8 Cara Mengatasi Udara Panas di Dalam Rumah

, , 13 comments
Apa penyebab hawa rumah terasa panas? Bagaimana cara mengatasi udara panas di dalam rumah? Kita bahas pelan-pelan, Gengs!

Kamu sudah baca belum berita hangat akhir-akhir ini? Selain pandemi, ada yang lebih gawat lagi. Perubahan iklim! Cuaca ekstrem yang terjadi di banyak negara, yang kemudian berujung terjadinya bencana, disinyalir karena rusaknya alam.

Cara Mengatasi Udara Panas di Dalam Rumah

Selain faktor tangan manusia, kerusakan alam juga disebabkan usia Bumi itu sendiri. Kamu tau kan, kalau Bumi beserta benda langit lainnya berotasi dan berevolusi? Nah kemampuan itu lama kelamaan akan berkurang, lalu hilang. Apa yang terjadi kemudian? Yak, kiamat. 

Jadi sekarang ini kita sedang otw ke sana. Duh, jadi kejauhan bahasnya. Padahal cuma mau membagi tips dari brightside, bagaimana mengatasi udara panas di dalam rumah, selain dengan AC atau kipas angin. 

8 Cara Mengurangi Udara Panas di Ruangan

Tadinya sih kuketik “cara membuat ruangan sejuk dan dingin”, tapi diganti saja karena khawatir ekspektasimu tips ini bisa menghasilkan suasana kayak di pegunungan. Oke lanjut, berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ruangan yang pengap dan panas. 

Cara Mengatasi Udara Panas di Dalam Rumah

1. Pilih tirai tebal yang berwarna adem.

Percaya nggak percaya, mata kita bisa memengaruhi pikiran. Jadi yang kita lihat bisa berdampak ke psikis kita. Dan kondisi psikologi sangat bisa memberi efek ke fisik, setuju dong! So, ketika cuaca sedang terik-teriknya, atau ketika dalam beberapa hari suasana terasa panas, ganti tirai mencolokmu dengan warna cerah lainnya tapi yang lebih adem.

Misalnya warna hijau muda yang kalem (bukan hijau stabilo), biru langit, dsb, yang tetap terang tapi tidak cerah. Hindari warna kuning, merah menyala, dan yang semacamnya. Selain itu, pilihlah bahan yang tebal untuk menahan panas matahari dari luar. 

2. Gunakan air untuk mendinginkan ruang.

Orang menyebutnya humidifier alami. Caranya supermudah, cukup letakkan air berisi es batu di depan kipas angin, maka uap dingin akan menyebar ke seluruh ruangan. Gak punya kipas angin? Letakkan baskom air di ambang jendela.

3. Hindari aktivitas fisik.

Aktivitas fisik yang dimaksud adalah olahraga atau kegiatan lain yang efeknya sama, berkeringat! Ya iyalah ya, masa panas-panas olahraga. Abis itu nyari pula cara mengatasi udara panas di dalam rumah. Kan lawak!

4. Hindari minuman soda dan es krim.

Pernah nggak kamu merasa kehausan, lalu minum minuman dingin berharap supaya hausnya hilang tapi justru makin kehausan? Aku dulu sering. Sampai akhirnya memahami bahwa sistem tubuh kita merespons dingin itu dengan menghasilkan panas.

Demikian pula jika mengonsumsi es krim atau minuman/makanan dingin lainnya. Lebih parah lagi jika yang kamu minum adalah minuman bersoda, sebab air soda ternyata justru membuat tubuh kita dehidrasi. 

5. Singkirkan tumpukan kain, terutama yang non-organik.

Apa yang kamu rasakan saat melihat tumpukan pakaian ketika cuaca dingin? Pengin masuk dan bergelung di sana, ya kan? Jadi sudah kebayang dong yang sebaliknya, kalau cuaca sedang panas. Yup, faktor psikologi.

Ditambah lagi kain sintetis (poliester, dsb) memang menyerap panas untuk kemudian menguarkan uap panasnya itu ke sekitar. Jadi, rapikan tumpukan kain dan letakkan di ruangan lain. 

