa dia ke rumah agar dapat beristirahat.
Orang misterius mengikuti apa kata tabib itu, lalu membayar semua biaya perawatannya. 
Sang gadis lalu tersadar. Orang misterius kemudian menjelaskan apa yang terjadi, dan mengajak gadis muda untuk menginap di rumahnya malam itu.
Gadis muda yg tak punya pilihan lain menyetujuinya. Lalu katanya, “’Cossete’, panggil aku dengan nama itu.”
Orang itu juga memperkenalkan dirinya. Namanya adalah Aoura. 
Sesampainya di rumah Aoura, Cossete melihat banyak sekali boneka. Bahkan boneka-boneka itu hampir memenuhi seluruh ruangan rumah itu. 
Aoura memberitahu bahwa ia bekerja sebagai perajin boneka. Kemudian Aoura menempatkan Cossete di sebuah kamar.
Kamar itu tampak meyeramkan, hanya ada warna ungu dan hitam. Tapi sepertinya Cossete tidak memikirkan hal yang buruk tentang Aoura. Terlebih lagi bagi Cossete, Aoura sudah menjadi penyelamat hidupnya
Lalu Aoura pergi meninggalkan Cossete sendiri di kamar itu.
cerpen bahasa indonesia singkat
Tetapi malam itu Cossete tidak bisa tidur, dia terganggu akan suara misterius yang ada di sekitar rumah. 
Malam itu ia memutuskan untuk pergi berkeliling, mencari tau asal suara itu. Suara “tak tak tak”, seperti orang yang sedang bekerja. Kadang berubah “klak klak klak”, seperti langkah kaki. 
Di ujung ruangan rumah itu, tampak pintu yang terbuka sedikit. Cossete perlahan mendekat dan mengintip lewat celah pintu. 
Ia melihat sebuah boneka berukuran sebesar dirinya, yang begitu mirip dengannya. Tapi boneka itu memiliki dua warna mata yang berbeda.
Aoura tampak begitu serius mengerjakannya, sambil bergumam, “Sedikit lagi … sedikit lagi, pasti selesai. Kali ini pasti!” sambil tertawa. 
Itu terdengar sangat menakutkan bagi Cossete. Beberapa saat setelah itu, ia melihat cahaya putih melayang lalu masuk ke dalam tubuh boneka itu, lalu terdengar bunyi “KRATAK KRATAK”. 

Boneka itu mulai bergerak sendiri.
Cossete yang melihat hal itu menjadi khawatir. Dia merasa hal buruk akan menimpa dirinya. Dalam benaknya, Cossete berpikir apa yang menyebabkan boneka itu bisa bergerak? 
Satu hal yang dia ingat, sebelum cahaya itu datang, Aoura menggambarkan lambang ankh pada leher boneka itu. Cossete kemudian mengingat beberapa hal yang dulu pernah ia pelajari selama perjalanannya. 
Ankh adalah suatu simbol sakral yang pada zaman kuno memiliki arti kehidupan. Cossete juga ingat bahwa seluruh boneka yang ia lihat di rumah itu memiliki lambang tersebut.
Cerpen Bahasa Indonesia Singkat


Cossete mulai terdiam, raut wajahnya berubah ketakutan. Aoura sedang melalukan hal yang tabu, aku dalam bahaya. Jika begini terus aku pasti akan mati! Jiwa yang dipanggil dari alam lain harus dibayar dengan jiwa juga. Aku bisa jadi tumbal untuk boneka itu, aku harus pergi! Katanya dalam hati.
Tak lama kemudian, Cossete mendengar lagi suara langkah kaki tadi. 
KLAK KLAK KLAK.
Tapi kali ini berbeda, suara langkah itu bukanlah suara langkah sepasang kaki saja. tapi suara dari banyak pasang kaki yang mendekat ke arahnya. Ia tak sanggup memalingkan tubuhnya, apalagi untuk menggerakan tangan dan kaki. 
Kemudian terdengar suara dari seluruh ruangan itu, ”Mau ke mana kamu?” diiringi suara tawa dari para boneka.
Lalu boneka-boneka itu menangkap Cossete dan mengikat tangan serta kakinya. Mereka juga menyumpal mulut Cossete dengan kain. Para boneka lalu membawanya kepada Aoura 
Aoura berkata, “Selamat malam, wahai boneka kecilku!” 
Tanpa menunggu lama, Aoura membacakan mantra, lalu menggambarkan lambang ankh itu pada Cossete sembari berteriak, “TUMBAL NYA SUDAH DI SINI!” 
Clangkk! Seperti suara kaca pecah, seketika seluruh indra pada tubuh Cossete mulai tidak berfungsi. 
Ketika ia sadar, gadis muda Cossete sedang duduk memandang perapian. Bersama boneka lainnya.

# U L A S A N

Cerpen singkat berjudul “Apa yang Ada di Dalam Boneka?” di atas mendarat pada 28 Agustus 2020. Maaf nih, ketikannya acak-acakan (kayaknya diketik dari HP), EBI jangan ditanya deh! Lah kok lolos?

Karena menurutku ceritanya menarik, dan pendek. Jadi mudah ngeditnya. Kalau panjang ya mual, Bambank!

Cerpen tersebut adalah cerpen singkat tentang kehidupan di antah berantah. Gak ada informasi penting di sana, hikmahnya juga mungkin minimalis. Tapi sangat menghibur kan?

Judulnya termasuk contoh judul cerpen yang nggak banget. Tapi aku sedang gak ada ide untuk mengubahnya, terserah si Aviel aja.

Nah, kalau kamu masih minat mengirim cerpen ke iluvtari, gak usah ragu. Aku gak minta yang muluk-muluk kok. Pokoknya simpel dan menarik. Seperti cerpen bahasa Indonesia singkat di atas. Selamat berkarya! 

2 comments:

  1. Wah gk nyangka bakal di upload sama admin nih,, maaf sebelum nya Kalo masih ada salah penulisan atau penggunaan kalimat,, ini kali pertama saya belajar menulis cerita,, makasi banyak atas dukungan nya ya buat admin Dan para pembaca sekalian

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama aja dah keren banget, apalagi kalo diseringin. sori ya adminnya blak2an, sekolahnya asal dia mah

      Delete