Contoh Kalimat Majas Personifikasi
freepik.com/vector created by pikisuperstar

السلام عليكم

Contoh kalimat majas personifikasi sering kita pakai sehari-hari. Tapi ada kalanya kita tidak menyadari. Dikira ngomong majas harus belajar mengarang dulu!

Kata majas pun tak asing di telinga. Asing itu di lidah. Asin hoi! 

Memang sih, contoh kalimat majas personifikasi lebih sering digunakan oleh para pengarang. Tentu saja yang dimaksud adalah pengarang cerita fiksi; novel, cerpen, fiksimini, puisi, dll. Bukan ngarang-ngarang cerita bohong, apalagi pengarang bunga. Kejauhan.

Pengertian Majas

Majas diserap dari bahasa Arab; majaz (مَجَازٌ) Yang salah satu artinya adalah “secara kiasan”. Disebut salah satu, karena untuk satu kata dalam bahasa Arab, jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia bisa mengandung lebih dari sepuluh makna. Tergantung penggunaannya.

Menurut KBBI V, majas berarti “cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakannya dengan sesuatu yang lain karena memiliki kemiripan”.

Macam-macam Majas

Majas terbagi 4:

🏁 Majas Perbandingan
Gaya bahasanya menyandingkan satu objek dengan objek lain, baik dengan cara menyamakan, melebihkan, maupun mengganti. Majas personifikasi ada di kelompok ini.

🏁 Majas Pertentangan
Menggunakan kata yang bertentangan dengan maksud asli.

🏁 Majas Sindiran
Gak perlu sekolah, cewek-cewek pinter banget bikin kalimat dengan majas ini di status medsos. Sesuai dengan namanya, majas sindiran berarti menggunakan istilah dalam sebuah kalimat untuk menyindir.

🏁 Majas Penegasan
Kalimatnya menegaskan maksud kepada pembaca untuk meningkatkan pengaruh dari tulisan tersebut.

Masing-masing majas di atas memiliki subjenis lagi, seperti yang terlihat di bagan berikut.


Contoh Kalimat Majas Personifikasi

Majas personifikasi adalah majas yang menggambarkan hal atau benda mati seolah-olah hidup dan memiliki sifat-sifat layaknya manusia. Majas ini merupakan subjenis dari empat majas yang ada, yakni Majas Perbandingan.

Agar tak mudah lupa, kamu ingat saja kata “person” di personifikasi. Person kan artinya orang, jadi benda yang dikasih sifat seperti orang.

Sebagaimana sudah kusebutkan di atas, majas personifikasi sangat sering digunakan oleh penulis fiksi atau pengarang. Contoh kalimatnya sebagai berikut:

Matahari tersenyum garang.
Tersenyum adalah perbuatan manusia. Matahari dikiaskan tersenyum, tapi senyum yang garang. Tahulah maknanya ya! Artinya matahari bersinar cerah dan terasa panas.

Ia menggigil dalam pelukan malam.
Dalam bahasa Indonesia, malam adalah sebuah keadaan, bukan makhluk hidup yang bisa memeluk. Menggigil dalam pelukan malam berarti malam itu terasa dingin sekali.

Ponsel itu terus bernyanyi, sementara pemiliknya masih tenggelam dalam lelap yang dalam.
Kalau ada yang menelepon, HP (enakan ngetik ini ya, daripada ponsel) kita umumnya mengeluarkan suara musik. Jadi seolah-olah telepon seluler (ini loh asal kata ponsel!) itu sedang bernyanyi.

Masih banyak lagi contoh majas personifikasi lainnya. Biar gak sia-sia kamu masuk ke sini, sila ambil beberapa contoh lagi berikut ini untuk tugas sekolahmu!

Iya kan, datang ke sini karena tugas sekolah?

1. Selendang Hani melambai tertiup angin pantai yang berembus dari laut.

2. Sepatu Burhan tertawa, membuat pemiliknya malu.

3. Kipas angin menoleh ke sana kemari, tapi udara masih terasa panas.

4. Kedipan bintang di langit membuatnya salah tingkah.

5. Ranting pohon yang menjuntai itu terus mengetuk jendela kamar kami, angin membuatnya bertingkah begitu.

6. Akhirnya terjadi, mobil sport itu mencium tembok!

7. Piring dan gelas kotor berbaris di dapur, menunggu penghuni rumah dapat hidayah.

8. “Laptopku demam! Karena dipakai berjam-jam di ruang pengap. Sekarang sedang diservis.”

9. Batang pohon itu menghadang perjalanan kami, dengan pongahnya ia berbaring memenuhi lebar jalanan.

10. Langit menangis, lengkap dengan teriakan-teriakan guntur yang memekakkan. Ya sudah, aku tidur lagi.


trik psikologi sederhana
pexels

Dalam menjalani kehidupan, pasti kita pernah mengalami kendala, baik itu jadi masalah kecil ataupun besar. Kamu butuh trik psikologi sederhana untuk dapat memenangkan hari, kukasih 10 di antaranya ya! Insyaallah faedah banget.

#1 Orang gak berhenti ngomong

Pernah ngobrol dengan orang yang kayak gak bernapas, nyerocos terus? Mau dipotong gak sopan, dibiarin gak tahan. Solusinya gampang!

Jatuhkan sesuatu dari tanganmu. Bisa pena, sendok, atau apa pun yang dekat. Dan murah. Jangan HP apalagi laptop! Dia diem, kamu bangkrut.