6. Lembabkan udara.

Untuk melembabkan udara di ruangan yang kamu banyak beraktivitas di sana, bisa dengan menyemprotkan air menggunakan botol spray. Cara mendinginkan ruangan dengan air lainnya adalah dengan mengepel lantai ruangan tersebut. 

Atau bisa juga dengan menjemur pakaian yang baru selesai dicuci di dalam rumah. Syaratnya, pakaian sudah diperas dengan mesin pengering, jadi airnya tidak menetes lagi. Dua atau tiga lembar pakaian di dalam kamar bisa jadi peredam panas, sekaligus pengharum ruanganmu!

7. Gunakan tanaman hias.

Kalau air dan es batu adalah humidifier alami, tanaman hias adalah purifier alami. Ada banyak tanaman hias yang mampu membersihkan udara dan menghasilkan oksigen di dalam rumah. Banyak oksigen, berarti udara akan lebih sejuk! 

Tapi kalau kamu punya hewan peliharaan, cek lebih jauh lagi ya! Sebab kebanyakan tanaman hias tidak aman untuk hewan. Atau cari cara mengatasi udara panas di dalam rumah yang lain saja, daripada harus milih antara udara dingin atau hewan kesayangan!

8. Kurangi penggunaan listrik.

Selain menghasilkan cahaya, lampu juga menghasilkan panas. Begitu pula TV, PC, dll. Jika tidak benar-benar digunakan, sebaiknya matikan alat-alat elektronik untuk mengurangi udara panas di ruangan ataupun di dalam rumah secara umum.

Ayo, mana cara mengatasi udara panas di dalam rumah yang paling mudah dan paling mungkin kamu lakukan sekarang? Jangan lupa jaga alam ya, supaya bencana alam tak bertubi-tubi melanda manusia.

13 comments:

  1. Kayaknya menarik nih taruh air isi es batu di depan kipas angin. Biasanya cuma asal buka pintu dan jendela lebar-lebar hehe

    ReplyDelete
  2. Oh begitu. Kulkasku nganggur ngak pernah buat es. Sekarang mau coba tips dinginka. Ruangan pake es. Ta coba InsyaAllah. Daerahku hanya ada 2 musim. Panas dan oanas sekali. Ide mendinginkan ruangan pakai es belum pernah kucoba.

    ReplyDelete
  3. No satu, tiga, empat dan lina sudah dilakukan. No 2 belum. No 6 kalau malam. No delapan sulit untuk dilaksanakan

    ReplyDelete
  4. ini yang sedang alami beberapa akhir ini, gk bisa lepas dr kiaps angin haha

    ReplyDelete
  5. Weh, poin yg kedua sangat menarik. Jadi pengen nyobak.

    Ini mungkin yg namanya AC murah ya. Hehe

    ReplyDelete
  6. Untung tips nya gak ada disuruh pakai AC, soalnya adem sih iya, tapi memperparah pemanasan global

    ReplyDelete
  7. Hahha zaman tinggal di Padang, rumahku panas banget, Kipas Angin itu full deh, mandi sampai 5x. Untungnya banyak pohon deh heheh

    ReplyDelete
  8. Nomer dua mau aku cobain deh, siapkan batu es dulu nih ia nanti adem

    ReplyDelete
  9. Baru tahu aku mbak cara-cara yang ada di tulisan di atas. Kalau di rumah pastinya nyalain kipas angin seharian kalau harinya lagi panas banget. Heu

    ReplyDelete
  10. Aku sering nangkal haus minum air di kulkas. Pantesan hausku nggak ilang. Ternyata salah persepsi selama ini

    ReplyDelete
  11. Tipsnya rekomended ya, praktis dicoba buat yang rumahnya pas-pasan kayak saya.

    ReplyDelete
  12. auto ingat video hack5minutes soal naruh es di belakang kipas, sayangnya belum kucobain sih ya

    ReplyDelete
  13. Paling bener udah itu putar kipas di tiga titik ruangan haha atau gegoleran di lantai haha

    ReplyDelete

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.