12 Fakta Menarik, Bikin Kamu Tambah Pintar!

, , 11 comments
Supaya pintar, seseorang harus belajar. Tapi yang namanya belajar, tak harus di sekolah dong! Di sini ada fakta-fakta menarik yang bisa menambah wawasanmu. 

Dua belas fakta menarik dunia, dari masalah perbudakan hingga kucing yang begitu didewakan. Semuanya merupakan info unik dan menarik yang sayang banget kalau kamu baca sepintas lalu. Harus diresapi, kalau perlu dibagikan.

Oke deh, langsung aja. Inilah dua belas fakta menarik yang bisa membantumu jadi lebih pintar. Gak dijamin!

1. Amerika Serikat dan Meksiko

fakta menarik

Pernah nonton Django Unchained? Film tentang perbudakan itu seru banget. Tapi efek tembak menembaknya ngeselin, darahnya parah! Hubungannya dengan fakta menarik pertama adalah, pemilik budak di Amerika tau banget bahwa para budak biasanya melarikan diri ke Meksiko.

Maka, AS berusaha membuat Meksiko menandatangani perjanjian tentang budak yang kabur. Kerennya, Meksiko ogah menandatangani perjanjian semacam itu. Pokoknya semua budak otomatis merdeka begitu mereka menginjakkan kaki di tanah Meksiko. Mantap!

2. Hakim Agung

fakta menarik

Seorang siswa mendapat hukuman duduk di ruang bawah tanah dan diwajibkan membaca Konstitusi AS. Alhasil, bocah itu bisa menghafal teks konstitusi, dan kelak di kemudian hari ia bahkan menjadi seorang hakim Mahkamah Agung. 

Thurgood Marshall, adalah hakim Mahkamah Agung pertama dari kalangan kulit hitam. Kepseknya hebat, bukan menghukum anak orang dengan hormat bendera di tengah lapangan panas-panas, ia justru memberi tugas yang berfaedah. Alih-alih main pukul, no way!

3. Penduduk Kota yang Baik

fakta menarik

Info sekaligus fakta unik dan menarik berikutnya adalah tentang penduduk nan baik hati. Seorang pilot Meksiko mendarat darurat di sebuah kota kecil di Irlandia pada tahun 1983. Saking baiknya, penduduk kota berkumpul untuk membuat landasan pacu sementara yang diperuntukkan bagi sang pilot, agar bisa lepas landas dan melanjutkan penerbangannya.

Bisa jadi kemurahan hati penduduk tersebut disebabkan tragedi bersejarah Irlandia tahun 1847, yang mana mereka mengalami kelaparan hebat yang memakan banyak korban jiwa. Mereka berhasil melaluinya berkat bantuan Sultan Turki masa itu. 

4. Demam Emas California

fakta menarik

Kamu tau kan, kenapa Donald Trump itu dianggap presiden ngaco? Salah satunya karena kebijakan yang lebay banget terhadap imigran. Padahal orang-orang kulit putih yang ada di Amerika Serikat sendiri bukanlah penduduk asli Amerika.

Yup, penduduk asli AS adalah orang Indian. Itu fakta! Pada tahun 1848, James Wilson Marshall menemukan emas di California, yang membuat orang-orang kemudian ikut datang ke sana.

Suku Yahi, orang-orang Indian yang merupakan penduduk asli California, tersingkir dari tanah mereka sendiri. Upaya mereka mempertahankan wilayah justru berakhir dengan genosida. Sehingga ketika California Gold Rush selesai karena emas sulit ditemukan, Suku Yahi pun punah.

5. Keajaiban Sains   

fakta menarik

Aku pernah nonton serial Grey’s Anatomy,  di situ diceritakan ada seorang ibu yang janin dalam rahimnya mengalami cacat. Oleh dokter kandungan dan dokter bedah, janin tsb dikeluarkan, dioperasi, lalu dimasukkan kembali ke rahim.

Kupikir itu cuma harapan orang-orang barat, sebagaimana mereka kerap menampilkan kehidupan barat yang wow. Padahal gak selalu modernitas itu berbanding lurus dengan kesejahteraan.

Ternyata … akunya yang su’uzhon! Lebih dari 20 orang tim medis di Texas Children's Hospital berhasil melakukan bedah terhadap janin yang dikandung seorang pasien bernama  Margaret Boemer. 

Boemer sebenarnya mengandung janin kembar, tapi salah satunya wafat sedang yang lainnya mengalami teratoma sakrococcygela (tumor tulang ekor). Oleh tim dokter, janin dengan tumor dikeluarkan dari rahim, dipotong tumornya, lalu dikembalikan ke dalam rahim ibunya.

Pada 6 Juni 2016, tiga bulan setelah operasi itu, bayi yang sehat pun dilahirkan lewat operasi caesar. Namanya Lynlee binti … ah, gak tau nama bapaknya siapa! Yang jelas info ini menurutku benar-benar fakta menarik yang luar biasa.

6. Aksi Heroik The Rock 

fakta menarik

Entah lewat aksinya yang mana, pokoknya kamu hampir pasti kenal Dwayne Johnson. Cocok nih untuk bahan motivasi. Ternyata The Rock juga pernah mengalami masa sulit! Semua orang pernah kali ah!

Ibunya, Ata Johnson, pernah mencoba bunuh diri di jalan raya Nashville, setelah mereka kehilangan apartemen. The Rock menangkap sang ibu, menariknya kembali hingga selamat. Bukan info unik, ini sih fakta mengharukan.

7. Pesawat Hilang

fakta menarik

Ada banyak kasus pesawat hilang misterius, salah satunya adalah pesawat N844AA berjenis boeing 727. Pesawat ini dicuri di Luanda International Airport (menurut sumber lain, Bandara Quatro de Fevereiro), Angola, pada tahun 2003. 

