Manfaat Mandi Malam, Apa Hukumnya dalam Islam?

, , 4 comments
Mandi malam penyebab rematik, pernah dengar itu? Sering! Nyatanya, itu cuma hoaks semata. Yang lebih penting untuk kamu ketahui adalah manfaat mandi malam, dan hukumnya dalam Islam jika kamu seorang muslim. Yuk, simak pelan-pelan!

Reumatik adalah orang yang terkena reumatisme. Sementara reumatisme sendiri adalah penyakit yang ditandai oleh rasa nyeri atau radang pada otot, sendi-sendi, atau jaringan-jaringan badan; encok; penyakit tulang (KBBI).

Menurut Klikdokter, sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab reumatisme. Yang jelas, mandi malam bukanlah tersangkanya. Hanya saja, orang yang sudah telanjur reumatik, akan semakin parah rasa sakitnya karena mandi malam. Biasanya karena suhu dingin di malam hari. Sebenarnya kalau dingin, kita juga malas mandi kan ya!

manfaat mandi malam

5 Manfaat Mandi Malam

Pasti banyak di antara kita yang menyangka bahwa mandi malam hanya menghasilkan mudarat. Bayangkan mereka yang pulang kerja menjelang margrib. Daripada mandi tepat saat magrib, lebih baik mandi malam sekalian kan!

Diambil dari Brightside, setidaknya ada 5 manfaat yang kita dapatkan jika mandi di malam hari. Beberapa di antaranya sudah kubuktikan.

1. Membantu Tidur Lebih Cepat

Kalau kamu menderita insomnia, mandi malam hari mungkin bisa membantumu mengatasi masalah tidur. Mandilah setelah shalat Isya. Jika cuaca dingin, kamu bisa gunakan air hangat. Tubuh yang rileks akan memudahkanmu untuk terlelap, setidaknya 10 menit lebih cepat dalam kondisi normal.

Cepat tidur, cepat bangun. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan setelah bangun dari tidur yang cukup dan berkualitas. It works!

2. Baik untuk Kulit

Kulit beregenerasi saat kita tidur, itulah sebabnya akan lebih baik jika tidur dalam keadaan bersih  sehingga kulit baru yang dihasilkan akan lebih sehat. Kamu mungkin sudah tau bahwa jerawat tak hanya dihasilkan dari minyak pada wajah, tapi juga kotoran dan bakteri. 

Nah, kotoran dan bakteri yang kamu bawa tidur juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat, karena ia menempel pada perangkat tidur dan berpindah ke wajahmu. Padahal sebelum tidur sudah bela-belain cuci muka. Eh kuman di rambut pindah ke bantal, lalu sampai juga ke wajah.

3. Menyehatkan Rambut

Terutama kamu yang sibuk, kamu tentu sering mengeringkan rambut menggunakan hair dryer. Pagi-pagi keramas, tapi harus segera berangkat kerja. Rambut yang langsung ditutup atau diikat akan menyebabkan lepek. Dibiarkan tergerai dalam keadaan basah, bisa merusak penampilan.

Bandingkan jika kamu keramas di malam hari. Setelah mandi, lalu tidur. Maka rambutmu akan kering secara alami. Itu jelas lebih baik ketimbang menggunakan pengering rambut atau dengan metode lainnya. 

4. Mengurangi Keringat Berlebih

Mandi pagi jelas menyegarkan untuk memulai hari. Tapi mandi malam juga bisa membantumu lebih baik saat bangun pagi. Terutama jika cuaca panas di malam hari. Alih-alih keringat malam ditambah aneka aroma tak sedap saat bangun, mandi malam membuatmu bangun dalam keadaan minim keringat dan tanpa bau badan.

