Cara Investasi Reksadana dan Tips Optimalkan Keuntungannya

, , 1 comment
cara investasi reksadana

Cara investasi reksadana sebenarnya cukup sederhana. Kendati demikian, bagi Anda yang pemula harus lebih cermat mencari informasi terkait investasi reksadana. Dengan demikian Anda tidak akan salah pilih jenis reksadana dan tentu bakal memperoleh imbal hasil sesuai harapan.

Keunggulan investasi reksadana dibandingkan dengan jenis investasi lainnya antara lain, modal investasi yang tidak terlalu besar, jangka waktu fleksibel (waktu singkat di bawah setahun, jangka menengah, hingga panjang), transparan, dikelola oleh profesional, dan praktis.

Cara Investasi Reksadana dan Tips Optimalkan Keuntungannya

Cara investasi reksadana dapat dilakukan dengan memilih perusahaan Manajer Investasi terlebih dahulu. Pastikan pihak pengelola dana bekerja profesional sehingga uang yang diinvestasikan benar-benar diputar sebaik mungkin guna memperoleh hasil maksimal. 

Sebelum menggali cara mengoptimalkan keuntungan dalam investasi reksadana, ketahui terlebih dahulu jenis-jenis reksadana sehingga dapat memilih mana yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Reksadana dapat dibagi menjadi beberapa jenis di antaranya adalah Reksadana Pendapatan Tetap, Reksadana Pasar Uang, Reksadana Saham, dan Reksadana Campuran. 
  • Reksadana Pendapatan Tetap adalah investasi reksadana di mana sebagian besar uang (sekurang-kurangnya 80%) akan dialokasikan ke wujud obligasi atau surat utang.
  • Reksadana Pasar Uang adalah investasi reksadana yang 100% uangnya ditempatkan dalam wujud obligasi dengan jatuh tempo di bawah satu tahun, deposito, serta sertifikat bank Indonesia.
  • Reksadana Saham adalah investasi reksadana yang sebagian besar uangnya (sekurang-kurangnya 80% dari aktiva) ditempatkan dalam wujud saham.
  • Reksadana Campuran adalah investasi reksadana yang sebagian besar uangnya ditempatkan dalam wujud saham, sertifikat bank Indonesia, obligasi, deposito, dan sebagainya. 

Tatkala memilih untuk melakukan investasi reksadana, Anda harus memikirkan bagaimana cara mengoptimalkan keuntungannya. Tak sebatas mempercayakan uang Anda saja, ketahui pula cara investasi Reksadana online yang tepat agar memperoleh keuntungan berlipat.

1. Menentukan Jangka Waktu Investasi Reksadana

Dalam berinvestasi reksadana, pastikan memilih jangka waktunya terlebih dahulu. Anda bisa mengambil investasi jangka pendek dengan kurun waktu antara 1-2 tahun, investasi jangka menengah antara 2-5 tahun, atau jangka panjang dengan kurun waktu lewat dari 5 tahun. 

Penentuan waktu investasi penting dilakukan agar lebih teratur dan tertata sehingga target dapat tercapai seperti keinginan Anda.

2. Memilih Platform yang Tepat

Cara investasi reksadana saat ini dapat dilakukan via online. Jadi, bila Anda ingin berinvestasi kini tak perlu repot lagi. Cukup dengan beberapa sentuhan di layar gawai, Anda dapat menginvestasikan dana yang dipunyai. 

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa ketika hendak melakukan investasi online, pastikan platform investasinya tepercaya. Salah satu contoh aplikasi investasi reksadana online terbaik, praktis, serta aman ialah digibank by DBS. Unduh aplikasinya dan Anda bisa langsung mengamankan dana.

3. Awali dari Jumlah Kecil

Berinvestasi dengan cara apa pun, sebaiknya diawali dari nominal kecil. Jumlah dana yang kecil berpengaruh terhadap risiko penurunan bahkan kehilangan nilai yang juga minim.

4. Memilih Produk Sesuai Kebutuhan

Seperti pembahasan sebelumnya bahwa jenis reksadana ada beragam. Wajib bagi Anda mempelajari lebih detail masing-masing reksadana agar mampu menentukan pilihan produk reksadana sesuai kebutuhan. 

5. Memastikan Legalitas Produk

Pastikan produk reksadana yang Anda pilih mempunyai izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Adanya izin tersebut menandakan bahwa produk reksadana itu legal. 

