Orang dengan Rambut Keriting, Pikirannya Juga Keriting

, , 7 comments
rambut keriting

Dahimu berkerut membaca judul di atas? Bagus! Setidaknya logikamu jalan, pikiranmu terbuka. Itulah harapanku, dan harapan orang-orang dengan rambut keriting yang terfitnah oleh keyakinan aneh itu.

Memangnya siapa yang punya kesimpulan bahwa orang berambut keriting, pikirannya juga keriting? Ada! Semua itu (lagi-lagi) gara-gara primbon. Kesannya tak masuk akal, tapi di kepala orang-orang tertentu, akalnya bisa saja tertembusi keyakinan tsb.

Aku punya tetangga yang tidak terlalu baik, tidak pula terlalu buruk. Dia teman kakakku. Kadang orangnya lucu, kadang menyebalkan karena entah sengaja atau tidak, kerap merundung orang dengan lisannya.

(Mungkin) wajar, sebab dia cantik, berkulit terang, dan termasuk kalangan menengah atas. Kami sering bermain di rumahnya yang luas dan berperabotan lengkap.

Suatu kali ada pembicaraan. Si Kakak ini, punya abang ganteng dan adik yang cantik. Ia sendiri seperti yang sudah kusebutkan di atas, juga cantik. Padahal orang tuanya biasa saja. 

Lalu ada yang nyeletuk, “Ya sih cantik. Tapi dia keriting!”

Terus, apa masalahnya?

“Orang keriting itu, hatinya tidak lurus. Pikirannya berbelok-belok seperti rambutnya,” begitu penjelasan ngawur yang kemudian kukonfirmasi, ternyata didapat dari primbon.

Gila banget gak sih? Percaya gak percaya, hingga hari ini masih ada orang yang percaya dengan ramalan nyeleneh begitu. Jadi mari kita luruskan! Pikirannya, bukan rambutnya.

Hal-hal yang Memengaruhi Karakter Seseorang

Setidaknya ada empat faktor yang memengaruhi hati dan kepala seseorang, yang kemudian menjadi karakternya:

Gen

Inilah kenapa kita mesti selektif memilih pasangan, karena nantinya anak yang kita lahirkan akan menurunkan gen dari orang tuanya. Kita dan suami/istri. Kalau ada yang keliru dengan sikap anak, kitalah tersangka pertamanya!

Begitu pula karakter yang kita bawa sejak dulu, biasanya tak jauh-jauh dari tabiat orang tua kita. Bukan soal rambutnya keriting atau lurus, hitam atau pirang. Jaka sembung jalan kaki. Capek.

Pola Asuh

Kenapa dalam ilmu parenting ada tahap pendekatan anak dan orang tua yang disesuaikan dengan gender? Anak laki-laki diakrabkan dengan ayahnya, anak perempuan dengan ibu, pada usia tertentu.

Bukan bias gender, melainkan agar anak paham fungsi tubuhnya, serta kebiasaan laki-laki dan perempuan yang umum sesuai aturan agama dan norma sosial. Itu salah satu contoh kecil saja. Misal ada anak laki-laki dengan karakter mirip perempuan atau sebaliknya, umumnya karena pengaruh pola asuh orang tua dan atau orang dewasa lain di masa kecilnya.

Lingkungan

Inilah kambing hitam pertama jika karakter seseorang dianggap kurang baik. Meski kusebut kambing hitam, nyatanya lingkungan memang berpengaruh kuat terhadap karakter seseorang. Baik itu lingkungan keluarga, sekolah, maupun pergaulan. 

Makanan 

Soal kelengkapan gizi, biasanya nampak dari fisik seseorang. Jadi inget tentang penyebab stunting yang pernah kutulis dulu. Namun tak hanya itu, halal haram zat yang masuk ke dalam tubuh juga memengaruhi, biasanya terlihat dari tabiat seseorang.  

Faktor Penyebab Orang Berambut Keriting

Kenapa seseorang bisa memiliki rambut keriting? Jelas bukan karena pikiran dan hatinya berliku. Hidup memang penuh liku kok. Kalau perasaan dan pikiran kita bisa disalurkan ke rambut, niscaya seluruh penduduk bumi bakal kribo.

Dari berbagai sumber kudapatkan, ada variasi pada gen Trichohyalin di rambut, yang itu memengaruhi tingkat kelurusan maupun seberapa ikal rambut seseorang. Orang keriting memiliki folikel rambut yang asimetris, sehingga menghasilkan kelenjar rambut berbentuk oval.

Sedangkan orang berambut lurus memiliki kelenjar rambut yang berbentuk bulat, karena folikel rambut mereka simetris. Kelenjar rambut terletak di dalam serat yang berfungsi memberi informasi genetik ke dalam saluran di kulit kepala, menentukan tipe rambut yang akan tumbuh.

Tapi ada pula orang yang lahir dengan rambut lurus, di kemudian hari menjadi keriting. Hal tersebut dipengaruhi oleh hormon dan atau perlakuan pemilik rambut yang menginginkan perubahan itu sendiri. Umumnya perubahan ini tidak permanen, kecuali jika disebabkan faktor gen.

Jadi gitu, Gengs! Hati yang suci dan pikiran yang lurus gak ada hubungannya dengan rambut. Mungkin hati seseorang semrawut karena saldonya kosong, pikirannya kacau karena sinyal gak stabil. Who knows?


Referensi: Alodokter, Telegraph, dan Kawanmamak

7 comments:

  1. Saya rambutnya ikal mbak, gimana ya primbonnyaa... Wkwkwkwk
    Btw, temen saya ada yang rambutnya kriting tapi sikap dan sifatnya belum tentu kriting.. Lebih baik percaya hasil ilmiahnya saja drpada primbon gitu, menurut saya sih, hehe

    ReplyDelete
  2. Lah kok malah pengin tau isi primbon 😅

    ReplyDelete
  3. Duh duh aku jadi khawatir ini rambutku keriting apakah benar pikiranku semrawut? Tidaaak...

    ReplyDelete
  4. Ada pula orang yang rambutnya lurus kemudian kriting, itu murni karena direbonding wakakakaka

    ReplyDelete
  5. Iya nih gak ada hubungan nya lah rambut sama karakter atau hati seseorang hehe

    ReplyDelete
  6. iya bener banget gak setuju sama pemikiran rambut keriting karena pemikiran yang keriting, terus apa kabar dengan penduduk bumi?

    ReplyDelete
  7. Hihi agak lucu pemikiran rambut keriting berarti pikirannya juga keriting.. apa aku abis ini ngelurusin rambut ajaa ya xD

    Primbon yang dipercaya orang-orang kadang bisa bikin rugi sekitar, lebih baik percaya yang sudah terbukti dengan ilmiah atau dari para ahli aja ya huhu

    ReplyDelete

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.