5. Mencegah Kram Otot

Manfaat mandi malam paling efektif didapatkan oleh mereka yang lelah bekerja seharian. Selain membersihkan tubuh dari berbagai kotoran selama beraktivitas, mandi menggunakan air hangat juga bermanfaat untuk mengurangi ketegangan otot. Kamu yang harus pakai high heels di siang hari, mandi malam dengan air hangat akan mengurangi kram kaki, atau bahkan menghilangkannya sama sekali. 

Mandi Malam Menurut Islam

mandi malam menurut islam

Di mana-mana, agama kerap kali tercampur aduk dengan budaya. Sehingga mitos yang sebenarnya berangkat dari budaya kadang dikira aturan agama. Salah satunya perkara mandi di malam hari.

Tak hanya terfitnah sebagai penyebab rematik, mandi malam juga disebut-sebut dilarang dalam Islam. Benarkah demikian? Nyatanya tidak ditemukan satu dalil syar’i pun yang menjelaskan demikian. Malah ada yang melarang seseorang memasuki kamar mandi saat malam hari. Jadi kalau kebelet?

Begitu pula dengan mandi, ada banyak kebutuhan yang mengharuskan seseorang mandi di malam hari. Entah karena jam kerja yang membuatnya pulang malam, junub, dll. Jadi sungguh tak masuk akal jika Islam melarang seseorang untuk mandi di malam hari.

Yang dilarang adalah mandi pada waktu magrib, karena saat itu setan dari jenis jin sedang berkeliaran, dan kamar mandi merupakan salah satu tempat favorit mereka. Itu pun tak sampai pada derajat makruh. Kalau makruh saja tidak, apalagi haram.

Dilarang pula berlama-lama di kamar mandi. Masih karena kamar mandi adalah area favorit para jin, jadi bisa saja mereka membisikkan untuk kamu melakukan hal-hal yang dilarang agama, seperti ... ah taulah! Satu lagi, di sana kamu juga dilarang menggunakan HP, menyanyi, dan perbuatan lain yang tidak sepantasnya dilakukan di kamar mandi. Tau kan, kamar mandi itu tempat berkumpulnya kuman.

Nggak kok, kamar mandiku bersih! Virus dan bakteri itu sama dengan setan. Mereka ada, tapi nggak kelihatan. Kalau nampak di mata, niscaya pandemi covid-19 gak akan pernah ada!

Dilihat dari 5 manfaat mandi malam di atas, sementara tidak ditemukan dalil shahih yang melarang, rasanya tidak salah kalau kamu sesekali mandi di malam hari. Kok sesekali? Ya kalau sering-sering, khawatir dianggap gak normal aja. Kalau gara-gara kebiasaan mandi malam lantas kamu dikira punya pesugihan, kan repot!

4 comments:

  1. Wah baru tahu kalau mandi malam bikin rematik itu hanya hoax, tapi saya pribadi lebih memilih mandi sore, saat magrib sudah kondisi bersih. Atau kalau pagi buta mandi sebelum subuh. Segeeer

    ReplyDelete
  2. Aku ngakak saat ada kalimat "kalo kebelet?"

    Duh emang deh ya kalo kitos gini dikaitkan dg agama g bener deh. Salah kaprah

    Keren kak tari bisa jadi edukasi nih

    ReplyDelete
  3. Dan ingatlah akan hamba Kami Ayub ketika ia menyeru Tuhannya; "Sesungguhnya aku diganggu setan dengan kepayahan dan siksaan".
    (Allah berfirman): "Hantamkanlah kakimu; inilah air yang sejuk untuk mandi dan untuk minum. QS Shaad 41-42

    ReplyDelete
  4. memang ya mandi malam ini sering dikaitkan sama penyebab penyakit rematik padahal ternyata belum valid kebenarannya. kalau aku termasuk jarang juga sih mandi malam soalnya nggak tahan dinginnya.

    ReplyDelete

pembacaku nan baik budi, gunakan profil google yg jelas ya, yg pake wp juga boleh langsung nama blognya. yg penting jgn anonim, pelan2 tamu anonim akan dihapus komennya dr blog ini.