5 Hewan Peliharaan Unik, Mau Adopsi?

, , 6 comments
Apa hewan peliharaanmu? Kucing? Ah biasa! Kecoak? Kamu pasti mageran. Bagaimana kalau coba adopsi hewan peliharaan unik? Tentunya yang legal dan aman dong!

Memelihara hewan punya efek positif untuk kesehatan mental, tapi tidak untuk kesehatan dompet. Jadi sebelum memutuskan beli hewan unik yang mana, pastikan jiwa ragamu terjaga hingga bertahun-tahun ke depan.

Hewan itu makhluk hidup, sama dengan manusia. Ada masanya mereka lucu, ada kalanya sakit. Jadi pertimbangkan baik-baik biar gak zalim. Waktu hewannya sehat disayang-sayang, giliran sakit ditelantarkan.

Sudah cukup tausiahnya, inilah lima hewan peliharaan unik yang mungkin menarik minatmu!

1. Landak Mini

Hewan Peliharaan Unik
Photo by Keith Pittman on Unsplash
Pada dasarnya landak adalah hewan liar Gengs, jadi kalau kamu mau memelihara mereka, ambillah sejak masih kecil. Nggak kayak kucing yang memang sudah terbiasa berdampingan dengan manusia, landak sebagaimana hewan liar lainnya, lebih tajam insting hewaninya ketimbang sayang-sayangan dengan manusia atau hewan lain.

Landak juga merupakan hewan soliter, alias lebih suka sendiri. Jadi jangan harap mereka akan kongkow bareng kucing dan ayam di rumahmu. Lagipula, duri mereka tajam. Khawatirnya melukai hewan lain saat mereka bercengkerama.

Landak mini artinya landak yang memang sampai dewasa akan tetap berukuran kecil (pygmy hedgehog). Bukan landak biasa yang berukuran mini hanya saat masih kecil. Kalau tak tau bedanya, pelihara kodok sajalah!

2. Iguana

Hewan Peliharaan Unik
Photo by Patrick Minero on Unsplash
Tampangnya seram, tapi tergolong mudah dipelihara. Untuk pemula, kamu sebaiknya memilih iguana hijau karena relatif lebih jinak dan mudah beradaptasi.

Iguana memakan serangga, sayuran, biji-bijian, atau bisa juga diberi makan pelet kering. Jaga kandangnya agar tetap kering dan bersih, cukup udara dan cahaya, serta jauh dari jangkauan anak-anak.

3. Ubur-ubur

Hewan Peliharaan Unik
Photo by lais Foratto on Unsplash
Memelihara ikan hias dipercaya banyak orang dapat mengurangi stres. Memandangi akuarium penuh warna-warni sepulang kerja, terbayang nyamannya ya! Tapi bagaimana kalau akuariummu diisi ubur-ubur? Tak hanya bebas stres, kamu juga bisa segirang Spongebob!

Ubur-ubur tersedia banyak di alam, insyaallah tidak termasuk hewan langka. Tapi yang bisa kamu pelihara di rumah adalah ubur-ubur jenis blue blubber, upside-down jellyfish, ubur-ubur bulan, dan ubur-ubur laguna.

Kabar buruknya, ubur-ubur tidak bisa dikasih whiskas yang gampang kamu temukan di alfamerit. Mereka makan plankton. Cek sakumu, jangan sampai stres hilang tapi malah depresi, gara-gara hewan peliharaanmu kelewat unik. 

4. Wupih Sirsik alias Sugar Glider  

Hewan Peliharaan Unik

Disebut juga possum meluncur, nama latinnya Petaurus breviceps. Dia pasti punya banyak akun! Hewan ini tergolong marsupial (mamalia berkantung) tapi tingkahnya mirip bajing, tanpa an. Bajing terbang bukan bajing lompat.

Makanannya buah dan sayur, jadi mudah didapat. Sugar glider butuh kandang luas supaya bisa pecicilan. Meski begitu, karena badannya kecil, luasnya juga gak sebesar garasi mobil. Kalau kamarmu cukup aman, mungkin sugar glider gak perlu dikandangin. Suruh petakilan aja di lemari, rak buku, dll. Mungkin ya!

5. Chinchilla

Hewan Peliharaan Unik

Hewan ini berasal dari Amerika Selatan. Artinya, secara iklim akan berbeda jauh kalau kamu pelihara di rumah dengan habitat aslinya. Kecuali rumahmu di Amerika.

Mirip dengan hamster, chinchilla punya pencernaan yang sensitif. Selain itu, bulunya yang halus akan rusak kalau kamu mandikan dengan air. Suruh mereka tayamum!

Serius. Menurut Wikipedia, chinchilla harus rutin dimandikan dengan debu vulkanik untuk membuang minyak dan air yang menempel pada bulu mereka. Pada satu folikel kulit chinchilla, ada lima puluh rambut!

Saking padatnya bulu chinchilla, parasit kulit tidak bisa menempel. Itulah kenapa mereka gak perlu kamu mandikan. Kamu hanya perlu nabung yang banyak dan diet ketat, karena selain pasir/debu khusus, kamu juga perlu menyiapkan makanan khusus dan pengatur suhu selama memelihar chinchilla.

Tentang Hewan Lainnya:

Masih banyak hewan peliharaan unik lainnya yang bisa kamu adopsi. Tapi hanya kuulas lima saja untuk lebih berhati-hati. Sebab tidak semua hewan itu boleh dipelihara oleh individu. Yang lima di atas insyaallah aman, sudah kucek.

Biarpun duitmu melimpah, sampai bisa impor hewan dari Mars sekalipun. Bisa buat nyuap petugas imigrasi, dinas kehutanan, sampai Sekjen PBB, masalahnya bukan sekadar melanggar aturan, tapi hewan-hewan tertentu jumlahnya sangat terbatas di alam.

Memelihara hewan yang hampir punah hanya akan merusak alam karena ekosistem terganggu. Apalagi kamu, atau aku deh, yang paling-paling adopsi hewan peliharaan unik modal barter dengan kucing kampung. Atau dapat hadiah dari kenalan (lebih masuk akal). Biarlah hewan-hewan itu hidup di alam bebas, dipelihara langsung oleh yang menciptakan. 

Ngapain harus punya hewan peliharaan unik, kalau kamu saja sudah unik!

6 comments:

  1. Unik si bagus juga buat peliharaan tapi harga nya yang lumayan juga perawatannya agak sulit yang menjadikan berfikir dua kali hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak cukup dua kali men, kudu berkali2. haha

      Delete
  2. Binatangnya unik2. Hampir semua namanya baru kudengar. Peliharaan kaya gini pasti harus hati2, salah2 bisa sakit hewannya.

    ReplyDelete
  3. Landak mini itu kayaknya hasil budidaya ya? Gak ada di alam bebas? Btw, ada juga orang memelihara semut lho

    ReplyDelete
  4. Lucu banget ya ini tapi belum berani deh kalau melihara, geli lihat landak mini

    ReplyDelete