4 Faktor Penyebab Selingkuh yang Jarang Diketahui

, , 22 comments
faktor penyebab selingkuh

Selingkuh itu tema seksi! Buktinya waktu aku membahas “istri cantik pelakor jelek”, ramai sekali yang baca. Siapa tau artikel yang mengupas faktor penyebab orang selingkuh kali ini ketularan ramainya.

Emang kalau ramai dapat apa? Senang dong, mudah-mudahan bermanfaat juga.

Dari apa yang kuulas di bawah ini, mungkin pembaca bisa menyimpulkan apa faktor penyebab seorang suami/istri selingkuh. Tujuan mereka berselingkuh, syukur-syukur yang selingkuh segera tobat. Aamiin.
Tapi yang kubahas ini bukan tentang selingkuh yang disebabkan hal remeh temeh, melainkan yang jarang diketahui orang, bahkan mungkin pelakunya sendiri. 

Selingkuh yang bukan semata soal kurang kasih sayang atau kurang duit belanja. Bukan karena ada yang lebih seksi di luar sana, juga bukan iseng semata. 

Diolah dari berbagai sumber, berikut 4 faktor penyebab selingkuh yang jarang diketahui.
 

Selingkuh Disebabkan Bipolar

Selingkuh Disebabkan Bipolar
Pixabay
Bipolar Disorder atau Depresi Manic adalah kondisi mental yang menyebabkan terjadinya perubahan mood yang ekstrem. Pengidap gangguan ini dapat berubah dari sangat enerjik ke sangat depresi hanya dalam waktu singkat. 
Jika sedang depresi, penderita bipolar sering marah tanpa sebab, merasa diri tak berguna, bahkan bisa nekat mengakhiri hidup. 
Sebaliknya, saat sedang sangat bahagia (fase manik), orang bipolar menjadi sangat berenergi, ceroboh, dan yang paling parah, muncul libido untuk berhubungan badan dengan siapa pun. Inilah sebab sebagian besar orang dengan bipolar disorder kerap selingkuh.

Selingkuh Karena Hypersex

Selingkuh Karena Hypersex
Seperti pecandu narkoba yang menggunakannya untuk meredam perasaan negatif, hal serupa juga dapat terjadi pada seks. 
Orang yang memanfaatkan seks untuk meredam emosi, cenderung tak pilih-pilih dalam melampiaskan keinginannya. 
Jadi bukan sekadar masalah kurangnya kemesraan atau komunikasi yang putus, tapi juga keinginan kuat dari tubuh untuk menghasilkan endorfin secara ekstrem.
Pada beberapa kasus, ada pula pelaku selingkuh yang justru sebenarnya tidak punya kemampuan untuk melakukan hubungan seks (lemah syahwat). Lah kok selingkuh? 
Pertama, dia ingin terlihat atau merasa mampu, bahkan gagah. Kedua, ia penasaran. Siapa tau dengan orang lain, ia bisa lebih jantan. Keduanya sama-sama bentuk penyangkalan.  
Selain penderita hypersex, orang yang kecanduan pornografi juga berpotensi selingkuh.

Orang Selingkuh Mengalami Mutasi Gen

Orang Selingkuh Mengalami Mutasi Gen
Pixabay
Tim peneliti dari University of Pennsylvania menyebutkan, 71% perempuan yang pernah selingkuh mempunyai ibu yang dulu juga pernah selingkuh. Sedangkan 45% laki-laki yang pernah selingkuh punya ayah yang juga pernah selingkuh.
Hasil penelitian lain, dari State University of New York (SUNY) Binghamton, orang yang mempunyai jenis tertentu dari reseptor D4 polimorfisme (gen DRD4) lebih besar kemungkinan berselingkuh. 
Pemimpin penelitian, Justin Garcia, mengatakan bahwa tubuh orang yang memiliki gen DRD4 secara natural membutuhkan rangsangan yang lebih besar untuk merasakan kepuasan. 
Misalnya, orang biasa akan merasa bersemangat setelah naik roller coaster. Tapi orang-orang dengan gen DRD4, akan meminta untuk naik kembali, lagi dan lagi, untuk menguji batasan dirinya.
Dari penelitian tersebut, 50% responden yang memiliki gen DRD4 mengaku pernah selingkuh. Dan dari penelitian itu pula didapatkan fakta bahwa mutasi gen DRD4 adalah warisan orang tua.

Selingkuh Juga Bisa Disebabkan oleh Gangguan Jin

Selingkuh Juga Bisa Disebabkan oleh Gangguan Jin
Unsplash
Yang ini kudapatkan ketika membagi sebagian alinea di atas ke sebuah WAG. Menurut salah seorang ustaz yang biasa meruqyah, mutasi gen adalah istilah ilmiah untuk perubahan yang ada dalam diri seseorang, salah satunya karena gangguan jin.
Hal itu senada dengan fakta berdalil bahwa orang yang melakukan zina, perbuatannya akan “dibayar” oleh keturunannya.
Seperti penelitian di atas, terkait seseorang yang selingkuh dilahirkan oleh orang tua yang selingkuh juga. Hal tersebut sering terjadi di sekitar kita, anak yang lahir dari hasil zina tidak sedikit yang kemudian melakukan dosa zina pula.
Sederhananya begini, ketika seseorang melakukan hubungan badan tidak dimulai dengan doa, maka jin “ikut membantunya” dalam proses penting itu.
Jelas dong, jin tersebut meninggalkan “jejak” yang oleh penelitian ilmiah terlihat sebagai gen yang bermutasi (karena berbeda dengan bentuk normal umumnya). Kenapa tampak tidak normal? Ya karena beda biangnya.

