Jambi Provinsi Mana? Ini Jawabannya

, , 10 comments
Asli kaget aku membaca pertanyaan itu! Jambi provinsi mana? Segitu asingnya kah Jambi di telinga orang-orang? Tapi sudahlah, untung ada yang nanya. Lumayan untuk nambah ide tulisan.

Jambi Provinsi Mana

Kota Jambi adalah ibu kota dari Provinsi Jambi. Memang unik sih, nama provinsi dengan nama ibu kotanya bisa sama gitu. Mungkin gak niat untuk unik-unikan, tapi cari yang gampang. Serius? Ya nggaklah!

Sejarah penamaan Jambi sudah pernah kutulis, kamu baca di sini ya!

Letak Provinsi Jambi

Provinsi Jambi terletak di Pulau Sumatra, bersama Aceh, Riau, Bengkulu, dan Lampung. Kalau Sumut dengan Medan sebagai ibu kota, Padang di Sumbar, dan Palembang di Sumsel, kan jelas dari kata Sumatra-nya. 

Karena sama-sama di Sumatra, wajar kalau orang kadang sulit membedakan mana orang Jambi, mana Padang, mana Palembang. Padahal Padang dan Minang saja beda loh! Eh kok geser, salah bahasan.
jambi dimana
Langit Jambi sama aja dengan langit Indonesia lain
Di Kota Jambi juga banyak pempek yang enak, sama dengan Palembang. Tempoyak, jangan ditanya. Seantero tempat ada saja yang jual tempoyak patin, pepes patin, sambal tempoyak, sampai durian yang belum jadi tempoyak. Di Pekanbaru juga gitu, kan Sumatra juga!

Konon, saat musim duku, orang-orang yang menjual duku kumpeh di luar Sumatra menyebutkan duku mereka sebagai Duku Palembang. Alasannya Palembang lebih dikenal dari Kumpeh, bahkan dari Jambi. Kumpeh adalah salah satu kecamatan yang ada di Kota Jambi.

Selain menghasilkan duku yang terkenal manis, Kumpeh juga menghasilkan rambutan, durian, dan buah-buahan berkualitas lainnya.  

Bahasa Daerah Jambi

Bahasa yang digunakan di Provinsi Jambi ada beragam, sesuai daerah masing-masing. Samalah dengan provinsi lain di Indonesia. Orang di Kabupaten Kerinci bahasanya beda dengan Masyarakat di Kabupaten Merangin. Yang di kota tradisional beda dengan kota modern (keduanya dipisahkan oleh Sungai Batanghari, tapi sama-sama Kota Jambi).

Untuk Kota Jambi yang di sebelah Selatan Batang Hari, nyaris tidak ada bahasa khusus kecuali penggunaan huruf O untuk kebanyakan kata dalam Bahasa Indonesia.
jambi di mana
Jambi juga penghasil sawit, seperti Indonesia lainnya
Misalnya siapa, jadi siapo. Ke mana jadi ke mano, berapa jadi berapo, dst. Tapi jangan asal juga ya! Sekali waktu di Jakarta, seseorang yang mengaku pernah lama di Jambi mengajakku berbincang. Niatnya mungkin biar lebih Jambi, tapi rada lebay. Sampai-sampai dia menyebut kata alamat dengan alamot, terus dia ralat jadi alomot. 

Aku ketawa dalam hati dong. Penginnya sih ngakak kenceng, tapi yang ngomong orang tua. Gak enaklah. Nanti dikira anak Jambi gak berbudaye … yaiyalah. Bukan betawo. Hey! Yang benar ya alamat, biasa!

Kata buka gak otomatis jadi buko. Kecuali kalau maksudnya buka puasa, jadi buko puaso. Tapi kalau buka pintu, jadinya bukak pintu. Lebih ditekan saja. Biasa kan ya! Btw iya jadi iyo. Bukan iyak. Saja jadi sajo? Nggak, tapi bae.

Informasi Lain Tentang Jambi

Apa lagi ya yang perlu kuinfokan tentang Jambi? Karena kebanyakan sudah kutulis sih! Atau dibuat list-nya saja ya, biar gampang. Tinggal kamu pilih mau baca yang mana.
Nah, apa lagi yang kurang? Tolong jangan lagi ada pertanyaan Jambi letaknya di mana? Itu menyakiti hati kami, hiks! Mending tanya, Jambi-nya di mana? Ini ada paket emas batangan siap dikirim. Yak, mulai halu.

10 comments:

  1. Nah iya mbak,, aku kira juga jambi itu gabung sama provinsi Sumatera mana gitu, eh ternyata emang ada provinsi sendiri ya? Wah, kulineran di Jambi sepertinya hal yang harus dilakukan nih kalo jalan-jalan ke jambi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu katanya jambi itu sumatra timur. entah kata siapa

      Delete
  2. Oh Mbak Tari orang Jambi ya? Kirain orang Medan. Tuh kan udah salah lagi, ampun dah. Doain semoga kapan-kapan bisa main ke Jambi ya. Yang aku tahu tentang Jambi adalah Indah JKT48 wkwk, maapkeun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah gak kenal siapa itu indah jkt48. dia kenal aku gak ya?

      Delete
  3. Banyak yang mengira kalau Jambi ini bukan provinsi. Tapi kota di salah satu provinsi Sumatra. Kadang miris sih, masa iya dulu skolah nggak belajar nama2 provinsi di Indonesia. Btw, aku kalau mudik ke Padang mampir jambi dulu di sodara. Semoga bisa ketemu mbak Tari kl main ke Jambi

    ReplyDelete
    Replies
    1. di rumah sodara atau lorong sodara? dulu rumah ortu di lorong itu soale

      Delete
  4. Mungkin yang namanya gak pernah baca bukti sakti bernama RPUL, Mbak. Suruh dia ke perpustakaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin yang nanya gak pernah baca buku sakti bernama RPUL. korban autocorrect, wkwk

      Delete
  5. Bisa jadi pikniknya mungkin kurang jauh mba :D

    ReplyDelete
  6. Tulisan yang bagus Kak Tari, bikin orang Kalimantan kayak saya melek dengan Jambi. Oh ternyata Jambi itu nama kota sekaligus nama provinsinya ya.

    ReplyDelete