10 Objek Wisata Jambi Paling Menarik untuk Dikunjungi

, , No Comments
Sebelumnya aku pernah posting tempat wisata di Kota Jambi. Kali ini lebih luas lagi, di Provinsi Jambi. Sepuluh objek wisata Jambi yang sebagian besarnya belum pernah kudatangi. Laaah? 

Ya gitu, meski tinggal di Jambi, tapi aku belum mendatangi semua objek wisata yang ada di provinsi ini. Alasannya sederhana, aku lebih suka menghabiskan waktu di rumah ketimbang jalan-jalan. Laptop dan buku adalah dayang-dayang terbaik.

Walaupun kurang suka jalan-jalan, gak ada salahnya kan menulis tentang destinasi wisata? Apalagi ini di daerahku sendiri, Provinsi Jambi tercinta, yang sejak dulu adem ayem gemah ripah loh kok ke sini. Dah ah, langsung ke inti. Inilah 10 objek wisata Jambi yang menarik untuk kamu kunjungi!

1. Candi Muaro Jambi

objek wisata jambi
instagram.com/wiwitafritamzul
Situs purbakala ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jambi. Candi Muaro Jambi merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu yang diperkirakan telah ada sejak abad ke-11 masehi. Jadi paling pas untuk yang riset atau belajar sejarah. Yang mau tadabbur bisa gak ya? Tau deh, kalau sekadar jalan-jalan aku lebih rekomen tempat lain sih.

Terletak di Muaro Jambi, sekira 30 kilometer dari Kota. Ada mitos yang dipercaya turun temurun di sini. Siapa yang datang ke kompleks situs Muaro Jambi bersama pacarnya, maka mereka akan putus tak lama setelah mengunjungi candi. Perlu dibuktikan nih, ayo bawa pacarmu ke Candi Muaro Jambi!

2. Gunung Kerinci

tempat wisata jambi
instagram.com/windaakurniaa
Kalau Bali lebih dikenal daripada Indonesia, kira-kira begitulah Kerinci dan Jambi. Terutama para pendaki gunung, pasti sangat kenal dengan Gunung Kerinci yang merupakan gunung api tertinggi di Asia Tenggara. Jika cuaca sedang bagus, dari puncak Gunung Kerinci kamu tidak hanya dapat melihat wilayah Provinsi Jambi, tapi juga Sumatra Barat dan Bengkulu. Bahkan Samudra Hindia. Double wow deh!

3. Danau Kerinci

obyek wisata jambi
Wikipedia
Dahulu kala disebut Danau Gedang, karena luasnya (gedang=besar). Setiap tahun diadakan Festival Danau yang disemarakkan dengan pertunjukan dan lomba seni budaya khas Kerinci. Tujuannya tentu saja untuk melestarikan budaya, memupuk kepedulian terhadap Danau Kerinci, sekaligus mendongkrak pariwisata Provinsi Jambi. Tak heran jika Kerinci disebut “Sekepal tanah dari surga”, danau ini salah satu buktinya.

4. Geopark Merangin

tempat wisata jambi
Mongabay
Pencinta arung jeram wajib mampir ke sini. Geopark Merangin terletak di Desa Air Batu, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin. Geopark Merangin telah diakui UNESCO sebagai geopark dunia, bersama lima geopark Indonesia lainnya. Mantapnya lagi, di Geopark Merangin ditemukan fosil flora yang usianya lebih dari 350 juta tahun!

Ngomong-ngomong, kamu tau kan apa itu geopark? Dikutip dari Wikipedia, geopark atau Taman Bumi adalah wilayah terpadu yang terdepan dalam perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara yang berkelanjutan, dan mempromosikan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tinggal di sana. 

5. Lubuk Penyengat

objek wisata jambi
kemendesa
Inilah salah satu destinasi wisata yang hits di Jambi sebelum pandemi. Berjarak tak jauh dari kompleks percandian Muaro Jambi, Lubuk Penyengat mengandalkan banyak spot untuk berswafoto. Areanya lebih kurang seluas dua hektar, merupakan objek wisata buatan komunitas setempat, Muaro Dano, yang berbasis kearifan lokal.

