8 Cara Tidak Biasa Agar Cepat Tidur

, , 16 comments
Siapa yang menyangkal, bisa tidur nyenyak adalah sebuah anugerah? Insomnia, meski kedengaran sepele nyatanya bisa berimbas buruk pada kesehatan dan kehidupan sosial. Yuk mari, kita bahas cara cepat tidur dengan trik sederhana.

Agar Cepat Tidur

Selain bahaya kurang tidur, kamu tentu juga tau keuntungan dari cepat tidur. Yup, agar bisa bangun lebih cepat. Bangun pagi membuat hidup lebih positif, dan lebih banyak hal yang bisa dilakukan sepanjang hari. Tentunya tak melupakan istirahat, agar selalu fit.

So, inilah delapan trik sederhana yang bisa kamu lakukan saat waktu istirahat tiba. Tapi jangan kaget, kedelapan trik agar cepat tidur berikut ini agak beda dari yang biasa kamu baca.

1. Kenakan Kaus Kaki

Terutama di musim dingin, membuat kaki lebih hangat adalah semacam sinyal bagi otak, bahwa sekarang adalah waktunya istirahat. Kamu pernah baca tentang buku termahal dengan satu kalimat? “Jaga diri untuk tetap tenang, jaga kaki agar tetap hangat, dan kamu akan membuat dokter terbaik sekalipun menjadi miskin” isinya.

2. Relaksasi Otot Progresif

Sebenarnya Relaksasi Otot Progresif bisa dilakukan pada otot mana saja. Tapi khusus bagi yang susah tidur, mengencangkan dan mengendurkan jari kaki adalah pilihan tepat. Lakukan dalam hitungan sepuluh ya, Gengs!

3. Tetaplah Terjaga!

Kedengaran aneh, ya. Tapi tidak begitu menurut penelitian National Center for Biotechnology Information. Dalam laporan NCBI, metode ini adalah paradoks, seolah berlawanan padahal tidak.
Berbaringlah di tempat tidur, lalu katakan, “Aku tidak mau tidur.” Buktikan bahwa kelopak matamu justru terasa makin berat. 

4. Cuci Muka

Kebanyakan orang mungkin mengira, cuci muka sebelum tidur akan membuat wajah terasa segar lalu kantuk pun hilang. Nyatanya, bersih-bersih (cuci muka, tangan, kaki, ... iya, wudu!) justru memberi efek menurunkan detak jantung dan tekanan darah. Alhasil kamu jadi rileks, dan tubuh pun siap beristirahat.

5. Hitung Napas

Menghitung domba? Gak zaman! Inilah cara tidur cepat 30 detik: tarik napas selama empat detik, tahan dalam tujuh detik, lalu lepaskan selama delapan detik. Kalaupun meleset, menurut perkiraan tak akan membutuhkan waktu lebih dari 60 detik.

6. Makan Pisang

Kenapa pisang? Karena buah yang mengandung potasium dan magnesium ini mampu membantumu agar tidur lebih cepat. Bersama dengan teh dan madu, ketiganya juga baik untuk mengatur gula darah.
Hindari makanan pedas dan berlemak di malam hari, karena keduanya bisa mengakibatkan berkeringat saat tidur, yang jelas mengganggu kualitas istirahat.

7. Gunakan Bantal

Tak masalah jika kamu menggunakan bantal kepala untuk kaki, tak harus guling. Dudukin bantal bikin pantat korengan adalah mitos paling lawak.
Letakkan bantal di bawah lutut untuk mengurangi tekanan tulang belakang. Atau tidur menyamping, dengan posisi bantal di antara dua lutut agar tulang belakang jadi lebih sejajar. Posisi yang baik memungkinkan kamu tidur lebih cepat.

8. Mengingat

Kamu mungkin mengira poin ini paling ngasal. Cobain deh, untuk membuktikan betapa efektifnya trik yang kubagikan ini. Termasuk poin terakhir yang terdengar sedikit tak masuk akal.
Cara agar cepat tidur berikutnya adalah dengan mengingat-ingat beberapa hal yang biasa dilakukan. Sarapan dengan menu apa? Tadi ngobrol dengan siapa? Biasanya kamu suka jalan-jalan ke mana? Dan beberapa hal lain yang membuat rileks.
Hasilnya, kamu mungkin tak ingat lagi, sampai mana kenangan itu “diputar”. Tiba-tiba waktu berjalan cepat, dan kamu harus menyambut hari baru dengan lebih bersemangat.
Cara Agar Cepat Tidur

Jangan langsung percaya ya, Gengs! Delapan cara agar cepat tidur di atas harus dibuktikan dulu. Bukan oleh siapa-siapa, tapi oleh kamu sendiri. Artikelnya sendiri punya sumber kredibel, jangan khawatir.

16 comments:

  1. Yang jelas, kalo tidur siang jangan kelamaan,
    Bisa-bisa pas malam susah tidur/insomniac wkwkw
    trus jangan maraton drakor ya gaes *ngomong ama diri sendiri wk

    ReplyDelete
  2. hah makan pisang, serius kak? kalau saya kuncinya sih rileks.. yang bikin sebel tuh kalo udah ngantuk dan kepengen tidur tapi suara2 di pikiran masih berisik haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak biasa kan? 😅
      Jangan makan bantal

      Delete
  3. Wah mantapp,
    Aku tipe orang yang kadang susah tidur soalnya 🤦‍♀️

    ReplyDelete
  4. Saya nih akhir akhir sering susah tidur
    Padahal dulu, habis minum kopi pun pules aja tidur :D
    Akhirnya dicari penyebabnya
    Mungkin kedinginan, mungkin pegel atau mungkin banyak pikiran
    Sehingga solusi mudah didapat

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin emang belum ngantuk kak

      Delete
  5. Gerakin kaki ini teknik saya kalau susah tidur, sering ditambah dgn streching tangan juga. Cukup membantu tidur enak.

    ReplyDelete
  6. Wah tipsnya bener-bener nggak biasa, jadi tertarik untuk mencoba sebab saya termasuk agak susah tidur.

    ReplyDelete
  7. benar sekali tipsny mbak, beberapa sudah aq coba lakukan

    dan terbukti berhasil, aku bisa tidur cepat

    ReplyDelete
  8. Aku penderita insomnia banget. Sudah bnyk cara tapi belum berhasil. Tetap aja baru bisa tidur setelah jam 24:00.

    Tapi aku maucoba tips di atas, terutama no 3. Aku blm prnh coba n penasaran hasilnya

    ReplyDelete
  9. Waah iyanihh butuh banget tips kayak gini secara, udah 6 bulan begadamg terus akhirnya jam biologisnya berubah

    ReplyDelete
  10. Kalo aq pas mau tidur inget2 sesuatu malah nggak bisa tidur mbak, palingcara yang aq pake ya berhitung itu

    ReplyDelete
  11. Hitung nafas belum pernah aku coba, Hehe menarik juga ya kalau hitung nafas. Butuh berapa lama aku hitung nafas agar terlelap ya? hmm...

    ReplyDelete
  12. Aku kalo susah tidur, suka peluk atau ndusel orang yang di sebelahku.
    Makanya paling suka bobok sama anak-anak.
    Mereka wangi...hehehe..padahal anakku uda SD.

    ReplyDelete
    Replies
    1. anakku juga dah SD tapi masih enak dicium, ada asem2nya gitu

      Delete
  13. penasaran relaksasi otot progresif itu gimana caaranya ya?

    ReplyDelete