Dosa Bunuh Diri, Sengeri Apa Sih?

, , 11 comments
Menurut data WHO, setiap tahun di seluruh dunia ada sekira 800.000 orang yang meninggal dunia karena bunuh diri. Syukurnya negara-negara muslim umumnya memiliki lebih sedikit kasus. Karena sejak kecil kita sudah tahu, seseorang akan mendapat dosa jika bunuh diri.

Apakah orang yang bunuh diri rohnya akan gentayangan? Bolehkah kita mendoakan seseorang yang meninggal karena bunuh diri? Bagaimana hukum menyalati jenazah orang bunuh diri? Yuk kita bahas!

dosa bunuh diri

Ke Mana Arwah Orang-orang yang Bunuh Diri?

Fyi, arwah dalam bahasa Arab sebenarnya merupakan jamak dari kata “ruh”, yang di-Indonesiakan sebagai roh. Kemudian di KBBI, arwah dan roh memiliki definisi yang lebih kurang sama.

Arwah orang mati, entah karena gantung diri, atau lewat metode bunuh diri lainnya, menurut Islam tidak akan gentayangan sebagaimana kisah-kisah populer di masyarakat. Orang yang rohnya tertahan itu adalah mereka yang wafat dalam keadaan berutang, bukan yang bunuh diri. Itu pun tertahan bukan berarti gentayangan ke sana kemari.

Kalau orang mati bisa kembali ke dunia, pastilah dia akan banyak berbuat kebaikan. Orientasinya sudah beda, nggak ngurusin dunia lagi. Malah dalam sebuah hadits disebutkan bahwa jika seseorang bisa kembali ke dunia, ia akan bersedekah. Karena besarnya manfaat dari amal tersebut.

Jadi kalau ada orang yang mati bunuh diri dan ia mendatangimu, itu pasti bukan dia. Ada tiga kemungkinan; kamu berhalusinasi, disihir jin, atau dalam tubuhmu memang sudah ada jin. Sebab yang datang itu jin, dan jin dalam tubuhmu yang membuat kamu bisa melihat jin lain.

Lalu ke mana roh orang yang bunuh diri? Sama seperti roh lainnya, akan diantar malaikat ke langit, kemudian dikembalikan ke dalam kubur untuk ditanyai Munkar dan Nakir, lalu menjalani kehidupan di alam barzakh hingga kiamat tiba.

Dosa Bunuh Diri Menurut Islam

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu, ada seorang lelaki yang bertanya (kepada Nabi shallallahu ‘alayhi wasallam), “Wahai Rasulullah, apa saja dosa besar itu?” Beliau menjawab, “Syirik kepada Allah, pesimis  terhadap karunia Allah, dan berputus asa dari rahmat Allah.” (HR Al-Bazzar).

Jadi, bunuh diri tergolong dosa besar. Sebagaimana pula yang tersurat pada surah An-Nisa ayat 29.
dosa bunuh diri menurut islam

Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa yang membunuh dirinya sendiri dengan suatu cara yang ada di dunia, niscaya kelak pada hari kiamat Allah akan menyiksanya dengan cara seperti itu pula.” (HR Bukhari dan Muslim).

Detailnya dijelaskan oleh hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu. Rasulullah saw bersabda, “Orang yang bunuh diri dengan menggantung diri, dia akan menggantung diri di neraka. Orang yang menikam dirinya (dengan senjata tajam) maka dia akan menikam dirinya di neraka. Dan orang yang bunuh diri dengan menerjunkan diri dari tempat yang tinggi, maka dia akan menerjunkan diri di neraka.” (HR Bukhari).

Masih ada beberapa hadits lagi yang menguatkan tentang siksa untuk orang yang bunuh diri, yakni seperti apa yang ia lakukan pada dirinya untuk mendapatkan kematian. Ditambah penekanan pada salah satu hadits yang juga disampaikan oleh Abu Hurairah ra, bahwa pelaku bunuh diri akan kekal di dalam neraka.

Apakah Dosa Bunuh Diri Bisa Diampuni?

Syaikh Abdul Aziz bin Baz pernah ditanya, apa hukumnya menyalati orang yang gantung diri? Dari panjang lebar penuturan beliau, disimpulkan bahwa kaum muslimin sebaiknya tetap menyalati jenazah dari orang yang mati bunuh diri.

Sedikitnya ada tiga kejadian di masa Rasulullah saw di mana pada orang yang wafat bunuh diri, beliau tidak ikut menyalatinya. Tapi beliau tidak melarang para sahabat untuk menyalati jenazah tersebut. Hal ini berbeda dengan perlakuan pada jenazah orang munafik, di mana Rasulullah tidak menyalatinya, dan sahabat pun demikian.

