9 Oleh-Oleh Khas Lombok, Pilihan Terbaik untuk Dibawa Pulang | iluvtari

9 Oleh-Oleh Khas Lombok, Pilihan Terbaik untuk Dibawa Pulang

, , No Comments
Wisata di Lombok sebenarnya sudah populer jauh sebelum ada perhelatan Moto GP. Berbagai pantai yang ada di Lombok memang sangat memikat karena masih asri dan menampilkan sunset-sunrise yang memukau. Terlebih lagi, ciri khas pantai di Lombok ada pada ombaknya yang cukup menantang sehingga cocok untuk surfing. 

Di Lombok juga ada banyak sekali sentra oleh-oleh untuk memenuhi kebutuhan belanja. Nah, biar kamu nggak capek-capek berkeliling, bisa hunting berbagai buah tangan menggunakan motor. Sekarang pun sudah ada sewa motor di Traveloka untuk memudahkan mobilitas saat liburan. 

oleh oleh khas lombok

9 Oleh-oleh Khas Lombok

Simak deretan oleh-oleh khas Lombok berikut ini sebagai rekomendasi untuk kamu bawa pulang. 

1. Keripik Rumput Laut

Sebagai penghasil rumput laut terbesar, Lombok tentunya punya banyak olahan makanan berbau rumput. Salah satunya adalah keripik Rumput Laut khas lombok yang terasa renyah dengan banyak varian rasa. 

Kamu bisa pilih rasa keju, jagung manis, barbeque, coklat dan banyak lagi. Harga per bungkusnya pun juga sangat terjangkau, sekitar Rp 35 ribuan saja. 

2. Sambal Encim

Lombok juga punya sambal khas dengan rasa yang sangat berbeda bernama sambal Encim. Saking populernya, sambal ini sudah diimpor hingga ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. 

Varian sambal encim bermacam-macam, mulai dari sambal ikan asap, sambal ebi, sambal terasi taliwang, sambal rumput laut dan sambal rendang. 

3. Keripik Ceker Lombok

Selain keripik rumput laut, Lombok juga punya keripik lain yang tak kalah gurih. Namanya adalah keripik ceker lombok yang biasanya dimakan sebagai pelengkap bakso maupun soto. Sebungkus keripik ceker mulai dari Rp 30 hingga Rp 65 ribu. Bahannya tentu saja terbuat dari ceker ayam yang diambil bagian kulit luarnya saja, kemudian digoreng. 

4. Kopi Prabe

Kopi merupakan salah satu komoditas yang banyak ditanam di Lombok. Salah satu yang paling terkenal adalah kopi prabe yang diproduksi oleh warga Dusun Prabe, Kabupaten Lombok Barat.  Proses pembuatan kopi ini yang begitu khas membuat aromanya terasa murni tanpa campuran apa pun.
 

5. Susu Kuda Liar

Tak cuma kopi, Lombok juga punya susu kuda liar yang sangat terkenal. Susu ini biasanya dibeli oleh mereka yang ingin meningkatkan kesehatan. Katanya, mengkonsumsi susu kuda liar ini mampu mengatasi kanker, tipes, bronkitis, paru-paru basah dan leukimia. 

Harga satu botol susu kuda liar adalah Rp 75 hingga 100 ribu. Memang mahal, sebab sebanding dengan effort pemburu untuk ke hutan dan memanggil kuda liar di alam. 

6. Terasi

Tidak semua toko di Lombok menjual Terasi khas Lombok. Namun, apabila kamu datang ke pasar tradisional Lombok, akan sangat mudah menemukan terasi lezat yang satu ini. 

Ada banyak sekali jenis-jenis terasi khas lombok, diantaranya adalah lengkare, jerowaru dan beroq. Semua jenis terasi lombok sangat cocok untuk bumbu rujak, sambal, plecing dan lainnya. 

7. Telur Asin Bakar

Telur asin bakar adalah salah satu oleh-oleh khas lombok yang sangat otentik. Berbeda dengan telur asin biasanya, rasa telur asin ini lebih kuat bumbunya karena mengalami proses pembakaran. Biasanya orang-orang Lombok menggunakan telur asin sebagai teman makan rawon dan sayur. 

8. Madu Sumbawa

Lombok juga punya madu unik yang berasal dari Sumbawa, NTB. Madu ini berwarna putih, tidak berwarna coklat keemasan layaknya madu lainnya. 

Harga jual madu ini terbilang murah, mulai dari Rp 75 ribu untuk 450 ml. Kualitasnya pun tidak usah diragukan lagi karena tidak mudah pecah meski dibawa keluar kota. 

Mengkonsumsi madu ini sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan, mampu membuat kulit glowing dan bercahaya. 

9. Dodol Rumput Laut

Dodol tak hanya mudah dijumpai di betawi dan garut. Di berbagai pusat perbelanjaan Lombok juga terdapat dodol rumput laut yang fenomenal. Teksturnya pun sangat kenyal, dengan bahan dasar rumput laut. 

Berbeda dengan dodol lainnya, dodol rumput laut khas Lombok ini tidak mengandung gula terlalu banyak. Seratnya pun sangat tinggi sehingga cocok untuk memperlancar pencernaan. 

Harga dodol rumput laut sendiri mulai dari Rp 10 hingga 15 ribu per 200 gram. Nah, untuk kemasan besar, bisa dibeli di harga Rp 150 ribu yang berisi paket mix semua rasa. 

Ada banyak pilihan oleh-oleh yang bisa dibawa pulang dari Lombok, kan? Nah, jika kamu mencari buah tangan yang dimaksud, silahkan datang ke beberapa pusat belanja yang ada di Lombok. 

Ada Senggigi, Desa Sade, Pasar Cakranegara, Desa gerabah Banyumulek dan masih banyak lagi! Biar tidak capek-capek berkeliling dari pusat belanja satu dan lainnya, silahkan sewa motor saja. Buka aplikasi Traveloka, sewa dan pilih motor yang akan kamu gunakan berkeliling.

0 comments:

Post a Comment

komentar berisi link gak bakal diapprove. mending sisip link di profil aja