7 Fakta Hewan yang Unik dan Mengagumkan

, , 16 comments
Ada banyak fakta dunia yang belum kita ketahui. Entah karena belum ketemu informasinya, lupa, atau memang berubahnya informasi seiring berkembangnya ilmu pengetahuan. Termasuk fakta hewan yang tak kurang menarik dari info lainnya.

Tak semua orang menyadari sifat unik hewan yang ada di sekitar kita, ya sih, urusan lain banyak. Tapi kalau pas ketemu, menarik juga loh! Malah bikin ketagihan untuk tau fakta-fakta unik lainnya. 

Tujuh fakta hewan di bawah ini mungkin bisa membuatmu terperangah, emejing! Tapi bagi sebagian orang, terutama yang biasa nonton channel alam, bisa jadi biasa saja. Kamu tim yang mana?

1. Laba-laba Serigala

fakta hewan
Freepik
Jadi laba-laba aja serigala, punya masalah apa sih? Seringgalau! Laba-laba ini berbeda dengan keluarganya yang lain. Mereka biasa hidup sendiri dan tidak membuat jaring. Sayang waktu kali ya, jomlo aja pake punya rumah segala.
Yang lebih unik lagi, induk dari laba-laba serigala biasa membawa ratusan anaknya di punggung, ke mana saja ia pergi. Lah iya, kan gak punya rumah!

2. Kapibara

fakta hewan
Pexels-Magali
Karena hewan pengerat yang populer di telinga kita adalah tikus, kapibara mungkin termasuk hewan unik bagi masyarakat Indonesia. Tapi kapibara tidak termasuk hewan langka, hanya adanya di Amerika sana.
Fakta menarik dari kapibara adalah bahwa mereka merupakan hewan terbesar dari keluarga pengerat. Beratnya bisa mencapai 70 kg, lebih berat dari cewek-cewek Indonesia!

3. Paus Pembunuh

fakta hewan
Pexels-Pixabay
Namanya paus, tapi mereka adalah lumba-lumba. Disebut juga seguni atau orca. Kamu kira hiu adalah rajanya lautan? Salah, para seguni yang suka berburu dalam kelompok ini adalah jagoan laut, dan mereka ada di seluruh samudra. 
Karena ukurannya yang sangat besar, lumba-lumba orca disebut paus. Tak perlu dijelaskan kenapa mereka disebut pembunuh. Gak di darat gak di laut sama, kalau badannya kecil pada ramah. Giliran punya badan gede langsung sok jago!

4. Walrus

fakta hewan
Pexels-Putulik Jaaka
Fakta unik berikutnya masih dari hewan laut. Kamu tau bedanya walrus, singa laut, anjing laut, dan gajah laut? Semuanya beda. Yang jelas, walrus paling mudah dikenali di antara yang lain karena taringnya. Dan taring itu tidak berhenti tumbuh sampai walrus berusia lanjut.

5. Siput

fakta hewan
Pexels-Riadh Dallel
Tak hanya jalannya yang lamban. Siput juga punya kebiasaan tidur yang lamanya gak kira-kira. Tiga tahun! Bangun-bangun kawannya sudah kuliah.

6. Kambing Pingsan

fakta hewan
Pixabay- Andre Grunden
Kambing Tennessee di Amerika Serikat bagian selatan disebut fainting goats (kambing pingsan), karena penyakitnya yang unik. Penyakit yang juga ditemukan pada manusia itu adalah myotonia congenital atau penyakit Thomsen.
Jika takut atau kaget, otot kaki kambing akan menegang yang membuatnya jatuh. Sebenarnya kambing jatuh dalam keadaan sadar, tapi kondisi itu bertahan 10 hingga 20 detik, yang membuat orang berasumsi kambingnya pingsan.

7. Ikan Buntal

fakta hewan
Unsplash-Brian Yurasits
Kalau ada tantangan uji adrenalin dengan makan ikan buntal, lebih baik kamu mundur. Racun tetrodotoksin yang ada pada ikan buntal bahkan lebih mematikan dari sianida. Hanya dengan 1-2 mg tetrodotoksin murni, nyawa seseorang bisa melayang.
Tapi di Jepang, jadi makanan keren yang mahal? Iya, syaratnya diolah oleh koki khusus. Itu pun masih ada kasus kematian setiap tahun karena ikan buntal. Sedikit sih, “hanya” 10-an kasus. Tapi kan nyawa manusia juga.
Fakta unik lainnya terkait ikan buntal, ikan ini mampu membuat dirinya membesar hingga tiga kali dari ukuran aslinya. Pertahanan diri dengan cara tsb adalah kompensasi yang diberi Allah, karena ikan buntal tidak bisa berenang cepat.
Makanya kalau ada pemangsa yang mendekat, ikan buntal kesulitan untuk kabur. Jadi ndut adalah jalan ninjanya.

