Ciri-ciri Orang Bohong Bisa Kamu Ketahui dari 12 Bahasa Tubuh Ini

, , 1 comment
Ciri ciri orang bohong

Allan Pease, Lillian Glass, dan beberapa psikolog lainnya telah menganalisis gestur orang-orang saat berinteraksi. Ciri-ciri orang bohong bisa terlihat dari gerak-gerik yang tak bisa mereka tahan.

Namanya juga bahasa tubuh ya, Gengs, biasanya refleks saja terjadinya. Meskipun oleh orang yang terlalu lihai, bisa jadi ia menahan diri untuk tidak melakukan 12 hal di bawah ini.

Bahkan ada orang yang berani sumpah Al-Qur’an tapi bohong juga. Ya emang sih, Al-Qur’an kan bukan alat pendeteksi kebohongan, ataupun stempel jaminan seseorang tidak berbohong.

Dikutip dari brightside (23/2/19), hanya dalam beberapa detik kamu dapat menemukan pembohong di antara teman-temanmu. Para istri yang cari tau ciri-ciri suami bohong juga bisa cek di sini.

Etapi, kan yang suka bohong bukan cuma laki-laki. Ya sudah deh, inilah tanda yang menunjukkan, seseorang sedang membohongimu.
ciri ciri orang bohong

1. Menjilat dan menggigit bibir

Orang yang sedang berbohong mengalami kesulitan bicara, karena sistem saraf otonom yang ditekan mengakibatkan penurunan produksi air liur. Mereka cenderung menjilat dan menggigit bibir karena mulutnya kering.
Jadi untuk tes pertama mengetahui ciri-ciri orang bohong, jangan lupa menyiapkan air minum! Tau dong bedanya orang haus beneran dengan haus karena stres.

2. Menahan bahu dan dagu

Berbohong pada dasarnya membuat orang merasa tidak nyaman, jadi beberapa di antara mereka menahan bahu dan atau dagunya agar tetap mengarah ke atas. Dengan begitu mereka merasa lebih kuat.
Baca juga: 10 Bahasa Tubuh Tanda Orang Tak Nyaman denganmu

3. Menjaga mata tetap terbuka lebar

Sudah jadi rahasia umum bahwa orang yang berbohong acap kali tak mampu melakukan kontak mata. Mengetahui hal ini, pembohong melakukan kebalikannya, yaitu dengan menahan mata agar tetap terbuka untuk meyakinkan lawan bicara bahwa ia tidak berbohong.
Cara mengetahui orang tersebut bohong, bisa kamu lihat dari kekuatan otot matanya. Akan nampak “jejak-jejak usaha” bahwa ia sedang melakukan sebuah pemaksaan.

4. Membatasi gerakan

Sama seperti poin 3, para pembohong juga mempelajari ilmu psikologi. Sehingga mereka tahu, banyak gerak dapat membuat seseorang lepas kontrol dan ketahuan. Jadi mereka melakukan kebalikannya.
Baik kamunya sendiri doyan bohong atau korban kebohongan, biasanya tetap bisa menemukan bedanya dari rileks atau tidak gestur orang tersebut.

5. Mengarahkan telunjuk ke lawan bicara

Saat terdesak, orang yang berbohong mungkin akan memanipulasi ekspresi menjadi kemarahan, untuk meyakinkan bahwa ia bersungguh-sungguh. Jangan khawatir, ini hanya gertak sambal.

6. Memiringkan kepala

Terkesan ramah, tapi ini adalah sebuah insting yang memengaruhi lawan bicara untuk lebih toleran padanya. Seperti sebuah bujukan, “jangan tanya itu”, karena ia merasa tidak nyaman atau ada yang sedang disembunyikan.
Jadi untuk mengetahui ciri ciri orang bohong, kamu harus punya mental yang kuat. Tak mudah gentar untuk mengantisipasi poin 5, dan tak terlalu lembek untuk menangkal poin 6.
Baca juga: Bahasa Tubuh yang Memberi Pesan Khusus

7. Menarik kerah dan menyentuh leher

Seolah tengah berpikir, orang yang sedang berbohong secara spontan sering kali mengusap leher mereka. Kadang kala juga memperbaiki kerah untuk melonggarkan pernapasan. Kedua hal itu dilakukan semata-mata untuk menyamankan hatinya.
Karena secara fitrah, manusia itu kan suka kebaikan. Sedangkan bohong bukan termasuk di antaranya, meski ada sedikit pengecualian yang kamu pun sudah mengetahuinya.

8. Menutup bagian tubuh yang rentan

Sistem saraf otonom mengirim sinyal ke dada, perut, dan pangkal paha saat kita merasa khawatir. Orang yang sedang berbohong tanpa disadari menutupi tiga bagian ini saat bicara. Itu menandakan kekhawatiran mereka jika kebohongannya diketahui orang lain.

9. Berpegangan pada benda

Tindakan alami ini diakibatkan perasaan rentan dan berharap dirinya menjadi stabil. Orang gugup memang membutuhkan benda untuk meredam kegugupannya, tapi tidak lebih lama daripada orang berbohong.

10. Memperbaiki penampilan

Hal ini lebih banyak dilakukan ciwi ciwi. Jika ia mendapatkan pertanyaan yang membuatnya tidak nyaman, ia akan menyibukkan diri dengan merapikan rambut, memperbaiki kosmetik di sekitar mata, dll.
Mungkin karena cowok kan bisa memperbaiki genteng, TV, … jadi punya banyak pilihan. Halah.
Baca juga: 10 Trik Psikologi Sehari-hari, Dijamin Faedah!

11. Agak berpaling

Jika kita berbicara dengan orang lain, dan orang itu mengalihkan arah tubuhnya, berarti ia sedang tidak ingin ngobrol atau tidak nyaman dengan topik pembicaraan.
Namun jika ia yang aktif bicara tapi menampilkan gestur tubuh tidak menghadap pada lawan bicara, artinya ia sedang berbohong. Kau yang bicara kau yang buang badan, kan ngelawak!

12. Menyilang jari saat jabat tangan

Yang ini mungkin tidak terlalu ketara. Tapi kalau kamu mendapati orang yang menyilang jari saat berjabat tangan, hampir pasti ia telah membohongimu.

Sayangnya dari 12 bahasa tubuh di atas kita tidak bisa mengetahui ciri-ciri orang bohong di chat. Untungnya untuk kasus via telepon, masih ada harapan.

Orang yang berbohong cenderung memelankan suaranya di akhir kata, atau membuat ucapannya agak tersamar. Secara umum mereka seolah tidak mampu menyelesaikan apa yang mereka katakan.

Kalau kamu membaca ciri-ciri orang bohong di blog ini atau di artikel mana pun untuk meningkatkan kemampuan berbohongmu, percaya deh, yang namanya kebohongan suatu saat pasti terungkap. Dijamin!
ciri ciri orang bohong


1 comment:

  1. Setiap berkata bohong, tubuh selalu merespek untuk menolaknya
    Dan saya juga mengalami hal seperti itu
    Biasanya mata yang sulit diajak bohong

    ReplyDelete