5+ Manfaat Tisu Basah yang Mungkin Belum Kamu Tahu | iluvtari

5+ Manfaat Tisu Basah yang Mungkin Belum Kamu Tahu

, , 3 comments
Sebelum punya bayi, sepertinya aku belum pernah berurusan dengan tisu basah. Namun setelah para bayi tumbuh jadi anak dan remaja, karena manfaat tisu basah ternyata lebih dari sekadar urusan baby, menyediakannya di rumah sudah menjadi kebiasaan. Gak banyak, asal ada saja.

Biasanya tisu basah digunakan untuk membersihkan para manusia mungil itu, alih-alih nyebokin ke kamar mandi setiap kali pup. Karena sekarang belum ada bayi lagi, tisu basah digunakan untuk mandiin kucing kalau si Kakak malas memandikan dengan air, mengelap buku yang berdebu, dan masih banyak lagi.

manfaat tisu basah

Kalau dituliskan semua, sepertinya gak cukup waktu dan mood-ku menyelesaikannya. Jadi selain yang sudah kusebutkan di atas, setidaknya ada lima lagi manfaat tisu basah yang mungkin belum kamu tau. Kalau sudah yowislah, anggap saja mengulang hafalan. Halah.

#1 Membersihkan Permukaan Kayu Tanpa Merusak Lapisannya

Pada perabotan “biasa”, membersihkannya menggunakan cairan pembersih gak bikin masalah berarti. Tapi pada kayu dengan lapisan tertentu, cairan pembersih kadang dianggap terlalu keras sehingga bisa merusaknya. Tisu basah bisa jadi pilihan, bahannya lebih ramah daripada cairan pembersih, tapi punya daya bersih lebih kuat dibanding air biasa.

#2 Menghilangkan Noda Deodoran

Noda deodoran yang dimaksud bukan yang mukim bertahun di bagian ketiak pakaianmu, Gengs. Misalnya kamu menggunakan deodoran yang bukan dalam bentuk lotion, ada kalanya tak sengaja tersenggol ke baju, maka kamu bisa segera membersihkannya tanpa harus ganti baju lain. 

Oh ya, kabarnya tisu basah juga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti deodoran dalam kondisi darurat. Mirip dengan hand sanitizer, alkoholnya mampu membunuh bakteri penyebab bau badan. Tapi aku belum pernah coba sih, menyampaikan informasi saja. 

#3 Mengelap Hidung Saat Flu

Kalau sedang flu berat, biasanya aku butuh satu plastik tisu sampai sembuh. Terkesan boros dan gak cinta lingkungan, ya. Insyaallah kalau dalam keadaan sehat gak gitu kok! Sebab kalau mengandalkan kain, hidung bisa iritasi. Kan bersinnya berulang-ulang, hidungnya meler nyaris nonstop.

Lebih nyaman lagi jika membersihkan hidung menggunakan tissue basah antiseptic. Selain lebih lembut, antiseptiknya juga bisa membantu mencegah kuman menyebar ke mana-mana. Dengan catatan, digunakan sekali pakai.

Apalagi untuk anak-anak yang lama terpapar pilek. Alhamdulillah anak-anakku gak ada yang kayak gini. Sering lihat anak orang lain yang “cairan” hidungnya sampai warna gak enak gitu, kemudian hidungnya ada krispi-krispinya, hadooo. Rasanya pengin tak uyel-uyel pakai tisu basah!

#4 Membersihkan Coretan di Permukaan Glossy

Kamu masih punya album foto? Nah, tak jarang pada koleksi bersejarah itu, ada coretan pulpen yang entah dilakukan oleh tangan siapa. Kandungan alkohol pada tisu basah bisa membantu menghilangkan noda coretan tadi. Tak hanya pada permukaan foto, pada benda lain yang licin (glossy), hal yang sama bisa kamu lakukan.

#5 Menghilangkan Noda Minuman pada Pakaian

Penting membawa tisu basah ke mana pun kamu pergi. Yang kemasan kecil saja, untuk mengantisipasi hal-hal tak terduga. Misalnya saat jilbabmu terciprat minuman, cara instan dan simpelnya ya bersihkan dengan tisu basah. Diseka pelan-pelan, sabar-sabar, insyaallah nodanya cepat hilang.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat tisu basah lainnya, dan aku yakin kamu pun sudah menggunakan untuk hal lain yang belum tersampaikan di sini. Ayo, gak usah malu-malu, tuliskan di kolom komentar, ya!

Belum selesai, Gengs. Selain soal manfaatnya, kamu juga perlu tau bahwa untuk menghasilkan tisu dibutuhkan banyak pohon dan banyak air. Jadi jangan boros-boros! Kalau pohon habis, hutan gundul, habitat hewan terganggu, ekosistem bisa rusak. Yang rugi ya manusia juga.

3 comments:

  1. Mindblowing Mbak. Semua kegunaan tisu basah di atas terlihat sepele. Tapi sebenarnya membantu banget. Karena tisu basah memang bukan sekadar tisu ya tapi juga ada cairan antiseptiknya.

    ReplyDelete
  2. Menghilangkan noda deodoran , baru tau juga nih kak, perlu dicoba nih.. 😂

    ReplyDelete
  3. Wah bener akupun pakai tisu basah di poin2 itu.. tapi untuk flu aku baru tahu kalo bisa pakai tisu basah..menarik

    ReplyDelete