Pelakunya adalah Ben Padilla, pilot Amerika tanpa izin terbang, dan John Mutantu, seorang mekanik. Keduanya membawa terbang N844AA tanpa melapor, dan akhirnya tak hanya membuat pesawat itu hilang, tapi juga diri mereka sendiri. 

Konon, FBI dan CIA ikut menelusuri keberadaan pesawat dan pencurinya, tapi sampai sekarang ketiganya belum berhasil ditemukan. Benar-benar info unik dan menarik!

8. Ratusan Piramida

fakta menarik

Tebak, negara mana yang punya banyak piramida? Benar! Kalau kamu jawab Sudan. Sebab jumlah piramida di negara ini jauh melampaui Mesir. 

Tentu saja ini menjadi fakta yang menarik, sebab Mesir sebagai negeri Firaun “hanya” memiliki 135-138 piramida. Sementara Sudan sedikitnya memiliki 223 piramida, yang tersebar di Kota Al Kurru, Nuri, Gebel Barkal, dan Meroë. 

Tinggi rata-rata piramida di Sudan adalah 20-30 meter, kalah jauh jika dibandingkan dengan Piramida Giza di Mesir, yang tingginya hingga 146,6 meter. 

9. Keluarga Ilmuwan

fakta menarik

Irène Joliot-Curie bersama suaminya menerima nobel kimia untuk radioaktif yang mereka temukan. Tiga puluh tahun sebelumnya, orang tua Irene juga menerima nobel, dan anak-anak mereka pun merupakan para ilmuwan.

Tapi di balik prestasi itu, baik Irene Curie maupun orang tuanya, sama-sama wafat karena sakit akibat paparan radioaktif yang berlebihan.

10. Steve Wozniak

fakta menarik

Selama ini kebanyakan kita taunya Steve Jobs-lah pendiri Apple Computer. Ternyata masih ada dua tokoh penting; Steve Wozniak dan Ronald Wayne. Menurut salah satu karyawan yang bekerja di awal-awal perusahaan berdiri, Steve Wozniak-lah penemu Apple. Sedangkan Steve Jobs lebih berperan besar di pemasaran.

Uniknya, Steve Wozniak terkesan tidak suka uang. Pada 2017, ia mengaku tidak mau dekat-dekat uang, karena uang bisa merusak nilai-nilai seseorang. Ya gitu kalau orang kayanya sudah kelewatan. Coba melarat, lain bunyinya. 

11. Kucing di Mesir

fakta menarik

Harusnya info-info menarik di dunia berhenti di angka 10, biar genap. Tapi aku kebablasan. Nyatanya fakta unik memang selalu menarik untuk dibahas. Ayo lanjut!

Bangsa Mesir kuno sangat menghormati kucing. Hewan ini dianggap makhluk ajaib yang membawa keberuntungan. Jika kucing peliharaan mereka mati, maka satu keluarga akan mencukur alis sebagai tanda berkabung.

Cat lover jangan sombong dulu. Jika anjing yang mati, maka pemiliknya akan mencukur rambut di seluruh tubuh. Menang anjing!

12. Kafe Hiu

fakta menarik

Terdapat area di tengah Samudra Pasifik, yang mana para ilmuwan menemukan hiu putih besar berkumpul setiap tahun. Karena fenomena unik ini, area tersebut kemudian diberi nama The White Shark Cafe (Kafe Hiu Putih).

Di antara dua belas fakta menarik di atas, mana yang benar-benar menarik perhatianmu?

11 komentar:

  1. Yang bikin aku tercengang nomor 10. Krn selama ini aku taunya juga Steve Job 😀
    Keren nih Mbak Tari pengetahuannya. Jadi insight yang bagus buat pembaca 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena namanya ada job-nya. kata yg kita suka, sihiy!

      Hapus
  2. Fakta-fakta di dunia yang sangat menarik untuk diketahui dan banyak hal di dunia ini yang terkadang bisa bikin kagum

    BalasHapus
  3. Mbaaaa, makasiiii :D
    Ini fun facts yg luar biasa siiih.
    Jadi ngerti serba/i hal menarik di kancah internasional.
    Aku kayaknya bakal sering mampir ke blog ini dah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayolo ... janji harus ditepati, hehe

      Hapus
  4. Ratusan pirmida di Sudan, itu sungguh mengejutkan. Kirain cuma di Mesir aja, coba dikulik lebih dalam di postingan terpisah, Kak, soal piramida di Sudan, apakah ada mumi juga. Dan Steve Wozniak memang insinyur ulung, sayangnya sering beda pendapat sama Steve Jobs. Lanjutkan fakta menariknya!

    BalasHapus
  5. Wah, betulan semua menarik ya. Gara-gara Thurgood Marshall, aku malah jadi ingat diri sendiri. Dulu Teman-temanku remidi Kimia dan hafalin nama unsur. Mereka hapal dong, dan aku sendiri yang gak gara-gara selamat dari remidi #nasib

    BalasHapus
    Balasan
    1. kawan2nya jd ahli kimia dong, wkwk

      Hapus
  6. Pendiri Apple.
    Sudah pasti dia pernah bekerjasama, namun yang lainnya tidak terkenal.
    Aku jadi ingat Film Jepang yang berjudul Rich Man Poor Woman.

    BalasHapus
  7. yang dokter mengoperasi bayi dalam dalam perut itu kayaknya juga ada di drama korea good doctor, mbak. memang ya banyak banget hal yang tidak kita ketahui soal dunia kedokteran ini

    BalasHapus
  8. Fakta-fakta yang ditulis unik, dan info baru buat saya. Fakta no 11 bikin ngakak. Kalau anjingnya mati, pemiliknya mulus ga punya rambut...he3..

    BalasHapus

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.