8 Manfaat Pasta Gigi yang Belum Kamu Tau

, , 3 comments
Apa manfaat pasta gigi? Jawabaan pertama tentu untuk membersihkan gigi. Nyatanya masih ada manfaat lain dari bahan ajaib ini. Baik pasta gigi biasa maupun pasta gigi gel, dapat kamu gunakan untuk beberapa keperluan.

manfaat pasta gigi

Mungkin sebagian ada yang sudah kamu ketahui, dan sebagian lagi belum. Atau malah belum semua? Itu sih aku! Jadi kusarikan dari berbagai sumber, inilah 8 manfaat pasta gigi selain untuk bahan menyikat gigi!

1. Mengembalikan kilau perhiasan.

Sebenarnya info pertama ini gak terlalu asing. Aku sendiri dari kecil sering melihat kakak-kakakku membersihkan anting dan cincin mereka menggunakan pasta gigi sehabis mandi.

Terutama perhiasan perak yang rada buram, bisa kamu kembalikan kemilaunya dengan menggosok sedikit pasta gigi di permukaannya. Tip ini juga berlaku untuk berbagai perabotan berlapis krom yang ada di rumahmu.

Tak hanya logam, kaca lampu sepeda motor dan mobil pun bisa kinclong kembali berkat “kesaktian” pasta gigi. Itu karena pasta gigi mengandung bahan abrasif yang efektif untuk urusan bersih-bersih. 

2. Membersihkan sepatu.

Perlengkapan berwarna putih jelas lebih mudah kotor ketimbang warna lain, apalagi kalau sepatu! Tapi kalau sering dicuci, khawatir gampang rusak dong. Nah, kamu bisa menggosok bagian yang kotor menggunakan sikat gigi, dan pastanya tentu! 

3. Membersihkan noda pada permukaan kayu.

Tau gak sih, bahan kimia tertentu bisa merusak lapisan cat atau bahkan kayu itu sendiri. Jadi ketika ada noda di meja atau perabot dari kayu lainnya, akan lebih aman jika kamu membersihkannya menggunakan pasta gigi.

4. Membersihkan noda pada pakaian.

Noda bekas lipstik, saus, dsb yang menempel di pakaian bisa kamu tumpas dengan pasta gigi. Caranya, oleskan pasta gigi secukupnya pada noda, gosok sedikit, lalu biarkan sebentar sebelum dicuci. Setelah itu ya dicuci seperti biasa ya, Gengs! Jangan dibiarkan terlalu lama, bisa jamuran.

5. Menghilangkan aroma menyengat.

Pernah nggak sih setelah membersihkan ikan atau mengiris bawang dalam jumlah banyak, aromanya masih awet di tangan? Kalau sabun tidak bisa menyelesaikan masalahmu, ada pasti gigi yang bisa membantu! Ayo buktikan … 

6. Membersihkan dasar setrika.

Hasil setrikaanmu kurang rapi? Bisa jadi bagian dasar setrikanya sudah gak mulus lagi. Kadang ada noda kecokelatan gitu yang bahkan membuat pakaian jadi lengket. Gak usah ditebak, jelas aku akan kasih trik dengan pasta gigi lagi.

Cukup oleskan pasta gigi pada bagian bawah setrika, usap perlahan dengan arah memutar. Gunakan lap yang halus ya!

7. Mengilapkan HP.

Pertama beli HP, biasanya kita langsung melapisinya dengan casing biar aman dari gesekan. Tapi lama kelamaan, casingnya justru yang membuat tampilan HP jadi terkesan kusam.

Setelah casing dibuka … wow, nampak seperti baru! Tapi beberapa bulan setelah itu, malah penuh goresan. Masalah lagi. Biasanya aku menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkan layar dan bagian belakang HP. Ternyata pasta gigi punya kemampuan yang sama! 

8. Membersihkan kuku.

Ada kalanya karena berbagai sebab, kuku pendek sekalipun nampak kotor. Gak harus perawatan ke salon, cukup balur seluruh kukumu hingga tertutup sempurna dengan pasta gigi. Diamkan sebentar, lalu bilas hingga bersih.

So, mana di antara delapan manfaat pasta gigi di atas yang sudah dan belum kamu ketahui? Gak penting sih mana sudah mana belum. Yang penting semuanya bakal dipraktikkan, biar gak sia-sia kamu membaca informasi penting ini.

3 komentar:

  1. Baru tahu aku kak, biasanya aku pakenya minyak kayu putih

    BalasHapus
  2. wah baru tahu saya, thanks infonya kak

    BalasHapus
  3. nice sharing. dr sekian poin, aku banyak yg belum tahu. Tapi aku suka pakai pasta yg berasa mint, kalau buat ngilangin bau di tangan, mungkin sriwing2 juga yaa :)

    BalasHapus

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.