Menarik nggak tujuh fakta hewan yang sudah kubagikan di atas? Nggak usah repot-repot like, karena nggak ada tombolnya. Cukup bantu share artikel ini saja. Terima kasih!

Sebagian info diramu dari Boredpanda

16 comments:

  1. kayaknya jenis2 ini sudah banyak yg langka ya kak
    di Indonesia juga udah jarang
    tapi menarik juga sih mencari tahu tentang hewan yang sudah mulai punah

    ReplyDelete
  2. waktu ke dermaga di san francisco, aku meet up dengan hewan yg bentukannya mirip walrus gitu, mba.

    aku bingung, ini sebenernya walrus atau singa laut?

    Atau ada yg walrus, dan ada yg singa laut? Abisnya miriiiippp binggo

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa gak ditanya ke mereka, kalian ini walrus apa singa laut?

      Delete
  3. kayaknya jenis2 ini sudah banyak yg langka ya kak
    di Indonesia juga udah jarang
    tapi menarik juga sih mencari tahu tentang hewan yang sudah mulai punah

    ReplyDelete
  4. Yang akrab namanya cuma kapibara dan ikan buntal. Ingat permainan feeding frenzy dulu yang banyak ikan buntalnya. BIsa bahaya juga sih karena dia bisa mengembang gitu. Itu siput btw lama amat tidurnya, bangun-bangun udah tinggal di Mars :)

    ReplyDelete
  5. Ho iya saya jadi ingat si kambing pingsan ini. Beberapa waktu lalu sempat liat liputannya di salah satu tv swasta..unik juga ya hewan-hewan ini..aneh tapi nyata hehe

    ReplyDelete
  6. Dari semua hewan diatas aq tahunnya cuma siput saja. Tapi baru tahu kalau siput tidurnya sampai 3 tahun. Gak keburu kering kerontang tuh dagingnya krn tidur gak makan n gak Minum

    ReplyDelete
  7. Wih unik-unik ya Mbak fakta hewan di atas, siput yang paling bikin heran tidur bisa sampai 3 tahun. Jadi teringat beberpa waktu yang lalu banyak siput di pekarangan, ketika saya bersihin ada yang diem aja. Jangan-jangan mereka sedang tidur hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi enak2 tidur diguyur, baru juga setaoon, katanya

      Delete
  8. Setuju unik banget
    Malah ada yang mirip manusia karena sok jagoan mentang mentang badannya gede
    Tentang ikan buntal, ada teman yang pernah makan dan menulis, emang serem serem gimana gitu 😀😀😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. makan nyonya puff, langsung bisa bawa speed boat itu

      Delete
  9. Nyonya Puff dan Walrus aku udah pernah denger. Jadi ingat dulu punya polo tshirt warna putih dan abu, terus di bagian dada kiri ada sulaman warlus gitu dengan tulisannya. Tapi banyak juga binatang unik lainnya yang baru saya denger, termasuk si hewat pengerat itu, kapibara. Juga baru tahuuu kalo Paus Pembunuh itu termasuk keluarga lumba-lumba! Wah!

    ReplyDelete
  10. Belum pernah lihat yg kapibara. Termasuk hewan yg langka yaa kak ini udahan?
    Yg lumba2 ini jadi inget pas ke manggarai NTB, lumba2nya masih suka nyamperin kapal nelayan. Seru bangettt

    ReplyDelete
  11. Beratnya bisa mencapai 70 kg, lebih berat dari cewek-cewek Indonesia!

    ah sara nih :D

    ReplyDelete
  12. bukan sara, body sampling, wkwk

    ReplyDelete
  13. Laah...makanya yaa..aku pas banget sama siput.
    Hobinya rebahan. Heuheuu~
    Aku suka banget tulisannya, kak.

    ReplyDelete

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.