Kuis Psikologi: Apakah Kamu Memiliki Bakat Psikopat?

, , 15 comments
kuis ciri-ciri psikopat

Siapa yang belum nonton film Joker?
Wuih, pada pede ngaku sudah nonton. Di bioskop atau streaming online?  Enggak usah dijawab. Buka aib.

Bahwa Joker adalah psikopat, satu planet sudah tahu. Tapi apa kamu juga tahu, kalau ternyata psikopat enggak melulu berurusan dengan darah? Tidak semua psikopat adalah penjahat dan tidak semua kejahatan dilakukan oleh seorang psikopat.

Pada salah satu  jurnal penelitian NCBI (National Center for Biotechnology Information), 75% penghuni penjara memiliki masalah kepribadian. Dari angka tersebut, hanya 16% yang memiliki sifat psikopatik.

Kebanyakan kita salah mengartikan psikopat sebagai orang yang terlalu tega menyiksa hingga membunuh orang lain. Penuh darah, seringai, dan kesadisan di luar batas.

Itu mungkin memang bagian dari ciri psikopat, tapi masih banyak ciri lain yang lebih dekat dengan kita tapi tidak disadari. Karena seorang psikopat memang sangat andal dalam memanipulasi sikap.

Masih ingat kasus Reynhard Sinaga? Semua korbannya tidak menyangka Reynhard akan sejahat itu pada mereka. Begitu pula dengan teman-teman, bahkan polisi pun mengakui. Secara tampilan dan gerak-geriknya, Reynhard sangat simpatik, tidak berbahaya, dan jauh dari kesan seorang pelaku kriminal.

Nyatanya, setelah kasusnya terungkap, diketahui Reynhard Sinaga ternyata memiliki kepribadian psikopat seksual.

Kalau pengunjung iluvtari nampaknya tertarik dengan artikel ini, di lain kesempatan insyaallah akan dibahas tentang ciri-ciri psikopat, yang tidak hanya berkaitan dengan bunuh membunuh. Tapi juga psikopat yang terbiasa memanfaatkan orang lain, hingga ciri-ciri anak yang berbakat psikopatik.

Bakat kok psikopat! Nulis kek, berbakat ekonom, seniman, ….
Nah sebelum kita menunjuk-nunjuk seseorang sebagai psikopat, coba cek diri kita lebih dulu. Jangan-jangan justru kitanya yang diam-diam punya bakat seorang psikopat.

Di bawah ini ada 10 pertanyaan yang disusun oleh para psikolog (sumpah! Bukan karanganku) yang dibuat untuk mendeteksi apakah seseorang memiliki bakat psikopatik.

Kuisnya berupa pengandaian, tidak ada benar atau salah. Cukup posisikan dirimu sesuai pertanyaan. Jawab apa adanya, lalu nilai dirimu sendiri dari jawaban yang ada di akhir kuis.

Jawab dulu masing-masing, baru lihat hasilnya setelah semua pertanyaan tuntas terjawab dalam pikiranmu. Bisa pula pertanyaan ini kamu beri kepada teman, tanpa menyebutkan alasanmu bertanya. Nantinya kamu akan tahu, teman seperti apa dia!

8 Gejala Depresi Terselubung yang Tidak Disadari

Ini kuisnya!

1. Kamu suka bercermin, tapi selalu merasa tidak puas dengan bayangan yang muncul di sana. Kira-kira apa ya alasannya?

2. Kamu berpeluang membunuh seseorang yang bertahun-tahun membuatmu sakit hati. Ada dua pisau yang bisa kamu gunakan; pisau yang sangat tajam karena baru dibeli atau pisau lama yang agak tumpul. Kamu pakai yang mana?

3. Pisau sudah dipilih, sedangkan si korban bersembunyi di dalam lemari. Apa yang kamu lakukan, langsung membuka lemari dan menyerangnya? Atau menunggu?

