5 Fakta Unik dan Aneh Dunia, Mana yang Sudah Kamu Tahu?

, , 3 comments
Banyak hal yang aneh, unik, bahkan masih misteri di dunia ini. Itulah sebabnya hidup jadi seru, karena ada rasa penasaran yang memacu kita untuk berpikir dan mencari tahu.

Di antara sekian banyak fakta unik dan aneh dunia, kubawakan lima di antaranya. Mudah-mudahan kamu belum pernah tahu sebelumnya!

Kalaupun sudah, tak ada salahnya membaca lagi. Selain melatih otak tetap fresh, kamu juga bisa memberi masukan jika ada di antara daftar di bawah ini, bahkan artikel di blog ini, yang kurang tepat penyampaian faktanya.

1. Ratu Elizabeth I, terobsesi cantik tapi tak pernah menikah

fakta unik dan aneh
wikipedia
Ini tentu bukan Ratu Elizabeth mamaknya Pangeran Charles. Meski nama mereka sama, tapi mereka berasal dari wangsa (keturunan raja) yang berbeda.

Ratu Elizabeth I memiliki dua nenek yang sama-sama bernama Elizabeth, nenek dari ibunya dan nenek dari bapaknya. Tapi bukan itu fakta unik kehidupan sang ratu.

Ratu yang lahir pada 7 September 1533 ini begitu terobsesi dengan kecantikan. Ia menggunakan aneka bahan berbahaya untuk membuat wajah dan kulitnya tampak putih mulus.

Dari campuran timah putih dan cuka, sampai belerang, bahkan merkuri, digunakan untuk membuatnya terlihat cantik. Menurut berbagai sumber, hal itu dilakukan untuk menutupi bekas cacar yang ia derita.

Apalagi Ratu Elizabeth I adalah satu-satunya penguasa perempuan di Eropa saat itu, maka ia tak ingin terlihat buruk, bahkan sebelum penyakit cacar menimpanya.

Seumur hidupnya, Ratu Elizabeth I tidak pernah menikah. Banyak yang menduga, hal itu karena sang ratu tak ingin seorang pun tahu wajah aslinya. Sebab efek yang dihasilkan dari makeup berbahaya yang ia gunakan justru membuat Ratu Elizabeth 1 nampak tua dan lebih jelek dari sebelumnya.

Gambar Ratu Elizabeth I yang seliweran di internet maupun dunia nyata adalah hasil lukisan orang-orang yang dipilihnya, dan hanya memperlihatkan wajah hasil polesan. Tahu kenapa? Sebab dulu belum ada ada Photoshop, apalagi filter IG!

2. Ada buku dari kulit manusia tersimpan di Universitas Harvard

fakta unik dan aneh
the verge
Tepatnya buku yang disampul dengan kulit manusia. Tetap aja serem! Buku berjudul “Des destinées de l’ame” itu sudah ada di sana sejak 1930, tapi baru di 2014 pihak universitas mengonfirmasi bahwa bahan sampul buku tersebut adalah kulit manusia.

Penelitian mengenai buku kuno itu dilakukan di Laboratorium Spektrometri Massa dan Sumber Protein, Harvard. Kemudian ditemukanlah peptida yang merujuk pada protein dari kulit manusia.

Selain Harvard, Universitas London juga memiliki koleksi buku bersampul kulit manusia. Judulnya “Severin Pineau’s De integritatis & corruptionis Virginum Notis” yang tersimpan di Wellcome Library.

Sampai abad ke-15, penyampulan buku dari kulit manusia adalah hal yang lumrah. Biasanya dimaksudkan untuk mengenang seseorang yang kulitnya dijadikan sampul tersebut.

Tapi buku “Des destinées de l’ame” milik Universitas Harvard terbit di tahun 1880-an. Disebutkan bahwa kulit pada sampul buku itu adalah milik seorang perempuan yang menderita gangguan mental, dan jenazahnya tidak diakui siapa pun.

3. Pohon cemara bisa tumbuh di paru-paru

Fakta Unik dan Aneh
kp.ru
Kamu pernah diingatkan supaya jangan menelan biji buah-buahan? Orang tua zaman dulu sering melarang dengan mitos yang keterlaluan. Katanya, kalau kita menelan biji jambu, pohon jambu akan tumbuh di kepala.

Tapi kalau ada yang melarangmu menghirup benih tanaman, itu bukan mitos ya! Fakta unik dan aneh berikutnya adalah tentang seseorang di Rusia yang mengeluh sakit di dada hingga mengalami batuk darah.

Namanya Sidorkin, ia lalu menjalani operasi untuk mengangkat benda di paru-paru, yang menurut dokter adalah tumor atau kanker (belum dipastikan).

Setelah benda itu dikeluarkan, dokter bersama staf medis yang menangani Sidorkin dibuat terheran-heran dengan apa yang baru saja mereka dapatkan. Bukan tumor atau yang sejenisnya, tapi pohon cemara sepanjang 5 cm!

