Ikutan Sundance Film Festival Yuk!

, , 1 comment
Hai Gengs, masih ingat dengan kompetisi film pendek Sundance Film Festival yang pernah kukabarkan sebelumnya? Kompetisinya jelas sudah selesai, tapi kamu penasaran nggak sih, siapa yang berhasil mengantongi USD 2.000 sebagai hadiahnya?

Nah pengumuman pemenang akan diadakan bersamaan dengan diskusi panel yang dihadiri oleh sejumlah pembicara terkemuka dari komunitas pembuat film lokal dan internasional, yakni pada 23–26 September 2021 nanti.

Sundance Film Festival

Sundance Film Festival: Asia 2021

Sundance Institute dan XRM Media, didukung oleh IDN Media, telah resmi mengumumkan program film dan diskusi panel yang akan digelar di Sundance Film Festival: Asia 2021. Ditayangkan khusus untuk kita-kita, audiens Indonesia, Sundance Film Festival: Asia 2021 akan mempersembahkan delapan film yang telah dikurasi oleh tim program Sundance Film Festival, bersama dengan XRM Media dan IDN Media. 

Delapan film tersebut terdiri atas empat film naratif dan empat film dokumenter. Berikut bocoran film yang bisa kamu saksikan nantinya!
  1. Amy Tan: Unintended Memoir/AS (Sutradara: James Redford, Produser: Karen Pritzker dan Cassandra Jabola)
  2. The Dog Who Wouldn't be Quiet/Argentina (Sutradara: Ana Katz, Penulis Naskah: Ana Katz dan Gonzalo Delgado, Produser: Laura Huberman dan Ana Katz)
  3. Try Harder!/AS (Sutradara: Debbie Lum, Produser: Debbie Lum, Lou Nakasako, dan Nico Opper)
  4. John and the Hole/AS (Sutradara: Pascual Sisto, Penulis Naskah: Nicolás Giacobone, Produser: Elika Portnoy, Alex Orlovsky, dan Mike Bowes)
  5. Luzzu/Malta (Sutradara dan Penulis Naskah: Alex Camilleri, Produser: Rebecca Anastasi, Ramin Bahrani, Alex Camilleri, dan Oliver Mallia)
  6. Passing/AS (Sutradara dan Penulis Skenario: Rebecca Hall, Produser: Forest Whitaker, Nina Yang Bongiovi, Margot Hand, dan Rebecca Hall).
  7. Users/AS, Meksiko (Sutradara: Natalia Almada, Produser: Elizabeth Lodge Stepp dan Josh Penn).
  8. Writing with Fire/India (Sutradara sekaligus Produser: Rintu Thomas dan Sushmit Ghosh).
8 film Sundance Film Festival Asia


Sementara untuk program diskusi panel, akan membahas berbagai topik, antara lain: 
  • Film Outlook - Industri film Indonesia dari tahun 2016, era pandemi, hingga potensi yang mungkin terjadi pasca pandemi.
  • Women in Film Industry - Sesi ini akan menyajikan perjalanan industri perfilman di Indonesia melalui kacamata perempuan.
  • The Directors - Festivals and the Pathway to Success.
  • Percakapan dengan Sundance Film Festival: Asia Documentary Filmmakers, diikuti dengan sesi tanya jawab bersama Programmer Sundance Festival, Kim Yutani dan Heidi Zwicker.
  • Indonesian Short Filmmaking - Beberapa sutradara, produser film pendek kontemporer, dan sineas Indonesia akan mendiskusikan tentang karya mereka yang mendunia.
Diskusi panel akan ditayangkan di platform TikTok (@SundanceFFAsia) Sundance Collab. Dari acara tersebut, diharapkan dapat membuka lebih banyak topik terkait industri perfilman. Pengumuman Best Short Film Jury Award for the Short Film Competition dan intensive workshop untuk membina para talenta perfilman di Asia Tenggara juga diadakan pada kesempatan yang sama. 

COO IDN Media, William Utomo, mengatakan, “Sundance Film Festival: Asia 2021 akan menghadirkan serangkaian program yang intensif dan komprehensif. Harapan kami, para sineas di Indonesia dan regional dapat bertukar wawasan baru mengenai industri perfilman melalui program-program tersebut. Selaras dengan visi IDN Media untuk terus memberi #PositiveImpact bagi masyarakat, Sundance Film Festival: Asia 2021 berkomitmen untuk menemukan bakat-bakat baru di Asia Tenggara, kemudian menghubungkan mereka kepada para pakar di industri perfilman.”

Sundance Film Festival: Asia Intensive Program 

sundance film festival asia 2021

Dalam rangka menjangkau komunitas regional, Feature Film Program dari Sundance Institute akan menyelenggarakan pelatihan intensif selama dua hari secara virtual. Pelatihan tersebut dirancang secara personal dan khusus, tujuannya untuk menemukan bakat-bakat baru di Asia Tenggara serta menghubungkan mereka dengan para pakar di industri perfilman. 

“Bersamaan dengan berkembangnya film-film fiksi dan dokumenter di Indonesia, kami begitu antusias terhadap peluncuran Sundance Film Festival: Asia edisi pertama kami,” kata Kim Yutani, Direktur Pemrograman di Sundance Film Festival. “Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk dapat membawa semangat independen Sundance ke komunitas film yang dinamis di Indonesia. Semoga, kami dapat terhubung dengan penonton lokal dan mendukung seniman Indonesia melalui intensive workshop dan panel discussion yang kami selenggarakan.”

Kamu tertarik bergabung? Dapatkan tiketnya di web resmi Sundance Film Festival Asia mulai Rabu, 15 September 2021 pukul 9.00 WIB. Gak usah khawatir, harganya sangat terjangkau kok!

1 comment:

  1. wah bahasan diskusi panelnya menarik sekali ya :D

    ReplyDelete

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.