4. Kamu berada di tengah hutan yang gelap. Ternyata ada sebuah bangunan di sana. Ketika kamu hendak masuk ke bangunan itu, tiba-tiba sesuatu melintas di belakangmu. Kira-kira apa itu? Daun yang jatuh, hewan liar penunggu hutan, manusia, hantu, atau anjing?

5. Dalam sebuah perayaan, ada sesi pembagian balon gratis. Hanya ada dua warna yang tersedia, merah dan putih. Kamu pilih warna apa?

6. Seorang anak berulang tahun, oleh orang tua temannya, ia dihadiahi sebuah sepeda. Temannya yang lain memberi si anak sepasang sepatu sepak bola. Sayangnya, anak yang berulang tahun tersebut tidak menyukai kedua hadiah itu. Kamu tahu alasannya?

7. Kamu mendatangi seorang veteran perang. Ia kemudian bercerita tentang salah satu teman seperjuangannya padamu. Teman sang veteran mengalami cacat akibat perang. Sebelum sang veteran menjelaskan lebih jauh, bagian tubuh manakah dari temannya yang cacat menurut tebakanmu?

8. Kenakalan, brutal, pornografi, perkelahian. Jika harus memilih dari keempat hal buruk tersebut, kamu ambil yang mana?

9. Di sekitar tempat tinggalmu, ada tetangga yang sangat jarang terlihat. Kenapa ya dia begitu?

10. Kamu menginap di sebuah hotel, katakanlah di lantai 5. Saat melongok dari balkon, tak sengaja kamu melihat aksi pembunuhan tengah berlangsung. Nahasnya, si pembunuh kemudian mendongak dan melihat tepat padamu. Saat pandangan kalian bertemu, pembunuh itu mendekatkan jarinya ke wajah. Gestur (gerakan tubuh) apa yang kamu lihat?

Jawab dulu semuanya ya, Guys! Tentukan dengan pasti, baru beralih ke daftar jawaban di bawah ini.

Cek di Sini! Apa Kamu Mengidap eccedentesiast?

Jawabannya ...

1. Orang normal akan menjawab, misalnya, ada luka di wajah, kamu makin ndut, atau kekurangan lain, yang memang ada padamu. Psikopat punya jawaban lain: cerminnya kotor, debu menutupi pandangan, atau cerminnya retak. Yup, psikopat suka mencari kambing hitam. Dia tidak pernah salah!

2. Kamu memilih pisau yang agak tumpul? Selamat! Kamu berbakat psikopat. Pisau yang agak tumpul membuat proses kematian korban jadi lebih lama, yang membuatnya tersiksa karena merasakan sakit dalam durasi yang lebih panjang. Psikopat suka melihat penderitaan orang lain.

3. Orang normal akan langsung membuka lemari untuk menyerang. Psikopat memilih menunggu, karena ia menikmati ketakutan korbannya.

4. Pilih apa saja, selain anjing. Karena jawaban itu milik seorang psikopat. Anjing membuat psikopat menjadi waspada karena dianggap dapat mengganggunya.

5. Merah atau warna lainnya menandakan emosi, perasaan, dll. Sedangkan putih itu polos, tanpa rasa. Khas psikopat yang tak memiliki rasa simpati apalagi empati. Tapi bukan berarti semua penyuka warna putih adalah psikopat, ya. Lain kasus.

6. Orang normal umumnya menebak bahwa si anak tak suka bermain sepeda dan bola kaki, dia perempuan, atau jawaban standar lainnya. Psikopat menjawab dengan meyakinkan; si anak kakinya cacat.

7. Beruntunglah jika kamu menjawab tangan atau kaki. Meski standar, itu adalah ciri pikiran manusia normal. Psikopat punya imajinasi yang lebih fantastis (tepatnya sadis), misalnya mata.