Gak harus main jatuh-jatuh juga sih, yang penting mendadak ada suara yang menjeda ia dari terus bicara. Suara perut yang lapar misalnya.

#2 Antisipasi pelanggan yang marah

Kamu berisiko dimarahi pembeli atau pelanggan yang datang ke toko/gerai? Pasang cermin besar di belakangmu!

Orang yang marah di hadapanmu akan melihat wajah jeleknya di cermin itu saat marah. Biarin dia kaget dan jijik sendiri.

#3 Lagu yang berulang di kepala

Ada lagu asyik yang mendadak tak asyik lagi karena terlalu sering berputar di benakmu. Pasti pernah mengalami kan? Begini cara mengatasinya!

Nyanyikan lirik di ujung lagu itu. Ketika potongan lagu muncul di kepala, sambung dengan lirik terakhir tersebut. Otak akan mengindetifikasi bahwa lagu telah selesai.

Tapi please, jangan bayangkan kamu menekan tombol “ulangi playlist”!

#4 Posisi aman untuk negosiasi

Ingat baik-baik trik psikologi sederhana yang satu ini, suatu saat kamu akan membutuhkannya!

Kalau kamu sedang melakukan negosiasi, posisikan lawan bicaramu di samping. Jangan berada di depannya. Upaya ini akan membuatnya sungkan untuk marah. 

#5 Ketahuan canggung

Berusaha tenang tapi tetap grogi? Konyolnya, audiens ternyata paham kecanggunganmu. Ya sudah, curcol aja sekalian! Trik ini terbukti mampu mencairkan suasana, karena semua orang jadi ingat, mereka pernah mengalaminya.

#6 Respons orang baru

Kamu ingin bergabung dalam obrolan sekelompok orang. Perlu tahu dong, mereka menerimamu atau enggak. Lihat arah kaki mereka untuk mengetahuinya!

Jika ujung kaki mereka mengarah padamu, berarti mereka menerimamu. Jika tidak, ya sebaliknya. Selanjutnya tinggal pilih, kamu mau berusaha diterima atau pergi saja. Aku sih mending pergi!

#7 Menekan orang lain

Kalau dalam sebuah obrolan atau interogasi, kamu mendapati lawan bicaramu berbohong. Atau kamu mencurigai ia menutupi sesuatu, naikkan alismu dengan tetap menjaga kontak mata dengannya.

Dia akan merasa lemah, dan mungkin mengaku. Paling tidak, ia tahu kamu tahu yang sebenarnya.

#8 Kamu merasa diperhatikan?

Pernah merasa ada yang memperhatikanmu di keramaian? Bisa memang iya, bisa baper semata. Untuk membuktikannya, kamu bisa pura-pura menguap.

Lihat sekitarmu, siapa yang ikut menguap, itulah yang memperhatikanmu. Kecuali kalau dia psikopat, dia tak akan ikut menguap karena tak mampu bersimpati.

Oh ya, ini juga bisa jadi tes mudah untuk mengetahui temanmu berbakat psikopat atau tidak. Manusia normal umumnya ikut menguap jika melihat orang lain menguap. Kamu bisa klik tautan pada kata “psikopat” di atas untuk tes lainnya.

#9 Beri pilihan

Kalau kamu mau minta tolong pasangan untuk melakukan sesuatu, jangan beri perintah tunggal. Misalnya kamu mau minta ia ikut beres-beres rumah, maka beri pilihan. Mau menyapu atau cuci piring?

Kepada anak-anak yang tak suka sayur, jangan tawarkan sayur di piring makan mereka. Tapi tanya, wortelnya mau dua atau tiga potong?

#10 Mengintimidasi musuh

Tak ingin berkelahi, tapi ingin lepas dari keributan dalam keadaan menang. Kedengarannya agak mustahil ya kalau kita terjebak pada situasi seperti itu.

Kamu bisa lakukan trik ini untuk memenangkan keributan tanpa perkelahian. Tatap mata musuhmu dengan percaya diri, lalu gerakkan matamu turun hingga ke kakinya, kemudian kembali ke matanya lagi.

Tindakan demikian memberi pesan, bahwa kamu telah menilai musuhmu, dan dia bukan ancaman yang perlu dikhawatirkan.

Jangan ditambah dengan gestur lain apalagi ucapan-ucapan gak penting. Cukup berpaling dan tetap waspada. Jangan-jangan dia baca artikel ini juga, dan tahu kalau kamu cuma sok kuat!


artikel diolah dari sumber
lingkungan kotor

Saat ini masyarakat dunia tengah fokus pada Novel Coronavirus (2019-nCoV), keluarga virus Corona yang menyebabkan Covid-19. Padahal, penyakit karena lingkungan kotor juga tak kalah membahayakan.

Awal-awal wabah Covid-19 sampai ke Indonesia, aku sering berjemur di pukul 10 siang. Menyapu halaman, duduk di teras depan sambil baca buku, atau menemani anak-anak bermain sepeda.

Sayang, sekali saja kebiasaan itu diputus hujan, jadi malas mengulangnya lagi. Aku sudah telanjur keenakan di dalam rumah terus. Toh, matahari tembus ke dalam, pikirku.

Sampai kemudian, hari masih pagi tapi kakiku sudah gatal-gatal akibat digigit nyamuk. Barangkali lebih tepat disebut disuntik ya, kan nyamuk gak punya gigi!

Firasatku mengatakan, ada genangan air di luar. Sebab memang biasanya begitu. Air di kamar mandi kami insyaallah selalu tertutup, hanya sebagian kecil yang terbuka, yang cepat habis. Maka aku keluar untuk melihat.

