Apa Penyebab Mata Kedutan?

, , 15 comments
Bisa dibilang, hampir semua orang pernah mengalami kedutan. Baik di bibir, perut, mata, dll. Tapi yang sering, ya mata. Terus, apa penyebab mata kedutan? 

Tidak sedikit yang percaya mata kedutan merupakan pertanda akan terjadi sesuatu. Padahal setiap hari terjadi hal baik dan buruk, tanpa perlu kedutan atau sinyal tak ilmiah lainnya.

Apa Penyebab Mata Kedutan

Aku sendiri pernah mengalami masa-masa bego itu, padahal sejak kecil aku terbiasa diajak berpikir logis oleh kakak-kakak. Penyebabnya adalah aku iseng baca primbon!

Kalau tak salah ingat, cover bukunya berwarna biru. Ada foto kakek-kakek yang mirip dengan foto kakek di dinding rumah makan padang. Judul bukunya aku masih ingat, tapi gak usah kusebut ya. Khawatir ada yang nyari.

Sebelum membahas apa penyebab mata kedutan, izinkan aku cerita dikit. Jadi dalam primbon itu disebutkan makna dari berbagai kejadian. Gerhana, bersin, sampai arti dari berbagai ciri yang kita bawa sejak lahir, ada di primbon. Juga ada hitung-hitungan neptu, hari lahir yang dihitung lalu disesuaikan dengan tabel.

Rezeki sebuah keluarga tergantung neptu anak bungsu di rumah itu. Makin tinggi, makin banyak rezekinya. Aku protes dong. Neptuku tinggi, tapi TV aja kami gak punya. Jadi jelas primbon tersebut omong kosong! Tapi ya gitu, dibaca juga.   

Isi primbonnya bahasa Jawa semua, halus. Mungkin itu yang bikin aku kecil penasaran. Sebab sambil membaca, aku belajar. Tanya ke Mamak atau almarhum Bapak. Kakak-kakak sama aja denganku, gak ngerti bahasa Jawa.

Apa Penyebab Mata Kedutan
Sampai kemudian, di salah satu bab kudapati arti dari mata kedutan. Penyebab mata kedutan sebelah kanan, penyebab mata kedutan sebelah kiri, kedutan mata kanan atas, kiri bawah, dst.

Sama seperti kamu baca zodiak. Ngomong gak percaya, tapi ketika sesuatu terjadi, kenanganmu terhadap bacaan itu terus terngiang di benak. Begitulah aku, waktu mataku kemudian kedutan.

Menurut yang pernah kubaca di primbon itu, kedutan di bagian mata tersebut adalah pertanda bahwa aku akan menangis. Artinya aku akan susah hati, aku bakal sedih. Berarti akan ada masalah, musibah, atau apa pun yang buruk!

Belum apa-apa aku sudah stres duluan. Sugesti buruk yang kurang ajar banget kan! Alhamdulillah aku kemudian menemukan solusi untuk menghapus ingatan sesat itu. Nanti kubagi di bawah, ya!

Penyebab Mata Kedutan

Setelah berhasil menghapus mitos ngawur yang berpotensi syirik itu, akhirnya kutemukan apa penyebab mata kedutan yang sebenarnya. Inilah enam di antaranya, yang kuhimpun dari berbagai sumber.

1. Berlebihan mengonsumsi kafein.

Mengonsumsi kafein dalam jumlah besar dapat membuat otot kelopak mata bekerja lebih keras. Jika terus mendapat stimulasi dari asupan kafein yang berasal dari kopi, teh, dsb, saraf pada kelopak mata akan merespons dengan kedutan.

2. Cemas dan stres.

Kedutan adalah salah satu konsekuensi ringan saat terjadi stres. Tapi pada tekanan yang berat, kedutan juga dapat berakibat lebih buruk. Intinya jangan stres, bisa depresi, dan efek lain yang lebih buruk lagi.

3. Kelelahan.

Penyebab kelelahan yang paling umum adalah kurang tidur. Jadi jangan heran kalau pagi hari kamu kedutan setelah begadang semalaman. Terlalu lelah membuat tubuh tidak bisa bekerja optimal, salah satunya ditandai dengan kedutan.

4. Tembakau dan alkohol.

Meski tidak selalu, tapi pada sebagian orang yang mengonsumsi produk tembakau dan alkohol, didapati keduanya dapat memicu terjadi kedutan.

5. Iritasi.

Iritasi pada bagian terluar mata, alergi, dan mata kering dapat menyebabkan kedutan.

6. Mata terlalu tegang.

Tekanan kerja yang berat pada mata, seperti terlalu lama menatap layar HP, komputer, atau TV, dapat pula mengakibatkan kedutan.
Jadi kalau kamu kedutan berhari-hari, itu memang sebuah pertanda. Tanda dari tubuhmu, bahwa ia butuh istirahat.

