6 Cara Melancarkan Sirkulasi Darah, Simpel!

, , No Comments
Pernah nggak kamu merasakan sensasi dingin pada kaki atau mati rasa di jari tangan dan kaki? Kalau ya, artinya ada masalah dengan sirkulasi darahmu. Berita baiknya, ada cara mudah untuk melancarkan sirkulasi darah. Tanpa obat, suplemen, pokoknya tanpa ribet!

Sirkulasi darah yang buruk dapat mengakibatkan berbagai penyakit, seperti ginjal, tekanan darah tinggi, varises, dan lainnya. Ciri peredaran darah tidak lancar antara lain yang kusebut di atas tadi. Dikutip dari brightside, setidaknya ada enam tindakan mudah yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kondisi tersebut.

melancarkan sirkulasi darah

Pilih mana yang paling mudah dari enam cara mudah berikut, atau lakukan semuanya supaya lebih powerful. Tidak ada yang saling kontra kok, simak baik-baik, ya!

#1 Memelihara Hewan

Ikatan emosional dengan hewan peliharaan dapat menurunkan detak jantung. Berada di dekat kucing, ikan, atau hewan peliharaan lainnya, dapat mengurangi stres. Aku sudah membuktikannya sendiri. Kalau "anak-anak pungut" di rumah sedang gelut, aku bahkan sampai ninggalin laptop, demi menikmati serunya hiburan gratis dari mereka. Asli asik banget!
Kamu mau cari hewan peliharaan yang mudah dilatih? Cek di sini!
Cari hewan peliharaan unik? Di sini ya!

#2 Makan Makanan Pedas

Cabe merah (yang benar sih cabai, tapi kok nggak enak ya ngetiknya) dan cabe rawit dapat melebarkan pembuluh darah, yang berarti meningkatkan aliran darah di dalam tubuh. Cabe juga membantu sistem kardiovaskular berfungsi lebih baik, dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Ukur sendiri tingkat pedas yang masih bisa ditolerir oleh tubuhmu. Jangan sampai upaya melancarkan sirkulasi darah malah memberi hasil lancar BAB juga, bahkan di luar kendali. Jangan sampai!

Kalau telanjur memasukkan banyak cabe, kamu bisa menambahkan bawang merah dan bawang putih ke dalam masakan. Bawang putih melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan kadar hidrogen sulfida yang juga dapat meningkatkan sirkulasi darah. Sedangkan bawang bombai memiliki tingkat antioksidan tinggi, yang mencegah penggumpalan darah.

#3 Hindari Pakaian Ketat

Beruntunglah kamu yang suka berpakaian gombrang, karena pakaian ketat bisa menghambat sirkulasi darah dan memudahkan varises berkembang. Kalaupun kamu punya koleksi pakaian ketat yang banyak, sebaiknya dipakai sekali-kali aja saat di rumah, dan tidak dalam durasi yang lama.

#4 Tambahkan Asam Folat

Asam folat berperan dalam pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Gak susah kok mendapatkan makanan yang mengandung asam folat, semua ada di sekitar kita.
  • Sayur: bayam, selada, brokoli
  • Buah: Alpukat, jeruk, pepaya, pisang, stroberi
  • Biji dan Kacang: kacang polong, biji bunga matahari, kacang almon.

#5 Tinggikan Kaki

Mengangkat kaki lebih tinggi dari posisi jantung dapat meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, kondisi ini juga dapat membuat kita lebih relaks dan mengurangi tekanan pada kaki dan pembuluh darah.

Caranya sangat sangat sederhana. Waktu sedang rebahan santai, kamu bisa letakkan kakimu di tangan sofa atau ke dinding. Dah, gitu aja! 

#6 Pijat

Pijatan yang tepat dapat merangsang alirah darah ke jaringan lunak. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa pijat dapat memperbaiki fungsi pembuluh darah perifer.

Lakukan pijatan bertenaga namun tetap lembut, yang diarahkan ke jantung. Gunanya untuk meningkatkan aliran getah bening dan darah vena. Cari tukang pijat yang paham titik saraf, jika perlu profesional sekalian.

Memijat sendiri juga tak masalah, daripada sewa tukang pijat asal-asalan apalagi yang pakai jampi dan macam-macam perangkat berbau kesyirikan. Mau sehat malah sesat.

Ciri peredaran darah tidak lancar

Nah, terbukti kan. Enam cara melancarkan sirkulasi darah yang sudah kuulas di atas, semuanya simpel! Nggak ada satu pun yang ribet, jadi gak ada alasan untuk tidak melakukan semua, apalagi beberapa di antaranya saja. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.