Benar saja, litter box kucingku berisi air tepat di samping rumah, di bawah keran. Barangkali baru dibersihkan oleh suami. Maka kubalik litter box sehingga posisinya menutup.

Genangan air adalah tempat yang ideal bagi nyamuk Aedes Aegypti meletakkan telurnya. Jika sudah mengisap darah manusia, nyamuk ini bisa bertelur dengan jumlah yang tidak sedikit. 100-200 telur!

Sudah tahu dong, nyamuk Aedes Aegypti merupakan perantara virus dengue, penyebab demam berdarah. Dan untuk tahun ini, sejak Januari hingga April 2020, sudah lebih dari 200 orang yang meninggal akibat DBD (demam berdarah dengue) di Indonesia (tirto.id).

Kabar buruknya lagi, DBD tidak hanya menjangkiti lingkungan yang kotor, lingkungan bersih pun tak luput dari virus dengue. Tapi jangan kemudian kita berpikir, ya sudah, tidak usah bersih-bersih saja, toh bersih pun tetap berisiko.

Terbalik. Logika yang benar adalah, jika di lingkungan bersih saja masih ada risiko penyakit, apalagi lingkungan kotor!

Wabah Covid-19 yang jadi pandemi saat ini seolah mengajarkan kita untuk berperilaku bersih dan konsisten menjaga kebersihan. Sayang, gara-gara menjaga kebersihan diri dan rumah, ditambah keharusan tetap di rumah, membuat kita jadi abai dengan keadaan di luar.

Mungkin bukan kita, tapi aku. 😝
Namun untuk beberapa kasus, kulihat banyak kekeliruan yang terjadi di masyarakat dan kadung menjadi kebiasaan. Maksudnya untuk membersihkan rumah, tapi justru membuat lingkungan jadi kotor. Setidaknya ada dua hal yang sering kulihat di sekitarku.

Pertama, membakar sampah. Tetangga, bahkan kadang kalau mbahnya anak-anak di rumah, beliau suka sekali membakar sampah plus plastik-plastik yang ditemukannya.

Niat mereka tentu membersihkan rumah dan halamannya dari kotoran, tapi membakar sampah berdampak pada polusi udara. Plastik yang kerap digunakan sebagai bahan bakar juga dapat merusak tanah.

Menjelaskan ke emak kandungku saja susah, apalagi ke tetangga! Jadi kuceritakan di sini saja ya. Minimal pembaca iluvtari jadi makin pintar.

Kukutip dari alodokter.com, proses pembakaran sampah dapat menghasilkan karbonmonoksida, formaldehida, arsenik, dioksin dan furan yang semuanya itu berbahaya jika terhirup oleh manusia.

Tak sampai di situ, zat-zat tersebut juga bisa diserap oleh tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar pembakaran. Sayur dan buah yang menyerap aneka zat berbahaya pada masanya nanti akan mengirimkan zat tersebut ke tubuh manusia yang mengonsumsinya.

Memang efeknya tidak langsung terlihat, itulah yang membuat kita lalai. Sebagian lagi menganggap remeh atau malah tak percaya.

Kedua, membuang sampah ke selokan. Ini juga tak kalah sering dilakukan orang-orang di sekitar kita. Padahal selokan berfungsi sebagai saluran air, bukan tempat sampah.

Kalaupun hujan deras membuat sampah pergi dari selokan di depan rumah kita, nantinya ia akan menyumbat di tempat yang lebih rendah. Akibatnya? Banjir, genangan air, dll.

Ah, kan rumah rumah orang lain. Bukan rumah kita! Percaya deh, kebaikan atau keburukan yang kita lakukan, pasti kembali ke kita juga.

Misalnya salah seorang tetangga terinfeksi dengue karena genangan air di selokannya, maka nyamuk aedes aegypti bisa saja menularkan virus dengue dari tetangga tersebut pada keluarga kita.

Itulah sebab jika satu wilayah ditemukan pasien DBD, maka oleh pemerintah setempat, di wilayah tersebut dilakukan fogging untuk memutus rantai penularan. Tak kalah ngeri kan dengan Covid-19?

WHO mencatat, setiap tahun ada 12,6 juta kematian di seluruh dunia akibat lingkungan kotor. Artinya, per bulan ada sekira 1 juta nyawa melayang karena tak menjaga kebersihan.

Fakta yang mengejutkan, ya! Lebih mengejutkan lagi kalau setelah baca artikel ini, kamu gak berubah. Apalagi yang nulisnya, duh!
fakta unik dunia

Hal-hal yang menjadi fakta unik dunia hampir pasti menarik banyak perhatian kita. Tul gak, Gengs? Kalau disebut fakta, berarti ada banyak referensi yang menguatkannya.

Jadi jangan khawatir, 10 fakta unik dunia yang kamu baca di bawah ini, sudah kusaring dari berbagai sumber. Bukan hoaks apalagi sekadar clickbait. Baca dengan saksama, ya!

Orangutan jantan bisa naksir cewek pirang

Kalau tak percaya, kamu bisa cari di Google tentang beberapa cerita orangutan yang menyerang manusia berambut oranye atau merah muda. Waktu kecil aku juga pernah baca di Intisari, tentang perempuan sirkus yang diperkosa orangutan.

Penipu yang saling menipu

Tahun 2003, dua orang Spanyol menjual lukisan palsu pada seorang Syek Arab. Kocaknya, syeh tersebut membeli lukisan mereka dengan uang palsu.

