Cara Paling Ampuh Mengatasi Insomnia, Tanpa Obat!

, , 25 comments
cara paling ampuh mengatasi insomnia tanpa obat
Photo by Karolina Kolacz on Unsplash


 السلام عليكم

Apa kabar, Gengs? Semoga sehat selalu, badannya, pikirannya, dompetnya! Aamiin.

Kalau ada yang rajin mantengin iluvtari, bakal keliatan kalau blog ini mengalami kelemasan posting konten. Tapi kayaknya belum ada yang rajin mantengin. Ya sudahlah.

Biarpun kamu gak mau tau, tetap kukasih tau. Sebabnya karena penyakit lamaku kambuh. Penyakit orang keminter; banyak ide, merasa bisa ini itu, akhirnya gak fokus.

Tambah satu derita lagi, kepusingan cari keyword, wkwkwk.
Biasanya kalau banyak pikiran, orang akhirnya jadi susah tidur. Aku nggak dong! Karena aku tau gimana cara mengatasi insomnia tanpa obat.

Meski kamu pada dasarnya tidak mengalami insomnia, bahkan suka begadang. Kamu tetap perlu baca tips yang kuulas di bawah. Simpel banget pokoknya! 

Apalagi kalau kamu sebenarnya juga tau kalau begadang itu tidak sehat, tapi susah menghilangkan kebiasaan itu (alasan insomnia cuma diada-adain). 

Bahkan kamu sudah paham kalau cepat tidur cepat bangun adalah gaya hidup yang sehat, tapi males bangun pagi. Kamu harus tuntaskan baca artikel ini! Karena artikel ini penuh vonis dan gak ada istimewanya.

Susah Tidur Karena Banyak Pikiran

Cara paling ampuh mengatasi insomnia tanpa obat
Contoh om om banyak pikiran

Jangankan banyak pikiran, banyak duit pun orang bisa susah tidur. Karena mikirin duitnya, khawatir hilang atau berkurang. Eh jatuhnya banyak pikiran juga, ya!

Apalagi yang banyak utang, pasti susah tidur. Padahal utang itu idealnya bukan dipikirin, tapi dibayar!

Kamu pernah cari obat susah tidur di apotik? Setelah mampir ke artikel ini, kayaknya kamu gak perlu cari ke apotek lagi. Itu kuketik “apotik” karena menyesuaikan dengan pencarian orang. Yang baku “apotek”.

Kalau sudah tau susah tidurnya karena banyak pikiran, ya dikurangi dong! 

Gimana mau dikurangi, wong ini ngeganjel.

Ya sudah, pikirin aja terus. Menyelesaikan masalah dengan masalah baru. Yang lama gak kurang, ditambah insomnia. Dobel! Hati-hati, banyak pikiran bisa depresi. Depresi itu, satu dari sekian gangguan psikologis

Terutama kamu yang sedang hamil, memang sebaiknya gak sembarangan minum obat. Mengatasi insomnia pada ibu hamil lebih tepat dikonsultasikan pada ahlinya. Ada dokter kandungan atau bidan, yang jelas bukan aku. 

Atau kamu juga bisa tanya-tanya tanaman obat susah tidur pada mereka yang berpengalaman di bidang tersebut. Juga bukan aku.

Cara mengatasi insomnia tanpa obat yang akan kujelaskan tidak ada sangkut pautnya dengan dokter, tabib, apalagi ahli nujum. Walaupun mungkin kalau ditelusuri akan ditemukan teori-teori pendukung. Nyatanya aku sedang malas, kamu juga bacanya paling lompat-lompat. Ngaku!

Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh

Cara Paling Ampuh Mengatasi Insomnia Tanpa Obat
Kopi pasta alias salin tempal

Bukan dari riset ilmiah atau kumpulan informasi sana-sini. Cara yang akan kubagi adalah hasil dari pengalamanku sendiri. Kamu mau pakai boleh, gak juga gak masalah. Cuma sayang aja, sudah makan kuota masuk sini tapi gak dipraktikkan.

Jangan kira kamu akan dilarang ngopi sebelum tidur, karena aku biasa kok ngopi malam. Atau sit up dulu sebelum tidur, mustahil aku nyaranin gitu. Gak boleh nyuruh-nyuruh orang hal yang kita aja gak pernah lakukan.
 
Hal pertama yang perlu kamu kerjakan untuk mengatasi susah tidur adalah berusaha tidur. Ya iya, ngaku susah tidur tapi tetap megangin HP, itu kan njelehi.

