Taurin dan Kafein untuk Tingkatkan Stamina, Aman Gak Sih?

, , 3 comments
Kamu tentu sudah kenal dengan kafein yang identik dengan kopi (sebenarnya juga ada di teh). Tapi gimana dengan taurin? Kebanyakan orang tak terlalu sering mendengar nama ini, mungkin kamu satu di antaranya. Jadi kita bahas aja yuk!

taurin dan kafein

Taurin dan Kafein

Kafein dikenal sebagai senyawa stimulan alami yang secara umum memberikan efek meningkatkan fokus dan kewaspadaan. Sedangkan taurin adalah asam amino sulfonik yang ditemukan secara alami pada tubuh. Taurin bisa ditemukan pada jantung, otak, dan otot manusia (Klikdokter).

Dulu, orang-orang Nusantara biasa menenggak tuak dan berbagai miras tradisional saat malam hari. Niatnya untuk menolak kantuk karena harus waspada semalaman, menjaga kampung dari penjahat pribumi maupun kompeni.

Kemudian oleh orang-orang Arab yang kala itu berdakwah hingga Nusantara, mereka diperkenalkan dengan kopi, minuman antikantuk yang tidak memabukkan. Nah, kafein pada kopi inilah yang digadang-gadang dapat meningkatkan fokus orang yang mengonsumsinya.

Jelas nggak salah dong. Hanya saja, selain kafein ternyata ada juga taurin yang punya manfaat tak kalah baiknya. Dan “kolaborasi” antara keduanya ternyata mampu meningkatkan stamina jika dikonsumsi dengan cara yang tepat.

Taurin dan kafein sama-sama bersifat antioksidan, sehingga mampu menetralkan radikal bebas. Selain itu, taurine juga berperan sebagai cytoprotector yang melindungi sel leukosit pada proses peradangan dengan efek samping yang minim.

Taurin dipercaya mampu mencegah inflamasi berlebihan, dibuktikan dengan penggunaan taurolidin/TDR (obat yang berasal dari taurin) untuk terapi menghambat aktivitas bakteri spektrum luas. Taurolidine bekerja dengan mencegah produksi dari berbagai sitokin pro-inflamasi yang mendukung proses peradangan.

Manfaat Minum Minuman Energi

Kamu yang dalam aktivitasnya membutuhkan fokus yang baik, mungkin sudah terbiasa berdampingan dengan kopi dan atau minuman berenergi. Dulu kukira minuman berenergi hanya dibutuhkan oleh mereka yang aktif bergerak saja. Bukan aktif berpikir, seperti aku yang penulis konten.

Ternyata energi yang dibutuhkan orang-orang pekerja kreatif tak kalah besar dibanding mereka yang lebih banyak bergerak di lapangan. Itulah sebabnya, penulis, desainer, sampai mahasiswa, membutuhkan minuman berenergi dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Alih-alih untuk teman begadang, mengonsumsi minuman berenergi sebenarnya dimaksudkan untuk mendapat manfaat di antaranya meningkatkan stamina, sebagai suplemen kesehatan, serta meningkatkan fokus dan daya pikir.

Begadang sendiri tidak dianjurkan jika bukan karena hal-hal yang sangat urgen. Karena begadang dapat merusak sistem metabolisme tubuh, mengurangi porsi istirahat, dan jika dilakukan secara terus menerus, dapat merusak berbagai organ dalam tubuh hingga menyebabkan kematian.

Btw apakah minum minuman berenergi tergolong aman? Selama sesuai dengan aturan, minum minuman berenergi sebenarnya cukup aman, bahkan membantu meningkatkan kinerja tubuh kita. Yang tidak aman adalah ketika kamu terlalu mengandalkan minuman berenergi lalu mengabaikan kebutuhan tubuhmu. Seperti tidak makan makanan bergizi, kurang istirahat, atau malah menggantikan air putih dengan minuman berenergi. Itu jelas ngaco!

Minuman berenergi yang kurekomendasikan adalah Kratingdaeng. Salah satu sebabnya, karena kandungan kafein pada produk ini berada di bawah kadarnya dalam kopi. Mengandung taurin dan kafein dalam jumlah yang tepat, Kratingdaeng Red Bull jelas jadi pilihan.

Keunggulan Produk Kratingdaeng Red Bull

Fyi, batas aman mengonsumsi kafein dalam sehari adalah 400 mg. Dalam secangkir kopi, rata-rata kandungan kafeinnya adalah 80-135 mg. Sementara kafein pada Kratingdaeng Red Bull hanya 50 mg saja.

Selain kafein, masih banyak nutrisi lain yang juga kamu dapatkan dalam produk Kratingdaeng Red Bull, baik kemasan botol maupun kaleng. Lihat penjelasan pada gambar, ya!

kratingdaeng red bull

Apa sih bedanya Kratingdaeng botol dan kaleng? Kratingdaeng Red Bull kemasan botol adalah suplemen kesehatan yang berfungsi untuk menyegarkan tubuh pada saat bekerja keras atau berolahraga. Sedangkan Kratingdaeng kemasan kaleng merupakan suplemen makanan, yang berguna untuk membantu menyegarkan badan.

Apa efek dari minum minuman berenergi? Kalau merek lain aku gak tau, sedangkan Kratingdaeng Red Bull sendiri membuat badan terasa lebih berenergi, tapi gak bikin ketagihan. Dalam sehari maksimal minum 3 kali saja, Gengs, gak usah berlebihan. Karena apa pun itu, kalau berlebihan pasti gak baik.

manfaat minuman energi

Sebagai merek populer, produk Kratingdaeng Red Bull bisa kamu temukan di mana saja. Di warung rumahan, minimarket, supermarket, serta berbagai e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, Lazada, dan Shopee yang bertuliskan Official Store.

Bahas kafein sudah, kenalan dengan taurin juga sudah. Keduanya dibutuhkan oleh tubuh kita, dan aman dikonsumsi pada batas yang wajar. Selamat beraktivitas, Gengs. Moga sehat selalu!

3 comments:

  1. Baru tau waktu yg pas minum nya

    ReplyDelete
  2. Terima kasih infonya...sukses selalu👍

    ReplyDelete

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.