Karapan unta

Di Indonesia kita sering melihat, minimal mendengar tentang karapan sapi. Di Dubai, mereka punya karapan unta. Tidak aneh kan ya?

Yang unik, kalau karapan sapi jokinya adalah manusia, karapan unta di Dubai dikendarai oleh robot. Tak tanggung-tanggung, harga robot joki rata-rata $3.000 sampai $10.000!

Cerdikiawan Kanada

Seorang pria Kanada tersesat di hutan. Agar mendapat pertolongan, ia merusak jaringan listrik yang melintasi hutan itu. Dengan demikian, petugas akan datang untuk memperbaiki listrik, dan menemukannya!

Fakta Mengejutkan 5 Tokoh Dunia

Coyote bisa berburu bersama luwak

Coyote adalah hewan liar yang lebih kecil dari serigala. Kalau sesama manusia bisa saling bunuh, Coyote bahkan berburu bersama hewan lain, yakni luwak. Kalian keren!

Pelangi bisa muncul malam hari

Fenomena munculnya pelangi di malam hari disebut moonbows. Biasanya terjadi ketika posisi bulan berada kurang dari 42 derajat (titik terendah).

Selain jarang terjadi, moonbows juga jarang terlihat. Ya iya, gelap!

Rokok adalah senjata kekinian milik negara maju

Kalau dulu candu dipakai untuk mengerjai pasukan musuh dalam perang, sekarang rokok digunakan negara-negara maju untuk menguasai negara berkembang, termasuk Indonesia.

Jangan mudah percaya klaim Trump bahwa Indonesia adalah negara maju. Itu salah satu siasatnya agar kita membayar bea ekspor lebih besar, sebab demikianlah konsekuensi sebagai negara maju.

Dari banyaknya jumlah perokok di negara kita, tahu kan, Indonesia itu negara maju atau negara berkembang?

Jangan minum berdiri!

Minum sambil berdiri membuat air yang diminum tidak tersaring lagi. Langsung ke kandung kemih dan mengendap di ureter.

Kucing adalah hewan pintar yang kurang ajar

Menurut para peneliti, kebanyakan kucing mengerti perintah dari manusia. Tapi mereka memilih mengabaikan.

IQ Marilyn Monroe lebih tinggi daripada Einstein

Intelligence quotient (IQ) manusia normal adalah 90-110. Disebutkan di banyak sumber, bahwa Albert Einstein memiliki IQ 160 (jenius). Tapi Marilyn Monroe, kamu kenal kan? Punya IQ yang lebih tinggi, 168!

Cek fakta oleh situs snopes.com menemukan bahwa baik Einstein maupun Monroe tidak pernah melakukan tes IQ. Tapi siapa yang menyangkal kejeniusan Einstein jika dilihat dari banyak penemuannya?

Sedangkan Marilyn Monroe, diperkirakan tak kalah cerdas didasarkan pada barang-barang peninggalannya. Di perpustakaan pribadi Norma Jeane, nama asli Marilyn, didapatkan lebih dari 400 judul buku. Dari sastra, sejarah, politik, sampai buku berkebun ada di sana.

Meski begitu, perlu kamu tahu, IQ sebenarnya bukan pertanda seseorang sudah pasti cerdas. Lebih tepatnya disebut potensi kecerdasan.

Yang namanya potensi, bisa maksimal jika diasah. Atau tenggelam jika dibiarkan. Dan untuk Marilyn Monroe sendiri, sepertinya ia tidak mengoptimalkan pontensi kecerdasan yang ia punya. Nyatanya ia menjadi simbol seks Hollywood di tahun 1950-an. Jenius?


mie sagu
sahabatufs.com

Gak … aku enggak tanya kamu suka makan mie atau tidak. Apalagi nanya-nanya apa kamu tahu mie sagu? Karena itu pembuka yang sudah dipakai jutaan blogger di dunia.

For your information, mie dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi V kata bakunya adalah mi. Tapi karena kita telanjur terbiasa menggunakan kata “mie” ya sudah, pakai mie saja.

Aku sudah tahu kok kalau di Indonesia, bahkan dunia, penikmat mie ada banyak. Terutama mie instan. Makanya gak tanya di awal. Kalau bukan karena mag dan kasih contoh buruk ke anak, aku mau loh makan mie instan tiap hari.

Murah, enak, gampang didapat, gampang dimasak. Sayangnya, di balik kesaktian mie instan, ada pengawet dan penguat rasa yang jelas tidak sehat kalau terlalu sering dikonsumsi.

Beda dengan mie sagu, penggunaan bahan sagu pada mie ini membuatnya memiliki banyak keunggulan.

Pertama, dari 6,5 juta hektar lahan sagu di dunia, 5,5 jutanya ada di Indonesia (tribunnews.com). Bandingkan dengan gandum, yang harus diimpor dari luar.

Jadi kamu yang cuma sarapan pisang goreng, yang pisangnya disalut tepung terigu, itu sudah makan barang impor! Iya, keren. Tapi akan lebih keren lagi kalau kita bisa beralih ke pangan berbahan sagu.

Dengan begitu, konsumsi gandum dan atau terigu bisa berkurang. Tak perlu impor, bahkan Indonesia yang ekspor sagu keluar negeri. Sudah sih, tapi kalau lebih banyak, kan jadi makin keren.

mie sagu
pohon sagu/flick

Masih banyak warga negara Indonesia yang butuh pekerjaan. Dengan ekspor, tak hanya menguntungkan para petani, tapi juga dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak. Menguntungkan negara, sekaligus mengurangi beban negeri ini.

