Tips Menulis Kreatif

, , 5 comments
Sebelum membahasa tips menulis kreatif lebih jauh, kita cek dulu pemahaman kita tentang genre penulisan fiksi dan nonfiksi. Masih ingat?

Fiksi sendiri menurut KBBI artinya rekaan, jadi karya fiksi bermakna cerita rekaan yang tidak didasarkan pada fakta. Sementara nonfiksi berarti sebaliknya, karya atau tulisan yang didasarkan pada kenyataan, baik dari pengalaman, analisis data, pengamatan, dll.

Nah, sekarang coba ingat-ingat, kamu pernah kan membaca artikel yang diawali dengan kisah rekaan, tapi kemudian menjabarkan fakta ilmiah di tengah hingga akhir tulisan? Masuk ke mana jenis tulisan itu?

rahasia menulis kreatif

Pengertian Menulis Kreatif

Ilmu pengetahuan itu, baik yang eksak maupun yang menyentuh seni, sama-sama luas. Definisi yang ada di masa lalu tidak bisa mengikat hingga hari ini. Begitu pula yang diakui saat ini, sangat mungkin berubah atau bertambah di masa yang akan datang. 

Begitu pula dengan dunia kepenulisan, menulis kreatif ada sebagai pertengahan bagi karya fiksi dan nonfiksi. Ia bisa saja fakta yang dibubuhi imajinasi, bisa pula imajinasi yang menyitir fakta (satire), dst.

Singkatnya, menulis kreatif adalah kegiatan menulis yang melampaui aturan baku kepenulisan. Walau kesannya bebas, tetap saja secara teknis kamu harus berada di jalur yang benar, yakni ejaan yang tepat serta diksi yang tidak rancu. 

Contoh tulisan kreatif di antaranya cerpen, puisi, naskah drama, novel, lirik lagu, artikel populer, dll. Dilihat dari daftar tersebut, jelas menulis kreatif lebih dekat pada wilayah sastra dan fiksi. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan karya nonfiksi juga bisa dikategorikan sebagai karya tulis kreatif.

Salah satu contohnya adalah artikel yang sedang kamu baca ini. Gaya bahasanya mirip kita ngobrol kan? Tapi isinya bukan rekaan. Gampangnya, tulisan ringan yang tidak seserius esai dan jauh dari ciri karya ilmiah, itulah artikel populer yang merupakan produk dari menulis kreatif.

Tips Menulis Kreatif

Jenis-jenis tulisan kreatif yang ada di blog ini

Cerpen 

Karyaku sendiri:
Cerpen kiriman pembaca iluvtari:

Novel

Naskah Drama

Naskah asli ada di folder PC, hehe. Di sini yang sudah diubah jadi cerpen.

Artikel Populer

Semua tulisan yang ada di blog ini adalah artikel populer yang tergolong dalam penulisan kreatif. Aku pernah posting cara menulis artikel ringan di sini, kali aja selain tips menulis kreatif, kamu juga tertarik baca tentang artikel ringan untuk blog maupun media lain. 

Rahasia Menulis Kreatif

Cara menulis kreatif sudah kusebutkan di atas, sama saja dengan menulis artikel ringan pada poin artikel populer. Rahasianya ada pada gaya bahasa, yang tidak formal, tapi gak ngasal juga. Lebih pada upaya mengakrabkan diri dari penulis pada pembaca.

Selain itu, kekuatan menulis kreatif juga terletak pada topik yang diangkat dalam artikel. Ini jelas butuh riset, apa sih yang diinginkan pembacamu? Atau kalau kamu malas mencari tau, maunya nulis apa yang kamu tau aja, ya sudah. Yang jelas pembaca artikel populer umumnya menyukai tema-tema yang ringan dan sedang tren.

Cara Menjadi Penulis Kreatif

Konsep dasar menulis kreatif adalah berpikir kreatif. Menulis kreatif sastra maupun nonsastra, sama-sama butuh upaya kreatif untuk menarik pembaca. Masalahnya, tidak semua pembaca merupakan pembaca kreatif.

cara menjadi penulis kreatif

Cara utama untuk menjadi penulis kreatif adalah menjadi pembaca kreatif. Ingat kuncinya, baca dulu baru tulis! Ciri pembaca kreatif di antaranya:
  1. Mampu membuat ringkasan, kerangka bacaan, resensi, dsb dari hasil bacaan.
  2. Mampu menganalisis bacaan dan menerapkan hasil baca dalam kehidupan sehari-hari.
Kamu siap menerapkan tips menulis kreatif yang sudah kuulas di atas? Gak masalah kalau belum. Yang penting jaga kesehatan supaya bisa sering-sering main ke sini. Nulis boleh kapan-kapan, yang penting bacanya tiap hari. Salam sehat!

5 comments:

  1. Menulis kreatif memang menyenangkan. Penulis bisa lebih ekspresif mengeluarkan unek2nya dengan bahasa yang lebih bervariasi. Pembaca juga lebih senang membacanya.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih tipsnya Mbak Tari, insya Allah siap diterapakn di berbagai tulisan yang sedang digarap. Salam literasi :)

    ReplyDelete
  3. Wah aku penulis kreatif skaing kreatifnya aku suka ngajak ngobrol pembaca hahahaa

    Iya aku juga mendengar istilah aryikel ilmiah populer. Tampaknya semi formal ya mbak.

    Mbak tari ini selalu ada feel berbeda dalam menulis aku suka

    ReplyDelete
  4. Jadi yang dimaksud dengan penulisan kreatif pada tulisan ini adalah jenis tulisan faksi. Ok. Makasih telah berbagi

    ReplyDelete
  5. ternyata cerpen dan blog itu termasuk dalam menulis kreatif yaa. baru tahu saya nih kategorinya

    ReplyDelete

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.