Cara Mencegah dan Mengatasi Mata Kedutan

Kalau dilihat dari enam penyebab mata kedutan di atas, cara mencegahnya ya tinggal disesuaikan. Kurangi konsumsi kafein, hindari stres, cukup istirahat. Jangan merokok, jauhi miras, kurangi interaksi dengan gadget, dan berobat ke dokter! 

Kalau sudah telanjur terjadi, tinggal tunggu kedutannya hilang sendiri. Sedangkan solusi yang kutawarkan bukan cara mengatasi mata kedutan, melainkan bagaimana menghapus sugesti yang keburu nempel di kepala. Seperti aku yang baca primbon atau kamu yang baca zodiak dan semacamnya.

Doa panjangnya aku lupa. Tapi yang mudah diingat adalah ucapkan “Amantu billaahi wa rosulih” (aku beriman pada Allah dan rasul-Nya). Maksudnya kita yakin apa pun yang terjadi, itu semua atas kehendak Allah. Gak ada urusan dengan kedutan atau mitos apa pun. 

Setiap teringat kata primbon/zodiak, ucapkan terus kalimat tsb untuk menggantikan ingatan syirik yang terekam tadi. Insyaallah dijamin efektif! Karena aku sendiri sudah membuktikannya. Jadi kalau ada yang cari penyebab mata kedutan menurut islam, aku lebih suka bantu dengan menyelesaikan mitos mata kedutan dengan cara islami.

Apa penyebab mata kedutan? Sudah terjawab. Bagaimana cara mencegah dan mengatasi mata kedutan? Sudah juga. Makin pinter kan kamu setelah ke iluvtari ….

15 komentar:

  1. aku sering banget kedutan mbak.Mungkin efek karena kurang tidur dan istirahat ya, dan sekarang justru udah jarang banget konsumsi kafein

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga mulai ngurangi kafein dr kopi, soale mag kalo kambuh sampe sesak napas akunya

      Hapus
  2. dan aku sampai sekarang juga tetap bego kak wkwkwkwk
    masih tetep percaya dengan begituan
    tapi kadang kalo pertanda bagus kita iyain
    kalo yg jelek dicuekin aja hehehe

    BalasHapus
  3. Kalau mata Kedutan jangan mikir aneh" dulu dah pokoknya 😎

    Positif thingking 💃

    BalasHapus
  4. Ya Allah iya mbak, mata kedutan ini jadul banget, sering dikihat di primbon, wkwk. Padahal secara ilmiah simpel ya, TFS mbak

    BalasHapus
  5. Hehehe, iya, kadang suka keingetan sama kepercayaan apa gitu kalau mata kedutan. Padahal sebab secara fisik yang mungkin aja, seperti kecapekan :)

    BalasHapus
  6. Haha..kalo bahas soal kedutan ini emang lucu ya.antara percaya dan sugesti gitu. N saya suka sugesti kesenengan kalo kedutan di tangan kanan katanya bakal dapet duit wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi tetep aja syirik kak, heheu

      Hapus
  7. Aku sih dari dulu nggak menganggap kalau kedutan itu akan terjadi sesuatu. Karena Ibuku bilang kalau kedutan itu matanya minta diistirahatkan dulu. Ya, dulu waktu semolah aku hobi bgt begadang nonton bola🤭

    BalasHapus
  8. Aku kalau minum kopi mulai deh mata kedutan. Dapet solusi juga akhirnya di sini. Makasih banyak, kak.

    BalasHapus
  9. Beberapa hari lalu mataku kedutan. Iya juga sih karena banyak minum kafein dan juga kelelahan Haha. Kirain ada mitos apa gitu ya kak.

    BalasHapus
  10. Hihiii..baca primbon ini lucu juga, kalo suka mengait-ngaitkan hal yang terjadi dengan arti di buku primbon. Dulu sih, buat seneng-senengan, seru yaah..
    Sekarang mah tobaattt, hihii..

    Btw,
    Kalau di Jawa, keduten ini pertanda ada yang lagi "ngomongin".
    Kebayang kalau artis yaa...kedutan setiap saat doonk...^^

    BalasHapus
  11. Aha mungkin karena mata pegal yaa kalau aku kemarin. Kedutannya lumayan paraaah sampee kayak pusing hahaha

    BalasHapus
  12. Jadi teringat masa kecil yang juga pernah baca buku primbon, dulu bacanya buat seru-seruan aja nggak sampai percaya dengan apa yang ditulis di sana.
    Makasih Mbak sharingnya tentang penyebab mata kedutan, jadi nggak perlu lagi teringat ama petuah2 di buku primbon hehehe

    BalasHapus
  13. Ah iyaaa, orang jaman dulu bilangnya kalau kedutan akan dapat rejeki, bisa juga akan menangis karena suatu hal. Duh, ini bikin deg2an, untung saya tidak terlalu menjadikan itu tolok ukur, bahkan berusaha tdk menghubungkannya. hihi, makasih infonya mbak

    BalasHapus

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.