Jauh lebih menguntungkan ketimbang impor, yang hanya menguntungkan segelintir pengusaha.

Jangan kira sagu hanya ada di wilayah timur Indonesia, Gengs. Hasil panen sagu di Provinsi Riau bahkan bisa diekspor ke Jepang, Singapura, dan Malaysia!

Kedua, sagu lebih aman di usus daripada gandum. Pada sagu ditemukan pati resisten yang tidak tercerna oleh usus. Secara fisiologis, pati ini berfungsi seperti serat makanan. Alhasil, pencernaan pun lancar!

Di Maluku, jumlah penderita diabetes jauh lebih kecil daripada daerah lainnya di Indonesia. Hal ini dipercaya karena kebiasaan masyarakat setempat yang mengonsumsi sagu secara rutin.

💔 Dikira Sehat, Ternyata 8 Makanan dan Minuman Ini Tak Sesuai Ekspektasi 💔

Berbeda dengan gandum atau terigu, sagu tidak menyebabkan lonjakan kadar gula dalam darah. Itulah kenapa sagu sangat baik bagi tubuh.

Ketiga. Tak kalah simpel dengan mie instan, mie sagu juga mudah diolah untuk segera disantap. Syaratnya, kamu beli yang sudah dikemas. Bukan panen dulu ke ladang. Lah iya!

Kalau mie instan, tinggal rebus sebentar sambil dicemplung telur dan macam-macam sayur. Mie sagu bahkan cukup disiram air! Lebih gila lagi, tak harus air panas!

Langsung makan? Silakan. Kalau kamu sedang puasa mutih.

mie sagu
aneka sajian mie sagu/flickr

Tapi kalau mau sehat dan enak, kamu bisa praktikkan sekian banyak resep yang ada di belantara internet. Tapi untuk yang umum dan paling simpel, ringkasnya begini:

Siapkan bumbu seperti bawang, cabai, dan apa saja yang biasa kamu pakai. Rendam mie sagu selagi kamu mengolah bumbu.

Tumis bumbu yang sudah dirajang atau kamu blender. Masukkan telur, udang, atau apa saja yang ada di kulkas. Kamu bisa pikir sendiri, gak mungkin masukin yang gak sesuai tema.

Susulkan mie sagu yang sudah direndam, siram kecap (untuk yang goreng) atau air kaldu (untuk mie kuah). Aduk-aduk, koreksi rasanya. Sudah!

Tak perlu difoto untuk pamer-pamer gak penting. Kecuali kalau masaknya banyak, kamu boleh bagikan foto sekaligus hasil praktik tadi. Jadi gak zalim kan, pamer doang nyicipin enggak!
menulis cerpen dibayar
www.freepik.com/free-photos-vectors/illustration

السلام عليكم

Kabar baik untuk kamu yang suka nulis cerpen! Pengelola blog ini sedang banyak kerjaan, jadi belum sempat mengasah imajinasi seperti sebelumnya.

So, ada lowongan untuk kamu pajang karyamu di sini, di Menu Sastra. Menulis cerpen dibayar! Hanya cerpen ya, gak nerima puisi, esai, apalagi keluh kesah!

Syaratnya:

#Karya milik pribadi, bukan punya orang yang diklaim seenak jidat.

#Belum pernah dimuat di media lain, luring maupun daring (offline/cetak atau online). Jika kemudian hari hendak dipajang ulang di medsos pribadi, harap tulis keterangan Pernah dimuat di iluvtari.com.

#Tema bebas dan pantas.

#Maksimal 1500 kata. Cerita sangat pendek sih, tapi demi keterbacaan. Tau sendiri, orang kalau mampir ke blog ogah lama-lama. Lagian capek juga ngeditnya!

#Oh ya, cerpen yang dimuat insyaallah akan diedit dulu tanpa mengubah esensi cerita.

#Penulis yang cerpennya dimuat tidak akan dihubungi, tapi kalau tau-tau pulsamu nambah sebanyak 25k ATAU ada kiriman buku ke rumahmu. Sila cek balik ke sini, siapa tau itu mahar dari admin.

#Kirim cerpen ke 👉 iluvtari2019@gmail.com 👈 dengan subjek “cerpen_(nama kamu)”. Kurung itu ganti namamu ya, Gan Sis! Jangan diketik “nama kamu”. Aku gak sedang butuh bahan ketawa.

#Cerpennya dilampirkan, BUKAN diketik di badan surel (email).

#Biasakan mengawali surel dengan sapaan, salam atau apa kek. Jangan sok cool dengan cuma ngirim nomor WA dan alamat.

#Ingat, nomor WA (atau tambahkan nomor lain untuk dikirimi pulsa) dan alamat rumah lengkap (kalau admin sedang pengin ngirim buku). Tidak usah kirim nomor rekening.

#Bisa juga tambahkan alamat medsosmu untuk ditag/mention, saat admin membagikan karyamu ke medsos.

#Setiap penulis yang mengirim karya dianggap sudah setuju dengan ketentuan di atas. Tidak ada tuntut menuntut terkait karya, apalagi menye-menye di medsos.

Bayarannya memang tidak besar, pulsa, atau buku, atau mungkin merchandise tertentu, tergantung harta yang admin punya waktu naikin cerpenmu. Tapi percayalah, banyak yang lebih biadab lagi dalam menghargai sebuah cerpen.

Aku sudah kenyang nulis cerpen gak dibayar, ditipu, dll. Huhu … kasian kan? Makanya insyaallah gak bakal memperlakukan yang sama dengan karya kalian. Mumpung masih ada yang care dengan cerpen, kirimlah naskah kalian ke sini!