Apakah teori terakhir ini valid? Allahua’lam. 
Agama tidak bertentangan dengan sains, kebenarannya mutlak. Jika ilmu pengetahuan berseberangan dengan agama, berarti ada hikmah yang belum terbuka.

Bukan agama yang menyesuaikan, namun sebaliknya. Contoh, menurut Al-Qur’an kita adalah keturunan Adam as, Nabi Adam diciptakan dari tanah. Menurut Charles Darwin, manusia berasal dari monyet. Kehidupan muncul dari ketiadaan.

Kamu pilih percaya Al-Qur’an atau Charles Darwin?

Setelah puluhan tahun dipercaya, sains modern akhirnya mematahkan Teori Darwin (nahasnya masih dipelajari dalam mata pelajaran Biologi di Indonesia). Meski barangkali pernyataan Al-Qur’an belum terbukti secara ilmiah. 
Definisi selingkuh tidak hanya dibatasi pada sentuhan fisik, tapi juga hubungan romantis yang intim, meskipun belum pada fase yang paling jauh. 

Punya ciri salah satu ataupun tidak dari keempat poin tersebut, sebaiknya tak usah iseng-iseng bermain api. Faktor penyebab selingkuh yang kuurai di atas bukan untuk pemakluman, sekadar tambah pengetahuan. 

Lalu bagaimana mengobati yang sudah telanjur? 4 hal ini bisa dijadikan bahan ikhtiar.

1. Nikah Adalah Ibadah

Pahami bahwa kamu menikah bukan sekadar untuk melepaskan kebutuhan biologis. Terlalu receh, Bos! Nikah itu ibadah.
Istri buatkan kopi untuk suami, ada pahalanya. Suami memberi oleh-oleh sekadar nasi goreng (padahal istri bisa buat sendiri), juga ada pahalanya. Sayang kalau hal sederhana yang membahagiakan itu harus dirusak.
Meyakini bahwa nikah bukan hal main-main, tapi tanggung jawab sampai akhirat sana, mudah-mudahan bisa membuat suami maupun istri eling saat muncul ide jelek untuk bermain hati dengan orang lain.
Apalagi jika merujuk pada poin “dosa zina dibayar oleh keturunan”. Kasihan anak-anak kita. Perselingkuhan hanya menghasilkan rantai zina yang sulit diputuskan.

2. Konsultasi pada Konselor Rumah Tangga

Carilah konsultan atau konselor yang berpengalaman di bidangnya, yang melayani konseling bersama pasangan mereka. Untuk level nasional, kita mengenal Cahyadi Takariawan atau yang biasa dikenal dengan Pak Cah.
Beliau biasanya memberi nasihat bersama sang istri. Jadi kita bisa merasa lebih percaya, selain melihat usia kedua pasangan, juga bukti bahwa ucapan sang konselor rumah tangga bukan sekadar teori semata. 

3. Berobat ke Psikiater atau Psikolog

Jika kamu mendapati kasus perselingkuhan itu disebabkan oleh masalah mental, tentu psikiater adalah pilihannya. Sebagian orang ada yang juga mendatangi psikolog.
Tau dong bedanya. Psikiater itu pada dasarnya dokter, mereka memberi resep medis untuk pasien. Sedangkan psikolog lebih kepada minat bakat dan permasalahan psikologi yang tidak membutuhkan terapi medis. 

4. Tobat

Gak harus yang selingkuh, tobat sih kebutuhan kita semua. Dalam konteks perselingkuhan, perbuatan ini kabarnya kerap berulang. Jadi dengan tobat yang sungguh-sungguh, semoga Allah tolong niat baik hamba-Nya.
Doa kan senjata orang beriman. Walaupun iman kita paling cuma secuil, tapi yakin deh Allah pasti menghargai.

Oke deh, Gengs, itulah 4 faktor penyebab selingkuh yang jarang diketahui kebanyakan orang. Ditambah 4 upaya yang bisa dilakukan untuk mengobati kebiasaan selingkuh. 
Kamu punya info tambahan? Jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar, ya!

22 comments:

  1. Gangguan jin itu nyata. Ada teman yng hampir aja pisah sama suaminya karena gangguan jin dalam hal selingkuh itu. Agak ngeriii juga. Harus lebih bisa jag diri ya kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. suamiku jg cerita. ada org yg istrinya wafat, trus dia nikah lg. istri kedua ini kerasukan, dan jinnya ngaku2 sbg istri pertama. untungnya si suami akidahnya bagus, dia bilang ke jinnya klo kamu bohong. istriku gak mungkin balik lg, kamu cuma iblis yg suka dg perceraian.