8. Pornografi mengasah otakmu menerima sesuatu yang buruk menjadi biasa. Begitulah gaya berpikir psikopat, semuanya dianggap normal. Sering menonton adegan porno berarti sedang melatih diri menjadi psikopat, atau mengembangkan bakat psikopat dalam diri.

9. Ini adalah pertanyaan pengalihan. Yang sebenarnya ditanya adalah diri kamu sendiri. Psikopat sangat antisosial, dan mereka adalah yang paling tahu kenapa mereka begitu. Jika orang normal menjawab si tetangga sibuk atau sakit, psikopat menjawab “ia tak suka keramaian”. Btw untung aku jawab tetangganya penulis, eh!

10. Orang normal yang lugu hanya akan membayangkan pembunuh meletakkan telunjuk di bibir, lalu pergi. Psikopat merasa dialah yang akan jadi korban berikutnya. Apa pun gesturnya, pembunuh sedang memperkirakan di mana posisi kamarmu. Dan ide pembunuh itu sebenarnya adalah idemu!

Berbakat psikopat tidak sama dengan psikopat. Banyak orang yang suka bernyanyi tapi tak jadi penyanyi. Bakat lain boleh banget diasah dan dikembangkan. Bakat psikopat … itu cuma pengistilahan yang keliru.

Psikopatik adalah masalah kepribadian yang sama dengan gangguan mental pada umumnya, hanya bisa diobati dengan spiritualitas. Bahasa simpelnya, ingat Allah!


Sumber:
id.vonvon.me
idntimes.com

15 comments:

  1. Dari hasilnya alhamdulillah saya bukan psikopat ternyata hehe

    ReplyDelete
  2. Kalau hasilnya aku dominan psikopat, apakah mbak Tari masih mau berkawan dengan aku?

    jreng-jreng....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesama psikopat kan bisa saling memahami, hwahaha

      Delete
  3. Wahhh aku pernah ditanyai pertanyaan pertanyaan kek gitu, tapi aman dehhh.. Kalo ak waktu itu ditanya:
    1. Semisal ada anak kecil dikasih sepeda tapi dia nangis waktu dikasih, lalu kenapa dia nangis?
    Ak jawabnya: mungkin dedeknya baru pertama kali dikasi sepeda, atau dedenya nangis karena sepeda yang dia mau gak sesuai dengan yang dia pengen gitu :D

    katanya kalo jawaban psikopat itu: Karena dedenya nda punya bagian tubuh yang lengkap untuk kayuh sepeda itu, ih kan seremm :(

    ReplyDelete
  4. Hahhaa, AKu negative.
    5 dan 9 saja yang jawabanku merah dan aku menjawan si tetangga tak suka keramaian :D

    ReplyDelete
  5. saya tidak ada jawab apa-apa karena baru bangun tidur langsung baca, tetapi kalau dicermati dari jawaban kuis. Syukurlah, aku tidak ada condong ke psikopat. Masih normal, alhamdulilah

    ReplyDelete
  6. Masyaallah. Aku ngeri2 sedap baca tulisan ini. No 9 dan 10 jawaban yg kukeluarkan mendekati pikiran psikopat. Bener, langsung ingat Allah ya jika kamu merasakan punya 'bakat' ini.

    ReplyDelete
  7. Belum jawab soalnya aku sudah merinding hihi sering nonton serial di TV tentang pembunuh psikopat, biasanya pemicunya trauma masa lalu ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul. kebanyakan dari keluarga broken home trus jd korban macem2 wkt kecilnya

      Delete
  8. Saya deg degan baca kunci jawabannya. Ada satu terkait balon, aku milih putih :D
    Insyaallah kalau selalu mengingat Allah akan terhindar dari pikiran-pikiran seperti itu.

    ReplyDelete
  9. Pertanyaan-pertanyaannya tidak bisa untuk saya jawab, hehe. Takutnya nanti jawabannya gak memuaskan. Masa harus remedial

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya kuis psikologi, mana ada benar salah

      Delete