Dokter Vladimir Kamashev, yang mengoperasi Sidorkin kemudian menyimpulkan, pasiennya tidak menderita tumor maupun kanker. Sakit yang dialami disebabkan tusukan ranting cemara, bukan penyakit.

Ternyata benih cemara dapat tumbuh di paru-paru manusia, dan Sidorkin diperkirakan mendapat benih pohon tersebut karena telah menghirupnya. Apakah menghirup ganja bisa menumbuhkan pohon ganja? Gak dong. Menumbuhkan masalah pastinya!

4. Dikira melawak, Tommy Cooper ternyata kena serangan jantung

Fakta Unik dan Aneh
wikipedia
Kamu pasti gak kenal dia, karena Tommy Cooper adalah komedian yang aktif pada era Perang Dunia 2. Ternyata sejak zaman dulu, kebanyakan selebritas memang tak jauh-jauh dari obat dan alkohol.

Cooper yang pada tahun 1984 sudah beranak-cucu pun tak bisa lepas dari candu alkohol, yang membuatnya mengalami berbagai penyakit, termasuk jantung.

Tanggal 15 April di tahun itu, Tommy Cooper beraksi di Teater Her Majesty’s, London. Ketika asistennya baru saja memakai baju Cooper, komedian itu tiba-tiba jatuh. Terengah-engah, dan mengorok.

Seisi ruang, termasuk asisten Cooper sendiri, mengira sang bintang sedang bercanda. Mereka tertawa melihat kejadian itu. Sampai kemudian disadari, Cooper terlalu lama “berakting”.

Tommy Cooper kemudian dilarikan ke rumah sakit terdekat, tapi nyawanya tak tertolong. Baru kemudian semua pihak mengetahui bahwa saat jatuh, sebenarnya Cooper pingsan karena serangan jantung.

Ini cuplikan kejadiannya, bukti bahwa ajal tak bisa ditebak.

5. Kuru, penyakit mengerikan akibat kanibalisme

fakta unik dan aneh
wikipedia
Ada banyak suku dengan tradisi yang unik di dunia ini, tapi apakah memasak jenazah termasuk di antaranya? Orang-orang Fore di Papua Nugini biasa memasak dan memakan anggota keluarga yang meninggal.

Menurut kepercayaan mereka, tindakan kanibal itu berguna untuk membebaskan roh orang mati tersebut. Perempuan dan anak-anak biasanya mendapat jatah otak. Hiaa! Mampus gue ngetiknya.

Dimulai ketika salah seorang di antara Suku Fore menderita penyakit creutzfeldt-jakob, gangguan degeneratif otak yang fatal, meliputi masalah memori, gangguan visual, koordinasi yang buruk, dsb.

Orang tersebut kemudian wafat, yang jenazahnya diperlakukan selayaknya tradisi yang sudah berjalan. Otak, adalah bagian di mana prion infeksius paling terkonsentrasi. Alhasil, seluruh anggota suku yang mengonsumsi otaknya ikut tertular.

Ketika orang-orang yang tertular ini wafat, dan otak mereka dimakan, maka bisa dipastikan rata-rata perempuan dan anak-anak di suku Fore mengalami penyakit, yang kemudian disebut Kuru.

Kuru bukan sekadar penyakit yang unik dan aneh, tapi juga mengerikan. Seseorang dengan penyakit ini tidak dapat mengontrol gerak, sering gemetar, dan tertawa tanpa sebab. Anak-anak menderita kurang gizi, bahkan tak mampu berjalan.

Ketika penyakit ini didiagnosis karena tradisi kanibalisme mereka, orang-orang Fore kemudian menghentikan kebiasaan itu yang secara signifikan mengurangi kasus kuru di antara mereka.

Setelah 50 tahun menjadi pandemi, disinyalir tidak ada lagi kematian karena kuru sejak 2010.
Baca juga: 
Itulah fakta unik manusia dan hal lainnya di dunia. Masih banyak hal menarik lainnya yang belum kita ulas. Lain kali ya, mudah-mudahan masih ada kesempatan. Capek banget cari referensinya! Tega kamu gak bagikan artikel sebagus ini?

3 comments:

  1. yang paling viral sepertinya yang thomas cooper,...pada saat menjelang sakaratul maut, orang-orang mmalah menertawakannya di depan....apa yang di rasakannya pada saat itu ya.....

    ReplyDelete
  2. terobsesi cantik itu yang berbahaya sekali ya..

    ReplyDelete
  3. Wah tradisi Kuru itu menyeramkan sekali ya. Anggota keluarga yang meninggal dagingnya malah dimasak, otaknya lalu dimakan. Akibatnya jadi kena penyakit semua.

    Ratu Elizabeth kalo hidup zaman sekarang mungkin operasi plastik kali ya. Kalo yang ngga ada biayanya cukup pakai aplikasi biar cakep.😄

    ReplyDelete