Terkait pada orang bunuh diri, Nabi tidak menyalati, sebaiknya ditiru oleh pemimpin, sebagai bentuk ketidakridhaan atas perbuatan si mayit sebelum mati. Sementara untuk jenazah orang munafik, kamu bisa baca penjelasannya di sini.

Ada pula pertanyaan, bagaimana doa untuk orang yang gantung diri? Pada dasarnya shalat adalah doa. Dan doa yang paling utama dalam penyelenggaraan jenazah tentulah doa agar diampuni dosa si mayit. Apakah dosa bunuh diri diampuni? Allahua’lam. Jika tidak dilarang, ya doakan saja. Hasilnya terserah Allah. 

Ada satu hikmah kenapa mati itu ditakdirkan Allah terasa sakit, supaya kita nggak gampang bunuh diri. Setidaknya kalau kita nggak takut atau gak yakin dengan dosa, minimal kita gak berani merasakan sakitnya.

Berarti orang yang bunuh diri itu orang yang pemberani dong? Kalau berani, ya nggak “melarikan diri”. Orang yang bunuh diri itu berarti orang yang putus asa, dan gak yakin kalau Allah sayang padanya. Cek lagi surah An-Nisa ayat 29 di atas!
Apakah dosa bunuh diri diampuni?
Sudah tau kan, betapa besar dosa bunuh diri dan bagaimana siksanya di neraka kelak? Semoga kita dijauhkan, bahkan dari sekadar terbersit niat sekalipun. Hidup ini gak lama, ada Allah yang Maha Memelihara. Hidup di akhirat bukan sepuluh, seratus, bahkan bukan jutaan tahun, tapi selama lama lama lamanya. Gak ngeri apa, melakukan adegan bunuh diri saban hari di neraka? Na’udzubillahi min dzalik.

11 comments:

  1. Kenapa angka bunuh diri bisa tinggi? Apakah orang-orang sudah makin depresi, frustasi, kehilangan pegangan?

    Semoga kita semua tetap diberikan kewarasan...

    ReplyDelete
  2. biasanya orang yang bunuh diri itu sudah pada tahap depresi gitu kayak artis-artis korea itu. semoga saja kita semua bisa dihindarkan dari dosa bunuh diri ya

    ReplyDelete
  3. Akhir-akhir ini sering dengar atau lihat berita orang bunuh hari. Mungkin efek dari pandemi ini bisa menjadi salah satu pemicunya ya mbak

    ReplyDelete
  4. Jangan sampai naudzubillahimindzalik kita dan orang2 dekat kita melakukan salah satu dosa besar yang satu ini. Sebagian besar orang menyayangi hidup mereka, namun sebagian kecil ada yang rela ingin mengakhirinya sendiri. Sungguh terlalu.

    ReplyDelete
  5. Masya Allah mbak tari..membaca bebrapa artikelmu dan sampai di sini aku merasakan tulisanmu emang ada kasnya.

    Judul dan isi.
    Bener2 kayak plottwist buat aku.

    Awal baca judul ttg bunuh diri ini aku pikir bakal kayak artikel laij yg membahas alasan bunuh diri dll negara mana aja dll

    Ternyata salah. Aku jleg banget lho..keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an bermanfaat ya ...
      tapi di balik itu, kemampuan branding-ku jelek banget, huhuhuuu

      Delete
  6. Bagaimana mungkin dosa bunuh diri akan diampuni? Lha wong, belum sempet minta ampun sudah game over.

    ReplyDelete
  7. Ngeri ya siksaan bunuh diri. Banyak di daerahku mbak, kejadian anak muda putus cinta, eh loncat dari menara. Ya hancurlah kepalanya. Setelah ditelusuri, ternyata karena kecewa diptusin pacar.

    ReplyDelete
  8. Yang ini menurutku menarik kak "Apakah dosa bunuh diri diampuni? Allahua’lam. Jika tidak dilarang, ya doakan saja. Hasilnya terserah Allah."

    Di sini juga ada pelajaran jgn mengatakan yg buruk terhadap mereka yg mati krn bunuh diri. Ada baiknya mendoakan krn tdk dilarang. Kembali lg, hasilnya biar Allah yg memutuskan. 😊

    ReplyDelete
  9. Angka kematina karena bunuh diri kian meningkat ya, dulu jarang dengar, kini mulai sering, bahkan ada yang live, ngeri bangets

    ReplyDelete

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.