Memastikan legalitas produk merupakan langkah penting yang harus Anda lakukan guna meminimalkan risiko kerugian juga menghindarkan Anda dari jerat investasi bodong.

6. Terus Belajar 

Meski termasuk salah satu instrumen investasi yang paling mudah dan sederhana dikelola, Anda tetap harus membekali diri dengan pengetahuan terkait reksadana bila ingin memperoleh keuntungan lebih besar. 

Kembangkan ilmu dengan mencari tahu faktor apa saja yang dapat mempengaruhi naik turun reksadana. Ketahui pula bahwa setiap reksadana mempunyai karakter yang berbeda-beda. Jika salah satu jenis reksadana mengalami peningkatan nilai, kemungkinan malah terjadi penurunan pada jenis reksadana lainnya. 

7. Meminimalkan Biaya

Dalam investasi reksadana selain fokus pada harganya, perhatikan pula fee yang harus dikeluarkan. Sedikitnya terdapat tiga fee yang umumnya dibebankan dalam transaksi jual beli reksadana yaitu fee jual, fee beli, dan fee switching. Disarankan agar memilih jenis reksadana tanpa fee atau fee rendah. 

Cara Investasi Reksadana Online Tepercaya, Aman, dan Nyaman

Cara Investasi Reksadana Online

Ingin tahu cara investasi reksadana online yang aman dan tepercaya? Anda bisa melakukan transaksi pembelian produk reksadana melalui aplikasi digibank by DBS.

Sebelum memulai berinvestasi online lakukan registrasi nomor ID investasi (SID atau (Single Investor Identification) terlebih dahulu. Tunggu email konfirmasi 2x24 jam. Selanjutnya barulah Anda dapat melakukan transaksi maupun investasi. 

Di samping itu, ketahui beberapa keunggulan berinvestasi reksadana online lewat aplikasi digibank by DBS:

1. Memiliki Banyak Pilihan Produk Reksadana

Tersedia lebih dari 50 produk reksadana, Anda dapat memilih mana yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan.

2. Semua Ada dalam Satu Aplikasi

Anda tak perlu repot sebab mulai dari registrasi SID  (Single Investor Identification), pembelian, penjualan, dan switch, semuanya dapat dilakukan dalam satu Aplikasi digibank by DBS.

3. Pembelian Berkala yang Fleksibel

Anda bisa melakukan pembelian secara berkala kapan dan di mana saja. Hal ini amat memungkinkan sebab investasi dilakukan lewat aplikasi digibank by DBS.

4. Tiga Pilihan Reksadana 

Tersedia pula tiga pilihan reksadana dengan kategori kinerja terbaik, scoring terbaik, dan terpopuler. Pengadaan kategori ini pun akan mempermudah Anda menentukan mana produk reksadana yang tepat.

5. Investasi Terjangkau 

Tidak harus memiliki bujet jutaan rupiah, Anda hanya perlu menyediakan dana mulai Rp100.000,00 untuk dapat berinvestasi reksadana melalui aplikasi digibank by DBS. 

Guna melakukan pembelian reksadana di aplikasi digibank by DBS, Anda bisa pilih “Reksadana” pada aplikasi tersebut. Pelajari satu per satu produk reksadana yang ada. Jika sudah paham, klik “Beli.”

Langkah berikutnya klik “Lanjutkan” setelah Anda memahami segala informasi dan ketentuan yang tercantum. Isilah informasi serta jumlah investasi pada halaman Beli Reksadana. Perhatikan secara cermat dokumen Reksadana, pernyataan, juga kuasa. Apabila Anda setuju dapat klik “Lanjut.”

Cek ulang pembelian termasuk juga biaya yang dibebankan, jika sudah sesuai segera klik “Konfirmasi” guna melakukan otorisasi transaksi. Pembelian selesai, cek status transaksi Anda pada bagian “Histori.”

Demikian cara investasi reksadana online secara praktis dan aman. Reksadana termasuk instrumen investasi paling sederhana dan mudah dikelola. Anda bisa melakukan pembelian maupun penjualan di mana saja dan kapan pun melalui platform investasi tepercaya, seperti Aplikasi digibank by DBS.

1 comment:

  1. Dikit-dikit bisa jadi bukit kalau ditekuni hehe

    ReplyDelete

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.