Gak mau juga gpp sih, aku kan bisa bikin sendiri! Sombhonkkk.

7 Dosa Besar

السلام عليكم

Apa kabar pembaca iluvtari? FYI, dalam blog ini, ada beberapa artikel yang sifatnya opini dan sisanya merupakan informasi yang semoga saja bermanfaat untukmu.

Kasihan kan, sudah capek-capek mampir gak dapat apa-apa. Mana adminnya gak pernah kasih giveaway lagi!

Tapi untuk artikel dengan label “Islam”, insyaallah kuupayakan semaksimal mungkin tanpa opini. Semuanya didasarkan pada dalil, kucek sebaik mungkin tafsir, asbabun nuzul, dll. Tapi tetap … tanpa giveaway.

Dosa Besar dan Dosa Kecil

Tujuh dosa besar, ada apa dengan angka 7? Ternyata gak ada yang spesial. Jika kamu sengaja mencari dengan kata kunci “7 dosa besar” kemungkinan akan ada tujuh dosa yang dianggap besar oleh penganut agama di luar Islam.

Dalam Islam sendiri, pada dasarnya tidak ada dosa besar atau kecil. Dosa yang kita anggap remeh bisa jadi besar karena kita lakukan berulang-ulang. Dan dosa yang kita persepsikan sebagai dosa besar, bisa jadi kecil karena kita bertobat dengan sungguh-sungguh.

“Tidak ada dosa besar jika dihapus dengan istighfar (meminta ampun pada Allah) dan tidak ada dosa kecil jika dilakukan terus menerus.”

Pernah baca hadis di atas? Meski hikmahnya benar, tapi hadis tersebut lemah. Kamu mungkin akan tertohok ketika membaca yang ini:
“Sesungguhnya seorang mukmin melihat dosanya seakan-akan ia duduk di sebuah gunung dan khawatir gunung tersebut akan menimpanya. Sedangkan seorang yang fajir (yang gemar maksiat), ia akan melihat dosanya seperti seekor lalat yang lewat begitu saja di hadapan batang hidungnya.” (HR Bukhari no. 6308).

Jika kita kembali pada konsep tidak ada dosa besar maupun kecil, maka pada dasarnya semua dosa kembali pada mindset kita dan perhitungannya di sisi Allah.

Meski demikian, memang ada perkara terkait dosa, yang Rasulullah shallallahu ‘alayhi wasallam telah mewanti-wanti umatnya sejak empat belas abad silam.

7 Dosa Besar yang Membinasakan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alayhi wasallam, beliau bersabda, “Jauhilah tujuh (dosa) yang membinasakan!” Mereka (para sahabat) bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah itu?” Beliau shallallahu ‘alayhi wasallam menjawab, “Syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa yang Allah haramkan kecuali dengan hak, memakan riba, memakan harta anak yatim, berpaling dari perang yang berkecamuk, menuduh zina terhadap wanita-wanita merdeka yang menjaga kehormatan, yang beriman, dan yang bersih dari zina.” (HR Bukhari no. 2615, 6465, dan Muslim no. 89).

Tak hanya hadis, besarnya kebinasaan dari 7 dosa besar tersebut termaktub pula dalam Al-Qur’an

SYIRIK
Menyekutukan Allah, ada yang secara sadar melakukannya. Ada pula yang telanjur menjadi kebiasaan. Ketika pun telah tahu, sulit untuk melepaskan diri. Misalnya membaca zodiak.

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik dan Dia mengampuni segala dosa selain syirik bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar. (QS 4: 48).

SIHIR
Jangan pernah main-main dengan sihir ya, Gengs! Termasuk kamu yang pengin punya pacar sampai main pelet segala. Padahal pelet itu untuk ikan!

Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh setan-setan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya setan-setanlah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di Negeri Babil yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorang pun sebelum mengatakan, “Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir.” Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan istrinya. Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudarat dengan sihirnya kepada seorang pun, kecuali dengan izin Allah. Dan mereka mempelajari sesuatu yang tidak memberi mudarat kepadanya dan tidak memberi manfaat. Demi, sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barang siapa yang menukarnya (kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan di akhirat, dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir, kalau mereka mengetahui. (QS 2: 102).

MEMBUNUH
Tahu gak sih, kalau game-game penuh kekerasan itu juga bisa mengajarimu membunuh? Membuat seolah premanisme itu keren. Padahal di sisi Allah luar biasa buruk perbuatan itu.

Dan barang siapa membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka balasannya ialah Jahanam, ia kekal di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya. (QS 4: 93).

RIBA
Islam punya solusi buat kamu yang punya masalah dengan bisnis dan keuangan, yang terbiasa berurusan dengan bank konvensional. Hal pertama yang harus kita yakini adalah kebenaran Islam dan kepastian hikmah di balik ketentuan Allah.

Memang berat meninggalkan riba begitu saja, karena sejak lahir banyak transaksi yang kita kira halal ternyata tidak. Pelan-pelan saja, Allah sangat menghargai proses. Dia sayang kok, sayang banget dengan hamba-Nya. Dan Dia lebih tahu akan apa yang baik untuk kita.

Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Rabb-nya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang mengulangi (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. Allah memusnahkan riba dan melipat-gandakan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa. (QS 2: 275-276).

MEMAKAN HARTA ANAK YATIM
Gimana enggak dosa besar, anak yatim yang hidupnya sudah berat masih kita zalimi lagi. Iblis pun mungkin terperangah melihatnya.