6. Gentala Arasy

objek wisata jambi

Di wilayah kota, masyarakat masih setia dengan Taman Tanggo Rajo yang lebih dikenal dengan sebutan Ancol. Dari Ancol, jembatan pedestrian membentang mengangkangi Sungai Batanghari, dengan ujung kaki di wilayah Jambi Kota Seberang. Di Seberang inilah berdiri Menara Gentala Arasy, ikon Kota Jambi yang juga dimanfaatkan sebagai museum sejarah Islam.

7. Air Panas Semurup

destinasi wisata jambi
instagram.com/gitanbaos
Di berbagai wilayah Kerinci yang dingin, mudah didapatkan sumber air panas alami. Hal itu disebabkan Gunung Kerinci merupakan gunung api yang masih aktif. Salah satu yang paling dikenal adalah Air Panas Semurup, yaitu kolam seukuran 15 meter persegi dengan kedalaman 5 meter. 

Terdapat kamar mandi peninggalan masa Hindia Belanda di tempat wisata ini. Jangan coba-coba berenang di kolam air panas ya, Gengs. Suhunya bisa mencapat 100 derajat celsius! Ingat, Bos. Ini objek wisata, bukan wahana tes kekebalan.

8. Danau Telaga Biru

tempat wisata jambi
Wikipedia
Danau Telaga Biru atau Telago Biru Jangkat terletak di Gunung Masurai, Kabupaten Merangin. Sama dengan Geopark Merangin, traveller yang mendatangi tempat ini harus punya stamina dan fisik yang kuat, karena butuh perjuangan. 

Lokasi objek wisata Jambi yang satu ini berada di tengah hutan dengan ketinggian 2033 mdpl. Danau Telaga Biru terbentuk dari letusan gunung vulkanik berupa kawah seukuran lapangan futsal. Airnya tampak berwarna biru, terdapat banyak lumut, tapi tidak dapat ditinggali oleh ikan.

9. Taman Nasional Bukit Dua Belas

objek wisata jambi
Wikimedia
Ingin tau rasanya tinggal bersama Suku Anak Dalam (SAD) atau Orang Rimba? Di sinilah tempatnya. Selain rumah bagi SAD, Taman Nasional Bukit Dua Belas juga merupakan habitat beberapa satwa dan flora langka. Di antaranya tapir, beruk, beruang madu, serta 120 jenis tanaman. 

Objek wisata Taman Nasional Bukit Dua Belas terletak di tiga kabupaten dalam Provinsi Jambi; Sarolangun, Bungo Tebo, dan Batanghari.

10. Kebun Teh Kajoe Aro

objek wisata jambi
instagram.com/gitanbaos
Berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatra Barat, kebun teh yang terletak di Kecamatan Kajoe Aro ini memiliki luas lebih dari 3000 hektar. Selain merupakan kebun teh tertua di Indonesia, Kebun Teh Kajoe Aro juga menjadi kebun teh terluas dan tertinggi di dunia. 

Panorama di wilayah Kebun Teh Kajoe Aro disebut-sebut sebagai pemandangan terindah. Bagaimana tidak, dengan cuaca yang selalu sejuk, hijau teh seluas mata memandang, kebun teh ini terletak tepat di kaki Gunung Kerinci. Tapi hati-hati, Gengs! Ternyata di sekitarnya terdapat Taman Nasional Kerinci Seblat, yang merupakan habitat harimau Sumatra.

Kamu masih khawatir kan kalau mau jalan-jalan sekarang? Makanya patuhi prokes. Sambil nabung dan berdoa, sila buat daftar deh! Objek wisata Jambi yang mana yang bakal kamu datangi lebih dulu? Semoga pandemi cepat berlalu.

0 comments:

Post a Comment

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.