Kompetisi Film Pendek Sundance Film Festival

, , 2 comments
Kabar baik untuk para kreator konten, terutama kamu yang biasa bikin konten dalam bentuk video. XRM Media bekerja sama dengan IDN Media mengadakan kompetisi film pendek sebagai bagian dalam Sundace Film Festival Asia 2021.

Tapi ya … bukan video ala Tiktok atau review-review apa gitu kayak selebgram. Gak usah panjang lebar deh, kamu simak aja info berikut ini, insyaallah langsung paham deh apa yang kumaksud.

kompetisi film pendek
The Moonstruck Drive-In in Houston (Dok. Sundance InstituteIman Mannie)

Sundance Film Festival: Asia

XRM Media dan IDN Media dengan bangga mengumumkan pelaksanaan Short Film Competition sebagai salah satu rangkaian acara di festival tersebut. Disponsori oleh Argo, sebuah platform streaming dan kurator global film pendek, kompetisi ini dibuka untuk para insan perfilman Indonesia. 

Kompetisi film itu juga bertujuan untuk menemukan, membina, dan memberikan panggung bagi talenta-talenta baru di industri film dan memperkenalkan mereka ke kancah global.

Sundance Film Festival
Dok. Sundance Institute
Kamu yang berminat mengikuti kompetisi dapat mendaftarkan diri di halaman Film Freeway paling lambat tanggal 9 Juli 2021. Syaratnya antara lain:
  • Warga Negara Indonesia (WNI), baik yang berada di dalam maupun luar negeri.
  • Berusia sekurang-kurangnya 18 tahun. 
  • Tema/genre film bebas.
  • Proses pengerjaan film harus selesai pada atau setelah 1 Januari 2019, dengan durasi 3 sampai 20 menit.

Dewan Juri Short Film Competition

Film pendek yang diikutsertakan dalam kompetisi ini akan dikurasi oleh dewan juri dari Sundance Institute, Argo, IDN Pictures, serta seorang sutradara film alumni Sundance Film Festival. Berikut nama-nama juri yang akan menilai karyamu:
  1. Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival
  2. Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival
  3. Mike Plante, Senior Short Film Programmer, Sundance Film Festival
  4. Susanti Dewi, Head of IDN Pictures
  5. Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo
  6. Joko Anwar, Filmmaker, alumni Sundance Film Festival

Hadiah Kompetisi Film Pendek

Bagi kamu yang berhasil menaklukkan hati juri, ada banyak keuntungan menunggu. Berikut daftar hadiah yang bisa memotivasimu untuk berkreasi sebaik mungkin:
  • Uang tunai sebesar USD 2,000 (sekira 28 juta rupiah lebih).
  • Film pendek yang memenangkan kompetisi akan diputar di Sundance Film Festival: Asia 2021 pada bulan September.
  • Karya pemenang juga berkesempatan dinominasikan untuk tayang di Sundance Film Festival 2022.
  • Film pendek terpilih mendapatkan penawaran distribusi secara global melalui platform Argo.
Gimana, Gengs, tertarik nggak untuk ikut berpartisipasi? Kalau kamu punya minat di dunia perfilman, rugi banget deh kalau gak ambil peluang bagus ini. Apalagi sekarang film pendek bisa dibilang sedang mengalami tren yang bagus.

Berikut komentar dari wakil para penyelenggara. Gak main-main mereka untuk perhelatan besar ini! 

kompetisi film pendek
Winston Utomo, CEO IDN Media dan Michael Chow, Founder XRM Media
Winston Utomo, CEO IDN Media: “Film pendek akan selalu menjadi salah satu bagian penting dari dunia film dan storytelling. Karya-karya film pendek memiliki tempat tersendiri di hati banyak penggemar film, terutama di Sundance Film Festival: Asia. Dalam Short Film Competition ini, kami sangat menantikan kreativitas para sineas Indonesia melalui karya-karyanya. Kami sangat berharap Sundance Film Festival: Asia dapat menjadi wadah bagi berkembangnya industri film di Indonesia.”

Mike Plante, Programmer Senior, Short Film, Sundance Film Festival: “Di Sundance Film Festival, kami berkomitmen untuk terus mencari talenta dan karya baru, serta memberi panggung bagi mereka seperti melalui Short Film Competition sebagai bagian dari Sundance Film Festival: Asia 2021. Kami sangat antusias untuk menemukan karya baru dan memperkenalkannya pada audiens yang tentu juga tak kalah antusias.”

Michael Chow, Founder of XRM Media: “XRM Media merasa terhormat bisa membawa Sundance Film Festival: Asia ke Jakarta, Indonesia, sekaligus mengadakan Short Film Competition bersama dengan Argo. XRM yakin bahwa keberadaan film pendek akan menjadi bagian yang berkelanjutan di dunia perfilman. Oleh karenanya, XRM berkomitmen untuk mendukung komunitas film lokal di Asia dan memperkenalkan mereka pada akses menuju audiens global.”

Arcadiy Golubovich, CEO Argo: “Argo sangat senang bisa turut mendukung hadirnya Sundance Film Festival: Asia 2021 dan mendukung para pembuat film pendek. Kami yakin misi kami untuk mendemokrasi distribusi film dengan menghadirkan karya-karya terpilih terbaik untuk audiens global sejalan dengan dukungan yang diberikan bagi potensi-potensi dalam komunitas film pendek.”

Ayo, Gengs, banyak yang menantikan karyamu di kompetisi film pendek Sundance Film Festival. Siapkan diri dari sekarang, jangan sampai ketinggalan!

2 komentar:

  1. Kalau kita jadi tim hore review film-film yang jadi unggulan aja nanti. Kepikiran juga untuk mengajukan cerita film pendek. Mana tahu ada produser film pendek yg tertarik ^_^

    BalasHapus

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.