      Delete
  2. Astaghfirullah... Naudzubillahi min dzalik.
    Selalu pagari diri kita dgn doa ya mba
    Ngeri banget ih

    ReplyDelete
  3. Ada ya penyebab selingkuh kaya gitu. Baru tahu. Semoga aku, kita semua dijauhkan dari hal tersebut. Dulu kadang sampai mikir sih, kalau tahu orang selingkuh tuh apa alasan yang paling logis? Ternyata ya banyak

    ReplyDelete
  4. Bagus tulisannya
    Selama ini saya juga ga percaya kalo orang selingkuh karena selingkuhan lebih cantik atau apa
    Tapi Karena ada yang salah pada pria /perempuan yang selingkuh

    ReplyDelete
  5. Konon katanya jin dan bala tentaranya akan dinaikkan pangkatnya kalau berhasil memisahkan dua anak manusia. Itu yg aku denger dr ceramah dan kata paksu

    ReplyDelete
  6. Mba.... makasih banget sharingnya.
    Semoga kita semua selalu dilindungi dari segala yang tidak baik. Aamiin... ^___^

    ReplyDelete
  7. gangguan jin memang nyata sih kak
    ada pula yg orang naksir dan mengirim guna2
    mungkin ada banyak yang tidak percaya, tapi karena pernah menyaksikan langsung jadi ya ada rasa percaya
    semoga kita selalu dekat dengan Allah dan terhindar dari hal yg demikian aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. iya, contoh kasusnya bejibun

      Delete
  8. Iya betul banget yang di atas, gangguan jin dan hipersex bisa jadi penyebabnya. nah, makanya Islam boleh poligami kalau darurat ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini org sering salah kaprah mbak. sbg mak2 lemah iman, kita eh aku, gak mau dipoligami. tp kt tdk boleh mengharamkannya, krn itu syariah. ibarat org suka tempe kita nggak, ya terserah masing2 aja. bukan mentang2 kt gak suka terus kt salah2in org yg makan tempe. gitu

      Delete
  9. Kalau pasangan terlanjur selingkuh memang buat hati seluas samudra ya untuk memaafkannya, butuh waktu lama untuk kembali seperti dahulu tapi bukan berarti tidak bisa

    ReplyDelete
  10. Diselingkuhi itu emang ga enak. Salah satu akibatnya ya itu bisa terjadi perceraian. Saya prihatin dg hal itu, karena ada orang di sekitar saya yang mengalami itu.

    Efeknya ngaruh ke perkembangan psikis anak-anak juga, kasian mereka akhirnya ortunya bercerai karena perselingkuhan.

    Semoga kasus2 demikian, tidak semakin meluas. Dan Allah berikan pertolongan untuk semuanya.

    Semoga Allah lindungi pernikahan dan keluarga kita semua ya aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. aku saksi hidup yg liat anak2 korban ortu selingkuh, korban ortu zina, dll. na'udzubillah. wajarlah nikah itu separuh agama, kudu serius

      Delete
  11. Wah, bahasannya nih, hehehe. Mungkinlah hal ini menjadi salah satu penyebabnya karena sudah diriset ya. Jadi datanya akurat juga.

    ReplyDelete
  12. Poin ttg gangguan jin itu menarik dan serem huhu, perkara karma qodarullah juga, tapi aku percaya mb, makanya jauh jauh dari urusan zina dah

    ReplyDelete
  13. Oh ghitu ya, pernah dengar sih soal gangguan Jin itu. Tapi memang kan ada semacam nasihat, jika syariat telah menyatueratkan satu pasangan, maka tugas setan atau jin yang memprovokasi buat memisahkan. Selingkuh adalah dua tema yng cukup diminati menurutku. Semoga kita semua bisa terhindar...

    ReplyDelete
  14. Sering sih diacara ruqyah tentang perselingkuhan Yang disebabkan gangguan jin. Ternyata bener adanya yah. Wahhh pengetahuan baru nih tentang penyebab perselingkuhan. Terima kasih mbak.

    ReplyDelete
  15. Heuuu ternyata ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang selingkuh. Yang ngeri itu karena gangguan jin. Juga yang mengarah ke gangguan bipolar itu juga menakutkan. Kesehatan mental adalah salah satu kunci untuk menjadi pribadi yang setia.

    ReplyDelete
  16. Ya Allah sedih banget kalau denger bahasan beginian, tapi memang nambah wawasan. Orang slingkuh berarti bermutasi gen ya, ah semoga lekas pada tobat yang selingkuh. Hehehe ... tapi pembelajaran juga buat aku kak

    ReplyDelete
  17. wah ternyata selingkuh penyebabnya bukan cuma karena tergoda sama yang lain tapi bisa juga karena faktor genetik dan gangguan jiwa. Kalau yang pakai jin itu yang kutahu itu pasangannya dipelet orang sampai lupa sama keluarga

    ReplyDelete
  18. Ini ulasannya lumayan mencerahkan mbak. Jadi paham penyebab selingkuh, dan uang bikin kaget adalah karena faktor gen/keturunan. Bisa gitu yaa.... Thank infonya mbak

    ReplyDelete