Jauhkan HP dari posisimu, jangan lupa set alarm untuk salat malam. Kemudian matikan lampu, kibas tempat tidur agar pasir atau hewan-hewan kecil di sana tidak ikutan bermalam.

Kabarnya ada makhluk lain yang juga suka nebeng di kasur manusia. Bukan rahasia, merekalah jin yang bisa melihat kita tapi gak bisa kita lihat. 

Dengan mengibas kasur sambil mengucap basmalah, insyaallah jinnya pindah. Entah ke bawah tempat tidur, nongkrong di atas lemari, nggelosor di lantai, … gak usah kamu pikirin. Ingat tujuan muliamu; tidur!

Setelah membaca doa, pejamkan mata meskipun belum ngantuk-ngantuk amat. Peraturan berikutnya, jangan mengkhayal! Dalam rangka memancing ngantuk, banyak orang yang sengaja mengkhayal dengan alasan sebagai pengantar tidur.

Kenapa gak boleh mengkhayal? Pertama, bisa terjerumus ke dosa “panjang angan-angan”. Kedua, kalau khayalanmu ribet kayak novel, kan malah jadi pikiran. Harus dibikin endingnya dulu baru bisa tidur dengan tenang. 

Jadi balik ke awal dong, susah tidur karena banyak pikiran. Yang dipikirin cuma khayalan lagi, kan keblinger!
Baca juga:
Boleh “mengkhayal” kalau imajinasimu begini: bayangkan nyawamu ditarik, sakit banget. Terus kamu dimandikan, dikafani, dibawa ke liang kubur. Kemudian ditinggal! 

Seram kan? Kalau pakai tips ini, biasanya baru jalan ke kuburan tau-tau aku dah lelap. Kamu boleh pakai tips mengatasi insomnia tanpa obat yang versi ini. Aku sendiri kadang-kadang masih pakai, biar gak cinta-cinta amat sama dunia.

Nah, cara mengatasi susah tidur dan gelisah yang paling simpel itu begini. Sambil merem, kamu ucap “Subhanallah walhamdulillah walaa ilaaha illallah wallahu akbar” berulang-ulang.

Bahkan ketika kamu merasa malas karena akhirnya ngantuk, terus ucapkan dalam hati. Insyaallah dijamin tau-tau hari sudah pagi. Aku belum pernah gagal setiap melakukan trik ini, alih-alih menghitung domba.

Sebab domba di benakku bandel-bandel. Aku lagi ngitung mereka lompat-lompat, ada yang ngobrol segala, kan ngeselin. Ini serius loh!

Jadi, sudah tau kan cara mengatasi insomnia tanpa obat yang paling tepat, mudah, dan efektif. Segera praktikkan! Kalau sukses artikelnya dishare, kalau gagal kamu kabari aku ya!

25 comments:

  1. Aku jarang sih alami insomnia, malah seringnya nguantuk berat hehe. Tapi kalau tidur di atas jam 11 biasanya sulit tidur walau siang ga tidur. Biasanya baca buku atau nonton tipi, lah. Tipinya ga ada suara pula, hehe. Makasih ya kiat untuk membayangkan dicabut nyawa, sungguh seram tapi akan sangat ampuh.

    ReplyDelete
  2. wwkwk, seruu banget nih mba, ulasannya
    aku kayak lagi ngobrol asyique ama tmen nih
    keep blogging ya mbaa, daku hepi nih baca artikel2 kamuuhhh
    semoga semua sehaaatt bebas insomnia yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, seneng ada yg menyemangati buat terus ngeblog. makasih

      Delete
  3. Kalau saya seringnya insomnia karena poin pertama di atas, banyak pikiran dan parahnya yang kepikiran itu bukan hal-hal penting, hal receh-receh gitu..hahaha. Di sisi lain, juga ada manfaatnya sih ya, kerjaan bisa kelar karena bisa jadi night owl...hehe

    ReplyDelete
  4. Kalau gak bisa tidur, aku baca-baca sih tapi seringnya istighfar. Yang paling simpel aja dan akhirnya merem meski agak lama

    ReplyDelete
  5. pertama baca judulnya saya seneng banget. siapa tau bisa jadi solusi buat insomnia suamiku yang akut. ternyata setelah dibaca, artikel ini juga mengandung obat pelipur lara alias bikin saya tertawa bacanya. kocak hihi. ada ilustrasi mikirin ikan duyung diasinin segala haha

    ReplyDelete
  6. Kebalikan ma saya nih mb. Susah tidur, ambil hape trus baca2 berita onlen. Lama2 tertidur dengan sendirinya.

