Marketing Strategy di Bulan Ramadan dari IDN Creative

, , 1 comment
Ramadan tinggal hitungan hari lagi, Gengs! Sudah punya persiapan apa? Nanti deh yang lain-lain, yang penting semangat ibadahnya ditingkatin dulu. 

Kalau sebagai pribadi, paling ya sebatas itu saja kebutuhan kita. Beda dengan perusahaan atau minimal kamu yang berbisnis. Gak bisa dan gak boleh ala kadarnya, sebab dunia bergerak cepat. Perubahan signifikan bisa terjadi kapan saja di mana saja. 

Salah satunya perubahan pola perilaku di momen Ramadan yang juga pasti ditemukan di kalangan milenial dan Gen Z. Brand mana saja jelas berlomba mencuri perhatian kelompok usia ini. Sebab menurut data, milenial dan Gen Z merupakan kelompok dengan minat dan daya beli tinggi dibanding generasi lain.

Marketing Strategy di Bulan Ramadan

idn creative
IDN Media HQ, Jakarta
Untuk mempertahankan relevansi dan atau menangkap perhatian dua generasi potensial di atas, IDN Creative, agensi digital multiplatform yang fokus pada brand storytelling, kreasi konten, dan aktivasi online, membagikan insight berikut ini.

1. Speak Their Language 

Ramadan di rumah, yang sudah terjadi sejak tahun lalu, diperkirakan akan membawa beberapa perubahan pada perilaku konsumsi digital generasi milenial dan generasi Z di Indonesia. Mengantisipasi hal tersebut, kemampuan brand dalam menyampaikan brand message adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Menurut IDN Creative, brand wajib memberi perhatian khusus pada topik-topik yang secara aktif mereka cari dan konsumsi selama Ramadan. 

Menghubungkan beberapa topik yang sedang hype ke dalam brand message mampu menciptakan kedekatan tersendiri dengan target audiens. Dari penelitian IDN Creative, konten yang bersifat ringan ternyata dua kali lebih banyak dicari oleh milenial dan generasi Z di Indonesia.

Pencarian konten dengan topik hiburan juga meningkat hingga enam kali dari biasanya. Pada case IDN Media, artikel berjudul “5 Alasan Jangan Nonton Drama ‘World of Marriage’ Pas Puasa” diyakini menjadi bacaan yang pas untuk menemani audiens saat menjelang waktu berbuka.

2. Go Hyper-local, Go Hyper-relevant 

Salah satu contoh, Ramadan di rumah membuat kita memiliki lebih banyak waktu untuk menyiapkan sajian berbuka yang beragam dan menggugah. Hal ini terihat dari data pencarian konten menu dessert yang meningkat secara signifikan. 

Data tersebut tentu saja harus diikuti dengan penyesuaian konten yang disajikan: relevansi antara konten dengan minat audiens pastinya akan menghasilkan output yang lebih optimal. Membantu campaign Indomilk pada Ramadan 2020, IDN Creative menghubungkan brand susu kental manis tersebut dengan Yummy, salah satu unit bisnis IDN Media yang fokus pada konten kuliner. 

Tujuannya jelas untuk menstimulasi eksplorasi resep menggunakan produk Indomilk dari para audiens. Sambil tetap memenuhi rasa penasaran pembaca, IDN Creative juga mendorong munculnya ide-ide inovatif yang unik: bahwa susu kental manis tak hanya bisa diolah menjadi makanan manis, tapi juga gurih. 

Pada intinya, brand harus mampu menyampaikan cerita yang tepat, kepada orang yang tepat, melalui media yang tepat, dan pada waktu yang tepat.

3. Tailor-made Your Stories 

Menurut IDN Creative, terlalu banyak generalisasi pada konten tak akan menghasilkan output yang optimal. Perlu diingat bahwa milenial dan generasi Z memiliki perilaku dan preferensi yang berbeda.

Maka dari itu, mengaplikasikan pendekatan personal pada konten yang diproduksi jelas akan menyentuh mereka secara lebih dalam. Hal ini juga perlu diamplifikasi secara masif dengan menerbitkan konten terkait di beberapa penerbit sekaligus. 

Di IDN Media sendiri, topik konten yang sama mengenai menu iftar atau berbuka puasa bisa disajikan dalam bentuk berbeda, disesuaikan dengan karakter audiens pada masing-masing publisher. 

Text-based content berjudul “5 Resep Takjil yang Bikin Ingat Masa Kecil” yang diterbitkan di IDN Times, diolah menggunakan perspektif keluarga untuk ditayangkan di popmama.com. Lalu untuk mendapatkan output yang optimal, konten juga disajikan dalam bentuk video-based content di Yummy. Dengan demikian, pesan yang dibawa oleh brand dipastikan dapat menjangkau beragam persona audiens.

Tentang IDN Creative 

IDN Creative adalah agensi digital multi-platform yang fokus pada brand storytelling, kreasi konten, dan aktivasi online. 

Tentang IDN Media 

IDN Media adalah perusahaan media platform untuk kaum milenial dan generasi Z di Indonesia yang memiliki lebih dari 60 juta monthly active users (MAU). Visi IDN Media adalah mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat.

idn media
Timmy (Panggilan untuk karyawan IDN Media)

Kontak IDN

Zefanya Deby 

Head of Communications 
zefanya.deby@idntimes.com 
081315658052 

Saraya Adzani 

Senior PR & Partnership Associate 
saraya.adzani@idntimes.com 
081218862176

1 comment:

  1. Berhubunga saya tak punya bisnis, rencana Ramadan ya ningkatin ibadah. Hmm. Padahal sesungguhnya, ingin punya bisbia saya tuuuh.

    ReplyDelete

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.