Dan berikanlah kepada anak-anak yatim (yang sudah baligh) harta di antara mereka. Jangan kamu menukar yang baik dengan yang buruk dan jangan kamu makan harta mereka bersama hartamu. Sesungguhnya tindakan-tindakan (menukar dan memakan) itu adalah dosa yang besar. (QS 4: 2)

LARI DARI PEPERANGAN
Musuh jangan dicari, ketemu jangan lari. Mungkin quotes anonim jadul ini lumayan cocok untuk pembuka. Tapi efek lari dari musuh gak main-main untuk urusan akhirat kita.

Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu bertemu dengan orang-orang kafir yang sedang menyerangmu, maka janganlah kamu membelakangi mereka (mundur). Barang siapa yang membelakangi mereka (mundur) di waktu itu, kecuali berbelok untuk (siasat) perang atau hendak menggabungkan diri dengan pasukan yang lain, maka sesungguhnya orang itu kembali dengan membawa kemurkaan dari Allâh, dan tempatnya ialah Neraka Jahanam. Dan amat buruklah tempat kembalinya. (QS 8: 15-16).

MENUDUH ZINA
Berhati-hatilah dengan media sosial, tidak sedikit dari kita yang entah bercanda atau serius, kadang kala memfitnah orang lain berlebihan. Bahkan sekadar membagi foto rekayasa yang mengarah pada pornografi, kita bisa terkena satu dari 7 dosa besar.

Sesunguhnya orang-orang yang menuduh wanita yang baik-baik lagi beriman (berbuat zina), mereka tertimpa laknat dunia dan akhirat, dan bagi mereka azab yang besar. (QS 24: 23).

Piye Gengs, ngeri kan? Semoga kita semua terhindar dari yang demikian, aamiin. Lalu apa saja amalan untuk menghapus 7 dosa besar tersebut? Ternyata ada banyak! Simak di sini deh!

arti dan sejarah simbol

Banyak informasi dan peringatan di dunia ini yang cukup diwakilkan dengan satu simbol saja. Tujuannya jelas untuk mempermudah dan menyingkat maksud, misalnya imbauan informasi jenis kelamin, imbauan agar waspada, dll.

Ada banyak simbol yang ada di sekitar kita. Apakah pemahamanmu terhadap simbol-simbol itu sudah benar? Kalaupun ya, sudah tahu belum sejarahnya?

Tak ada salahnya kamu simak 7 penjelasan tentang simbol berikut ini, Gengs!

#1 Tengkorak dan Tulang Bersilang

arti dan sejarah simbol
publicdomainpictures.net

Simbol ini berasal dari abad pertengahan, digunakan sebagai tanda kematian. Kemudian oleh para bajak laut, simbol tsb diadopsi bersama bendera hitam pada kapal mereka. 

Di masa kini, simbol yang sama dijadikan label pada wadah yang mengandung zat beracun atau berbahaya. 

#2 Tanda Oke

arti dan sejarah simbol
washingtonpost.com

Kita sering menggunakan emot icon ini pada chat dengan maksud mengatakan semua baik-baik saja. Memang begitu sih di kebanyakan tempat, termasuk di Amerika.

Tapi di beberapa negara Eropa, bahasa tubuh ini justru dianggap merendahkan orang lain. Artinya kamu nol, alias gak ada apa-apanya!

Sementara di negara-negara mediterania (negara yang mengelilingi Laut Mediterania; Spanyol, Italia, Turki, dll) serta Amerika Selatan, gestur ini diartikan dengan anus.

#3 Simbol Radiasi

arti dan sejarah simbol
flickr

Simbol ini diciptakan tahun 1946.  Terdiri dari tiga irisan hitam yang mengitari sebuah lingkaran. Itu menunjukkan pancaran radioaktif dari atom.

Simbol radiasi sampai sekarang dipakai untuk menandai wadah atau tempat penyimpanan bahan radioaktif.

Foto Monster dan Hukuman ISIS yang Bikin Bergidik

#4 Lambang Nazi

arti dan sejarah simbol
flickr

Sejak Hitler menggunakannya sebagai logo Nazi, orang-orang Eropa mengenal swastika sebagai lambang fasisme. Padahal lambang ini telah ada sejak ribuan tahun lalu, dan dipakai oleh penganut Hindu, Budha, serta Jainisme.

Oleh para pengguna di masa lalu, lambang ini dimaknai dengan keberuntungan. Dalam bahasa Sanskerta, swastika berarti kesejahteraan.

#5 Tombol Power

arti dan sejarah simbol
freesvg.org

Mungkin tidak banyak yang memperhatikan, bahwa pada sebuah saklar, on dan off kerap ditandai angka 0 dan 1.

Angka satu menggantikan on (menyala) dan off (padam) diwakilkan oleh nol. Pada tampilan tombol power masa sekarang, angka 0 dan 1 digabung sehingga jadilah simbol di atas.

#6 Lambang Apotek

arti dan sejarah simbol
pxhere.com

Pernah bertanya-tanya, kenapa setiap apotek menampilkan simbol ular melilit mangkuk? Simbol aslinya adalah ular melilit tongkat, yang diambil dari mitologi Yunani.

Menurut cerita mitos, Dewa Apollo memiliki anak bernama Asclepius yang merupakan ahli pengobatan. Tongkat yang dililit ular adalah tongkat milik Asclepius, sedangkan ular merupakan hewan suci yang kerap dipakai oleh orang Yunani kuno dalam prosesi penyembuhan.