    Btw soal kopi sama nih, gak ngaruh buat saya hehe

    ReplyDelete
  7. Dulu ibuku pernah punya kesulitan tidur gtu, Stress berat tapi sekarang sudah nggak. Tidur adalah hal yang penting untuk mencharger pikiran dan tubuh kita, maka dari itu insomnia harus enyah😖

    ReplyDelete
  8. Insomnia saya kambuh kalo mau pergi keluar kota atau ada kerjaan yang belum beres
    Bisa 2 hari 2 malam ga tidur. Dan anehnya gak ngantuk

    ReplyDelete
  9. Kalau aku mmng suka menghayal sebelum tidur. Tapi aku harus sdh dikasur pukul 21.00 Wib. Nah, baru bisa tidur pukul 23.00.

    ReplyDelete
  10. OMG membayangkan dicabut nyawa wkwkkwk ampoon..kalau itu nggak tidur tapi pingsan hihihi..setuju sih ngakunya gabisa tidur tapi masih mainan HP ya ga bakalan bisa tidurlah..harusnya tutup mata pakai kain atau bantal :D

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah, kalau aku sudah tidur biasanya kalau mau tamasya esok harinya atau mau ada acara besar. Tapi dipakai dzikir trus capek dan tertidur. semoga bisa nambahi tipsnya.

    ReplyDelete
  12. MashAllah~
    Tulisannya renyah dan menginspirasi niih...pernah doonk ngalamin gak bisa tidur. Dan iya, ujung-ujungnya jadi mengkhayal gak jelas.
    Ya Allah...
    Semoga dengan memaksimalkan aktivitas seharian, tidur lebih barokah.

    ReplyDelete
  13. Wokeee... bermanfaat..
    Wah ternyata blogger.com masih rame juga yaa.. berasa taun 2013-2016.

    ReplyDelete
  14. Ya Allah tipsnya, ngeri Kak. Tapi memang benar, harusnya begitu agar tdk terlalu cinta dg dunia.

    ReplyDelete
  15. Wkwk hiburan banget baca tulisanmu mbak. Bisa direkam juga kali ya? Jadi kalo pikiran mulai ke mana-mana tinggal puter aja biar inget lagi harus berzikir

    ReplyDelete
  16. Iya akhir-akhir ini aku susah tidur mungkin karena worry pandemi bisa juga kecapekan kerja di rumah hehe, jadinya berusaha singkirkan hp, masuk kamar lebih awal biar nggak kebablasan main hp dan begadang huhuhuhu

    ReplyDelete
  17. Waah relate banget, kalau lagi banyak pikiran suka susah tidur hehehe. Tp bener juga tuh tipsnya, dari pada mengkhayal mending auto dzikir, berpahala iya, jd lebih cepet tidur iya. Soalnya kalau menghayal,malah jadi ga bs tidur :D

    Makasih mbak tipssnyaaa :)

    ReplyDelete
  18. Kalau aku jarang banget insomnia, malah kayaknya waktu tidur itu kalau bisa aku ganti deh buat ngeblog saking udah lama nggak nulis blog, saking banyaknya PR yang harus aku tulis. Tapi lagi-lagi kalau malam malah ngantukan terus terlebih saat nongkrong depan laptop. Boro-boro insomnia haha.

    ReplyDelete
  19. Mbak Tari aku ngakak deh bacanya, 😆 ya kali duyung diasinin, jadi nanbah pikiran aku huhu

    ReplyDelete
  20. satu cara yang sering aku lakukan kalau insomnia, adalah memaksa untuk memejamkan mata, mendengarkan murotal, sampai ganti posisi tidur. Akhirnya bisa tertidur ketika sudah selesai subuh. dan ini sering terjadi.

    ReplyDelete
  21. Sungguh cara menghilangkan insomnia yang sangat berfaedah. Ini terbosan yang sangat luar biasa

    ReplyDelete
  22. Akhirnya selesai juga baca. Bhaiiquelah, insomnia tak insomnia mah ini tidur sepenting itu buat dilakukan, eh. Makasi kak udah menuliskannya. Jadi praktekanlah tips ala kak tari itu dengan sungguh-sungguh LOL :D

    ReplyDelete
  23. Aku dulu sebelum nikah ya susah tidur karena banyak pikiran. Kap sekarang susah tidur banyak pekerjaan, hahaha

    ReplyDelete
  24. Susah tidur umumnya banyak pikiran karena ada sesuatu yang belum terselesaikan, seperti pekerjaan dan lain halnya. Atau sengaja mengerjakan sesuatu di larut malam karena tenggat waktu. Kalau malam memang waktunya istirahat, rutinkan/terjadwalkan tidur awal.

    ReplyDelete