Tak Hanya untuk Sariawan, Ini 7 Manfaat Lain Vitamin C

, , 6 comments
sariawan vitamin c
Photo by Lewis Fagg on Unsplash
Kita sering mendengar atau membaca tips cara mencegah sariawan, yang biasanya tak jauh dari topik seputar vitamin C. Dan jika bicara soal vitamin C, orang serta merta ingat sariawan. Ya gak?

Tidak salah sih, memang salah satu manfaat vitamin C adalah untuk mencegah sariawan. Faedah lainnya yakni meningkatkan imunitas, mempercepat penyembuhan, dll.

Tapi masih ada manfaat lain dari vitamin C yang belum atau jarang diketahui banyak orang. Kamu termasuk yang sudah tahu atau belum, manfaat vitamin C berikut ini?

1. Sebagai Antioksidan.

Kata antioksidan sudah sangat tidak asing di telinga. Tapi apa hayo artinya? Menurut KBBI, antioksidan adalah zat yang menghambat proses oksidasi terhadap sistem atau penyusun utama sistem; bersifat melindungi tubuh dari radikal bebas; zat yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Dengan kata lain, Vitamin C membantu tubuh melindungi sel dari kerusakan akibat molekul berbahaya, bahan kimia, polutan, dll. Yang mana kerusakan sel tersebut berisiko pada penuaan dini hingga berbagai penyakit, termasuk kanker.

2. Sebagai Antiinflamasi.

Makin ribet istilahnya? Makanya rajin-rajin main ke KBBI. Inflamasi adalah reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yang ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh.

Jadi, vitamin C dapat membantu menangkal atau menyembuhkan gejala-gejala tersebut ketika tubuh diserang oleh virus, bakteri, atau mikroorganisme lainnya.

3. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi.

Kukutip dari health.detik.com (11/12/19), analisis dari 29 penelitian menemukan bahwa dengan mengonsumsi suplemen vitamin C, bisa mengurangi tekanan darah sistolik sebesar 3,84 mmHg dan tekanan darah diastolik menurun sebesar 1,48 mmHg pada orang dewasa sehat.

4. Menurunkan Kadar Asam Urat.

Dulu asam urat dianggap penyakit orang tua. Sekarang, penyakit satu ini menyerang siapa saja tanpa kenal usia. Ini bukan curcol loh ya! Aku gak asam urat kok. Cuma rematik.

Studi yang dilakukan kepada 1.387 laki-laki menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak vitamin C memiliki kadar asam urat lebih rendah dibanding yang mengonsumsi lebih sedikit (detik health).

5. Mampu Memperbaiki Mood.

Vitamin C berperan penting dalam proses produksi neurotransmiter seperti norepinefrin yang juga disebut noradrenalin .

Di otak, noradrenalin meningkatkan gairah dan kewaspadaan, meningkatkan pembentukan dan pengembalian kembali memori, serta memfokuskan perhatian.

6. Menurunkan Kolesterol.

Mengonsumsi suplemen vitamin C diyakini mampu menurunkan kolesterol jahat LDL sebesar 7,9 mg/dL dan trigliserida darah sebesar 20,1 mg/dL. Hal tersebut didasarkan pada analisis dari 13 studi (sehatq.com).

7. Membantu Penyembuhan Diabetes Tipe 2.

Dari salah satu penelitian yang dilakukan Institute of Metabolic Science di Cambridge, England’s Addenbrooke’s Hospital, ditemukan bahwa orang dengan asam askorbat (vitamin C) tinggi, 62% lebih rendah risikonya terkena diabetes melitus tipe 2.

Penderita diabetes melitus memiliki asam askorbat rendah dalam plasma dibanding orang dengan toleransi glukosa normal, karena vitamin C juga berfungsi membantu pengolahan insulin dan glukosa.

Baca juga:
Kenapa Kental Manis Bukan Susu?
Makanan & Minuman yang Selama Ini Kita Kira Sehat, Ternyata ...
Baking Soda untuk Bersihkan Mesin Cuci
Vitamin C bisa didapat dari berbagai buah dan sayuran. Jeruk, stroberi, pepaya, dan aneka buah yang biasa kita temui sehari-hari.

Sedangkan untuk sayuran, ada kangkung, brokoli, bunga kol, dan sayur lainnya yang kamu gak perlu repot sampai indent atau cari-cari di olshop. Tinggal jalan ke warung tetangga atau naik sepeda sebentar ke pasar, insyaallah ketemu.

Ada pula vitamin C yang dalam bentuk suplemen berupa tablet maupun pil. Hari gini semua mudah, tinggal pilih!

Tapi inget, konsumsi dalam jumlah wajar ya, Gengs! Jika berlebihan, vitamin C yang dikeluarkan tubuh bisa mengiritasi saluran pencernaan, juga membebani ginjal.

6 comments:

  1. Ternyata manfaat vitamin C sangat banyak ya...
    Berguna untuk mrnjaga kesehatan tubuh

    ReplyDelete
  2. Apalagi di saat pandemi kaya gini jaga kondisi imun tubuh dengan konsumsi vitamin c secara rutin sangat membantu

    ReplyDelete
  3. Saking banyak khasiatnya sampai dijadikan permen emut ya?
    Daripada permen dari caramel yang bikin gigi rusak 😁😁😁

    ReplyDelete
  4. Aku biasa dapatkan vitamin c dari jeruk peras. Masa masa ini harus lebih sering konsumsinya

    ReplyDelete
  5. Khasiatnya mirip madu yg dijual suami saya.. yuk dibeli, wkwkw.. malah ngiklan 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena madu juga mengandung vitamin c

      Delete