5 Fakta Psikologi Menarik yang Jarang Diketahui

, , 2 comments
Ada banyak fakta psikologi menarik yang membuat kita terkejut dan terheran-heran. Eh, kok kayak anjing sayur? Yang lagi rame itu babi panggang cuy! Ah bodo amatlah. Kok kesannya malah kayak memaki, padahal anjing dan babi adalah nama hewan. Aku juga ngetiknya gak pakai tanda seru, kan.

Balik ke topik, fakta psikologi tentang kehidupan sehari-hari berikut ini lumayan banget untuk tambah-tambah pengetahuanmu. Biar gak kapok main ke sini, karena banyak info menarik yang kupersembahkan hanya untuk kamu. Dan miliaran pengguna Google di dunia. 

1. BAB Adalah Momen yang Tepat untuk Melahirkan Ide Cemerlang 

fakta psikologi menarik

Asal tak terburu-buru, momen buang air besar adalah saat yang tepat untukmu melahirkan ide-ide kreatif. Kamu sendiri mengakui kan, bahkan tanpa disadari, seringkali gagasan hebat muncul begitu saja saat sedang di toilet.

Kenapa bisa begitu? Jawabannya sederhana. Karena kegiatan penting di kamar mandi ini dilakukan dengan kondisi yang tenang dan dalam keadaan rileks. Artinya, jika situasi dan kondisi yang sama bisa diterapkan di tempat lain, kita sebenarnya bisa mencari inspirasi sama baiknya dengan saat BAB. Jadi tak harus nunggu sesak boker dulu baru kreatif.

Apalagi kamar kecil atau toilet juga bukan tempat yang baik untuk kamu berlama-lama di sana. Ada banyak virus dan bakteri, serta makhluk tak kasat mata yang menyukai tempat-tempat kotor.

2. Pasangan yang Jarang Memposting Kebersamaan Justru Lebih Awet dan Bahagia

fakta psikologi yang jarang diketahui

Penelitian oleh Personality and Social Psychology Bulletin menyebutkan, pasangan yang sering memposting foto bersama di media sosial umumnya saling mencurigai satu sama lain. Mungkin dipostingnya biar orang-orang tau, ini suami/istriku, jangan ganggu! Yang belakangan kataku sih, bukan hasil penelitian.

Menurut buletin yang sama, pasangan yang jarang membagikan momen kebersamaan mereka di media sosial adalah mereka yang merasa kehidupannya baik-baik saja, jadi tidak membutuhkan pengakuan dari orang lain.

Simpelnya gini deh. Kalau kamu suka membagikan foto kebersamaan dengan pasangan, maka saat sedang cekcok, sebaiknya jangan refleks menghapus foto yang sudah telanjur diposting. Itu akan membuat teman atau followermu tau, ada yang tidak beres.

Apalagi kalau kamu seleb. Beuh! Akun lambe-lambean akan dengan mudah mengendus masalah di rumah tanggamu. Wartawan gosip akan manas-manasin keluarga dan tetanggamu, sampai kamu pisah beneran! Di antara mereka mungkin ada iblis yang menyamar.

3. Perempuan yang Tinggal dengan Mertua Berisiko Kena Penyakit Jantung

fakta psikologi menarik

Menurut para ilmuwan, perempuan yang tinggal bersama mertua berisiko terserang penyakit jantung tiga kali lebih besar. Kamu bisa cek penjelasannya di dailymail terkait informasi ini.

Itu serius loh ya, karena perempuan yang tinggal bersama orang tua suami harus berperan sebagai istri, anak, dan ibu sekaligus. Gak babu sekalian? Tapi ini gak bisa dipukul rata. Kalau mertuanya baik, mungkin nggak masalah. Hidup kan bukan sinetron, yang mertua dan ipar diciptakan untuk menganiaya.

4. Stres Dapat Menyebabkan Sakit Perut, Mual, Hingga Iritasi Lambung

fakta psikologi tentang kehidupan

Salah satu penelitian yang dilakukan di University of California, Los Angeles, menyebutkan, hormon stres dapat merangsang area otak menuju lambung. Akibatnya, orang yang sedang stres akan mengalami mual, bahkan bisa terjadi iritasi pada lambungnya.

Sebenarnya ini bukan info baru sih. Malah kamu juga tau kan, kalau stres bisa mengakibatkan hal yang lebih buruk lagi. Dari “sekadar” susah tidur sampai penyakit kronis, bisa disebabkan oleh pikiran yang tidak tenang.   

5. Perempuan Akan Lebih Cantik di Hari Jumat

fakta psikologi menarik

Fakta psikologi menarik terakhir ini tentu jadi yang paling menarik kan, Gengs? Masa sih perempuan bisa lebih cantik di hari Jumat! Kamu buktikan saja sendiri. Swafoto dengan gawai yang sama, dengan kondisi dan jam yang sama pula, pada beberapa hari yang berbeda.

Kalau terbukti benar, itu karena hari Jumat adalah awal menuju libur akhir pekan, yang membuat perempuan lebih bersemangat hidup. Kalau hati senang, kan wajah jadi glowing alami! 

Berarti hal ini tidak hanya berlaku bagi perempuan dong, laki-laki juga libur akhir pekan to. Terus apa kabar perempuan yang nggak kenal libur weekend? Apakah makin kusam, karena anak-anak dan suami di rumah bakal nambah banyak kerjaan? 

Tiba-tiba fakta psikologi menarik jadi tidak menarik sama sekali.

2 comments:

  1. Related to no. 2... katanya klo di mobil ada cwo dan cwe mesra banget, biasanya mereka bukan suami istri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kecuali kalo mesra2annya live streaming

      Delete

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.