#7 Palu Arit

arti dan sejarah simbol
pixabay

Melihat lambang ini, kita langsung terkenang malam 1 Oktober di tahun 90-an. Kita mengenalnya sebagai lambang PKI (partai komunis Indonesia), dan nyatanya palu dan arit yang tumpang tindih memang merupakan simbolisme komunis.

Selain dipakai oleh PKI, simbol palu arit juga dipakai Soviet. Palu melambangkan kekuatan kaum proletar, sedangkan arit merepresentasikan kaum tani (kelas bawah). Dengan demikian, palu arit merupakan penyatuan dua kekuatan.

Tapi bagi komunis, termasuk PKI, palu dan arit adalah penyatuan antara kaum buruh dan kaum tani. Dengan demikian, komunis dianggap dekat dengan rakyat kelas bawah. Kenyataannya? Kita tahu sendiri.

tempat tidak aman di dunia

Siapa yang suka jalan-jalan? Aku enggak.

Karena aku punya bakat yang sangat dibutuhkan pemerintah saat ini. Bahkan direkomendasikan oleh WHO; stay at home. Dalam bahasa milenial, diterjemahkan dengan rebahan. Gak bener sih.

Kita semua berharap virus Corona yang menyebabkan Covid-19 segera pergi dari planet ini. Sayangnya berharap saja gak cukup, harus dilakukan upaya nyata yang diiringi dengan doa.

Kalau tak meleset, insyaallah pandemi ini akan habis secara global setelah Agustus 2020. Itu kata ahli dunia. Jadi sebelum bulan itu, sebaiknya kamu gak travelling ke mana-mana demi kesehatan dan keselamatan bersama.

Meski (semoga) selepas Agustus 2020, virus Corona sudah kehabisan inang untuk dihinggapi, sebaiknya kamu tidak bepergian ke lima negara berikut ini. Sebab sebelum Covid-19 merebak pun, tempat ini memang sudah tak aman untuk dikunjungi.

Ciudad Juarez, Meksiko  

tempat tidak aman di dunia
flickr

Bukti bahwa narkoba adalah pil setan tampak jelas di kota ini. Penculikan di siang bolong, perkosaan, penggal kepala adalah kejadian biasa di sini. Semua itu bisa dibilang tak terjelaskan oleh catatan polisi.

Sebab paling umum adalah persaingan dan perselisihan antarkartel, gank pengedar narkoba yang lebih berkuasa daripada pihak keamanan setempat.

Banyak penduduk pergi dari tempat ini, yang tersisa hanya mafia dan jaringannya, serta orang-orang yang terlampau miskin sehingga tak mampu keluar dari sana. Jauh banget kan dengnan kota kita yang hanya dikisruhkan oleh macet?

Cape Town, Afrika Selatan

tempat tidak aman di dunia
pixabay

Dalam hal pemandangan, Cape Town memang tergolong tempat yang indah. Tapi tingkat kriminalitas di kota ini sangat tinggi. Ada sekira 60 tindak kejahatan yang dilakukan per 100 ribu orang.

Menurut banyak sumber, paling kecil kamu akan dijambret jika berada di tempat ini. Perkosaan juga merupakan kejahatan yang banyak terjadi di Cape Town.

"5 Hal Unik yang Hanya Ada di Jambi"


Rio De Janeiro, Brasil

tempat tidak aman di dunia
flickr

Dari bakteri sampai jaringan wifi, ada banyak hal berbahaya di tempat ini. Kematian anggota polisi juga tergolong tinggi. Meski demikian, Rio De Janeiro masih menjadi destinasi wisata favorit traveller dunia.

Alasannya, pemandangan alam yang indah berupa pantai, hutan, dan pegunungan, serta budaya unik Brasil mampu menutup kekurangan tempat tersebut.

Homs, Suriah

tempat tidak aman di dunia
flickr

Rasanya tak perlu penjelasan panjang lebar ya, Gengs. Sudah jelas Suriah sekarang dalam keadaan genting. Homs merupakan kota yang menjadi target pemboman oleh pemerintah negara itu, untuk memberantas yang mereka sebut pemberontak.

Kamu yang sering berdonasi untuk Palestina karena keistimewaan tanah Syam, tak ada salahnya juga mengirim bantuan ke Suriah. Sebab yang disebut Syam dalam Al-Qur’an dan hadis adalah Palestina, Suriah, dan Yordania.

Kantubek, Pulau Vozrozhdeniya

tempat tidak aman di dunia
wikipedia

Tahun 1920-an, Soviet menggunakan Pulau Vozrozhdeniya sebagai laboratorium untuk pembuatan senjata biologis. Kota Kantubek pernah ditempati manusia sebagaimana layaknya sebuah kota. Tapi kemudian ditinggalkan karena laut Aral, yang mengitari Pulau Vozrozhdeniya, telah mengering.

Para ahli percaya, kota ini telah terkontaminasi antraks, cacar, dan wabah lainnya. Selain itu, Kantubek juga hanya menjadi kota yang sepi dan gersang dengan bangkai kapal berkarat di mana-mana. Sudah tak menarik, penuh kuman pula! 


Kita sama-sama berharap wabah Covid-19 yang disebabkan virus Corona segera berakhir. Meski begitu, agar lebih aman, memang sebaiknya di saat aman nanti berwisata ke tempat yang lebih dekat dulu.

Selain mencegah dari berbagai penyakit yang mungkin ada di luar sana, sekaligus memulihkan ekonomi domestik yang pastinya terimbas selama Covid-19 mewabah, sejak awal Maret kemarin.